Kamini.id / Bibir Kering / Perhatian! Ini 10 Penyebab Bibir Kering yang Harus Dihindari

Perhatian! Ini 10 Penyebab Bibir Kering yang Harus Dihindari

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Permasalahan bibir kering tentu pernah dirasakan banyak perempuan di dunia, apakah kamu juga? Tentu selain jerawat, bibir kering jadi hal yang menyebalkan bagi para kaum hawa. Yups, tentunya bibir yang kering ini membuat penampilan jadi kurang percaya diri. Bahkan, karena bibir kering membuat lipstik yang kamu pakai gak menempel sempurna.

Tentu pasti ada penyebab kan kenapa bibirmu kering. Memiliki banyak faktor yang membuat bibir nampak mudah kering. Mungkin kebiasaan-kebiasaan dan hal ini bisa jadi penyebab kenapa bibir kamu kering. Tentu hal tersebut perlu kamu hindari guna agar bibir kamu tetap sehat dan lembab. So, kira-kira apa sajakah penyebab bibir kering yang harus kamu hindari? Yuk simak jawabannya di bawah ini. Keep scrolling, guys!

1. Dehidrasi

Dehidrasi

Siapa nih yang masih malas minum air mineral? Kamu perlu tahu kalau kurang minum air atau dehidrasi bisa menyebabkan bibir kamu jadi gampang kering. Selain mencegah bibir kering, minum air mineral sangat bagus untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh.

So, lebih baik sekarang kamu minum air mineral sehari paling tidak delapan gelas per hari. Selain itu, kamu mungkin juga kurang makan sayuran dan buah segar yang mengandung cairan tinggi. Jangan sampai kamu malas untuk minum air lagi ya!

2. Menjilat Bibir

Menjilat Bibir

Kebiasaan yang sering dilakukan banyak perempuan, yaitu menjilat bibir. Disengaja atau pun enggak disengaja kebiasaan menjilat bibir nyatanya enggak baik untuk kesehatan bibirmu. Air liur yang berpindah dari mulut ke bibir mampu merusak lapisan kulit bibir yang tipis, akhirnya bibir kamu jadi kering.

Hal ini karena enzim yang tergantung dalam air liur digunakan untuk mencerna makanan bukan melembabkan bibir. Jadi, kamu perlu hindari kebiasaan menjilat bibir.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan Sinar Matahari

Sama seperti kulit ternyata bibir juga membutuhkan perlindungan dan vitamin saat berhadapan dengan sinar matahari. Gunakanlah lip balm untuk melapisi bibir guna untuk mencegah kerusakan akibat pengaruh buruk dari sinar matahari.

Pastikan kamu rutin memakai lip balm, sebelum tidur dan juga sebelum memakai lipstik. Selain itu, pilihlah produk lip balm yang mengandung SPF dan UVA!

4. Suhu yang Dingin

Suhu yang Dingin

Kerap ketika musim dingin tiba secara gak langsung bibir atau terasa kering ya. Atau terlalu lama di ruangan ber-AC yang dingin juga ternyata bisa membuat bibir kering. Nah, pengaruh suhu udara yang dingin juga jadi salah satu penyebab bibir kamu kering.

Jika memang harus berada di suhu dingin maka kamu harus sesering mungkin menggunakan lip balm. Yups, selain guna menjaga dari sinar matahari lip balm juga bagus untuk membuat bibir agar tetap lembap.

5. Kekurangan Vitamin

Kekurangan Vitamin

Tubuh yang dalam kondisi kurang sehat juga bisa membuat penyebab bibir menjadi kering. Selain itu, kekurangan vitamin dalam tubuh, seperti zat besi dan vitamin B juga menjadi alasannya.

Coba kamu atur pola makan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung zat besi, misalnya daging merah, kacang kering, hingga sayuran berdaun gelap. Dengan menjaga nutrisi dan vitamin dalam tubuh secara gak langsung juga bisa menyehatkan kondisi bibirmu.

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Asin

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Asin

Coba kamu perhatikan bagaimana kebiasaanmu dalam makan. Ternyata terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin ternyata juga membuat bibir menjadi kering. Garam yang ada di makanan asin dapat mengikat cairan dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terasa cepat dehidrasi dan bibir pun jadi kering.

Lebih baik agar mencegah bibir kering kurangi makanan yang mengandung garam berlebih, seperti makanan instan. Perbanyakan untuk memakan sayur dan buah!

7. Efek Samping dari Obat-obatan

Efek Samping dari Obat-obatan

Beberapa obat-obatan, seperti antihitamin, kemoterapi, diuretik, retinoid, lithium, hingga obat anti jerawat isotretinoin dan accutane. ternyata memiliki efek samping yang membuat bibir jadi kering. Selain itu, kebanyakan vitamin A berlebih (>10.000 unit per hari) dapat menyebabkan bibir kering.

Jika memang kamu harus menggunakan obat tersebut gunakanlah dengan resep dokter. Apalagi obat tersebut memiliki pengaruh besar bagi bibir kamu jadi kering maka perlulah konsultasi dengan dokter. Hal ini guna agar kamu dapat alternatif untuk mengatasi masalah bibir yang kering.

8. Tidak Cocok dengan Kandungan di Lipstik

Tidak Cocok dengan Kandungan di Lipstik

Pernah merasa kalau lipstik, lip cream, atau lip tint yang kamu gunakan justru malah membuat bibir jadi kering? Jika kamu merasakan hal tersebut ada baiknya untuk menghentikan penggunaan produk tersebut. Hal tersebut bisa terjadi karena ada kandungan di dalam produk tersebut yang membuat bibirmu jadi kering.

Bahkan, lip balm sendiri pun bisa membuat masalah pada bibir. Misalnya, lip balm yang mengandung banyak menthol, mint, atau jeruk dapat membuat bibir menjadi kering. Terlalu banyak kandungan lilin yang tertinggal di bibir justru enggak melembapkan tapi malah kebalikannya. Jika kamu alami ini, pilihlah lip balm yang mengandung bahan-bahan alami.

9. Tidak Cocok Terhadap Produk Pasta Gigi

Tidak Cocok Terhadap Produk Pasta Gigi

* sumber: thedaily.case.edu

Selain penggunaan produk lipstik yang enggak cocok, ternyata penyebab bibir kamu jadi kering bisa jadi karena enggak cocok dengan produk pasta gigi yang kamu gunakan. Kalau kamu merasa bibir kamu jadi lebih mudah kering, maka alangkah baiknya kamu untuk hindari menggunakan pasta gigi mengandung ekstrak daun mimba.

Beberapa pasta gigi memang bisa menjadi penyebab bibir jadi kering. Bahan yang cocok menjadikan reaksi alergi ringan terhadap kulit bibir yang tipis.

10. Penyakit dan Hormon

Penyakit dan Hormon

Kadang beberapa orang enggak menyadari akan penyakit yang diidapnya justru berpengaruh dengan kesehatan bibir. Misalnya aja penyakit-penyakit ini termasuk jadi pengaruh bibir jadi kering, seperti infeksi herpes atau impertigo, gangguan tiroid, dan pertumbuhan candida yang berlebih.

Selain itu hormon dalam tubuh juga memiliki pengaruh untuk kesehatan bibir. Nyatanya salah satu gejala menopause, yaitu bibir yang kering dan pecah-pecah. Maka dari itu jika hal tersebut terjadi kepadamu minumlah sesering mungkin agar cairan dalam tubuhmu cukup.

Nah, tentu banyak perempuan gak menginginkan bibir jadi kering. Selain mengganggu penampilan, bibir yang kering kerap jadi para perempuan cenderung kurang percaya diri. Maka dari itu, cek lah dan sadari apa saja yang menyebabkan bibir kamu jadi kering.

Mungkin, satu dari sepuluh daftar di atas jadi penyebab bibir kamu jadi kering. Jika kamu menyadarinya maka carilah solusi agar bibir kamu enggak mudah kering. Eits, kamu jangan menyepelekan bibir yang kering ya. Apalagi sampai mengelupas kulit bibir yang kering, hal itu justru bisa membuat kulit bibirmu jadi berdarah. Dengan begitu apakah kesehatan bibirmu malah jadi makin buruk?

So, itulah tadi penyebab dari bibir kering. Kalau kamu kira-kira nomor berapa nih yang jadi alasan bibir jadi kering? Ceritakan di kolom komentar dong! Solusi untuk bibir kering bisa ditemukan di artikel cara mengatasi bibir kering.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *