Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Maret 2019

Kulit tubuh yang kering masih bisa ditutupi dengan pakaian. Namun, bagaimana jika yang kering adalah kulit di bagian wajah? Jika kulit keringmu sampai mengelupas, tentu akan sangat sulit ditutupi dengan makeup. Tak ada jalan lain selain mencari cara mengatasi kulit kering tersebut dan menghindari faktor-faktor penyebab kulit kering.

Sebagian orang memiliki kulit kering yang tak berkesudahan. Akan tetapi, beberapa di antaranya hanya memiliki kulit kering yang bersifat sementara alias musiman. Yuk, kenali faktor penyebab kulit wajah kering yang harus kamu waspadai. Kamini akan mengulasnya satu persatu di sini.

10 Penyebab Kulit Wajah Kering

1. Dehidrasi

Penyebab Kulit Wajah Kering

* sumber: www.healthline.com

Kalau kamu berpikir bahwa dehidrasi hanya berdampak pada kesehatan organ bagian dalam tubuh, kamu salah. Faktanya, dehidrasi atau kekurangan cairan juga berdampak pada kesehatan kulit. Kurang minum air akan membuat kulit wajahmu kering dan lama-lama mengelupas.

Tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup untuk menjaga kelembaban alami kulit. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, secara tidak langsung kelembaban alami kulit juga akan berkurang dan lama-lama menjadi kering. Itulah sebabnya mengapa sangat penting mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas sehari. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik agar kulitmu tidak menjadi kering.

2. Udara Kering di Sekitar

Udara Kering di Sekitar

* sumber: www.yourcomfortheatingandair.com

Tanpa kita sadari, udara dingin dapat menyerap kelembaban alami kulit. Itulah alasan mengapa seseorang yang berada di ruangan ber-AC lebih berisiko memiliki kulit yang kering ketimbang orang yang berada di dalam suhu ruangan normal.

Penyebab kulit kering karena udara kering ini sejatinya bisa dihindari, kecuali kamu memang tinggal di tempat yang dingin, seperti negara-negara yang sedang mendapatkan musim salju. Atur suhu pendingin ruangan (AC) sewajarnya dan tidak terlalu rendah. Bila perlu, sesekali keluar lah dari ruangan ber-AC agar kulitmu tidak terus menerus terpapar oleh udara kering.

3. Cuci Muka dengan Air Hangat

Cuci Muka dengan Air Hangat

* sumber: www.tips-and-tricks.co

Membasuh muka dengan air hangat memang terasa sangat nikmat. Sayangnya, kebiasaan ini justru meningkatkan risiko kulit kering secara drastis. Suhu panas di air yang kamu pakai untuk mencuci muka itu akan mencuri kelembaban alami kulit wajah.

Solusinya adalah cuci muka dengan air bersuhu normal. Sesekali kamu memang boleh membasuh muka dengan air hangat, tapi pastikan suhunya adalah suam-suam kuku. Basuh muka dengan air hangat setelah kamu memakai masker wajah saja. Untuk mencuci muka sehari-hari, gunakan air biasa untuk menjaga kelembaban kulitmu.

4. Penggunaan Sabun yang Keras

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mengapa kita tidak boleh memakai sabun mandi untuk mencuci muka? Karena sabun mandi dirancang untuk membersihkan kulit tubuh, bukan untuk kulit muka yang terbilang lebih sensitif dibanding kulit tubuh. Penggunaan sabun yang tidak tepat inilah yang bisa menjadi penyebab kulit wajah kering.

Bagi kamu yang sudah memakai facial wash tapi muka malah menjadi kering dan mengelupas, besar kemungkinan bahwa facial wash yang kamu pakai mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Untuk kulit wajah kering, pilih sabun wajah yang ringan atau yang tidak menghasilkan busa melimpah saat dipakai mencuci muka.

5. Gesekan Handuk dengan Kulit

Gesekan Handuk dengan Kulit

* sumber: www.allure.com

Bagaimana caramu mengeringkan wajah setelah cuci muka? Apakah kamu menggosok wajahmu dengan handuk? Jika ya, itulah penyebab kulit wajahmu menjadi kering. Gesekan yang terjadi antara handuk dan kulit wajah berpotensi menyebabkan kulit jadi kering.

Supaya kulit wajahmu tidak kering dan mengelupas, keringkan wajahmu dengan cara yang benar. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk handuk bersih dan lembut ke kulit wajah secara perlahan. Lama kelamaan wajahmu yang semula basah akan menjadi kering setelah kamu melakukan pengeringan dengan cara ini.

6. Iritasi

Iritasi

* sumber: www.drmendis.com

Kulit kering dan mengelupas bisa disebabkan oleh iritasi. Tanpa kita sadari, sejumlah produk rambut yang kita pakai pasti sesekali pernah terkena wajah. Misalnya, ketika mencuci rambut pakai shampo, busa shamponya akan turun dan menetes di kulit wajah. Busa shampo ini yang menyebabkan kulit iritasi dan terasa kering dan kasar bila disentuh.

Tak hanya busa shampo saja, produk rambut seperti conditioner dan hair spray juga berkontribusi mengeringkan kulit wajah. Apabila kamu tidak ingin memiliki kulit wajah yang kering, lindungi wajah saat kamu memakai produk rambut.

7. Pertambahan Usia

Pertambahan Usia

* sumber: www.didyouknowdna.com

Seringkali para wanita tidak menyadari bahwa seiring bertambahnya usia, bukan hanya elastisitas kulit yang akan berkurang, tetapi juga kelembaban alami kulit wajah. Oleh karena itu, ketika memasuki usia akhir 40-an, kamu wajib merawat kulit wajah dengan memakai skin care.

Faktor penyebab kulit wajah kering karena bertambahnya usia memang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, kamu tetap bisa memberikan perawatan intensif untuk menjaga kelembaban alami kulitmu. Perawatan bisa dimulai dengan penggunaan produk pelembab maupun bahan-bahan alami yang dapat melembabkan kulit wajah.

8. Genetik

Genetik

Bukan hanya kebotakan yang bisa diturunkan ke anak, kulit kering pun juga. Ya, penyebab kulit kering salah satunya adalah keturunan. Coba perhatikan orang tua atau kakek nenekmu, apakah salah satu dari mereka juga memiliki jenis kulit yang kering?

Sama seperti dengan faktor pertambahan usia, kulit kering akibat faktor genetik juga sulit untuk dicegah. Namun, setidaknya kamu bisa melakukan perawatan agar kondisi kulit kering tidak semakin parah.

9. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

* sumber: issyu.com

Beberapa jenis obat mempunyai efek samping yang bisa membuat kulit wajah kering. Adapun jenis obat yang harus dihindari jika tidak ingin memiliki kulit yang kering adalah psoriosis, diabetes, hipotiroidisme, serta malnutrisi.

Jika kamu terpaksa mengkonsumsi obat-obatan tersebut tapi di satu sisi juga merindukan kulit wajah yang normal, konsultasikan masalah ini ke dokter. Sebagai ahli, dokter akan memberikan panduan mengenai obat yang perlu diminum atau tidak tanpa menimbulkan efek samping berupa kulit wajah yang kering.

10. Melewatkan Pelembab Wajah

Melewatkan Pelembab Wajah

* sumber: www.lorealparisusa.com

Malas memakai pelembab adalah salah satu penyebab kulit wajah kering. Baik kamu memiliki kulit wajah normal, berminyak, atau kombinasi, kamu tetap harus memakai pelembab wajah. Tak hanya sekadar memberi kelembaban saja, produk pelembab juga akan memelihara kelembaban alami kulit wajah.

Jadi, jangan pernah melewatkan pelembab untuk kamu pakai sehari-hari. Apapun jenis pelembabnya, pakailah secara teratur. Jangan biarkan kulitmu jadi kering dan mengelupas untuk jangka waktu lama. Kembalikan kelembaban alami kulit wajah dengan rutin memakai pelembab.

Kesimpulannya, dari sepuluh penyebab kulit wajah kering, beberapa di antaranya ternyata bisa dihindari jika kamu sedang dalam usaha mencegah kulit kering.

Perawatan untuk kulit wajah kering memang tidak bisa sembarangan. Salah memakai produk justru akan menambah kering kulit wajah. Pilih skin care dan makeup yang ringan agar kondisi kulit tidak semakin kering.

Apabila kamu sedang mencari solusi terbaik untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah, silakan kunjungi artikel cara mengatasi kulit kering dan mengelupas. Hindari juga faktor-faktor penyebab kulit kering yang memang dapat dihindari. Percayalah, kulitmu akan kembali normal seperti sedia kala.