Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah

Pori-pori kulit memainkan fungsi esensial dalam tubuh, karena pori-pori merupakan lubang kecil pada kulit untuk jalan keluarnya keringat dan sebum. Tapi, bagaimana mereka terlihat juga tak kalah penting. Pori-pori besar adalah yang di kulitnya terlihat lubang-lubang (terutama daerah hidung dan bawah mata). Lubang-lubang itu tampak lebar dan terlihat jelas dengan mata telanjang.

Tidak suka dengan tampilan dan ukuran pori-pori Anda? Tenang, Anda tidak sendiri, kok. Faktanya, semua orang tak suka jika pori-pori wajahnya terlihat besar. Ukuran pori juga merupakan keluhan utama perawatan kulit baik wanita maupun pria, loh!

Pori-pori yang diidamkan semua orang adalah yang tak tampak sama sekali, yang mana sangat tidak mungkin kecuali Anda perawatan kulit dengan pengeluaran luar biasa setiap bulannya.

Pori-pori besar disebabkan oleh berbagai faktor, yang sebagian besar tidak dapat kita hindari, sebenarnya. Namun, memahami apa yang menyebabkan pori-pori besar dapat membantu Anda menemukan solusi terbaik.

Dengan sedikit investigasi, Anda dapat menemukan akar masalah dari pori-pori besar pada kulit Anda. Berikut adalah beberapa penyebab utama pori-pori besar yang sudah Kamini rangkum untuk Anda.

1. Genetik

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 1

* sumber: dermcollective.com

Kabar ini bisa melegakan atau malah membuat orang semakin panik. Tapi, ya, ukuran pori-pori itu genetik. Jangan salahkan leluhur Anda atas keadaan pori-pori Anda, karena ukuran pori-pori kulit memang sangat ditentukan oleh silsilah keluarga.

Orang-orang yang mewarisi kulit berminyak alami atau kulit tebal cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar karena mereka lebih aktif melepaskan minyak, sehingga lubang pori pun jadi lebih luas.

2. Jenis Kulit

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 3

* sumber: orogoldingredients.com

Salah satu penyebab utama pembesaran pori adalah produksi minyak yang berlebih. Ketika kelenjar sebaceous menghasilkan banyak minyak, pori-pori kulit otomatis akan mengembang untuk menampung sel kulit mati dan kotoran.

Itulah yang membuat pori-pori membengkak dan terlihat lebih besar. Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap kelenjar minyak yang terlalu aktif, sebagian besar memang dianggap genetik.

3. Etnis

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 5

* sumber: www.afyaskinandbody.com

Dalam hal ukuran pori-pori, etnis adalah faktor besar lainnya. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa orang Cina umumnya memiliki pori-pori yang jauh lebih kecil daripada etnis lain. Sebaliknya, orang Afrika-Amerika lebih cenderung memiliki kulit berminyak, yang dapat menyebabkan pori-pori tampak lebih besar.

Meskipun warna kulit gelap (mayoritas skintone orang Afrika-Amerika) lebih rentan terhadap kulit berminyak, ada sisi positifnya juga, loh. Misalnya, pori-pori tidak terlalu terlihat jelas pada kulit yang lebih gelap daripada pada warna kulit yang lebih terang.

4. Gender

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 7

* sumber: parenting.firstcry.com

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui juga, ada beberapa perbedaan utama antara kulit pria dan wanita. Pria umumnya memiliki kulit yang lebih berminyak, dan lebih tebal, yang merupakan salah satu alasan mengapa pria membutuhkan produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk kulit mereka. Itulah mengapa pria biasanya memiliki pori-pori yang lebih besar daripada wanita,

Para peneliti menyatakan, pria memiliki kulit yang lebih berminyak karena peningkatan jumlah testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) dalam tubuh mereka.

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Dermatological Research, testosteron dan DHT (yang diproduksi oleh testosteron) dapat merangsang kelenjar sebaceous, menyebabkan produksi sebum (minyak berlebih) sehingga pori-pori pun membesar.

Untuk alasan ini, penting bagi pria untuk menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit mereka. Makanya banyak sekali produk skincare yang tertajuk 'for men' di pasaran bukan karena ingin memisahkan diri dari wanita, tapi karena memang pria memerlukan perawatan yang berbeda.

Dengan sistem perawatan dan rejimen perawatan kulit sehari-hari yang tepat, pria yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat jadi lebih bisa mengontrol produksi minyak dan mengurangi ukuran pori-pori wajah.

5. Hormon

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 9

* sumber: www.beautysyn.com

Hormon juga berpengaruh besar pada tampilan pori-pori seseorang, seperti pada pria. Karena efek hormon pria, kelenjar sebaceous tumbuh berkembang. Semakin besar kelenjar di bawah kulit, semakin besar pori-pori.

Secara biologis, pria umumnya memiliki pori-pori yang lebih besar daripada wanita. Namun, perubahan hormon seperti kehamilan, menstruasi dan pubertas dapat meningkatkan penampilan pori-pori besar pada wanita.

6. Lingkungan Hidup

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 11

* sumber: www.scmp.com

Lingkungan dan gaya hidup Anda menentukan juga, loh. Dua faktor tersebut dapat memainkan peran besar dalam ukuran pori-pori Anda. Misalnya, hidup di iklim yang panas dan lembab dapat meningkatkan produksi minyak dan membuat Anda berkeringat, menyebabkan jerawat tersumbat dalam pori-pori.

Iklim dingin dan kering juga tidak lebih baik. Pasalnya, udara dingin dan kering dapat menyedot kelembaban dari kulit. Hal ini menyebabkan kelenjar minyak Anda bekerja lebih keras, dan akhirnya ukuran pori-pori jadi tidak menentu.

Jika orang tua Anda memiliki kulit berminyak, Anda juga akan cenderung memiliki kulit berminyak. Tetapi, sebelum Anda terlalu marah pada mereka, ingatlah bahwa banyak faktor mendasar lainnya yang bisa membuat kelenjar sebaceous Anda jadi besar, Seperti bekerja lembur, kurang asupan gizi dan kolagen yang baik untuk kulit dan kurang olahraga juga menentukan ukuran pori-pori kulit Anda.

7. Sinar Matahari

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 13

* sumber: glamgenius.net

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat Anda tampak memiliki pori-pori besar. Karena, sinar matahari bisa menebalkan kulit, mengecilkan jaringan bawah kulit, serta mengurangi kadar kolagen, elastin, dan air pada kulit Anda.

Dengan semua hal ini, pori-pori pasti akan meregang dan jadi terlihat besar. Pastikan untuk menggunakan sunscreen yang non-comedogenic sebelum Anda keluar rumah, ya!

8. Usia

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 15

* sumber: www.drrashmishetty.com

Pori-pori besar 'muncul' karena gangguan hormon dan kulit berminyak. Umumnya, pori-pori melebar pada masa puber atau orang-orang yang masih muda. Tapi, mereka juga bisa semakin memburuk dengan bertambahnya usia.

Proses penuaan alami menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Inilah yang membuat kulit menjadi lebih rentan tersumbat oleh sebum, kotoran dan kulit mati yang membuat pori-pori terlihat lebih besar.

9. Kebersihan Kulit

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 17

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Sementara ukuran pori-pori yang besar itu kebanyakan karena faktor genetik, mereka juga bisa berubah ukurannya karena tingkat kebersihan kulit. Mencuci muka, mengeksfoliasi kulit, memberikan pelembab, merupakan langkah-langkah penjagaan agar pori-pori tidak tersumbat dan jadi bersih. Jika Anda menjaga kebersihan kulit dengan asal-asalan, pori-pori kulit tentu saja akan membesar.

10. Perawatan

Inilah Berbagai Penyebab Pori-Pori Membesar Pada Wajah 19

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Jika Anda tak pernah melakukan perawatan seperti eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati) atau paling tidak mencuci muka setelah beraktivitas saja, dan Anda mengeluhkan pori-pori Anda yang tampak besar, itu kesalahan yang Anda buat sendiri.

Cobalah untuk sayang pada diri sendiri. Rawat kulit sedini mungkin. Jika Anda punya budget lebih, Anda bisa juga melakukan treatment di dermatolog seperti terapi laser, pengelupasan kulit dalam dan retinol, dan perawatan lanjutan lainnya. Anda juga selalu bisa menggunakan serum pengencang pori-pori untuk perawatan sendiri di rumah.

Cegah pori-pori berkembang lebih besar lagi dengan menjaga kulit Anda tetap bersih dan terhidrasi! Caranya, gunakan pelembab ber-SPF dan minum air putih yang cukup. Terus, pastikan juga produk yang Anda gunakan cocok untuk jenis kulit Anda.

Selain itu, makanlah makanan yang sehat. Karena gula dan makanan olahan dapat meningkatkan kadar insulin yang memicu produksi minyak berlebih. Mengonsumsi makanan kaya lemak omega-3, ikan dan sayuran dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi produksi minyak di kulit Anda.

Jadi, pori-pori besar itu bakal membuat semua orang, baik wanita maupun pria, jadi concern ke penampilan mereka. Jika Anda sudah sampai di sini, berarti Anda telah membaca penjelasan Kamini di atas mengenai faktor penyebab pori-pori besar. Ada yang tak bisa Anda cegah (seperti genetik dan jenis kulit) tapi ada yang bisa Anda hindari seperti lingkungan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Perawatan kulit juga penting untuk membuat tampilan pori mengecil secara alami. Jadi, tak perlu stres lagi ketika bercermin dan melihat banyak lubang-lubang kecil di wajah Anda, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram