Kamini.id / Pelembab Wajah / 10 Pelembab Wajah Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

10 Pelembab Wajah Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juni 2019

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan wajah yang wajib dimiliki terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, kering, atau berjerawat. Sayangnya, tidak semua produk pelembab cocok untuk kulit kita sehingga terkadang kita cukup repot untuk memilihnya.

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan pelembab wajah dari bahan-bahan alami. Pelembab wajah ini bisa Anda buat sendiri di rumah untuk digunakan sehari-hari. Nah berikut adalah 10 pelembab wajah alami tersebut.

10 Pelembab Wajah Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Tanaman ini dikenal sebagai produk perawat rambut yang alami. Namun, siapa sangka bila lidah buaya bisa menjadi pelembab wajah alami. Untuk menggunakannya sebagai pelembab, Anda hanya tinggal mengambil gel dari dalam lidah buaya tersebut.

Gel lidah buaya memberikan sensasi dingin pada wajah. Tak hanya itu saja, pelembab lidah buaya bermanfaat untuk menyembuhkan bekas luka dan jerawat. Gunakan gel lidah buaya sebagai pengganti pelembab sehari-hari. Niscaya, kulit Anda akan terasa lebih lembab dan sehat.

Pelembab lidah buaya ini juga berfungsi untuk mendinginkan kulit Anda setelah beraktivitas di luar dan terpapar sinar matahari. Bahkan, lidah buaya juga memiliki kandungan alami yang dapat mengeringkan jerawat dan menghilangkan bekas nodanya secara cepat.

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Bahan sederhana yang ada di rumah Anda bisa dijadikan sebagai pelembab wajah alami, lho. Contohnya adalah minyak zaitun. Minyak yang memiliki segudang manfaat positif untuk kesehatan ini adalah warisan leluhur untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Minyak zaitun sudah digunakan oleh para wanita bangsawan dari ratusan tahun silam untuk menghaluskan kulit wajah.

Selain untuk membuat kulit wajah lebih halus dan lembut, minyak zaitun juga berkhasiat untuk menghambat proses penuaan dini dan meregenerasi sel kulit agar tampak jauh lebih muda. Aplikasikan minyak zaitun pada kulit wajah Anda seperti menggunakan pelembab pada umumnya. Setelah didiamkan beberapa saat, bilas wajah dengan air dan cuci menggunakan sabun wajah.

3. Bengkoang

bengkoang

Tak banyak yang tahu bahwa bengkoang adalah pelembab wajah yang alami khusus untuk segala jenis kulit. Selama ini banyak yang mengira bahwa bengkoang hanya dapat mencerahkan kulit wajah saja. Padahal, ada banyak manfaat penting dari bengkoang sebagai pelembab wajah.

Kandungan vitamin C di dalam bengkoang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit wajah. Dengan menggunakan pelembab wajah dari bengkoang, maka kulit wajah akan menjadi lebih cerah dan bersinar.

Pelembab bengkoang buatan sendiri ini dibuat dengan cara memarut bengkoang segar hingga halus, lalu gunakan parutan bengkoan tersebut seperti masker pada wajah. Diamkan selama 15-30 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

4. Teh Hijau

cara menyeduh teh hijau

Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau? Matcha atau teh hijau ini adalah minuman yang sangat bermanfaat positif untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan, teh hijau bubuk atau ampas teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab wajah alami yang minim efek samping.

Pelembab dari teh hijau ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati pada wajah, menyegarkan wajah, menjaga kelembaban wajah, dan membuat wajah terasa lebih rileks dan segar.

Kombinasikan penggunaan pelembab teh hijau ini dengan rutin mengkonsumsi minuman teh hijau juga. Pasalnya, teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

5. Yogurt dan Susu

yogurt

Kombinasi dari yogurt dan susu adalah pelembab wajah yang alami dan tepat untuk jenis kulit yang kering. Kedua bahan ini harus dicampur sebelum digunakan sebagai pelembab. Yogurt dan susu adalah pelembab alami yang sangat efektif untuk menjaga kelembaban wajah dan sangat cocok untuk jenis kulit yang kering.

Cukup gunakan kombinasi dari yogurt dan susu satu kali sehari selama kurang lebih 30 menit. Apabila Anda menggunakan pelembab alami ini secara rutin, maka kulit Anda akan terasa lebih lembab dan susu. Di samping itu, yogurt dan susu juga bantu menjaga elastisitas kulit wajah Anda agar tampak lebih kencang.

6. Minyak Almond

pelembab wajah alami minyak almond

Ingin menjaga kelembaban kulit dengan bahan alami yang minim efek samping? Mengapa tidak coba menggunakan minyak almond? Minyak almond adalah pelembab alami khusus untuk jenis kulit wajah yang kering. Asam lemak tak jenuh yang terdapat di dalam minyak almond berfungsi sebagai sun protector alami untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit.

Selain itu, pelembab minyak almond juga membuat kulit wajah terhindar dari infeksi akibat penggunaan produk kosmetik sehari-hari. Nah, apakah Anda berminat untuk mencoba pelembab alami dari minyak almond ini?

7. Alpukat

buah alpukat

Buah lezat yang satu ini dipercaya sebagai pelembab wajah yang dapat mengatasi masalah kulit wajah yang kering. Akan tetapi, untuk membuat pelembab dari alpukat Anda harus menghaluskan alpukat ini dengan bahan-bahan lain, seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.

Lemak yang terkandung di dalam alpukat ini memiliki peranan besar untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Cukup gunakan pelembab alpukat ini selama 30 jam setiap hari. Kelembaban dan keelastisitasan kulit wajah Anda akan tetap terjaga ketika menggunakan pelembab alami yang satu ini secara teratur.

8. Keju

keju

Makanan yang satu ini merupakan favorit bagi semua orang. Keju yang sangat lezat ini sering dianggap sebagai penyebab naiknya berat badan. Namun, terlepas dari semua itu, keju adalah pelembab alami yang dapat menjaga kadar kelembaban wajah Anda.

Lantas, bagaimana cara menggunakan keju sebagai pelembab wajah? Caranya, sediakan keju parut secukupnya, lalu tambahkan susu murni ke dalam keju parut. Setelah keju dan susu tersebut diaduk hingga rata, segera aplikasikan pelembab ini ke seluruh bagian wajah.

Gunakan pelembab dari keju ini sebagaimana Anda kerap kali menggunakan produk pelemnbab pada umumnya. Diamkan selama beberapa saat, kemudian Anda bisa membilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Pelembab dari keju ini membuat wajah Anda lebih halus dan nampak lebih cerah.

9. Madu

madu

Madu adalah pelembab alami untuk malam hari yang cocok bagi segala jenis kulit. Bahan alami yang terkandung di dalam madu dapat membantu untuk menjaga kelembaban kulit wajah sehingga tidak kering. Bahkan, pelembab dari madu ini juga memiliki keunggulan dapat membersihkan bekas jerawat dengan mudah.

Untuk menggunakan pelembab alami yang berasal dari madu ini, Anda hanya perlu menggunakannya seminggu sekali saja. Dengan menggunakan madu, wajah Anda akan terasa lembab secara alami dan tidak terlalu mengkilap. Bilas pelembab ini setelah digunakan, cuci wajah dengan sabun dan air hangat untuk membuang sisa pelembab alami dari madu tersebut.

10. Santan Kelapa

Santan kelapa

Anda tentu sudah familiar dengan pelengkap bahan masakan yang satu ini. Ya, santan kelapa adalah pelembab wajah alami yang konon bisa mencerahkan warna kulit. Apabila wajah sedang gatal setelah berjerawat atau digigit nyamuk, Anda dapat menggunakan pelembab santan kelapa ini untuk meredakan gatal tersebut.

Cukup campurkan santan kelapa dengan bubuk cendana. Setelah itu, usapkan pelembab dari santan itu ke seluruh wajah. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas wajah Anda hingga bersih. Pelembab dari santan kelapa ini sangat cocok digunakan untuk malam hari.

Dengan bahan-bahan alami ini Anda tetap dapat tampil cantik dan sehat tanpa menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahkan, bahan pelembab wajah alami  di atas minim dengan efek samping.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar