Logo Kamini

Ingin Switch Job? Jadi KOL atau Influencer, Mana yang Terbaik?

Ditulis oleh Suci Maharani R
• Diperbaharui 21-01-2025

Kaminiers, di era digital seperti sekarang ini profesi sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan influencer semakin diminati. Eits, siapa yang mengira kedua profesi tadi itu sama? Ternyata, keduanya sangat berbeda.

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk beralih karir (switch job), artikel ini akan membantu untuk menentukan pilihan antara KOL dan influencer. Selain itu, Kamini akan membahas satu platform gratis bernama KOL.ID untuk menunjang perjalanan kariermu. Let’s get start it!

Apa itu Key Opinion Leader (KOL)

Apa itu Key Opinion Leader (KOL)Sumber: Canva

Hobi scrolling media sosial membuat saya mengenal berbagai istilah baru, salah satunya adalah KOL atau Key Opinion Leader. Penasaran, saya pun mencari informasi lebih lanjut. KOL adalah entitas atau ahli di bidang tertentu, seperti kecantikan, teknologi, atau kesehatan. Untuk menjadi KOL, kamu harus memiliki keahlian, pengalaman, dan reputasi di industri yang ditekuni.

Masih bingung? Singkatnya, KOL adalah profesional di suatu bidang yang memberikan informasi kredibel pada masyarakat. Contohnya, seorang dokter spesialis kulit memberikan rekomendasi produk skincare, ini bisa disebut sebagai KOL.

Kelebihan jadi KOL:

  1. Kredibilitas tinggi di bidang tertentu.
  2. Kolaborasi dengan brand besar yang relevan.
  3. Pendapatan cenderung lebih stabil karena dipercaya untuk berkolaborasi dengan brand dalam jangka panjang.

Apa itu Influencer?

Apa itu Influencer?Sumber: Canva

Kata kunci lainnya yang paling populer adalah influencer. Apa sih influencer itu? Dari pengertiannya, influencer adalah individu yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian audiens.

Fokus mereka lebih pada engagement atau interaksi dengan para pengikutnya melalui konten yang menarik, seperti foto, video, atau live streaming. Influencer juga kerap diajak bekerjasama oleh brand untuk mencoba produk dan memberikan review untuk menarik perhatian konsumen.

Kemampuan yang Kaminiers harus miliki untuk menjadi seorang influencer adalah kreativitas, konsistensi, dan personal branding. Meski jam kerjanya fleksibel, kamu harus punya jadwal dan strategi yang baik agar konten yang dihasilkan tetap berkualitas.

Kelebihan jadi Influencer:

  1. Fleksibilitas untuk membuat konten yang menarik dan kreatif.
  2. Potensi mendapatkan endorsement dari berbagai industri.
  3. Cocok untuk yang suka eksplorasi tren dan gaya hidup.

Perbedaan KOL dan Influencer

Perbedaan KOL dan Influencer

Untuk mempermudah, Kaminiers bisa melihat tabel singkat mengenai perbedaan KOL (Key Opinion Leader) dan influencer di bawah ini:

AspekKOL (Key Opinion Leader)Influencer
Fokus UtamaKeahlian dan kredibilitas di bidang tertentu.Membangun interaksi dan engagement dengan audiens.
AudiensSpesifik dan niche, biasanya terdiri dari profesional atau komunitas tertentu.Lebih luas, mencakup berbagai latar belakang audiens.
KontenBerdasarkan pengalaman, riset, atau opini ahli.Berbasis kreativitas, tren, dan gaya hidup sehari-hari.
Kerja Sama BrandBiasanya untuk proyek jangka panjang atau kolaborasi spesifik.Cenderung proyek jangka pendek atau endorsement langsung.
PlatformTidak selalu terpusat di media sosial, bisa melalui seminar, buku, atau wawancara.Utamanya melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, atau YouTube.
PengaruhDianggap sebagai figur otoritas di bidang tertentu.Berpengaruh karena hubungan personal dengan pengikut.
Tujuan UtamaMemberikan edukasi atau opini berdasarkan pengalaman dan keahlian.Mempromosikan produk, jasa, atau gaya hidup tertentu.

Memulai Karir Sebagai KOL atau Influencer

Setelah membaca pengertian serta perbedaan antara KOL (Key Opinion Leader) dan influencer di atas, Kaminiers sudah memutuskan mau pilih yang mana? Jika sudah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membangun personal branding.

Bagaimana caranya? Kamini memiliki beberapa checklist yang bisa kamu ikuti di bawah ini:

  1. Membuat Portofolio yang Menarik: Baik KOL maupun influencer, Kaminiers harus rajin membuat konten yang relevan. Yang perlu di perhatikan, pastikan konten ini relevan dengan keahlianmu sebagai KOL dan niche yang jelas sebagai influencer.
  2. Aktif di Media Sosial: Media sosial adalah jembatan antara dirimu dengan audiens dan klien. Maka dari itu, jangan takut untuk aktif bersosialisasi di media sosialmu. Buatlah konten yang menarik, cari tahu apa yang sedang trending, berinteraksi dengan pengikut, dan berikan informasi yang kredibel.
  3. Rate Card yang Jelas: Terakhir, Kaminiers harus membuat rate card yang jelas dan masuk akal. Salah satu yang bikin brand atau klien enggan bekerjasama karena banyak KOL dan influencer yang membuat rate card yang over budget dan tidak sesuai dengan engagement rate-nya.

Cara Membuat Rate Card Tanpa Ribet dan Murah

Cara Membuat Rate Card Tanpa Ribet dan Murah

Rate card menjadi salah satu hal terpenting untuk Kaminiers yang ingin berkarir sebagai KOL dan influencer. Tapi, menentukan harga jual itu ternyata tidak mudah. Harus mencari tahu value akun, mulai dari berapa jumlah followers, like, share, dan lainnya. Ribet deh pokoknya!

Untungnya, saya menemukan sebuah website yang menawarkan jasa membuat rate card dengan harga yang sangat terjangkau, namanya KOL.ID. Kamu bisa memilih beberapa paket pembuatan rate card untuk KOL dan influencer, serta media sosial seperti TikTok, Instagram, hingga YouTube.

Harganya mulai dari Rp 20.000 untuk paket starter, Rp 100.000 untuk paket premium, dan Rp 300.000 untuk profesional. Waktu pembuatannya singkat, kamu juga nggak perlu memasukkan banyak informasi karena tools-nya secara otomatis membuat rate card sesuai performa media sosialmu. Menggiurkan bukan?

Oh iya, KOL.ID juga menawarkan tools gratis lainnya seperti seperti belajar jadi KOL, Kamus KOL, serta fitur mengunduh video dari medis sosial. Sementara para KOL spesialis dan brand juga bisa mencoba tools membuat MoU KOL dan cek ER untuk semua media sosial. Ini bakalan mempermudah kerja kalian sih Kaminiers.

Berkarier sebagai KOL atau influencer adalah pilihan yang menjanjikan di era digital ini. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, tergantung pada tujuan dan kepribadianmu. Jangan lupa, manfaatkan KOL.ID sebagai platform pendukung untuk membangun personal branding yang kuat. Siap memulai perjalanan karier barumu?

Terima kasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Suci-Maharani
Saya mulai menulis sejak saya kuliah di jurusan ilmu komunikasi – jurnalistik. Kegemaran saya pada beauty makeup dan fashion membuat saya sering menjadi fashion dan makeup advisor untuk keluarga dan sahabat saya. Sehingga saya tertarik untuk membagikan tips dan trik yang saya ketahui melalui tulisan.
Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai artikel yang kami tulis, silakan tanyakan kepada kami di Instagram, atau Twitter/X. Kami akan dengan senang hati menjawabnya!
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram