Kamini.id / Ketiak Hitam / 9 Penyebab Ketiak Hitam dan 3 Bahan Alami Penghilangnya

9 Penyebab Ketiak Hitam dan 3 Bahan Alami Penghilangnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Maret 2020

Beberapa perempuan mengalami masalah dengan ketiak gelap karena sejumlah alasan. Kadang-kadang munculnya ketiak gelap bisa membuat malu. Ketiak gelap bisa membuat perempuan merasa frustrasi dan juga bisa memengaruhi kepercayaan diri. Terkadang para perempuan lupa untuk merawat kulit ketiak mereka. Namun area kecil ini sangat sensitif dan mengalami berbagai masalah.

Di antara masalah yang sering diderita ketiak di antaranya pigmentasi, jerawat, rambut tumbuh ke dalam, ruam dan kulit dengan benjolan. Namun, salah satu yang sering dikeluhkan oleh para perempuan dan laki-laki adalah pigmentasi ketiak atau perubahan warna gelap. Lalu, apakah yang menyebabkan kulit ketiak berubah warna menjadi gelap? Baca terus ulasannya di artikel ini, ya

1. Bercukur

Bercukur

* sumber: www.groenerekenkamer.com

Ketika kamu mencukur ketiakmu, kamu memotong rambut pada, atau tepat di bawah, permukaan kulit. Jika warna rambut di ketiak lebih gelap dari warna kulitmu, kulitmu bisa terlihat seperti memiliki noda gelap, tapi sebenarnya hanya rambut yang tumbuh di bawah permukaan.

Jika kamu sering bercukur, pastikan untuk menambahkan air ke ketiakmu sebelum mencukur bulu ketiak. Memanfaatkan krim cukur juga dapat membantu mengurangi lecet. Jadi pastikan untuk menambahkan krim cukur sebelum mulai mencukur ketiak.

Alih-alih mencukur, cobalah untuk melakukan waxing. Cara ini bisa menghilangkan rambut dari tingkat yang lebih dalam. Mencabut bulu ketiak juga bisa memicu hiperpigmentasi pada wanita berkulit gelap, jadi pencabutan bulu ketiak dengan laser mungkin merupakan solusi yang perlu dipertimbangkan.

2. Penggunaan Deodoran atau Antiperspiran

Penggunaan Deodoran atau Antiperspiran

* sumber: Penggunaan%20Deodoran%20atau%20Antiperspiran

Ketiak cenderung berkeringat sehingga meninggalkan bau tidak sedap. Oleh karenanya, kita selalu bergantung pada deodoran dan antiperspiran untuk menghilangkan bau tersebut. Produk-produk ini memang bisa berhasil untuk menghilangkan bau keringat, tapi beberapa bahannya membuat kulit iritasi.

Secara teori, beberapa bahan wewangian pada deodoran dapat merangsang perubahan warna kulit ketiak. Perempuan berkulit gelap paling berisiko terhadap bentuk hiperpigmentasi ini, yang juga dapat dipicu oleh gesekan dari gerakan lenganmu.

Jika deodorant atau antiperspirant yang kamu gunakan mengandung salah satu bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seringkali perubahan warna dapat terjadi juga. Konsultasilah dengan dokter kulitmu tentang produk yang kamu gunakan saat ini dan ikuti rekomendasinya.

3. Penumpukan Sel Mati

Penumpukan Sel Mati

* sumber: Penumpukan%20Sel%20Mati

Bintik-bintik hitam di kulit ketiakmu bisa disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang terperangkap dalam “bukit dan lembah” mikroskopis pada kulitmu. Kamu bisa mencoba melakukan eksfoliasi setidaknya sekali seminggu menggunakan produk yang mengandung asam laktat.

Pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti asam laktat bisa menghidrasi dan membantu mengelupaskan sel-sel kulit permukaan. Jika kamu lebih suka pengelupasan kulit secara mekanis, gunakan scrub tubuh yang lembut dan aplikasikan pada ketiak dengan gerakan memutar yang lembut.

4. Menggosok Gesekan atau Berlebihan

Menggosok Gesekan atau Berlebihan

*

Mencukur ketiakmu bisa mengakibatkan gesekan berlebihan pada ketiak, tetapi sama halnya juga dengan kebiasaan berpakaian dan gaya hidupmu. Gesekan dan iritasi ini bisa mengakibatkan kulitmu mengalami perubahan warna seiring waktu.

Perlu kamu ketahui bahwa kulit ketiakmu sangat peka. Meskipun sulit untuk menghindari gesekan yang diakibatkan oleh kegiatan sehari-hari, kamu bisa meminimalkannya. Hindarilah penggunaan pakaian berbahan kasar atau tidak nyaman. Pilihlah pakaian yang lebih longgar yang tidak menempel di ketiak.

5. Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans

Kondisi medis ini mengakibatkan bekas di kulit leher, di bawah lengan atau di pangkal paha yang berwarna coklat muda hingga hitam. Kondisi ini bisa berhubungan dengan produksi insulin atau gangguan kelenjar, dan biasanya diderita oleh orang yang kelebihan berat badan.

Meskipun kondisi seperti ini tidak menular atau berbahaya, Acanthosis Nigricans bisa menjadi indikator awal dari kondisi yang berpotensi mengancam jiwa, seperti diabetes atau mungkin kanker dalam kasus-kasus yang ekstrem.

Jika keadaan seperti ini terjadi, kunjungi dokter dan cobalah untuk membatasi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana agar bisa mengontrol produksi insulin. Perubahan warna ini juga dapat disebabkan oleh hormon, dipicu oleh obat-obatan atau kondisi yang kamu warisi.

6. Kelainan Hormonal

Kelainan Hormonal

* sumber: www.getonlinehealthcare.com

Seperti yang diketahui oleh banyak orang yang mengalami pubertas, hormon bisa memiliki dampak pada kulit dalam berbagai cara. Selain itu ternyata ketidakseimbangan dalam produksi hormonmu bisa mengakibatkan perubahan warna kulit.

Perubahan warna kulit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon disebut melasma, dan hal itu terjadi ketika melanosit (sel penyebab pigmentasi kulit) distimulasi oleh kadar progesteron dan estrogen yang abnormal, yang mengarah pada peningkatan pigmen di berbagai bagian tubuh.

Kondisi ini sering sekali terjadi pada perempuan yang sedang hamil atau mereka yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Jadi jika kamu melihat perubahan warna yang tiba-tiba ketika memulai mengkonsumsi pil baru atau ketika memiliki bayi, melasma mungkin menjadi penyebabnya.

7. Efek Samping Obat-Obatan

Efek Samping Obat-Obatan

* sumber: Efek%20Samping%20Obat-Obatan

Ada banyak obat yang diketahui bisa mengakibatkan kulit ketiak menjadi lebih gelap. Di antara bahan-bahan tersebut termasuk insulin, asam nikotinat, kortikosteroid sistemik, ekstrak hipofisis, dan dietilstilbestrol.

Kabar baiknya perubahan warna disebabkan pengobatan kemungkinan tidak berbahaya. Kulit ketiak berwarna gelap hanya berbahaya jika dikaitkan dengan masalah medis yang mendasarinya dan yang tidak diobati. Tapi kamu harus memastikan apakah obat penyebab ketiak gelap dengan dokter.

8. Resisten Insulin

Resisten Insulin

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Menurut American Diabetes Association, Acanthosis Nigricans merupakan indikator awal yang umum dari diabetes tipe 2, yaitu tubuh tidak bisa memproses insulin sebagaimana mestinya. Ketika seseorang dengan diabetes Tipe 2 mencoba memproses insulin, tubuh dapat menghasilkan lebih banyak pigmen.

Akibat dari produksi pigmen yang banyak tersebut dapat mengarah pada kulit yang lebih gelap. Segera hubungi dokter jika perubahan warna terjadi dengan cepat, terutama jika kamu mempunyai gejala resistensi insulin awal.

Kemungkinan kulit ketiakmu tidak akan menjadi yang pertama mengalami perubahan warna menjadi gelap jika kamu mengalami diabetes. Leher merupakan lokasi yang lebih umum terjadinya perubahan warna. Ini merupakan pertanda diabetes, dan akan membaik ketika kontrol gula darah dipertahankan.

9. Kanker

Kanker

* sumber: Kanker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Acanthosis Nigricans dapat terjadi ketika seseorang menderita kanker walaupun kasus ini sangat jarang. Pada pasien ini, kulit jadi berwarna gelap diakibatkan oleh tumor ganas yang tumbuh di hati, perut, atau organ internal lainnya.

Kondisi ini disebut sebagai Acanthosis Nigricans ganas dan itu merupakan salah satu gejala eksternal yang paling mudah dikenali yang dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah secara internal. Perubahan warna tersebut akan berhenti segera setelah tumor ganas diangkat dari tubuh.

Jika kamu melihat perubahan mendadak pada warna kulit ketiakmu, segerlah kunjungi dokter. Dan cobalah lakukan tes sendiri setiap bulan atau setiap dua bulan secara umum untuk pengawasan kanker kulit, dan pemeriksaan ketiak seseorang adalah bagian dari itu.

Cara Mengurangi Pigmentasi di Ketiak

Cara Mengurangi Pigmentasi di Ketiak

* sumber: www.getonlinehealthcare.com

Sebagian orang memilih produk alami untuk membantu mengurangi pigmentasi yang terjadi pada kulit ketiak. Beberapa bahan alami ini mengandung zat pemutih alami, termasuk yang berikut:

  • Kunyit
Kunyit

* sumber: foolproofliving.com

Kunyit merupakan adalah obat pemutih kulit alami. Curcumin adalah agen kaya antioksidan yang ditemukan dalam kunyit yang bekerja secara efektif untuk membantu memudarkan warna gelap di ketiakmu. Kamu bisa  mengoleskan kunyit dalam bentuk pasta setelah krim pemutih ketiak yang baik.

Untuk membuat past kunyit, siapkan mangkuk kecil. Dalam mangkuk tersebut, campur 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya. Kemudian oleskan pasta secara merata pada ketiakmu. Setelah 30 menit, bersihkan pasta tersebut.

  • Jus Lemon
Jus Lemon

* sumber: www.metdaan.com

Lemon mengandung antibakteri dan antiseptik yang baik sehingga cocok untuk jadi bahan pemutih alami yang sempurna. Selain dari pencerah bulu ketiak, jus lemon juga bisa membantu dalam pengelupasan sel-sel mati. Jus lemon merupakan obat alami yang luar biasa untuk ketiak gelap.

Cara penggunaan lemon untuk kulit ketiak yang gelap adalah dengan cara memotong irisan lemon agak tebal. Setelah itu, gosok irisan pada ketiakmu. Setelah 10 menit, bilas ketiakmu dengan air dingin, keringkan, dan jangan lupa oleskan pelembab.

  • Aloe Vera Gel
Aloe Vera Gel

* sumber: www.americanschoolofnaturalhealth.com

Aloe vera dikenal sebagai tabir surya alami karena sifat antibakteri lidah buaya dapat meringankan kulit yang meradang dan mencerahkan ketiak yang mengalami perubahan warna. Untuk mengurangi gelap pada ketiakmu, ambil aloe vera dan ekstrak beberapa gel lidah buaya segar.

Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan lapisan gel ini pada ketiakmu dan biarkan mengering selama 10-15 menit. Bilas dengan air dan gunakan cara ini setiap hari untuk hasil yang baik. Kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya organik yang dijual di pasaran.

Jadi, jika kamu mengalami perubahan warna kulit pada ketiak, bisa jadi diakibatkan oleh salah satu dari penyebab di atas. Untuk lebih meyakinkan apakah kondisi perubahan warna itu tidak berbahaya, ada baiknya segera konsultasi dengan dokter. Untuk meringankan pigmentasi, kamu bisa menguranginya dengan bahan-bahan alami. Apa kulit ketiakmu juga mengalami pigmentasi?

Kunjungi artikel cara menghilangkan ketiak hitam ini untuk menemukan solusi atas permasalahan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *