Kamini.id / Jam Tangan / Inilah Perbedaan Jam Tangan Daniel Wellington Asli dan Palsu

Inilah Perbedaan Jam Tangan Daniel Wellington Asli dan Palsu

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu brand kenamaan yang satu ini sempat menjadi perusahaan dengan perkembangan tercepat pada tahun 2017 di Eropa. Brand jam tangan yang berdiri pada tahun 2011 ini memang sudah tak asing lagi bagi para pecinta jam tangan.

Menawarkan jam tangan dengan desain unik namun minimalis, Daniel Wellington berhasil menarik perhatian masyarakat dengan ciri khas jam tangan dengan model dan desain tali yang dapat diganti.

Nama Daniel Wellington sendiri ternyata diambil dari nama seorang pria asal Inggris yang memiliki gaya. Pria ini konon memiliki ketertarikan khusus pada jam tangan model vintage dengan tali nato kulit tua.

Sang pendiri, yaitu Filip Tysander cukup terpesona dengan penampilan unik Daniel Wellington. Filip kemudian memutuskan menggunakan nama pria tersebut sebagai brand jam tangannya sendiri. Menarik bukan?

Sayangnya, karena begitu banyak orang yang menyukai jam tangan merek swedia yang satu ini, menjadikan para pemalsu tertarik untuk membuat barang serupa. Barang palsu ini pun cukup sukses membuat konsumen kebingungan dalam membedakan produk Daniel wellington yang asli dan yang tiruan.

Tips Mengetahui Keaslian Jam Daniel Wellington

Bila kamu sudah terlanjur membeli jam tangan Daniel Wellington dari e-commerce atau bukan melalui store asli dan ingin mengetahui apakah jam tangan Daniel Wellington milikmu asli atau palsu, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Riset dengan Melihat Katalog Terbaru

katalog Daniel Wellington

Untuk mengetahui apakah jam Daniel Wellington mu asli, kamu bisa melihat katalog pada website resmi Daniel Wellington. Crosscheck ini juga berguna bagi kamu yang ingin membandingkan spesifikasi produk yang telah kamu beli dengan spesifikasi yang tertera pada produk asli. Kamu juga bisa mengetahui update desain dari tipe jam tangan yang kamu beli dengan tipe yang sama pada produk asli.

2. Cek Keaslian dengan Mendatangi Offline Store

Bila kamu tidak memiliki waktu luang untuk melakukan crosscheck sendiri, kamu bisa langsung membawa jam milikmu ke offline store Daniel Wellington terdekat. Di sana petugas akan membantu kamu menganalisa apakah jam Daniel Wellington yang kamu beli original atau tiruan.

3. Cek Ketahanan Produk

jam DW

Apabila kamu sudah terlanjur membeli produk Daniel Wellington dari pihak ketiga, kamu bisa menguji kredibilitas vendor tersebut dengan menguji ketahanan produk yang telah kamu beli. Apabila produk jam tersebut sudah rusak dalam kurun waktu 5 bulan – 1 tahun padahal selalu kamu gunakan dengan hati-hati, kamu harus mencurigai  bahwa vendormu menawarkan produk palsu.

Produk Daniel Wellington original memiliki ketahanan yang cukup lama. Tak hanya itu, konsumen juga mendapatkan garansi perusahaan acapkali membeli produk original. Bila vendor hanya menawarkan garansi distributor dan bukan garansi perusahaan, sepertinya kamu harus berpikir kembali untuk membeli jam tangan di vendor tersebut.

4.  Bandingkan dengan Produk Asli

Daniel Wellington Classic Oxford SL

Bila kamu memiliki rekan yang mempunyai jam tangan Daniel Wellington original dengan tipe yang sama, kamu bisa menggunakannya sebagai patokan. Telusuri perbedaan antara jam yang kamu miliki dengan jeam rekanmu yang original tersebut. Tapi bila kamu merasa gengsi untuk melakukan hal tersebut, lebih baik kamu langsung bawa ke offline store-nya saja.

Perbedaan Jam Tangan Daniel Wellington Asli dan Palsu

Secara kasat mata, kebanyakan konsumen mengeluhkan bahwa produk yang palsu nampak seperti produk Daniel Wellington original. Namun tetap saja, ketika dibandingkan dan diamati secara detail, produk asli dan produk tiruan memiliki perbedaan. Beberapa perbedaan yang sudah ditemui oleh konsumen Daniel Wellington diantaranya.

1. Store

store daniel wellington

* sumber: www.malkelapagading.com

Pihak Daniel Wellington menyebutkan pada websitenya bahwa agar konsumen yakin apakah produk jam tangan yang mereka miliki asli atau palsu, konsumen dianjurkan untuk membeli langsung dari official store Daniel Wellington yang berada di negara dan wilayah masing-masing.

Bila konsumen membelinya dari platform e-commerce, atau vendor pihak ketiga, konsumen perlu mencurigainya karena bisa saja barang yang dijual bukanlah asli, sudah digunakan, atau pun sudah rusak. Jadi pikirkanlah kembali dimana kamu harus membeli jam tangan yang satu ini ya.

2. Harga

Daniel Wellington set

* sumber: id.carousell.com

Jangan pernah terlena dengan harga yang miring. Karena kebanyakan harga berbanding lurus dengan kualitas produk. Bila kamu membeli jam Daniel Wellington dengan harga yang miring, kamu patut mencurigainya.

Bisa jadi produk itu palsu, sudah rusak, ataupun secondhand. Para pecinta brand Daniel Wellington sendiri mengaku bahwa produk favorit mereka itu termasuk dalam kategori overpriced atau cukup mahal. Jadi apabila kamu ditawari jam bermerek Daniel Wellington dengan harga murah, kamu harus cek keaslian produk tersebut.

3. Box Luar

DW Box

* sumber: youtu.be

Sebelum menemukan perbedaan pada jam tangannya, beberapa konsumen juga menemukan keanehan pada produk Daniel Wellington tiruan. Banyak produk palsu yang tidak memberikan box jam, padahal Daniel Wellington selalu memberikan box yang memiliki desain dan isi khusus untuk setiap produknya.

Namun ada juga produk palsu yang menggunakan box luar. Hanya saja produk palsu menggunakan bahan box yang berbeda dengan yang asli.

4. Crown

DW Crown

* sumber: youtu.be

Bagian pemutar jarum jam pada produk asli kebanyakan memiliki desain bulat cenderung oval dengan ukuran tertentu. Pada produk tiruan, ukuran crown akan menjadi lebih besar ataupun lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran crown jam tangan yang asli.

5. Signature

DW Buckle

* sumber: youtu.be

Daniel Wellington memiliki signature khas yang terdapat pada bagian dial, belakang strap dan pada buckle. Signature Daniel Wellington dibuat dengan teknik ukir sehingga meninggalkan kesan tertentu ketika diraba.

Pada beberapa produk tiruan, bagian signature akan terasa flat. Hal ini dikarenakan signature Daniel Wellington pada produk tiruan bukan dibuat menggunakan teknik ukir melainkan print biasa. Inilah yang menjadi salah satu patokan kuat yang dapat kamu terapkan untuk membedakan jam Daniel Wellington asli atau tiruan.

Selain itu, signature pada  bagian dial (bagian dalam jam) akan terlihat timbul pada produk original. Posisi signature bagian dial pada produk palsu juga berada pada posisi yang berbeda dibandingkan produk original.

6. Hands

DW Hands

* sumber: youtu.be

Beberapa konsumen juga menemukan keanehan pada jarum jam (hands) pada produk Daniel Wellington palsu. Produk palsu memiliki ketebalan hands yang lebih tebal dibandingkan produk asli. Pada produk asli sendiri, hands yang digunakan memiliki ciri khas seperti pedang yang panjang namun tipis.

7. Marker

DW Marker

* sumber: youtu.be

Marker atau penanda waktu pada produk tiruan dapat terlihat lebih tebal dibandingkan dengan marker pada produk Daniel Wellington original. Bukan itu saja, terkadang produk tiruan memiliki warna marker yang cenderung lebih pudar.

8. Strap

DW Staps

* sumber: youtu.be

Perbedaan terakhir yang dapat ditemui antara produk Daniel Wellington asli dan tiruan terletak pada strap atau tali jam. Strap produk tiruan menggunakan bahan yang berbeda dengan produk original. Selain itu, lubang pada strap pada produk tiruan juga memiliki jumlah yang lebih sedikit ataupun lebih banyak bila dibandingkan dengan produk asli.

Itulah beberapa perbedaan yang bisa kamu temui antara produk Daniel Wellington asli dan palsu. Ingat, produk tiruan akan merugikan konsumen maupun produsen penghasil produk original.

Hal ini dikarenakan dengan membeli produk tiruan berarti konsumen mendukung pencurian hak cipta dan pembajakan karya yang asli. Bukankah perilaku tersebut termasuk kedalam tindak kriminal? Hati-hati, ya!

Oh iya, bukan hanya jam Daniel Wellington saja yang bisa dipalsukan, ada juga jam Q&Q palsu. Nah, untuk menghindari kerugian akibat membeli jam tangan Q&Q palsu, sebaiknya baca juga artikel Perbedaan Jam Tangan Q&Q Asli dan Palsu ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020