Kamini.id / Jerawat / Ini Dia 10 Penyebab Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Ini Dia 10 Penyebab Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Jerawat tidak muncul begitu saja tanpa sebab. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Bahkan, kebiasaan sehari-hari tanpa kita sadari bisa memicu jerawat, lho. Jadi, kamu tak hanya memerlukan cara menghilangkan jerawat saja, tetapi juga perlu mengenal penyebab jerawat.

Apa saja sih penyebab jerawat? Apakah kita bisa menghindari faktor-faktor yang menyebabkan jerawat? Sebagian faktor penyebab jerawat memang bisa dihindari, tetapi ada juga faktor yang sulit untuk dihindari. Untuk lebih jelas, simak penjelasan lengkap dari Kamini berikut ini, yuk!

10 Penyebab Jerawat

1. Perubahan Hormon

Perubahan Hormon

Faktor penyebab jerawat yang sulit untuk dihindari adalah karena perubahan hormon. Sebagian besar wanita yang akan mendapatkan jerawat karena faktor hormonal saat menjelang menstruasi, trimester pertama kehamilan, dan sindrom ovarium polikistik.

Tak hanya kaum hawa saja yang berjerawat karena faktor hormonal, pria pun juga bisa. Wanita dan pria yang memasuki masa pubertas mengalami aktivitas hormon testosteron yang meningkat. Secara otomatis, kelenjar minyak akan memproduksi sebum dalam jumlah yang lebih banyak. Produksi sebum berlebih inilah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

2. Gesekan pada Kulit

Gesekan pada Kulit

Gesekan benda tertentu pada kulit juga bisa mengakibatkan jerawat, lho. Sebagai contoh, orang yang sehari-harinya mengenakan helm akan berisiko memiliki jerawat di sekitar wajah. Sementara wanita yang memakai bra juga dapat mengalami jerawat di dada maupun punggung. Bahkan, kebiasaan menggunakan ponsel untuk telepon juga berpotensi memicu jerawat yang tumbuh di pipi.

Faktor penyebab yang satu ini memang ada yang bisa dihindari, ada pula yang sulit dihindari. Misalnya, jika kamu berjerawat karena selalu memakai helm saat berkendara, tentu saja kamu tidak bisa menghindarinya dengan tidak memakai helm, bukan? Namun, jika jerawat yang muncul disebabkan oleh gesekan ponsel ke pipi, kamu bisa memakai headset untuk mengurangi gesekan tersebut.

3. Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan Menyentuh Wajah

Sering menyentuh wajah dengan tangan? Hmm.. Kebiasaan ini juga merupakan penyebab jerawat, lho. Pasalnya, tangan yang kotor akan meninggalkan minyak dan kotoran pada kulit wajah sehingga pori-pori jadi tersumbat.

Jika ingin menyentuh wajah, sebaiknya cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Selain itu, apabila kamu terpaksa harus menyentuh wajah gunakan saja tisu yang bersih. Alangkah lebih baik lagi jika kamu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, baik itu saat wajah sedang berjerawat ataupun tidak.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Rambut

Tidak Menjaga Kebersihan Rambut

Apa hubungan antara rambut dengan jerawat? Bukankah rambut di atas kepala sedangkan jerawat di wajah? Tentu saja ada hubungannya. Biasanya pemilik rambut panjang dan berponi lah yang kerap kali mengalami masalah jerawat karena tidak menjaga kebersihan rambut.

Rambut yang kotor mengandung debu, minyak, dan kotoran. Apabila rambut kotor yang tergerai ini menempel pada dahi atau pipi, tentu saja kotoran di rambut akan berpindah ke kulit wajahmu. Nah, perpindahan kotoran dari rambut ke kulit wajah inilah yang membuat kulit wajah rentan berjerawat.

Solusi yang tepat untuk menghindari penyebab jerawat yang satu ini adalah menjaga kebersihan rambut. Cucilah rambut dengan shampo minimal dua hari sekali. Jangan biarkan rambut berlarut-larut mengalami kelepekan.

5. Terlalu Sering Mencuci Muka

Terlalu Sering Mencuci Muka

Untuk mencegah jerawat kita memang harus menjaga kebersihan muka, salah satunya dengan mencuci muka dengan sabun secara teratur. Akan tetapi, terlalu sering mencuci muka justru bisa menyebabkan lebih banyak jerawat, lho. Bagaimana bisa begitu?

Terlalu sering mencuci muka akan membuat permukaan kulit jadi sensitif dan mudah iritasi. Selain itu, ketika mencuci muka, kelenjar minyak pada kulit wajah akan terangsang untuk terus memproduksi sebum agar bisa menjaga kelembaban kulit wajah. Produksi sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat.

Cukup cuci muka sebanyak dua kali sehari saja. Jika kamu memakai make up, bersihkan dulu riasanmu dengan cleanser, lalu lanjutkan dengan mencuci muka pakai sabun yang sesuai dengan jenis kulitmu.

6. Konsumsi Makanan Tertentu

Konsumsi Makanan Tertentu

Tahukah kamu bahwa jerawat yang muncul di wajah maupun tubuh bisa saja disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi? Ya, makanan tertentu memang dapat menimbulkan jerawat. Jadi, bukan hanya kondisi kulit wajah saja yang mengakibatkan munculnya jerawat, tetapi juga makanan.

Sebagai contoh, makanan manis seperti cokelat, permen, cake, dan es krim dapat meningkatkan hormon insulin. Nah, kenaikan hormon insulin ini akan meningkatkan jumlah sel kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Alhasil, wajah jadi lebih mudah berjerawat.

7. Stres

Stres

Stres memang tidak dapat dihindari. Namun, kita bisa mengelola stres agar tidak memperburuk kondisi kesehatan dan kulit kita.

Perlu kamu ketahui bahwa stres bukanlah penyebab munculnya jerawat. Namun, stres bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Ketika stres, orang cenderung melakukan hal-hal buruk sebagai pelarian, seperti merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak makan. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang timbul karena stres inilah yang secara tidak langsung berkontribusi pada kemunculan jerawatmu.

8. Memencet Jerawat

Memencet Jerawat

Kadang-kadang tampilan jerawat yang tak kunjung kempis memang sering membuat kita gemas dan ingin segera memencetnya. Sayangnya, memencet jerawat tidak menyelesaikan masalah, justru akan membuat jerawat kian bertambah banyak.

Ketika memencet jerawat, bakteri penyebab jerawat bisa menyebar ke bagian kulit lain dan berisiko menimbulkan jerawat baru. Di samping itu, ketika kamu memencet jerawat, maka di kulitmu akan tertinggal bekas luka.

9. Pemakaian Kosmetik yang Kurang Tepat

Pemakaian Kosmetik yang Kurang Tepat

Kosmetik sudah menjadi bagian dari kehidupan wanita. Akan tetapi, penggunaan kosmetik yang tidak tepat (tidak sesuai dengan kulit) bisa menjadi penyebab jerawat. Pasalnya, beberapa jenis kosmetik menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan berujung pada tumbuhnya jerawat.

Kalau jenis kulitmu mudah berjerawat sebaiknya pilih kosmetik yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak atau berjerawat. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa kosmetik yang kamu pakai bersifat non-comedogenic alias tidak menyumbat pori-pori.

Selain pemakaian kosmetik yang kurang tepat, ternyata jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tidur dengan riasan yang masih menempel di wajah. Jika kamu ingin mencegah jerawat, bersihkan sisa make up sebelum tidur dengan produk pembersih wajah yang tepat, yakni cleanser dan sabun wajah.

10. Produk Rambut yang Terkena Wajah

Produk Rambut yang Terkena Wajah

Sering memakai pomade atau hairspray? Jika ya, pastikan jika produk rambut tersebut tidak terkena wajah. Produk wajah yang terkena rambut akan membuat pori-pori tersumbat. Alhasil, pori-pori yang tersumbat akan bertransformasi menjadi komedo dan bisa berkembang menjadi jerawat.

Oleh karena itu, hati-hati saat mengaplikasikan produk rambut, ya! Jangan sampai produk rambut yang kamu pakai terkena kulit wajah.

Nah, usai sudah kita membahas penyebab-penyebab jerawat yang mengganggu penampilanmu. Beberapa di antaranya bisa dihindari, lho. Jadi, apabila kamu ingin mencegah munculnya jerawat di wajah, usahakan untuk selalu menghindari faktor penyebab jerawat tersebut. Kunjungi artikel cara menghilangkan bekas jerawat ini jika kamu sedang dalam usaha mengatasi bekas jerawat yang membandel.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar