Kamini.id / Bra / Ladies, Yuk Ketahui Beberapa Perbedaan Miniset dan Bra!

Ladies, Yuk Ketahui Beberapa Perbedaan Miniset dan Bra!

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2019

Bra adalah singkatan dari brassiere (bahasa Inggris), adalah pakaian dalam yang didesain untuk menopang atau menutupi payudara pemakainya. Bra dirancang untuk berbagai tujuan, diantaranya untuk meningkatkan ukuran payudara, menciptakan belahan dada, untuk keperluan estetika lainnya, untuk mode, atau untuk yang mencari kepraktisan.

Bra juga dibagi dalam beberapa bentuk menyesuaikan dengan fungsinya. Ada bra untuk alasan kecantikan, bra biasa untuk menghormati budaya, bra untuk memudahkan menyusui, bra kebutuhan khusus seperti orang-orang yang baru menjalani bedah medis. Anda bisa membaca macam-macam bra di sini untuk lebih lengkapnya.

Tapi, ada satu jenis bra yang akan dibutuhkan oleh semua wanita, yaitu teenage bra atau yang akrab disebut miniset di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Kamini akan membahas perbedaan miniset dan bra dengan fokus untuk membahas miniset lebih banyak karena kami beranggapan semua orang sudah mengerti tentang bra. Yuk, disimak bersama!

Miniset

* sumber: www.valensvirgo.com

Sebenarnya miniset bisa dikategorikan sebagai sport bra, hanya saja diperuntukkan untuk anak-anak yang sedang beranjak dewasa. Miniset merupakan stage baru dalam kehidupan wanita. Beberapa gadis bahkan tidak sabar menunggu waktu kapan akhirnya mereka menggunakan miniset.

Ada juga yang takut, tapi kebanyakan gadis memiliki perasaan campur aduk dan tidak yakin mengapa dan apa yang harus dilakukan tentang mereka, si miniset ini. Ketika seorang gadis melewati masa pubertas, payudara memberi tahu dunia bahwa gadis ini menghampiri kedewasaan dan memasuki tahap baru dalam hidupnya.

1. Kapan Payudara Mulai Tumbuh?

* sumber: www.ramachandran.in

Sebagian besar payudara mulai tumbuh pada usia 8 atau paling lambat 13 tahun. Beberapa payudara anak perempuan tumbuh lebih lambat dan yang lain tumbuh dengan cepat. Beberapa gadis mungkin merasa payudara mereka tidak akan pernah tumbuh.

Tetapi, tenang saja karena anak perempuan mulai berkembang pada usia yang berbeda dan tingkat yang berbeda. Seorang gadis mungkin memiliki payudara yang lebih berkembang pada usia 12 tahun, sementara temannya yang lain masih datar seperti papan.

Payudara seorang gadis dapat terus tumbuh selama tahun-tahun remaja mereka, dan bahkan ada yang masih tumbuh sampai usia dua puluhan. Payudara yang berkembang sempurna datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sebelum menggunakan bra sungguhan, gunakan lah miniset terlebih dulu.

2. Mendapatkan Miniset

* sumber: www.romper.com

Begitu seorang gadis memiliki payudara, miniset adalah ide yang bagus, terutama ketika gadis itu aktif berolahraga. Miniset dapat melindungi jaringan payudara dan menjaga payudara tetap tersangga.

Ketika payudara mulai tumbuh, hal pertama yang akan mencuri perhatian adalah puting susu. Ini bisa membuat seorang gadis merasa terlalu terbuka ketika mereka mengenakan kemeja tipis, T-shirt, atau baju ketat. Beberapa gadis menyukai miniset karena itu menghaluskan siluet tubuh mereka dan membuat mereka merasa lebih nyaman.

Walaupun begitu, semua hal baru perlu penyesuaian, sama seperti bra. Mereka mungkin tidak nyaman dipakai, sulit disesuaikan, merepotkan, dan sebagainya. Tapi, jika sudah terbiasa menggunakan miniset, maka ketika dewasa nanti pasti akan lebih nyaman ketika berpindah ke bra.

3. Kenapa Miniset?

* sumber: www.clovia.com

Miniset adalah bra pertama, makanya dia disebut juga sebagai “bra latihan”. Miniset diciptakan untuk gadis-gadis yang belum masuk ke dalam cup bra ukuran standar, tetapi membutuhkan dukungan dan kenyamanan. Bra pertama perempuan pasti miniset, atau bisa juga bra olahraga.

Pokoknya jenis bra yang dikenakan oleh perempuan aktif di segala usia. Jenis bra seperti ini mencegah payudara bergoyang-goyang ketika wanita beraktivitas atau berolahraga. Karena bentuknya lebih rata di area cup, miniset dan bra olahraga pantas menjadi bra pertama untuk gadis.

Selain miniset dan bra olahraga, gadis-gadis pun bisa menggunakan soft-cup bra. Jenis bra ini memiliki bahan dan ketebalan yang berbeda-beda, serta beberapa mungkin memiliki underwire seperti yang ada pada bra pada umumnya. Underwire adalah kawat berbentuk U yang disematkan di dalam cup bagian bawah untuk menopang payudara.

Bra

* sumber: www.jockeyindia.com

Bra, atau Buste Houder dari bahasa Belanda yang disingkat BH, atau kutang adalah pakaian dalam wanita yang memiliki payudara yang telah matang. Bra merupakan stage selanjutnya setelah gadis-gadis melewati fase miniset mereka. Lalu, adakah perbedaan antara miniset dan bra? Mari disimak.

1. Ukuran Bra (Bra Cup)

* sumber: www.berlei.com.au

Perbedaan paling mencolok antara miniset dan bra adalah, bra memiliki cup size. Normalnya cup size terdiri dari A, B dan C. Penting untuk menggunakan bra dengan ukuran yang sesuai, karena bra yang kebesaran atau kekecilan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mencekik, meluncur, membuat ruam, dsb.

2. Ukuran Dada (Chest Size)

* sumber: www.brasnthings.co.nz

Ketika membeli bra, Anda akan dihadapkan dengan pilihan huruf dan angka, misalnya 34 A, 38 C, 40 B, dan sebagainya. Jika sebelumnya kami baru membahas cup saja, sekarang kami akan melengkapinya dengan chest size alias ukuran dada. Jadi, huruf adalah kode untuk cup size, sedangkan angka adalah kode untuk panjang band, yaitu bagian panjang yang membentang di dada dan punggung.

3. Ukuran Bra Bisa Berganti-ganti

* sumber: www.wish.com

Sama seperti pipi, lengan dan paha, ketika berat badan naik atau turun akan sangat terlihat pada bentuk tubuh. Payudara juga tidak terlepas dari itu. Ketika bentuk tubuh seseorang berubah, dan ketika usianya bertambah, maka ukuran bra pun akan berubah. Jadi, jangan kaget ketika ukuran bra Anda berubah sewaktu-waktu, ya.

Seperti itulah perbedaan antara miniset dan bra. Jadi, sekarang Anda sudah tahu perbedaannya dan kini saatnya menentukan, mau pakai bra atau miniset. Punya perbedaan lainnya antara miniset dan bra? Yuk, tuliskan di kolom komentar!

Oh iya, kalau Anda bingung memilih bra yang benar sesuai dengan lekuk tubuh dan kenyamanan, sebaiknya baca juga artikel Cara Memilih Bra yang Benar ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *