kamini.id

Yuk, Ketahui Perbedaan Shampo Metal Asli dan Palsu!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 16 Februari 2021

Demi tampil menawan, orang-orang tak hanya merawat kulit tubuh dan wajahnya saja, melainkan juga rambut, karena rambut adalah mahkota setiap orang. Pada kulit, sering kali dirasakan permasalahan seperti jerawat, noda hitam, dan keriput. Rambut juga tak luput dari masalah, misalnya seperti ketombe, rontok, bercabang, rambut & kulit kepala kering, dan masih banyak lagi.

Memiliki rambut panjang yang indah dan terawat merupakan impian banyak orang, terutama perempuan. Tapi, bukan suatu hal yang mudah untuk bisa mempunyai rambut yang sehat, hitam, dan tebal. Memilih produk kecantikan (termasuk shampo) layaknya mencari jodoh, kamu tidak bisa asal-asalan memakai dan harus cerdas memilih produk yang cocok dengan kebutuhan tubuhmu.

Karena, jika tidak berhati-hati, shampo yang awalnya kamu beli agar rambut jadi lebih sehat justru memicu timbulnya ketombe bahkan kerontokan. Sudah coba beragam produk dari dalam hingga luar negeri, tetapi salah permasalahan rambut belum teratasi? Kalau kamu relate dengan problem itu, ada baiknya kamu mencoba produk perawatan rambut lokal seperti Shampo Metal Fortis.

Shampo Metal Fortis

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Jenis: Shampo
  • Ukuran: 60 ml, 100 ml, 200 ml
  • Harga: Rp 30.000 - Rp 60.000
  • Benefit:
    • Memanjangkan dan menyuburkan rambut
    • Melembabkan kulit kepala
    • Mencegah ketombe
    • Memelihara agar rambut tetap hitam, sehat, dan terawat

Cara Menggunakan Shampo Metal

Biasanya orang keramasan sebelum mandi, kan? Begitu pula cara menggunakan Shampo Metal Fortis. Cukup oleskan shampo pada semua permukaan rambut lalu ratakan. Setelah itu, pijat rambut secara perlahan hingga shampo mencapai kulit kepala.

Jika sudah, bilas bersih rambutmu menggunakan air dengan suhu ruangan (bukan air panas karena dapat menyebabkan rambut rapuh) hingga shampo tidak lagi tersisa. Terus gunakan shampo secara rutin dan jangan lupa tambahkan haircare seperti conditioner atau vitamin setelah pemakaian shampo untuk mencapai hasil yang maksimal.

Perbedaan Shampo Metal Asli dan Palsu

Shampo Metal Fortis adalah satu dari ribuan produk shampo yang namanya dikenal luas di Indonesia. Popularitas shampo ini berbanding lurus dengan kualitas dan mutu yang dihasilkan. Produk ini mengklaim dapat membantu pemakainya mendapatkan rambut panjang yang indah dan indah.

Shampo yang dikenal sebagai pemanjang rambut ini dirancang khusus dengan menggunakan bahan-bahan herbal dan telah teruji klinis. Kandungannya disebut-sebut mampu membantu pertumbuhan rambut jadi lebih cepat. Hingga sekarang, shampo ini masih digemari dan jadi produk andalan banyak orang walaupun kepopulerannya mulai terhadang merk perawatan rambut lain yang terus mengeluarkan varian terbaru.

Sayangnya, ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang membuat produk tiruan dari Shampo Metal Fortis di pasaran, tak sedikit juga orang yang tertipu membelinya. Lalu, apa yang membedakan produk Shampo Metal yang asli dan palsu? Yuk, simak baik-baik penjelasan Kamini di bawah ini agar kamu tidak sampai tertipu.

1. Kemasan Produk

Kalau selama ini kita lebih sering mendengar kaset bajakan, ternyata dalam dunia kosmetik juga ada produk-produk KW. Shampo Metal Fortis ini contohnya, banyak sekali ternyata edaran barang palsunya. Hal pertama yang kita lihat saat membeli sesuatu tentu packaging-nya.

Seharusnya, ini adalah cara yang paling mudah diamati  sebelum kamu membeli shamponya. Membedakan shampo asli tidak akan sulit bagi pelanggan setia Shampo Metal Fortis, karena kemasan shampo tersebut memiliki design yang sama sejak awal dikeluarkan tanpa adanya sedikit pun perubahan.

Produk ini juga hanya mempunyai dua warna kemasan, yaitu merah untuk Shampoo Metal Hair Living dan hijau untuk Shampoo Metal Anti Ketombe. Kalau diperhatikan lebih detail, Shampo Metal Fortis yang asli tampak seperti produk jadoel dengan karakter huruf yang menyerupai huruf Cina di bagian depan, sehingga terkesan seperti barang Cina, padahal ini produk lokal.

2. Aroma Produk

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ZGHpY6ZC6b8

Jika memungkinkan, kamu bisa mencium dulu dari luar botol atau membuka botolnya untuk membaui aroma shampo. Karena, kandungan produk palsu pasti berbeda dengan aslinya, sehingga aroma yang akan tercium juga otomatis berbeda.

Umumnya, Shampo Metal Fortis yang palsu memiliki bau yang lebih menyengat daripada yang asli. Jika kamu ingin memastikan dengan cara ini, baiknya pilihlah tempat yang menyediakan tester shampo tersebut.

3. Warna Cairan

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk membedakan produk Shampo Metal mana yang palsu dan asli adalah melalui warna. Biasanya, Shampo Metal Fortis yang palsu memiliki perbedaan warna cairan dengan versi aslinya, yaitu warnanya satu tingkat lebih muda dari produk asli. Untuk mengetahui hal ini tentu kamu harus sudah hapal atau membawa botol shampo yang sudah dipastikan asli terlebih dahulu sebagai pembandingnya.

4. Bahan Produk

Jika Shampo Metal Fortis yang asli diracik dengan bahan-bahan herbal, produk tiruan bisa menggunakan bahan dan kandungan yang berbahaya. Salah satunya dengan memakai soda api. Jadi, tak heran jika efek samping yang dirasakan orang-orang yang tertipu beragam dan seram.


Mulai dari kepala yang terasa pusing, muntah, mual, kulit kepala yang panas, dan berakhir dengan rambut yang rontok. Efek-efek tersebut akan terasa setelah beberapa jam atau beberapa hari penggunaan. Jadi, kamu bisa cepat mengetahui kalau shampo kamu palsu. Kecuali kalau tubuh pengguna sensitif, maka dampak yang dirasakan akan lebih cepat terlihat.

Untuk amannya, sebaiknya kamu test wear dulu di punggung tangan atau di balik telinga. Oleskan shamponya dan biarkan beberapa saat. Jika terasa gejala yang aneh seperti rasa panas, gatal, dan sebagainya, segera bilas dan jangan dipakai tentunya.

5. Harga Produk

Diskon atau harga murah pasti sangat menggoda, tapi jangan mudah tergiur juga, ya. Karena, biasanya produk tiruan memang dijual dengan banting harga yang jauh lebih rendah dibandingkan aslinya. Itulah juga yang membuat barang palsu lebih laku dan oknum dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Selain lebih murah, produk palsu Shampo Metal juga kerap kali dijual per paketan. Sedangkan umumnya Shampo Metal Fortis asli mematok harga mulai dari 30 ribu (60 ml), 40 ribu (100 ml) hingga 60 ribu untuk 200 ml dan dijual terpisah. Selalu ingat, ada harga ada kualitas.

6. Nomor BPOM

Pilihan termudah lainnya yaitu dengan memakai fasilitas dalam negeri, sebab di Indonesia semua produk legal pasti sudah dilengkapi dengan nomor izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkap BPOM. Perusahaan milik negara tersebut akan memberikan nomor pada tiap produk untuk memastikan pada masyarakat kalau produk tersebut aman dan tidak ilegal.

Nomor BPOM dapat mempermudah pengecekan produk yang asli dan palsu, terutama barang-barang yang dikonsumsi dan diaplikasikan pada tubuh. Kalau barang itu tiruan tentu beresiko besar dan akan membahayakan kesehatan, bukan?

Nah, Shampo Metal Fortis hanya mempunyai Nomor BPOM ini: NA18131002105 yang menandakan produk shampo ini telah lolos proses uji klinis. Sebelum membeli, pastikan juga kalau tempat yang kamu kunjungi (baik offline maupun online) aman dan terpercaya menjaga originalitas barang yang dijual.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan Shampo Metal Fortis yang asli dan palsu. Shampo ini namanya berasal dari kalimat 'Merawat Total' yang disingkat 'Metal'. Julukan tersebut diharapkan sesuai dengan manfaat yang dimiliki, lebih tepatnya dalam merawat keindahan dan kesehatan rambut secara total.

Shampo yang mempunyai sedikit busa saat digunakan ini juga memiliki beberapa manfaat, antara lain menjaga rambut agar tetap lembab dan tidak kering, mencegah adanya ketombe dan kulit kepala yang berminyak, menyegarkan akar rambut, memanjangkan rambut dengan cepat, sekaligus memelihara rambut supaya tetap hitam, sehat, terawat dan lebih mudah diatur.

Jadi, apakah kamu tertarik mencoba Shampo Metal Fortis ini? Jadilah konsumen yang cerdas, be careful, dan jangan sampai tertipu produk abal-abal!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram