Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Lipstik Kyle Asli dan Palsu

Kamu mungkin sudah mengenal salah satu anggota The Kadarshians yang berhasil menjual habis produknya dalam hitungan menit saat pertama kali dirilis. Benar, di usia yang masih sangat muda, Kyle Jenner bisa dibilang merupakan salah satu pengusaha muda di dunia yang cukup sukses.

Ia juga tidak memerlukan iklan resmi di media massa atau televisi untuk menjual habis produknya. Istri dari Travis Scott ini juga dapat menandingi brand-brand kecantikan terkenal yang sudah berdiri bahkan sebelum ia lahir. Mengagumkan sekali. bukan?

Debut Kyle Lip Kit pada Nopember 2015, menggemparkan masyarakat dunia. Terutama para wanita, influencer, dan beauty enthusiast. Banyak konsumen yang mengapresiasi lipstik yang diproduksi ibunda dari Stormi Webster tersebut, karena dinilai memiliki kualitas yang sangat baik. Pasalnya, Kyle mengaku bahwa ia mengawasi sendiri proses produksi lipstik dari pemilihan bahan hingga desain kemasan.

Perbedaan Jomplang Lipstik Kyle Asli dan Palsu

Sayangnya, kepopuleran Kyle Lip Kit tidak menghindarkan Kyle Cosmetics dari pembajakan produk. Banyak konsumen yang mengeluhkan bahwa produk Kyle Lip Kit palsu berkualitas sangat buruk. Bahkan seorang pengguna pernah mengaku bahwa ia merasakan keanehan pada bibirnya setelah menggunakan produk Kyle palsu selama beberapa jam. Informasi ini tentu sampai pada telinga Kyle Jenner.

Kyle pun merespon dengan berkata bahwa produk Kyle Lip Kit yang bukan dibeli dari official website Kyle Cosmetics, bisa dipastikan adalah produk palsu. Karena geram, para pengguna Kyle Lip Kit juga membagikan tips mengenai perbedaan antara produk asli dan produk tiruan agar konsumen tidak tertipu dengan produk palsu yang dapat membahayakan bibir. Berikut adalah beberapa perbedaannya.

1. Box Luar

Kemasan dapan Kyle Palsu (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Lipstik Kyle yang asli hadir dengan kemasan luar berbentuk persegi panjang, dengan gambar bibir yang tengah menggunakan lipstik hingga menetes. Kyle Cosmetics menjual produk lipstik satu paket dengan lip liner. Oleh karena itu, produk ini dinamakan lip kit bukan lipstik. Bila kamu membeli produk lipstik Kyle dan hanya mendapatkan produk lipstik nya saja, bisa jadi produk tersebut bukan produk original.

Selain itu, terdapat suatu ciri khas yang dapat dilihat dari box luar lip kit, yaitu terletak pada gambar bibirnya. Pada gambar bibir tersebut, ternyata terdapat gambar gigi yang tersembunyi. Produk asli menunjukkan gambar gigi berwarna perak apabila dilihat pada posisi tertentu. Gambar reflektif ini merupakan indikasi kuat lip kit dari Kyle Cosmetic yang asli.

Pada produk palsu, gambar gigi berwarna perak dapat dilihat dengan mudah tanpa harus melihatnya pada posisi tertentu, karena tidak bersifat reflektif. Bukan itu saja, apabila terdapat label tambahan pada kemasan luar yang ditulis dalam bahasa selain Inggris, bisa dipastikan produk tersebut juga bukan produk original.

2. Label dalam produk

Label dalam Kyle Palsu (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Selain dari box luar, perbedaan juga dapat dilihat dari tabung lipstik matte. Terdapat label di bawah tabung, yang dicetak menggunakan warna perak dengan keterangan nomor shade produk yang dipilih. Pada produk asli, label ini dicetak dan diletakkan dengan sangat rapi. Berbeda dengan kebanyakan produk palsu yang cenderung lebih tidak rapi, baik dalam mencetak maupun meletakkan label di dasar tabung.

3. Warna Lipstik

Swatch Kyle Palsu (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Warna lipstik produk palsu sebenarnya sulit dibedakan, bila tidak dibandingkan langsung dengan produk asli. Tetapi bila keduanya dibandingkan, terdapat sedikit perbedaan dari warna lipstik ketika pertama kali diaplikasikan. Lipstik Kyle asli menampilkan warna yang lebih tegas bahkan sejak first swatch, sedikit berbeda dengan produk tiruan.

Lipstik palsu menampilkan warna yang slightly brighter saat pertama kali diaplikasikan. Namun seiring berjalannya waktu, warna produk palsu menjadi semakin sesuai dengan warna lipstik produk asli. Jadi, teliti dahulu sebelum mengaplikasikan pada bibir, ya!

4. Formulasi

Formulasi Kyle Palsu (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Formulasi merupakan kunci utama untuk mengetahui keaslian produk. Produk original Kyle Cosmetics sudah diformulasikan dengan sebaik mungkin oleh sang pendiri, Kyle Jenner. Lipstik Kyle original memiliki tekstur yang sangat ringan bahkan setelah digunakan berjam-jam dan diaplikasikan berulang kali. Pada produk palsu, keunggulan ini tidak dapat dirasakan.

Karena semakin lama, produk lipstik palsu akan terasa semakin lengket pada bibir. Bahkan beberapa korban pemalsuan mengatakan bahwa produk palsu memiliki tekstur lipstik seperti lem dan sangat berat bila diaplikasikan berulang kali.

5. Wangi

Lip Kit Kyle

Lipstik Kyle memiliki wangi vanilla cupcake atau wangi permen artificial yang kuat, tetapi tidak terlalu mengganggu indera penciuman. Sementara pada produk palsu, wangi dari lipstik akan terasa aneh. Hal ini mungkin karena produsen produk palsu mencoba untuk memformulasikan lipstik agar beraroma persis seperti produk asli.

Namun, kebanyakan para pemalsu gagal untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Formulasi memang menjadi rahasia tiap perusahaan sehingga akan sulit untuk dibuat serupa bahkan oleh pemalsu yang cerdik sekalipun.

6. Perbedaan Pada Lip Liner

Lip-Liner-Kyle-Palsu

* sumber: www.youtube.com

Kyle Lip Kit terdiri dari produk lipstik dan sebuah lip liner. Tak hanya perlu mencermati sang pemeran utama, yaitu lipstik, konsumen juga perlu memperhatikan produk lip liner dari Kyle Cosmetics. Pada lip liner asli, terdapat serial nomor yang diukir di badan pensil.

Serial nomor ini ternyata banyak tidak ditemukan pada produk palsu. Bukan itu saja, lip liner palsu ketika diaplikasikan juga menunjukan warna yang lebih cerah bila dibandingkan dengan lip liner yang asli. Pada beberapa kasus, bahkan lip liner palsu cenderung mudah patah bila diaplikasikan berulang kali.

7. Aplikator Pada Liquid Lipstick

Aplikator Kyle Palsu

* sumber: www.youtube.com

Bila kamu membeli liquid matte lipstick dari Kyle, kamu bisa melihat perbedaan antara produk asli dengan palsu dengan memerhatikan aplikator lipstik. Pada produk asli, tekstur kepala aplikator sangat lembut dan cukup empuk. Berbeda dengan produk palsu yang memiliki kepala aplikator yang lebih kasar serta cenderung keras.

Selain itu, tangkai aplikator produk asli didesain dengan warna putih agak transparan. Produk palsu kebanyakan tidak memerhatikan detail ini. Tangkai aplikator lipstik Kyle palsu biasanya dibuat dengan warna putih yang kuat.

Nah, itulah beberapa perbedaan detil antara produk Kyle Lip Kit yang asli dengan produk palsu. Produk palsu pasti memiliki formulasi berbeda dibandingkan produk asli. Perbedaan formulasi ini sangat berbahaya bagi pemakainya.

Bahaya Menggunakan Produk Kosmetik Palsu

Seperti yang kita tahu, perbedaan utama antara produk asli dan tiruan adalah pada formulasi. Produsen produk asli sangat memikirkan secara matang persoalan formulasi ini agar konsumen dapat menggunakan produk tanpa khawatir efek samping berbahaya dari komposisi bahan produk.

Pemikiran ini jarang didapatkan dari para pemalsu. Karena berorientasi pada keuntungan, produsen produk palsu bahkan tidak memikirkan apakah formulasinya dapat membahayakan konsumen atau tidak. Berikut adalah bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan kosmetik palsu.

1. Menimbulkan Alergi

Risiko alergi

Produk palsu banyak diformulasikan dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Bahan berbahaya ini dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Reaksi ini ditimbulkan karena formulasi bahan yang digunakan tidak cocok bagi kulit penggunanya. Reaksi alergi yang dapat dirasakan ketika menggunakan produk palsu diantaranya adalah kulit kemerahan dan terasa gatal.

2. Membakar Kulit

 

Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Lipstik Kyle Asli dan Palsu 17

* sumber: www.homeremedyhacks.com

Salah satu reaksi cepat bahwa produk tidak cocok pada kulit adalah reaksi terbakar. Bila kulit tiba-tiba terasa panas dan memunculkan kemerahan, kemungkinan produk yang digunakan memiliki bahan yang berbahaya.

3. Tekanan darah Tinggi dan Infertilitas

Menjaga Tekanan Darah

* sumber: medium.com

Tidak ada yang menyangka bahwa penggunaan produk kosmetik palsu dalam jangka panjang ternyata dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi dan infertilitas. Bahaya inilah yang perlu diperhatikan oleh para konsumen. Karena bisa jadi produk palsu tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit, namun nyatanya dapat menyebabkan gangguan lain di dalam tubuh.

4. Menganggu Sistem dan Organ dalam

Perut Mual, Kembung, dan Sembelit

* sumber: seaband.com.au

Produk palsu juga terkadang mengandung mineral berbahaya seperti merkuri. Merkuri sudah lama menjadi isu besar dalam dunia kecantikan. Pasalnya, mineral yang satu ini ternyata dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf, pencernaan, kulit, mata, ginjal, bahkan dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, lho.

Bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dari produk kosmetik palsu dalam jangka pendek dan panjang memang sangat mengerikan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk kosmetik, pastikan produk pilihanmu merupakan produk original. Be careful, ladies!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram