Kamini.id / Jam Tangan / 10 Tips Jitu Membedakan Jam Tangan Q&Q Asli atau Palsu

10 Tips Jitu Membedakan Jam Tangan Q&Q Asli atau Palsu

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapat memiliki item fashion terkini, barang koleksi maupun juga kebutuhan sekunder kita yang lainnya tentu menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Namun terkadang barang-barang tersebut hadir dengan harga yang tidak murah. Tidak jarang, kita harus menabung terlebih dahulu demi memilikinya. Tapi ada juga sebagian orang yang memilih jalan pintas dengan membeli barang tiruan.

Namun tentu saja kepuasan membeli barang tiruan berbeda dengan memiliki barang asli atau orisinil. Apalagi, jika kita sudah berbicara tentang kualitas. Gaya bisa jadi sama, namun kualitas tidak dapat dibohongi. Seperti jam tangan Q&Q yang juga mulai marak versi tiruan atau KW-nya. Simak tips berikut agar kamu tidak terjebak untuk membeli jam tangan Q&Q tiruan.

1. Kode

Kode

Salah satu hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk membedakan jam tangan Q&Q asli dengan tiruan adalah dengan menemukan kode produknya. Bagaimana caranya? Sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa memperhatikan posisi angka 6 pada jam tangan Q&Q analog. Produk asli Q&Q memiliki kode berupa deretan huruf dan angka tepat di bawah angka 6.

Sementara jam tangan Q&Q yang palsu atau KW, tidak menyertakan kode ini, karena pabrik yang memproduksi barang tiruan kemungkinan tidak memiliki mesin yang memadai untuk memasang tulisan sekecil itu. Setelah itu, kamu bisa melakukan pengecekan melalui Google untuk memastikan, apakah jam tangan tersebut memang sesuai dengan tipenya. Atau kamu juga bisa memastikannya lewat situs resmi Q&Q.

Tips tambahan: Untuk jam tangan Q&Q tiruan, biasanya tidak tertera kode, melainkan tulisan yang tidak seharusnya seperti Quartz, Japan Movt. atau tulisan-tulisan lain yang menandakan bahwa jam tangan tersebut memang bukan produk resmi.

2. Detail Fisik

Detail Fisik

Salah satu hal termudah untuk mengetahui bahwa jam tangan Q&Q yang kamu miliki adalah buatan asli, kamu bisa mengenalinya dari detail atau ciri-ciri fisik jam itu sendiri. Pertama, perhatikan detail-detailnya seperti cetakan angka atau penulisan merek. Biasanya, produk tiruan memiliki cetakan atau detail yang tidak rapi. Bahkan dalam beberapa kasus, detailnya nampak seperti memudar.

Selain detail, perhatikan juga casing atau body luar jam tangan. Karena produk asli tentu saja akan terlihat lebih kokoh dan solid. Selain casing body yang memiliki desain rapi, kamu juga bisa memperhatikan tombol-tombolnya. Sama seperti casing-nya, desain tombol Q&Q orisinil terlihat rapi dan presisi. Karena versi tiruannya biasanya memiliki tombol yang lembek atau goyah.

Tips tambahan: untuk dapat memastikan keaslian dari jam tangan Q&Q yang kamu miliki, kamu juga dapat melihat back case, atau bagian belakang body yang biasanya terbuat dari stainless steel atau bahan resin. Disana, akan tertera kemampuan water resistanance, juga logo Q&Q.

3. Barcode

Barcode

Sebenarnya, pengecekan barcode memang sudah umum dalam produk apapun untuk mengetahui keaslian dari produk itu sendiri. Begitu pula dengan jam tangan Q&Q. Untuk jam tangan Q&Q orisinil akan memiliki barcode yang rapi, sesuai dengan kode jam tersebut. Kamu bisa melakukan pengecekan via Google Images atau situs resminya.

Jika kode barcode tidak sesuai dengan gambar aslinya, sudah dapat dipastikan bahwa produk tersebut palsu. Selain melakukan pengecekan secara online, kamu juga bisa menemukan barcode ini dalam kaca casing body jam tangan Q&Q kamu. Letaknya, yaitu di dalam kaca body. Agak rumit memang, namun jika tidak tertera barcode disana, dapat dipastikan bahwa produk yang kamu miliki palsu.

4. Mesin

Mesin

* sumber: www.picuki.com

Selain memperhatikan ciri-ciri di atas, kamu dapat memastikan bahwa sebuah jam tangan Q&Q merupakan produk orisinil dari mesinnya. Ini berlaku bagi jam tangan Q&Q analog, tentu saja. Untuk memastikannya agak rumit memang, karena kamu perlu membongkar jam tangan kamu untuk dapat melihat mesin analog yang berada di dalamnya.

Untuk jam tangan Q&Q yang asli, mesinnya menggunakan merek mesin Miyota. Jadi, mesin ini adalah mesin asli buatan Citizen, yaitu perusahaan yang membuat jam tangan Q&Q. Untuk lebih lengkapnya, tulisan tersebut berbunyi: Miyota Co. Japan. Selain itu, dibagian back case atau casing belakangnya terdapat sablonan yang bertuliskan: Japan CBM Corp.

5. Jam Tangan Digital

Jam Tangan Digital

Beberapa tips di atas merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengenali mana jam tangan Q&Q analog yang asli dan yang KW alias tiruan. Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana dengan jam tangan Q&Q digital? Sebenarnya, cara mengenalinya cukup mudah. Sama seperti produk analog, detail pada casing Q&Q digital semuanya tercetak dan tertata dengan sangat rapi.

Meskipun kadang agak sulit, tapi jika kamu memperhatikannya dengan baik, detail pada jam tangan Q&Q digital orisinil selalu tercetak dengan rapi dan presisi dengan bentuk jam tangannya. Yang paling mudah adalah, jika kamu melihat bahwa ada cetakannya yang sudah mulai memudar, itu adalah produk tiruan.

Tips tambahan: salah satu cara untuk mengenali mana jam tangan digital asli dengan yang palsu adalah pada casing-nya. Biasanya, casing tiruan akan memiliki gap pada perbatasan body case atas dengan bawah. Lantas, mesin jam tangan digital Q&Q memiliki warna biru tua atau biru dongker. Tidak semua memang, tapi kebanyakan seperti itu.

6. Berbelanja

Berbelanja

Setelah mengetahui cara membedakan antara jam tangan Q&Q asli dengan yang palsu, kamu juga perlu berhati-hati dalam berbelanja. Apalagi, bagi kamu-kamu bro dan sis yang memang memiliki usaha jual-beli jam tangan, terutama yang sering berbelanja grosir. Ataupun juga para pengguna jastip atau jasa titip, berikut adalah himbauan yang dirangkum dari situs qnq.co.id.

Pihak Q&Q banyak menemukan kasus dimana saat konsumen melakukan pembelian dengan sistem grosir di pasaran, tidak semua jam tangan Q&Q yang ada didalamnya adalah merupakan produk orisnil. Dalam survey pasar yang dilakukan oleh pihak Q&Q, ternyata ada juga jam tangan dengan kualitas KW yang diselipkan diantara barang-barang orisinil tersebut. Jadi, kamu perlu berhati-hati saat melakukan pembelian dengan sistem grosir, ya guys.

7. Kode Produk

Kode Produk

Untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen, pihak Q&Q juga menghimbau para konsumen untuk berhati-hati dalam menengok katalog produk. Karena, banyak beredar produk Q&Q yang sebenarnya tidak tercantum dalam katalog resmi. Meskipun memiliki model yang menarik, namun ternyata, pihak Q&Q sendiri tidak merilis model tersebut di pasaran.

Kodenya produk KW tidak jelas dan tidak dapat dilacak. Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, pastikan produk yang akan kamu beli telah dicek sebelumnya lewat Google Images atau situs resmi Q&Q untuk menghindari pembelian produk tiruan atau KW. Beberapa situs internasional yang telah menjual Q&Q secara resmi adalah, Amazon dan Ebay.

8. Garansi

Garansi

Hati-hati, guys, jangan sampai kamu terlena dengan bibir manis penjual yang mengaku bisa memberikan Garansi Internasional 1 tahun untuk jam tangan Q&Q kamu. Karena, bisa jadi kamu telah ditipu atau telah membeli barang tiruan. Karena hingga tahun 2019, Q&Q belum mengeluarkan kartu garansi yang dapat digunakan secara internasional.

Karena, Q&Q sendiri belum memiliki service center resmi yang tersebar di seluruh negara. Garansi yang diberikan adalah Garansi Distributor atau Garansi Toko. Sementara untuk pembelian pada situs resmi Q&Q Indonesia adalah, Garansi Distributor Service yang berlaku selama 6 bulan. Sekali lagi, kamu perlu berhati-hati pada saat membeli.

9. Kemasan

Kemasan

Kadang memang kita tidak terlalu berhati-hati sehingga terjebak untuk membeli barang tiruan atau KW. Entah karena diiming-imingi harga yang murah atau penjual yang menjanjikan berbagai macam hal menarik yang membuat kita luluh, sehingga kita pun terlena akan rayuan gombalnya.

Salah satu cara untuk mengenali bahwa produk QnQ yang kamu beli adalah produk asli atau orisinil, pihak Q&Q telah memastikan bahwa para konsumen yang membeli produk orisinil mereka akan menerima Q&Q Black box dan Paper Bag. Kemasan ini adalah sebagai tanda bahwa produk Q&Q yang kamu beli tersebut adalah barang asli, karena produk kemasan tersebut tidak dapat dijual terpisah dari jam tangannya.

10. Harga

Harga

Demi menghemat budget atau mungkin, yang paling sering terjadi adalah ketika kita melihat barang diskon, kitapun langsung kalap, apalagi yang didiskon adalah barang yang selama ini kita incar. Tapi karena tidak membeli lewat distributor resmi, akhirnya justru kita terjebak sehingga ternyata, barang yang kita beli adalah barang non-ori atau KW.

Jangan hanya karena tergiur oleh harga yang miring dan model yang keren, sehingga akhirnya, kamu malah membeli produk jam tangan Q&Q yang palsu. Pihak Q&Q sendiri menghimbau bahwa jangan sampai mudah percaya dan membeli produk mereka yang menawarkan harga dibawah 100 ribu rupiah. Meskipun memiliki harga diatas rata-rata, paling tidak kamu membelinya melalui distributor resmi yang jelas-jelas menyediakan barang orisinil.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membedakan jam tangan Q&Q yang asli dengan yang palsu atau tiruan alias KW. Sekali lagi, lebih baik kamu bersiap-siap untuk merogoh kocek yang dalam dripada memaksa membeli barang murah namun keaslinya ternyata diragukan.

Ada yang memiliki pengalaman dalam membeli jam tangan atau arloji Q&Q? Jangan lupa untuk berbincang-bincang lewat kolom komentar. Mampir di artikel cara membersihkan embun pada jam tangan ini, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020