Ladies, Inilah 8 Penyebab Softlens Perih Ketika Dipakai

Menggunakan softlens memang bisa menambah rasa percaya diri untuk tampil cantik dan memukau. Namun ternyata, menggunakan softlens juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Salah satunya adalah, menyebabkan mata menjadi terasa perih. Sebenarnya apa yang membuat softlens bisa menjadi perih?

8 Penyebab Softlens Perih saat Dipakai

Nah, pada kesempatan kali ini, kamini akan membahas mengenai penyebab softlens perih ketika dipakai. Gimana, kamu penasaran, kan, Ladies? Yuk simak langsung saja ulasan dari kamini berikut.

1. Kedaluwarsa

ciri-ciri softlens kedaluwarsa

* sumber: images.emedicinehealth.com

Nah, salah satu penyebab softlens terasa perih kala digunakan adalah, bisa jadi softlens tersebut sudah tidak layak pakai alias sudah kedaluwarsa. Salah satu ciri softlens yang telah masuk masa kedaluwarsa adalah terjadi perubahan warna pada softlens. Yup, jika warna softlens kamu telah berubah menjadi keruh, kemungkinan softlens tersebut memang sudah tidak layak pakai.

Kalau kamu lupa tanggal kedaluwarsa dari softlens yang kamu pakai, kamu bisa melakukan pengujian sendiri di rumah dengan menggunakan larutan air garam. Kalau keruh di softlensmu tidak hilang, bisa jadi memang softlensnya sudah kedaluwarsa.

Perlu diketahui, menggunakan softlens yang sudah kedaluwarsa memiliki bahaya tersendiri. Di antaranya dapat menyebabkan abrasi kornea atau luka pada kornea mata, hingga peradangan pada konjungtiva mata yang biasa disebut dengan konjungtivitis.

Oh ya, selain berubah menjadi keruh, ada hal lainnya yang menjadi pertanda bahwa softlens yang kamu gunakan sudah memasuki masa kedaluwarsa. Kamu dapat menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel Ciri-Ciri Softlens Kedaluwarsa dari kamini.

2. Mata Sensitif

cara mengobati sakit mata

Penyebab mata perih saat menggunakan softlens tentunya bukan hanya disebabkan oleh softlens yang kamu pakai, Ladies. Nah, salah satu penyebab lain dari mata yang terasa perih ketika menggunakan softlens adalah karena mata kamu tergolong sensitif. Sebelum memakai softlens, ada baiknya periksakan terlebih dahulu kondisi matamu ke dokter mata.

3. Softlens Rusak

Jangan Pakai Lagi Softlens yang Sudah Kering

* sumber: uniqsoblog.blogspot.com

Nah jika ternyata penyebabnya bukan karena mata sensitif, cobalah periksa kondisi softlensmu sekali lagi. Apakah ada bagian-bagiannya yang rusak atau terlipat, atau bahkan sobek?

Jika iya, bisa jadi penyebab softlens perih ketika dikenakan pada mata adalah karena softlensmu rusak. Sebaiknya ganti softlens atau hentikan penggunaannya jika kamu menemukan kerusakan pada softlensmu.

4. Mata Kering

Mengatasi mata kering

Tahukah kamu, ternyata mata kering juga bisa menjadi pemicu softlens terasa perih ketika dipakai. Kalau penyebabnya memang mata kamu yang kering, tentu masih bisa diatasi secara mandiri. Nah, agar softlens tidak terasa perih saat dipakai karena matamu yang kering, usahakan untuk memakai tetes mata khusus terlebih dahulu sebelum kamu memasang softlens.

Atau, jika kamu tidak ingin menggunakan tetes mata, kamu bisa mengompres matamu dengan air hangat. Mencuci dan mengompres mata dengan air hangat ternyata bisa membantu mata kamu untuk menghasilkan kadar air pada mata yang lebih banyak, lho.

5. Reaksi Alergi pada Mata

penyebab softlens perih Jangan Pakai Softlens Seharian

Reaksi alergi pada mata juga dapat terjadi ketika kamu menggunakan softlens. Reaksi alergi pada mata bisa disebabkan karena ketidakcocokan mata dengan bahan dari softlens yang kamu gunakan. Akibatnya, mata kamu bisa menjadi terasa perih.

Selain menyebabkan mata menjadi terasa perih, reaksi alergi pada mata tentunya dapat mengganggu kenyamanan dan penglihatan kamu, jadi sebaiknya kamu berhati-hati ketika memilih softlens, ya.

6. Tangan atau Alat Pasang Softlens Tidak Steril

Rutin Mengganti Tempat Softlens

Jika kamu mengalami rasa perih ketika menggunakan softlens, hal tersebut juga bisa jadi disebabkan oleh tangan atau alat pasang softlens yang kamu pakai dalam keadaan kotor alias tidak steril. Sehingga, kotoran atau kuman yang ada pada alat pemasang softlens, menempel pada softlens yang kamu pakai dan menyebabkan iritasi atau bahkan reaksi alergi pada mata.

7. Softlens dalam Keadaan Kotor

Pertimbangkan ketebalan softlens Tips Memilih Softlens

Penyebab mata kamu perih ketika menggunakan softlens tidak hanya diakibatkan oleh kotornya alat pemasang softlens. Ya, bisa jadi softlensnya itulah yang menjadi sarang kotoran dan kuman. Untuk itu, jangan lupa rawatlah softlens yang kamu pakai. Bersihkanlah softlens secara teratur, agar kebersihan softlensnya tetap terjaga.

8. Ukuran Softlens Tidak Sesuai

cara merawat softlens

Ternyata, ukuran softlens yang tidak pas atau terlalu besar dan terlalu kecil untuk mata juga bisa menjadi penyebab mata terasa perih dan tidak nyaman. Penggunaan softlens dengan ukuran yang tidak sesuai bisa saja menyebabkan mata menjadi iritasi hingga pandangan terasa kabur.

Perlu diketahui, softlens memiliki ukuran yang berbeda-beda. Nah, kalau kamu ingin mengetahui ukuran dari softlens yang pas untuk matamu, silakan baca artikel Macam-Macam Ukuran Softlens dari kamini ini.

Tips Agar Softlens Tidak Perih Saat Dipakai

Pilih softlens dengan teknologi terbaru

Nah, agar softlens tidak perih di mata ketika dikenakan, kamu bisa menerapkan beberapa tips dari kamini berikut. Kamu penasaran apa saja tipsnya? Let's check this out!

1. Rawat Softlens dengan Baik

Selalu Bersihkan Softlens Secara Teratur

Tips yang pertama, rawatlah softlens yang kamu gunakan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika softlens tidak dibersihkan secara teratur, maka softlens tersebut bisa menjadi sarang kuman dan kotoran. Akibatnya, matamu bisa mengalami iritasi dan pandanganmu terganggu.

Jadi, jangan lupa untuk membersihkan softlens yang kamu pakai, ya. Gunakanlah cairan khusus softlens dan gantilah cairannya secara teratur. Simpan softlens di tempat khusus yang benar-benar steril.

2. Perhatikan Kondisi Softlens

Jaga Kebersihan Totak Softlens

* sumber: makeupandbeauty.com

Seperti yang sudah dibahas di muka, kondisi softlens yang rusak bisa menjadi penyebab mata menjadi perih saat menggunakannya. Jadi, perhatikanlah kondisi softlens yang sering kamu pakai. Jangan sampai kamu nekat memakai softlens yang sudah keruh atau sobek, ya.

3. Ganti Softlens

Cek masa kedaluwarsa softlens

Jika softlens lamamu sudah rusak atau sudah tidak nyaman saat digunakan, lebih baik gantilah softlens tersebut dengan yang lebih baru agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Jika sudah melihat tanda-tanda kerusakan pada softlens seperti yang disebutkan di atas, maka sebaiknya segera buang softlens lama kamu.

3. Perhatikan Kebersihan Tangan atau Alat Pasang

Cuci Tangan cara merawat softlens yang jarang dipakai

Ladies, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan alat pasang softlensmu, ya. Sebelum menggunakan softlens, ada baiknya kamu mencuci tanganmu terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Kalau ingin yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan hand sanitizer.

4. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi pada Dokter cara mengonsumsi minyak biji rami

Sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens, ada baiknya kamu memeriksakan kondisi kesehatan matamu terlebih dulu kepada dokter mata. Tanyalah pada dokter, baiknya berapa lama waktu yang tepat bagi kamu untuk menggunakan softlens setiap harinya, karena kesanggupan mata seseorang untuk menggunakan softlens dalam keseharian tidaklah sama.

Ada yang kuat hingga 6 jam, ada pula yang bisa bertahan hingga 8 jam atau lebih. Oh ya, mintalah resep pada dokter agar kamu bisa memilih softlens yang sesuai dengan kondisi matamu.

Itulah delapan penyebab softlens perih ketika dipakai. Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, sebaiknya kamu disiplin menjaga kebersihan dan merawat softlens yang kamu pakai. Terapkanlah tips-tips di atas agar matamu juga tetap sehat saat menggunakan softlens. Nah, demikian pembahasan kali ini, semoga informasinya bermanfaat.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram