Kamini.id / Romansa / Yuk Cari Tahu 10 Perbedaan Antara Sayang dan Cinta

Yuk Cari Tahu 10 Perbedaan Antara Sayang dan Cinta

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Desember 2019

Mencintai menurut KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) memiliki arti menaruh rasa kasih sayang kepada suatu hal. Sedangkan menyayangi adalah sesuatu yang bermakna mengasihi, dimaknai juga mencintai dan dimaknai pula dengan kata menyesal.

Menurut Irish Murdoch seorang penulis novel terkenal “Milton Glaser In How To Think Like a great Graphic Designer,” menyatakan bahwa cinta adalah pemahaman yang begitu sulit, di mana selain diri sendiri dipandang menjadi sesuatu yang nyata.

Dikutip dari berbagai sumber, kata sayang sendiri secara harfiah berarti Tuhan yang satu dimana makna ini diambil dari filosofi rasa kasih Tuhan kepada setiap makhluknya. Berikut Kamini akan membagikan informasi mengenai perbedaan sayang dan cinta secara detail untuk Anda.

1. Makna Cinta dan Sayang yang Disalahartikan

Makna Cinta dan Sayang yang Disalahartikan

* sumber: www.salesforce.com

Ternyata banyak sekali yang salah mengartikan cinta dan sayang secara umum. Banyak dari kita yang terbalik-balik dalam mengartikan dua hal ini, termasuk dalam menempatkan tingkatan perasaan seseorang.

Tingkatan perasaan seseorang sebenarnya terdiri dari suka, cinta dan berakhir pada sayang. Sayang memiliki makna perasaan yang paling tinggi dengan arti kata  “sa” berarti satu dan “Hyang” berarti Tuhan dengan makna utuh “Tuhan  yang satu.”

Bagaimana kita bisa mengesampingkan Tuhan dibandingkan dengan rasa cinta. Ketika seseorang jatuh cinta ia akan membuat pasangan bahagia dan bahagianya bukan untuk dirinya sendiri.

Ketika seseorang menyayangi orang lain ia akan lebih memperjuangkan kebahagiaan orang yang ia sayang dan ia tidak akan melihat perasaan dan pengorbanannya untuk dirinya sendiri. Dalam pikiran ia hanya berharap si doi bahagia ketika bersama tanpa ada keseimbangan antara keduanya.

2. Sasaran dalam Mencintai dan Menyayangi

Sasaran dalam Mencintai dan Menyayangi

* sumber: people.com

Sasaran dalam menunjukan rasa cinta dan sayang sangat berbeda. Biasanya cinta ditujukan kepada satu orang yang benar-benar spesial untuk hidupnya atau beberapa orang yang memang memiliki ikatan penuh untuknya.

Sedangkan rasa sayang biasanya ditujukan kepada banyak orang atau seseorang dianggapnya penting. Rasa sayang lebih terikat dalam ketulusan hati, sedangkan cinta lebih didasarkan pada hasrat di dalam diri.

3. Sayang Belum Tentu Cinta, tetapi Cinta Pasti Sayang

Sayang Belum Tentu Cinta, tetapi Cinta Pasti Sayang

* sumber: dev.rootsofjusticetraining.org

Rasa cinta memiliki makna yang dalam kepada suatu mahluk, sedangkan sayang memiliki makna mendasar dalam sebuah hubungan. Artinya adalah seseorang akan menyayangi satu sama lain lalu mereka bisa mengubah rasa sayang menjadi makna cinta apabila sudah ada keterikatan batin, perasaan dan visi misi dalam suatu hubungan.

Seseorang dapat menyayangi orang lain baik itu lawan jenis, saudara, orang tua, komunitasnya dan apapun itu. tetapi ia tidak dengan mudah menaruh rasa terdalamnya yaitu cinta kepada orang yang ia sayang.

Tetapi apabila Anda mencintai seseorang maka Anda juga akan menyayangi orang tersebut. bukan sekadar memberikan rasa yang tulus, namun ketertarikan itu akan tumbuh secara lebih dibandingkan ketika Anda baru menyayangi orang tersebut.

4. Cinta Beraura Membara, Sayang Beraura Menghangatkan

Cinta Beraura Membara, Sayang Beraura Menghangatkan

* sumber: www.pinterest.com

Tentunya berbicara mengenai cinta dan sayang. Dua-duanya memiliki aura yang berbeda. Hal ini terbukti dengan tindakan seseorang yang sedang jatuh cinta dan tindakan mereka yang menyayangi.

Keduanya berikatan namun berbeda pemahaman. Aura cinta itu lebih kepada merah tua, sedangkan sayang lebih kepada merah muda. Apabila seseorang diliputi rasa cinta ia akan memiliki aura seperti terbakar, membara dan menggebu-gebu.

Cinta begitu membuat seseorang akan mengesampingkan logika, sedangkan ketika seseorang sedang menyayangi orang lain atau merasa disayangi maka auranya akan lebih kepada merah muda. Aura kasih sayang juga lebih dingin dan sejuk ketimbang aura seseorang yang jatuh cinta.

5. Cinta Dapat Membutakan, Sedangkan Sayang Tidak

Cinta Dapat Membutakan, Sedangkan Sayang Tidak

* sumber: www.123rf.com

Menurut Robert Strenberg dalam teori komponen cinta menyatakan bahwa ada tiga komponen dalam sebuah cinta. Keintiman, passion dan komitmen. Sedangkan rasa sayang hanya melingkupi komitmen, sedangkan cinta meliputi ketiga hal tersebut yang dapat membutakan seseorang.

Apabila seseorang menyayangi orang tersebut ia masih dapat berpikir sisi objektif dan subjektif, menggunakan logikanya untuk menyayangi. Sedangkan mereka yang jatuh cinta biasanya hanya melihat dari satu sisi. Ia juga akan membuang jauh-jauh sisi buruk orang yang dicintai.

6. Bahasa Kepemilikan Cinta VS Sayang

Bahasa Kepemilikan Cinta VS Sayang

* sumber: lifestyle.okezone.com

Apabila banyak yang mengungkapkan cinta tak harus memiliki, itu adalah hal yang sedikit keliru. Sebenarnya rasa sayanglah yang tak harus memiliki, berbeda dengan rasa cinta yang sebenarnya harus dimiliki, walaupun ia tak dapat memiliki rasa cinta tersebut akan berubah menjadi sakit hati dan kecewa.

Berbeda dengan rasa sayang, walaupun tak memiliki dan tak melihatnya secara dekat, ia akan dengan ikhlas menerimanya bahkan bersuka cita untuknya. Berbeda dengan mencintai yang bisa membuatnya akan patah hati. Jadi dari segi kepemilikan sangatlah berbeda antara cinta dan sayang.

7. Hasil yang Berbeda Antara Cinta dan Sayang

Hasil yang Berbeda Antara Cinta dan Sayang

* sumber: www.nzcatholic.org.nz

Mengetahui bahwa cinta dan sayang memang berbeda, maka hasil dari keduanya juga berbeda. Apabila cinta menghasilkan dua sisi yaitu tertolak lepas atau menyatu bersama. Sedangkan rasa sayang memberikan hasil kepuasan dan keikhlasan.

Ekspektasi dan realita kedua hal ini juga berbeda. Cinta memberikan ekspektasi yang lebih tinggi khususnya pembalasan yang sama dari sang pacar, kejutan, romantisme dan semua hal yang bersifat manis.

Sedangkan sayang lebih kepada kebersamaan, tak ingin melihatnya terluka dan tetap ingin bersamanya tanpa mengharapkan balasan apapun.

8. Cinta Adalah Pilihan, Sayang Sebuah Penantian

Cinta Adalah Pilihan, Sayang Sebuah Penantian

* sumber: moviequotesonline.blogspot.com

Mencintai adalah mereka yang mampu menentukan pilihan, mereka yang saling memilih dan terpilih. Seseorang yang mencintai orang lain mereka akan dipilih dan memilih siapa orang yang pantas mendapatkan cintanya.

Menyayangi adalah mereka yang mampu berdiri dalam sebuah penantian, tanpa pengharapan. Mereka yang tulus dan jujur dengan apa yang mereka rasa tanpa harus menghadirkan siapa korban dan siapa pemenang. Sayang hanya butuh ketulusan yang dapat mereka lihat sendiri. Dua karakter yang sangat berbeda antara cinta dan sayang.

9. Sayang Tak Butuh Pengakuan, Berbeda dengan Cinta

Sayang Tak Butuh Pengakuan, Berbeda dengan Cinta

* sumber: www.romanyflower.com

Ketika seseorang menyayangi orang lain, ia tak akan membutuhkan pengakuan. Contohnya saja saudara kita yang tulus menyayangi kita atau kedua orang tua kita, mereka akan cenderung diam dan tak mencari pengakuan seberapa banyak pengorbanan mereka.

Berbeda dengan cinta yang cenderung membutuhkan pengakuan, ketika seseorang mencintai maka ia juga wajib diakui. Contohnya seorang pacar yang membutuhkan pengakuannya pacarnya, seperti memperkenalkan kepada temannya, mengunggahnya di media sosial, atau menceritakan pada sekitar.

Selain itu seperti pasangan yang sudah menikah, mereka cenderung ingin membuat pengakuan ke publik bahwa mereka sudah menikah. Mereka perlu diakui saling mencintai, berbeda dengan rasa sayang.

10. Getaran yang Berbeda Antara Keduanya

Getaran yang Berbeda Antara Keduanya

* sumber: www.indiatoday.in

Cinta memiliki getaran yang murni dari hati, ia akan merasakan hal yang berbeda termasuk ketika bersama berdua. Bercerita atau melakukan hal apapun akan merasakan sebuah getaran dari hati. Gambaran jantung yang berdegup cepat adalah sebuah cinta.

Sedangkan rasa sayang lebih kepada perpaduan logika dan perasaan yang lega, tulus dan senang.  Mereka tidak akan menunjukan sesuatu secara berlebih dan intens. Mereka akan lebih melakukan tindakan tanpa disadari, berbeda dengan cinta yang lebih terang-terangan.

Itulah 10 perbedaan cinta dan sayang yang mudah untuk diketahui. Setelah membaca artikel ini coba lihat dengan seksama apa yang terjadi pada orang di sekitar Anda, ia mencintai Anda atau lebih menyayangi Anda. Baca juga artikel ciri kekasih yang benar-benar menyayangi Anda ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *