kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Merk Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

10 Merk Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 Februari 2021

Kulit wajah berminyak merupakan salah satu masalah yang sering mengganggu penampilan kaum hawa. Penyebab dari kulit berminyak sendiri sangat beragam, mulai dari hormon yang tidak seimbang hingga penggunaan kosmetik yang tidak sesuai.

Salah satu cara mengatasi kulit wajah yang berminyak tersebut adalah dengan menggunakan pelembab wajah khusus. Maka dari itu, kali ini Kamini akan mengulas 10 merk pelembab wajah untuk kulit berminyak terbaik yang bisa kamu coba.

1. Clinique Moisture Surge 72-Hour Auto-Replenishing Hydrator

Clinique Moisture Surge 72-Hour Auto-Replenishing Hydrator
  • Brand: Clinique
  • Jenis: Krim
  • Ukuran: 50ml
  • Varian: -

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk ini manjadi salah satu produk yang paling digandrungi saat ini karena performanya yang luar biasa. Tidak spesifik ditujukkan baik untuk kulit kering atau pun berminyak, pelembab ini nyatanya cukup baik bekerja di kedua jenis kulit. Inilah mengapa pelembab dari Clinique yang satu ini banyak digandrungi.

Tekstur dari pelembab merupakan gel-cream sehingga dapat meningkatkan kelembapan kulit secara instan. Tak sampai disitu, setelah melembapkan, produk ini konon dapat mengunci kelembapan wajah tersebut hingga 3 hari. Sistem hidrasi alami pada kulit juga akan dipicu oleh produk ini dengan kandungan Auto-Replenishing Technology serta kafein.

Bukan itu saja, produk ini juga diperkaya dengan sari lidah buaya serta hyaluronic acid yang dapat membuat kulit menjadi kenyal. Semua keunggulan tersebut bisa kamu dapatkan dari Clinique Moisture Surge 72-Hour Auto-Replenishing Hydrator.

2. Laneige Water Bank Hydro Cream EX

pelembab wajah untuk kulit berminyak_Laneige Water Bank Hydro Cream EX
  • Brand: Laneige
  • Jenis: Krim
  • Ukuran: 50ml
  • Varian: Moisture Cream EX, Sherbet Cream

Merupakan pembaharuan dari Water Bank Gel Cream, pelembab ini dapat memberikan hidrasi mendalam pada kulit berminyak dan kombinasi. Ingat, kulit berminyak bukan berarti tidak memerlukan hidrasi, karena itu salah satu aspek penting dalam memilih pelembab untuk kulit berminyak adalah produk yang memiliki kemampuan hidrasi.

Laneige Water Bank Hydro Cream memiliki tekstur gel cream yang cepat meresap pada kulit, anti lengket dan meninggalkan sedikit saja minyak pada kulit yang berfungsi melembabkan dan membuat tampialn menjadi glowing dan sehat. Kemampuan melembabkan ini datang dari kandungan Green Mineral Water yang dipercaya oleh Laneige dapat membantu menopang skin barrier hingga 24 jam.

3. Kiehl’s Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream

Kiehl’s Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream
  • Brand: Kiehl’s
  • Jenis: Gel-Cream
  • Ukuran: 50ml
  • Varian: -

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebuah pelembab wajah untuk kulit berminyak dengan formula oil-free, produk ini akan menghidrasi sekaligus mengkondisikan kulit. Rasakan sensasi kulit yang lembab, lembut, dan tidak banjir minyak dengan menggunakan Kiehl's Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream.

Pelembab ini diformulasikan dengan ekstrak akar imperata cylindrica (tumbuhan gurun). Akar tumbuhan ini mengandung mengandung kalium berkonsentrasi tinggi yang akan memberikan hidrasi secara instan namun bertahan lama untuk kulit kering.

Kemudian terdapat pula kandungan antarcticine (ekstrak glikoprotein glasial). Antarcticine, yang berasal dari Antartika, adalah glikoprotein yang dikenal untuk melembabkan kulit kering. Dengan sifat cryoprotective (perlindungan terhadap freezing), antarcticine akan membantu mempertahankan dan melembabkan kulit pada suhu yang sangat dingin sekalipun, dengan memfasilitasi retensi dari cadangan kelembaban alami.

Jadi, pelembab ini cocok banget buat kamu yang mengalami masalah kulit berminyak, kulit kering, maupun kamu yang tinggal atau mau bepergian ke tempat super dingin.

4. Bioderma Sebium Mat Control

pelembab wajah untuk kulit berminyak_Bioderma Sebium Mat Control
  • Brand: Bioderma
  • Jenis: Krim
  • Ukuran: 30ml
  • Varian: -

Kalau kamu mencari produk pelembab kulit berminyak dengan tampilan akhir matte, coba percayakan pada Bioderma Sebium Mat Control. Disamping melembabkan dengan tampilan akhir kompleksi matte, produk andalan Bioderma ini juga akan membuat tekstur wajah lembut, lho.

Dalam urusan meregulasi kualitas sebum, Bioderma menggunakan kompleks Fluidactiv™ yang juga bermanfaat dalam mencegah clooged pores serta blemish.

Bukan itu saja, kombinasi antara zinc dan vitamin B6 akan menunjang pelembab dalam membatasi produksi sebum pada wajah. Terakhir, ada juga bahan aktif keratolitik yang diklaim dapat mengencangkan pori-pori sekaligus menghaluskan tekstur kulit agar wajah tampak flawless. Lengkap, ya?

5. Sebamed Clear Face Care Gel

pelembab wajah untuk kulit berminyak_Sebamed Clear Face Care Gel
  • Brand: Sebamed
  • Jenis: Gel-Cream
  • Ukuran: 50ml
  • Varian: -

Pelembab bertekstur gel ini sebenarnya diperuntukan untuk pemilik kulit berjerawat, namun bila kamu juga memiliki kulit berminyak yang acne-prone, Sebamed Clear Face Gel akan cocok untukmu. Pasalnya pelembab ini tidak mengandung minyak serta pewarna, sehingga tidak akan menyebabkan wajah yang greasy ataupun iritasi.

Kandungan hyaluronic acid dan lidah buaya dalam pelembab ini berfungsi untuk memberikan kelembaban dan kelembutan pada kulit. Sedangkan kemampuan mengatasi jerawatnya datang dari nilai pH 5.5 yang mana dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat tanpa menjadikan kulit iritasi.

Sebaliknya, pelembab ini malah akan menyejukkan dan mendinginkan kulit wajah, ditambah dengan kandungan panthenol dan allantoin yang melengkapi formulasi untuk menyembuhkan luka jerawat dan menghaluskan tekstur kulit kasar.

6. COSRX Aloe Vera Oil-free Moisture Cream

pelembab wajah untuk kulit berminyak_COSRX Aloe Vera Oil-free Moisture Cream
  • Brand: COSRX
  • Jenis: Krim
  • Ukuran: 100g
  • Varian: -

Walau terdapat istilah moisture cream pada namanya, nyatanya pelembab ini memiliki tekstur cenderung gel. Ditambah lagi formulanya yang oil-free, seolah-olah membuat COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream khusus disuguhkan untuk pemilik kulit berminyak.

Produk ini sebenarnya multi-purpose, jadi tak hanya dapat digunakan pada wajah, tapi juga bisa diaplikasikan untuk badan dengan kandungan utama air lidah buaya dengan konsentrasi 90% serta aloe vera leaf juice powder berkonsentrasi 200 kali.

Kandungan tersebut bermanfaat dalam menciptakan efek terapeutik, menopang skin barrier, meredakan iritasi, serta kemerahan pada kulit akibat panas ataupun sinar UV. COSRX sendiri mengklaim produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

7. AXIS-Y Cera-Heart My Type Duo Cream

pelembab wajah untuk kulit berminyak_AXIS-Y Cera-Heart My Type Duo Cream
  • Brand: AXIS-Y
  • Jenis: Gel-Cream
  • Ukuran: 60ml
  • Varian: -

Memiliki kulit kombinasi terkadang membuat kita kebingungan dalam memilih produk yang tepat. Menurut Liah Yoo, ketika kulit memiliki karakteristik kombinasi, sebaiknya produk yang digunakan pun berbeda untuk tiap-tiap areanya.

Misalnya bila kulitmu memiliki area berminyak pada T-Zone sementara area lain cenderung kering, kamu harus menggunakan produk kulit berminyak pada T-Zone dan juga produk kulit kering pada bagian lainnya. Terdengar rumit, bukan?

Tapi kabar baiknya, AXIS-Y menyediakan pelembab untuk mengatasi masalah kulit kombinasi hanya dalam satu kemasan produk, lho. Lewat Cera-Heart My Tipe Duo Cream, AXIS-Y menawarkan pelembab kulit kombinasi yang praktis dengan berbagai kandungan bahan aktif yang kesesuaiannya sudah disesuaikan dengan area-area tertentu wajah.

Bahan-bahan yang dimaksud diantaranya Centella asiatica, purslane, sorghum, sage, allantoin, beras, heart leaf, serta pure medi. Produk ini memiliki dua tekstur pelembab yang berbeda dalam satu kemasannya, yaitu gel based berwarna biru bernama ‘T Zone cream’ dan cream based berwarna putih yang dinamakan ‘U Zone cream’.

Kamu dapat mengaplikasikan T Zone cream pada area yang berminyak sementara U Zone cream pada area kering. Atau bila terdapat area yang memerlukan hidrasi, kamu bisa menyampurkan kedua krim tersebut dan mengolerkan pada area yang perlu hidrasi.

8. Cetaphil Daily Facial Moisturizer

  • Brand: Cetaphil
  • Jenis: Krim
  • Ukuran: 118ml
  • Varian: Daily Facial Moisturizer SPF50

Cetaphil juga tidak boleh terlewatkan bila bicara soal brand yang memproduksi pelembab terbaik. Dalam urusan melembabkan tanpa kesan greasy, Daily Facial Moisturizer cukup dijagokan oleh Cetaphil. Pelembab ini bahkan sudah dilengkapi dengan SPF 15 yang dapat membantu melindungi dari sinar UV.

Selain memiliki kandungan SPF, Cetaphil Daily Facial Moisturizer juga sudah teruji hypoallergenic dan non-comedogenic, makanya produk ini cocok digunakan semua jenis kulit termasuk yang berminyak dan sensitif. Oh iya, pelembab ini juga akan membuat kulit terhidrasi, lho.

9. Secret Key Snail Repairing Gel Cream

pelembab wajah untuk kulit berminyak_Secret Key Snail Repairing Gel Cream
  • Brand: Secret Key
  • Jenis: Gel-Cream
  • Ukuran: 50g
  • Varian: -

Masih ingat kalau lendir siput sempat trending di media sosial? Benar, karena sempat hype, produk dengan kandungan utama lendir siput jadi punya banyak peminat sejak saat itu, dan salah satu produk yang dimaksud adalah pelembab dari Secret Key yaitu Snail Repairing Gel Cream.

Pelembab gel ringan ini dapat meningkatkan kelembaban kulit dengan kandungan minyak yang sangat sedikit, sehingga dapat digunakan pemilik kulit berminyak sekalipun tanpa perlu khawatir sebum akan overproduced pada wajah.

Selain melembabkan, kelembaban juga akan dikunci bila kamu menggunakan produk ini dengan kandungan ekstrak witch hazel, lidah buaya, lemon, beta-glucan dan tentu saja ‘sang superstar’ lendir siput. Kombinasi bahan-bahan tersebut bahkan dapat menenangkan kulit yang sedang bermasalah.

10. Wardah Nature Daily Purifying Moisturizer Gel

pelembab wajah untuk kulit berminyak_Wardah Nature Daily Purifying Moisturizer Gel
  • Brand: Wardah
  • Jenis: Gel-Cream
  • Ukuran: 100ml
  • Varian: Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Jangan salah, produk pelembab yang datang dari brand lokal pengusung skincare halal ini juga cukup baik dalam mengatasi permasalahan kulit berminyak. Wardah Nature Daily Purifying Moisturizer Gel memiliki tekstur yang ringan dengan kandungan bahan yang oily-skin friendly.

Sebut saja ekstrak witch hazel yang bisa bikin pori-pori tampak lebih kecil serta pro vitamin B5 dan vitamin E yang dapat melembabkan dengan baik. Pokoknya, Wardah Nature Daily Purifying Moisturizer Gel ini bisa kamu coba bila mencari produk pelembab kulit berminyak drugstore dengan kualitas cukup jempolan.

Nah, itu tadi adalah daftar merk pelembab wajah untuk kulit berminyak terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk merawat kulit wajah. Jika kulit kamu berminyak dan kusam, maka saatnya kamu menggunakan salah satu dari sepuluh produk di atas ini. Apakah kamu memiliki rekomendasi pelembab wajah untuk kulit berminyak lainnya? Beritahu kami di kolom komentar, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram