Kamini.id / Laneige / Inilah 6 Perbedaan Laneige Sleeping Mask Asli dan Palsu

Inilah 6 Perbedaan Laneige Sleeping Mask Asli dan Palsu

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Laneige merupakan salah satu brand kecantikan Korea yang menjadi primadona banyak wanita terutama wanita Asia. Beberapa tahun lalu, produk water sleeping mask keluaran laneige sempat booming setelah banyak beauty enthusiast dan influencer yang memberikan review baik untuk produk satu ini.

Sayangnya, dengan semakin meningkatnya penjualan pada produk ini, membuat celah bagi para pemalsu produk untuk membuat produk tiruan yang serupa. Bahkan para pemalsu cukup cerdik memalsukan produk Laneige ini hingga sulit dibedakan dari yang aslinya.

Tetapi walau serupa secara tampilan fisik, kandungan bahan yang terkandung pada produk tiruan tidak akan sama persis dengan produk yang asli. Bila kandungan bahan tak sama, manfaat yang dirasakan pun tak akan maksimal.

Bahkan produk tiruan memungkinkan terjadinya ketidakcocokan pada kulit pengguna yang akan mengantarkan pada masalah kulit seperti alergi, breakout, dan menyebabkan kulit berjerawat. Dampak Inilah yang sangat berbahaya dan harus dihindari.

Oleh karena itu, walaupun tergoda dengan semarak produk skincare yang tengah banyak digunakan, konsumen tetap harus cerdas dan waspada dalam memilih atau membeli produk skincare. Perusahaan sekelas Laneige pun tak terhindarkan dari isu pembajakan produknya. Dan ya, produk water sleeping mask yang palsu ini ternyata sudah banyak beredar di pasaran Indonesia.

Tapi jangan khawatir, para beauty enthusiast kini sudah banyak memberikan tips mengenai cara membedakan produk laneige water sleeping mask asli dengan yang palsu. Berikut adalah beberapa hal yang mereka bandingkan.

Perbedaan Laneige Sleeping Mask Asli dan Palsu

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Laneige Sleeping Mask, mulai dari harga, kemasan, hingga penulisannya. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai perbedaan Laneige Sleeping Mask yang asli dan palsu.

1. Harga

Laneige Water Sleeping Mask

“Harga tidak pernah berbohong” sepertinya ungkapan populer tersebut bisa menjadi senjata andalan konsumen untuk membedakan produk asli dengan yang palsu. Walau memang tak selamanya harga selangit menunjukkan keaslian produk, namun tentulah jangan pernah terlena dengan harga miring.

  • Ukuran 70 mL

Laneige membandrol harga 28.000 won untuk produk Water Sleeping Mask berukuran 70mL yang mana bila dikonversi ke dalam rupiah sekitar Rp 336.000, harga ini dapat dilihat di website official store Laneige Korea. Sedangkan official store Laneige di Amerika dan Australia membandrol harga 25-30 USD atau sekitar Rp 360.000 – Rp 450.000.

Official store Laneige Indonesia sendiri membandrol harga Rp 400.000, perbedaan harga ini dimungkinkan karena adanya perbedaan pajak dan bea cukai dari tiap negara. Bila melihat dari harga tersebut, bisa kita simpulkan bahwa produk Laneige Water Sleeping Mask 70 mL asli berada di kisaran Rp 350.000-Rp 450.000. Untuk harga di bawah kisaran tersebut, perlu dipertanyakan keasliannya.

  • Ukuran 15 mL

Produk Laneige Sleeping Mask berukuran 15 mL tidak secara resmi dikeluarkan oleh Laneige sebagai produk yang dapat dijual satuan, melainkan sebagai bonus atau gift pelengkap produk lainnya.

Karena itu, cukup sulit untuk membandingkan harga produk Laneige Water Sleeping Mask berukuran 15 mL asli dengan yang palsu bila menggunakan harga sebagai patokannya. Namun, rata-rata para beauty enthusiast mengatakan bahwa harga produk Laneige Sleeping Mask berukuran 15 mL yang asli berada di kisaran Rp 50.000 – Rp 70.000.

2. Kemasan Luar

Perbedaan Kemasan Luar Laneige

* sumber: www.youtube.com

Laneige Sleeping Mask hadir dalam dua ukuran, yaitu ukuran 70 mL dan 15 mL. Secara formula pasti keduanya memiliki bahan-bahan yang sama. Tetapi produk sama yang dikemas dalam ukuran berbeda ini memiliki perbedaan dari packaging-nya.

  • Ukuran 70 mL

Untuk ukuran 70 mL produk Laneige yang asli akan dilengkapi dengan box luar. Sedangkan pada produk palsu, biasanya produk tidak dilengkapi dengan box. Tapi hati-hati karena produk tiruan juga mungkin menggunakan box luar yang hampir serupa.

Namun jangan khawatir, terdapat perbedaan warna box antara produk asli dengan produk tiruan. Jadi apabila kamu mendapatkan produk Laneige berukuran 70 mL tanpa box luar ataupun warna box berbeda dengan produk aslinya, kamu patut curiga.

  • Ukuran 50 mL

Sedangkan untuk ukuran 15 mL, para beauty enthusiast dan influencer mengatakan bahwa cukup sulit untuk membedakan produk Laneige Water Sleeping Mask asli dengan yang palsu. Pasalnya, kedua produk memang tidak dilengkapi dengan box luar.

3. Wadah Produk

Perbedaan Wadah Laneige Palsu

* sumber: www.youtube.com

Ketika dibandingkan, sekilas produk sleeping mask asli dan palsu memiliki warna jar yang hampir serupa. Tapi bila diteliti lebih lanjut, terdapat perbedaan mencolok antara kedua produk ini baik yang berukuran 70 mL maupun 15 mL.

  • Ukuran 70 mL

Produk Laneige sleeping mask berukuran 70 mL asli datang dalam bentuk jar degan warna-warna lembut namun tegas. Sedangkan pada produk palsu, warna jar dari produk terlihat agak pucat bila dibadingkan dengan yang asli.

Menariknya lagi. Bila kamu melihat kedua produk dari atas, terlihat bahwa jar produk palsu hampir berwarna transparan. Sedangkan produk asli tetap mempertahankan warna dominan dari jar, yaitu biru.

  • Ukuran 15 mL

Berbeda dengan produk berukuran 70 mL, produk Laneige Sleeping Mask berukuran 15 mL yang asli malah memiliki warna jar yang agak transparan dibandingkan yang palsu. Sehingga isi dalam jar akan sedikit terlihat, berbeda dengan produk palsu yang sama sekali tidak menunjukkan isi dalam jar.

4. Tulisan

Tulisan Pada Produk Laneige

* sumber: www.youtube.com

Perbedaan selanjutnya yang bisa diamati pada produk Laneige Sleeping Mask ini adalah tulisan yang tertera dalam jar produk. Kedua produk memang menggunakan font tulisan yang sama, tetapi perbedaan terlihat dari warna tulisannya.

Produk asli menampakkan warna putih tegas. Bila disentuh, produk asli akan terasa agak timbul. Berbeda dengan produk tiruan yang warna tulisannya agak pudar. Tulisan juga akan mudah dihilangkan apabila kamu menggosoknya dengan kuku jari pada produk palsu.

5. Isi

Perbedaan warna isi

* sumber: www.youtube.com

Laneige Sleeping Mask memiliki terkstur creamy-gel unik dengan perpaduan warna sesuai formulasi produk. Contohnya Water Sleeping Mask berwarna biru, seolah merepresentasikan kandungan water-based yang dimilik produk. Selain itu, produk ini memiliki wangi aromaterapi yang cenderung lembut.

Pada produk palsu, tekstur produk cenderung lebih encer dan wangi yang disuguhkan pun cenderung lebih menyengat seolah-olah produk diberi tambahan parfum yang berlebihan. Ketika dibandingkan, ternyata warna mask kedua produk juga menunjukkan perbedaan. Produk palsu memiliki warna yang sedikit lebih pekat dibandingkan dengan produk asli.

6. Tekstur saat Diaplikasikan ke kulit

Perbedaan Tekstur Laneige Palsu

* sumber: www.youtube.com

Ketika diaplikasikan pada kulit, warna biru-putih dari masker malah menjadi transparan. Produk juga akan mudah meleleh ketika diusapkan. Baik produk asli maupun palsu, menunjukkan fenomena yang serupa.

Perbedaan terjadi ketika kedua produk didiamkan beberapa saat. Produk asli lebih cepat mengering dan tidak terasa lenget dikulit, bahkan biila kulit ditap-tap sekalipun. Sedangkan pada produk palsu, tentu saja masih meninggalkan kesan lengket walau sudah dibiarkan beberapa saat.

Cara Mengetahui Skincare Palsu

Setelah menelisik perbedaan-perbedaan tersebut, para beauty enthusiast dan influencer menyarankan konsumen untuk selalu meninjau beberapa hal lain berikut ini sebelum membeli produk k-beauty lain yang beredar di pasaran.

1. Cek Barkode

barkode

* sumber: muhatharasyari.blogspot.com

Sudah banyak aplikasi smartphone (baik Android maupun iOS) yang dapat kita gunakan untuk mengecek keaslian suatu produk melalui barkodenya. Tak terkecuali untuk produk-produk kecantikan. Jangan ragu untuk memeriksa barkode produk K-beauty yang ingin kamu beli menggunakan aplikasi.

2. Cek Grammar pada Kemasan

grammar

* sumber: www.kompasiana.com

Terkadang produk palsu memiliki tata bahasa inggris yang kurang tepat. The grammar is off.  Bila kamu memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, hal ini bisa menjadi keuntungan untukmu.

Kamu bisa memeriksa ejaan bahasa inggris yang tertera pada kemasan maupun pada petunjuk pemakaian produk. Tak sedikit produk palsu yang kurang teliti dalam menggunakan ejaan bahasa inggris pada tulisan yang tertera.

3. Cek Kredibilitas Toko

online shop

Sudahkah toko tempatmu membeli produk terverifikasi? Apakah cukup banyak review baik yang ditinggalkan oleh pembeli tentang toko tersebut? Atau malah sebaliknya?

Pertanyaan-pertanyaan ini wajib hinggap dipikiran sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk K-beauty. Tentu saja pilihan terbaik adalah membeli produk langsung dari official store brand yang memproduksi.

Itulah beberapa perbedaan antara produk Laneige Water Sleeping Mask asli dengan yang palsu. Semoga dengan perbedaan-perbedaan tersebut kamu dapat lebih cerdas dan waspada dalam memilih produk yang cukup fenomenal satu ini.

Tidak hanya untuk produk ini saja, kamu juga tetap harus berhati-hati bila ingin membeli produk kecantikan lain, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Jadilah konsumen cerdas ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020