Kamini.id / Ketiak / Kenali Penyebab Ketiak Bau serta Solusi untuk Mengatasinya

Kenali Penyebab Ketiak Bau serta Solusi untuk Mengatasinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Maret 2020

Ketiak bau memang masalah yang kerap dialami oleh sebagian orang. Selain bisa mengurangi rasa percaya diri. Hal tersebut juga dapat menurunkan performa seseorang secara keseluruhan. Sehingga hal itu tentu menjadi sebuah masalah yang besar dan dapat mengganggu aktivitas kamu baik saat bersama pasangan, keluarga maupun orang-orang yang ada di lingkungan kerja.

Nah, bila kamu termasuk salah satu orang yang sedang mengalami masalah tersebut. Kali ini Kamini akan membahas tentang penyebab bau ketiak serta solusi untuk menguranginya. Ingin tahu seperti apa? Berikut adalah ulasannya.

Penyebab Bau Ketiak yang Menyengat

Penyebab Bau Ketiak yang Menyengat

Bau ketika biasanya dialami setelah masa pubertas. Dimana kelenjar apokrin yang terdapat di beberapa bagian tubuh seperti ketiak, dada, kaki dan area sekitar kelamin memproduksi keringat jauh lebih banyak.

Penyebab baunya sendiri disebabkan oleh bakteri Staphylococcus hominis yang ada di sekitar bagian tubuh tersebut. Bakteri atau kuman tersebut bekerja memecah keringat serta mengeksresikannya menjadi aroma tak sedap yang jauh lebih menyengat.

Hal tersebut yang pada akhirnya dapat mengganggu kenyamanan baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar. Nah, adapun pemicu bau ketiak sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti yang akan kita bahas berikut:

1. Mandi Tidak Bersih

Mandi Tidak Bersih

Menjaga kebersihan tubuh adalah hal yang penting agar menjaga tubuh tetap sehat. Meskipun kegiatan yang satu ini rutin dilakukan oleh setiap orang dalam sehari. Namun terkadang ada beberapa bagian tubuh yang kurang mendapat perhatian lebih. Hal tersebut pun yang akhirnya menimbulkan masalah seperti bau ketiak atau pun bau kaki.

Pada umumnya mandi adalah proses membersihkan seluruh bagian tubuh. Mulai dari ujung kepala hingga sela-sela atau bagian lipatan tubuh dimana bakteri dan kuman biasanya berada. Bau ketiak sendiri biasanya terjadi akibat proses mandi yang kurang bersih. Sehingga bakteri dan kuman yang ada di bagian lipatan tubuh tidak terbuang dan masih menempel di tubuh.

2. Konsumsi Makanan yang Beraroma Kuat

Konsumsi Makanan yang Beraroma Kuat

Hal lain yang dapat membuat bau ketiak sangat menyengat adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat seperti bawang-bawangan, petai atau jengkol. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan tersebut harus dibatasi. Mengingat jenis makanan tersebut mengandung senyawa kimia yang tidak mudah hilang melalui  proses pencernaan.

Bau dalam makanan tersebut akan mengendap dan mempengaruhi bau keringat yang kuat melalui pori-pori kulit dan kandung kemih. Sehingga membuat aroma keringat yang keluar akan semakin bau dan tidak sehat.

3. Melakukan Aktivitas Fisik yang Tinggi

Melakukan Aktivitas Fisik yang Tinggi

Selain kedua hal tersebut. Bau ketiak juga bisa disebabkan keringat yang berlebihan akibat aktivitas yang terlalu tinggi seperti berolahraga atau beraktivitas pada siang hari ketika cuaca panas. Oleh karena itu kamu pun perlu memperhatikan beberapa hal ketika hendak berolahraga.

Kamu pun bisa mulai dengan mengatur waktu yang tepat untuk olahraga serta segera membersihkan diri sehabis olahraga. Pilihlah pakaian yang dapat menyerap keringat agar mengurangi bau ketiak atau badan akibat keringat yang berlebih saat melakukan aktivitas.

4. Premenstrual Syndrome (PMS)

Premenstrual Syndrome

Ketiak bau juga bisa dialami oleh wanita yang akan menstruasi. Menurut sebuah penelitian, wanita yang akan mengalami menstruasi memiliki bau ketiak yang sangat menyengat. Bau tersebut akan kembali seperti semula setelah melewati masa menstruasi atau menjelang masa-masa subur.

Solusi untuk Mengurangi Bau Ketiak

Solusi untuk Mengurangi Bau Ketiak

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang bisa membuat masalah bagi ketiak kamu. Nah, kamu pun bisa melakukan beberapa cara sebagai solusi untuk mengarungi bau ketiak yang bisa membuat kepercayaan dirimu jatuh. Bagaimana saja caranya? Berikut adalah penjelasannya:

  • Menggunakan Antiperspirant

Menggunakan Antiperspirant

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau ketiak adalah dengan menggunakan deodoran atau antiperspirant. Deodoran sendiri mengandung aluminium yang berfungsi untuk menutup pori-pori kulit sementara.

Sehingga produksi keringat yang berlebih akan berkurang karena terhambat oleh zat aktif yang terkandung dalam deodoran. Cara seperti ini memang umum digunakan bagi orang-orang yang memiliki permasalahan dengan bau ketiak. Meskipun demikian pemakainya pun harus diperhatikan karena deodoran sendiri biasanya dapat menimbulkan noda kuning di baju.

  • Menjaga Kebersihan Badan

Menjaga Kebersihan Badan

Bakteri atau kuman yang menempel pada tubuh dengan jumlah yang banyak memang rentan membawa masalah bagi tubuh. Salah satunya dapat menyebabkan bau ketiak yang menyengat. Untuk itu kamu perlu menjaga kebersihan tubuh kamu setiap saat.

Salah satunya dengan mandi 2 kali setiap hari secara rutin. Bersihkan bagian-bagian tubuh yang rentan terhadap berkumpulnya bakteri dan kuman dengan sabun antiseptik. Hal tersebut untuk mencegah perkembangbiakan kuman dan bakteri yang menempel dalam tubuh.

  • Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur Bulu Ketiak

Kegiatan mencukur ketiak merupakan hal wajib selanjutnya yang harus dilakukan secara rutin untuk mengurangi bau ketiak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan memotong bulu ketiak secara rutin serta mencucinya dengan sabun sampai bersih mampu menghilangkan bau ketiak dengan signifikan. Oleh itu hal tersebut pun sangat dianjurkan.

  • Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Untuk mengurangi keringat berlebih. Maka gunakanlah pakaian yang mudah menyerap keringat. Bahan yang biasa digunakan diantaranya katun atau linen. Selain itu penting pula untuk mengganti pakaian setiap kali baju anda basah oleh keringat.

Hal itu untuk mengurangi bau yang semakin tak sedap. Selain itu memakai kaos dalam sebelum memakai pakaian juga dapat mengurangi bau badan. Karena keringat akan dengan mudah terserah oleh kaos.

  • Batasi Konsumsi Makanan yang Menyebabkan Bau Ketiak

Batasi Konsumsi Makanan yang Menyebabkan Bau Ketiak

Selain keempat hal di atas. Kamu juga harus membatasi asupan makanan yang memiliki aroma tak sedap atau dapat memicu keringat yang memiliki bau yang menyengat. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut diantaranya bawang merah, bawang putih, bawang bombai, petai, Jengkol, kubis, asparagus, dan alkohol.

  • Minum Ramuan Tradisional dan Air Putih

Minum Ramuan Tradisional dan Air Putih

Hal lain yang tak kalah penting adalah minum air putih sesuai dengan anjuran, yaitu 2 liter atau lebih dalam sehari. Bila kamu termasuk salah satu orang yang tidak masalah dengan ramuan herbal. Kamu juga bisa coba meminum rebusan seperti jahe, daun sirih, kemangi, cengkeh dan sebagainya untuk membantu mengurangi bau badan atau ketiak.

  • Periksakan Diri ke Dokter

Periksakan Diri ke Dokter

Bila keringat yang keluar berlebihan meskipun tanpa aktivitas yang berat. Makan kamu pun harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut bisa jadi karena adanya penyakit lain yang mungkin bersarang di tubuh kamu.

Nah, itulah penyebab bau ketiak serta solusi untuk menguranginya yang berhasil Kamini rangkum untuk kamu. Semoga masalah kamu mengenai bau ketiak bisa terasi dengan baik. Baca artikel cara menghilangkan bau ketiak pada baju ini jika aroma tak sedap ketiak menempel di bajumu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *