Kamini.id / Lipstik / Waspadai, 8 Perbedaan Lipstik Tony Moly Asli dan Palsu!

Waspadai, 8 Perbedaan Lipstik Tony Moly Asli dan Palsu!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beberapa tahun silam, lip tint pernah menjadi produk makeup yang menggemparkan dunia kecantikan di Indonesia. Banyak beauty enthusiast dan influencer yang mencoba menggunakan produk-produk lip tint mengikuti para K-beauty. Salah satu produk lip tint yang sempat populer kala itu adalah lip tint brand Tony Moly.

Tony Moly Delight Tony Tint merupakan lip tint ringan yang tak hanya mempercantik tampilan bibir, tetapi juga dapat melembapkan. Kandungan argan, jojoba, dan rosehip oil yang tak hanya melembabkan, tetapi juga dapat menutrisi dan meningkatkan elastisitas bibir. Produk ini banyak diminati karena warnanya yang sangat pigmented dan bertekstur ringan.

Sayangnya, kepopuleran produk ini ternyata dimanfaatkan pula oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab yang hanya berorientasi pada keuntungan. Sehingga saat ini sudah banyak produk lip tint tiruan dari Tony Moly.

Memang secara kasat mata, Tony Moly Delight Tony Tint asli dan tiruan tak memiliki perbedaan. Tetapi bila diamati dengan seksama, terdapat perbedaan mencolok antara keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaannya.

1. Shade

shades tony moly (Copy)

* sumber: hdytlinna.blogspot.com

Bila kamu memutuskan untuk membeli produk ini secara online, kamu wajib memperhatikan toko tempat kamu membeli. Kebanyakan produk Tony Moly yang dijual melalui e-commerce bukanlah produk original.

Tapi ada juga penjual yang jujur, kok. Nah, untuk meyakinkan toko yang menjual produk ini terpercaya atau tidak, sebaiknya kamu melihat rating toko terlebih dahulu. Apakah banyak pelanggan yang puas setelah berbelanja di toko tersebut atau tidak?

Selain itu ada juga ciri yang menandakan bahwa produk Tony Moly yang dijual toko tersebut asli atau tiruan dengan melihat shade yang ditawarkan. Bila kamu mencermati lip tint ini pada website Tony Moly Korea kamu hanya akan menemukan 3 shade dari lip tint, yaitu Cherry Pink, Red, dan Orange Chacha.

Hingga saat ini belum ada shade baru yang diproduksi Tony Moly selain ketiga shade tersebut. Jadi apabila kamu menemukan toko online yang menjual Tony moly Delight Tony Tint dengan shade bervariasi alias lebih dari tiga shade yang disebutkan tadi, kamu patut curiga.

2. Tube Lip Tint

Tube Tony Moly (Copy)

* sumber: review.bukalapak.com

Sudah banyak beauty enthusiast yang mengulas ciri yang satu ini. Karena memang kebanyakan dari mereka menemukan perbedaan sangat mencolok dari tube yang digunakan produk asli dan tiruan.

Tube yang digunakan produk asli memiliki bahan yang solid dan ringan. Tube produk asli dapat menampilkan seluruh isi lip tint di dalamnya yang nampak penuh mengisi bagian tube. Seolah tak nampak sekat antara bagian luar tube dengan bagian dalamnya. Mungkin tube Tony Moly asli didesain cukup tipis tapi kuat.

Sementara pada produk tiruan, terlihat seperti ada ruang kosong antara bagian luar tube dengan bagian dalamnya. Sehingga, bisa terlihat bahwa volume sesungguhnya dari lip tint pada produk tiruan akan lebih sedikit dibandingkan volume produk asli yang mencapai 8.3 mL

3. Tulisan

Tulisan Tony Moly Palsu (Copy)

* sumber: review.bukalapak.com

Keanehan juga terdapat dari tulisan yang tertera pada bagian luar tube. Kebanyakan produk Tony Moly tiruan menggunakan versi lama produk dari segi tulisan. Terdapat perbedaan jenis font, ukuran, dan tata letak dari tulisan yang digunakan produk lama dengan produk terbaru. Perbedaan ini terdapat pada tulisan nama produk.

Pada produk terbaru, nama produk ditulis dengan urutan “Delight”, “Tony Tint”, “Tony Moly”. Sehingga apabila dibaca dari bagian paling atas, namanya akan menjadi “Delight Tony Tint Tony Moly” dengan semua kata menggunakan huruf cetak.

Sedangkan pada produk lama, urutan ini jauh berbeda dengan produk terbaru. Produk lama menggunakan urutan “Tony Moly”, “tonny tint”, dan “Delight”. Sehingga apabila dibaca dari urutan paling atas, menjadi “Tony Moly Tony Tint Delight”. Kata “Delight” pada produk lama juga dicetak dengan huruf sambung, bukan huruf cetak.

Nah, kebanyakan produk tiruan menggunakan versi lama tulisan nama produk. Karena itu, apabila kamu menemukan lip tint Tony Moly yang tulisannya masih mengggunakan versi lama, sebaiknya kamu mencermati terlebih dahulu sebelum membelinya. Pastikan tak terdapat ciri lain yang menandakan produk tersebut tiruan.

4. Gambar Hati

* sumber: www.youtube.com

Salah satu ciri khas unik dari Tony Moly Delight Tony Tint adalah gambar hati yang terletak dekat dasar tube dan di bawah nama produk. Gambar ini ternyata terlihat berbeda pada produk asli dengan yang tiruan. Karena itu, gambar ini bisa menjadi patokan yang cukup kuat.

Produk asli menggunakan gambar hati berwarna putih dengan statement semi-arsir, sehingga menyisakan sedikit warna-warna tak tegas. Sementara pada produk tiruan, tidak ada statement arsir sama sekali. Gambar hati pada produk tiruan berwarna putih sepenuhnya.

5. Segel

Segel (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Produk Tony Moly yang satu ini memang sudah mengalami pembaharuan dari segi desain maupun pengemasan. Nah, produk Tony Moly Delight Tony Tint terbaru hadir tanpa plastik luar, melainkan hanya ditempeli segel barcode antara bagian tube dengan tutupnya.

Sedangkan pada produk palsu, masih banyak yang menggunakan plastik luar. Memang ada pula produk palsu yang menggunakan barcode, namun barcode ini tidak ditempelkan antara tube dengan tutupnya. Sehingga tidak berperan sebagai segel.

6. Lubang Tube

* sumber: www.youtube.com

Perbedaan lain ada pada lubang botol. Bila kamu sudah sering menggunakan produk lip tint, lip cream atau liquid lipstik, kamu pasti sudah familiar dengan lubang tube yang terletak di bibir tube ini.

Biasanya, produk-produk pewarna bibir dalam bentuk liquid menggunakan material tambahan pada lubang ini yang berfungsi sebagai filter. Material ini dimaksudkan untuk memudahkan pengambilan kuantitas produk yang diinginkan. Lubang ini tidak akan membuat jumlah cairan yang terambil menjadi berlebih.

Tony Moly Delight Tony Tint asli hadir dengan lubang tube dengan material filter berwarna hitam. Sementara produk palsu menghadirkan lubang tube dengan material filter berwarna putih opaque. Material ini memang sering digunakan pada produk palsu, karena sangat ekonomis. Perbedaan jenis dan warna material ini dapat menjadi tolak ukur yang membedakan kedua produk.

7. Aroma

* sumber: paragram.id

Aroma juga bisa menjadi patokan yang membedakan produk asli dengan tiruan. Tony Moly mengklaim bahwa produk Delight Tony Lip Tint hadir dengan fruit scented sheen atau aroma buah yang menyegarkan, manis, dan lembut. Pada produk tiruan kebanyakan aroma ini tak tercium. Tentu saja ini karena formulasi yang digunakan antara produk asli dan tiruan berbeda.

8. Tekstur

* sumber: review.bukalapak.com

Untuk menguji tekstur, sebaiknya dilakukan swatch terlebih dahulu pada tangan. Tony Moly mengklaim produk lip tint ini memiliki tekstur ringan, mudah menyerap dan kering. Ketika diaplikasikan pun warna dari lip tint asli akan merata dengan baik.

Dari segi warna, memang sekilas tak ada perbedaan antara warna lip tint produk asli dengan tiruan. Tetapi apabila produk tiruan di-swatch, warna yang dihasilkan ternyata tidak merata dan malah cenderung pecah. Tekstur lip tint Tony Moly tiruan juga mudah menggumpal dan cukup memakan waktu untuk menyerap dan mengering pada kulit.

Itulah 8 perbedaan antara produk Tony Moly Delight Tony Tint asli dengan yang tiruan. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli produk lip tint yang sempat fenomenal ini, sebaiknya kamu mempertimbangkan patokan-patokan tersebut terlebih dahulu.

Lebih baik lagi bila kamu mencoba mengunjungi website Tony Moly terlebih dahulu untuk mengetahui update produk yang kamu akan beli. Agar kamu mengetahui bagaimana ciri fisik dan komposisi produk tersebut. Semoga beruntung!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *