kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / 10 Merk Pomade Lokal yang Bagus dan Berkualitas 2021

10 Merk Pomade Lokal yang Bagus dan Berkualitas 2021

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 28 Januari 2021

Pomade beberapa tahun ini sedang ngehits sekali di kalangan para pria Indonesia, terutama pada usia remaja dan dewasa muda. Hal ini mungkin diakibatkan karena masih ngetrennya potongan rambut undercut, pampadour dan gaya rambut klimis. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi di rumah, barber shop pun berlomba-lomba memberikan treatment terbaik dengan menambahkan pomade pada daftar jasa mereka.

Jika zaman dulu kakek, ayah atau kakak Anda menggunakan hair gel  untuk menata rambut mereka, kini para pria banyak yang beralih pada pomade. Mungkin karena formulanya lebih bermacam-macam (ada yang dari minyak, gel, air dan wax) lalu kemasan pomade pun dibuat sangat menarik berbeda dengan minyak rambut zaman dulu, sehingga pomade menjadi sangat digandrungi akhir-akhir ini.

Mungkin Anda berpikir kalau pomade itu semuanya buatan luar negeri. Padahal, ada banyak sekali, kok, pomade lokal yang bagus yang beredar di pasaran. Penasaran merek apa sajakah itu? Kamini telah merangkum sepuluh merek pomade terbaik asli Indonesia untuk Anda.

Cara Memakai Pomade yang Benar

Sebelum mengetahui merk pomade oil-based apa saja yang bagus dan tahan lama, simak ulasan mengenai cara memakai pomade yang baik berikut ini.

1. Keringkan Rambut

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna, pastikan rambut Anda dalam kondisi kering sebelum memakai pomade. Jika pomade diaplikasikan ke rambut yang lembab, dikhawatirkan hasilnya akan kurang maksimal. Namun, Anda tetap boleh mengaplikasikannya pada rambut lembab jika Anda mau.

2. Aplikasikan Pomade

Cara mengaplikasikan pomade di rambut sangat mudah, kok. Ambillah pomade secukupnya menggunakan jari telunjuk, lalu gosok di kedua telapak tangan Anda. Setelah itu, usapkan tangan yang sudah diolesi pomade ke rambut dengan alur dari depan ke arah belakang kepala.

3. Mulai Proses Styling

Jika Anda sudah mengaplikasikan pomade secara merata pada rambut, mulailah proses styling. Tata rambut dengan memakai sisir khusus pomade sesuai keinginan Anda. Oh ya, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai manfaat menggunakan pomade dan cara lainnya untuk memakai pomade dengan benar, silakan baca artikel Cara Menggunakan Pomade dari Kamini.

10 Merk Pomade Lokal yang Bagus dan Berkualitas

Nah, sekarang Kamini akan membagikan informasi tentang rekomendasi 10 merk pomade lokal yang bagus dan berkualitas. Merk apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. Barbers Pomade

Barbers Pomade Water Soluble

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk pomade lokal yang bagus yang ke-1, Kamini merekomendasikan Barbers Pomade. Merek pomade ini sudah sangat ngehits sejak tahun '90-an, loh! Pomade legendaris ini ternyata merupakan produk asli Indonesia. Pomade ini sangat sehat, Anda bisa tahu dari kandungan bahan-bahannya. Pomade ini terdiri dari minyak kelapa, lanolin, wax dan fragrance yang ramah lingkungan.

Walaupun mengandung wax, Barbers Pomade tidak akan membuat rambut Anda kering, keras dan kaku. Pomade ini memang tidak akan mengering saat digunakan, sehingga bisa terus menerus Anda sisir dan tata ulang.

Walaupun begitu, daya lekat pomade yang bagus ini sangat kuat, sehingga tidak akan luntur walau Anda pakai berjam-jam lamanya. Harga pomade ini dimulai dari Rp 60 – 100 ribuan.

2. CHIEF Panthera Hybrid Based Pomade

CHIEF Panthera Hybrid Based Pomade

Cek Harga di Shopee

"Hybrid" merupakan istilah untuk dua buah benda atau makhluk hidup yang dikawinkan. Untuk kasus ini, CHIEF mengawinkan pomade oil based dengan water based, sehingga lahirlah CHIEF Panthera Hybrid Based Pomade. Produk ini sangat unik, karena tahan lama seperti pomade oil based namun mudah dibersihkan seperti pomade water based.

Jadinya, produk pomade lokal yang bagus ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempunyai tatanan rambut rapi dan awet sepanjang hari dengan aroma yang enak tapi mudah untuk dibersihkan.

Chief Panthera Hybrid Based Pomade adalah pomade lokal dengan aroma fresh banana scent dan pinneapple milk dengan kandunganvitamin E yang mampu merawat rambut, tidak membuat rambut rusak, serta dapat menghitamkan rambut. Harga pomade yang bagus ini adalah sekitar Rp 120 – 190 ribuan.

3. Smith Fine Shine Oilbased Pomade

Smith Fine Shine Oilbased Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pomade lokal yang bagus yang ke-3 adalah Smith Fine Shine Oilbased Pomade. Produk pomade yang bagus ini diproduksi di Tanggerang, Indonesia. Minyak rambut ini merupakan pomade oil based yang mempunyai aroma yang segar-segar seperti anggur dan apel.

Berbeda dengan produk pomade oil based lainnya, Smith Fine Shine Oilbased Pomade memiliki kandungan essential oil yang membuat pomade ini lebih mudah dibilas dengan air, tahan lama dan mudah diatur. Smith Fine Shine Oilbased Pomade dijual dengan harga Rp 80 ribuan.

4. King Pomade

King Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

King Pomade merupakan rekomendasi pomade lokal yang bagus yang ke-4. King Pomade tersedia dalam berbagai macam varian, mulai dari Extra Hold, XX Hold, Medium Hold, hingga Super Hold, dan untuk formulanya terbagi lagi menjadi oil based dan water based.

King Pomade merupakan sebuah pomade lokal yang dibuat dengan menggunakan bahan baku impor dari Jerman. Pomade ini dapat membuat rambut Anda menjadi berwarna hitam sehat serta dapat membuat tatanan rambut menjadi lebih rapi.

Dengan ekstra wangi aroma anggur yang lembut dan sehat, pomade ini mampu melindungi lapisan kutikula sehinga rambut tidak mudah kering sehingga selalu terjaga kelembabannya. Semua varian King Pomade bisa Anda temukan di toko online. Pomade ini dikenai harga Rp 30 – 60 ribu.

5. Beaux Pomade

Beaux Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Beaux Pomade merupakan pomade lokal yang bagus yang recommended selanjutnya. Beaux merupakan pomade buatan Indonesia yang lokasi lebih tepatnya adalahKota Bandung. Pomade ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan merusak rambut. Beaux Pomade terdiri dari tiga varian sesuai tingkatan hold-nya, yaitu Light, Medium dan Heavy.

Beaux Light Pomade yang Light (seperti pada gambar) memiliki aroma bay rum yang maskulin dan segar. Sedangkan untuk semua produk Beaux Pomade pasti mengandung argan oil dan tea tree oil. Pomade lokal yang bagus ini sangat praktis dan mudah dibawa ke mana-mana karena ukurannya tidak terlalu besar, ada pouch khusus-nya dan ada bonus sisir pomade juga pada setiap paketnya.

Beaux Pomade dalam berbagai varian dijual secara online. Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 70 – 100 ribuan kalau mau membelinya.

6. Vampode Oil Based Pomade

Vampode Oil Based Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi pomade lokal yang bagus kali ini dibuka oleh Vampode Oil Based Pomade. Produk asli Indonesia ini bisa banget Anda sandingkan dengan pomade merek internasional yang sudah mendunia. Pomade ini dibuat dari beeswax yang dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sekaligus melembabkan rambut Anda.

Tidak hanya itu, Vampode Oil Based Pomade juga dapat melindungi kulit kepala Anda dari cuaca panas dan kering. Pomade ini juga mengandung vitamin E yang bagus bagi rambut. Jadi, selain digunakan untuk bergaya, pomade ini juga bisa merawat rambut Anda.

Vampode Oil Based Pomade ini punya aroma yang unik, yaitu bubble gum, dijamin para wanita pasti akan menyukai wangi rambut Anda. Pomade ini dijual dengan harga Rp 50 ribuan saja.

7. Sweet Jerry Pomade

Sweet Jerry Pomade pomade lokal yang bagus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sweet Jerry Pomade merupakan tipe pomade water based ortodoks atau ringing gel. Pomade yang teksturnya seperti ini biasanya membuat rambut kaku setelah kering. Tekstur pomade ini sangat solid tapi tetap nyaman di tangan. Padat, tapi terasa ringan. Dan, yang paling penting adalah tidak ada rasa lengket di tangan ketika memakai pomade ini.

Pomade dari Sweet Jerry ini memiliki aroma yang menyenangkan, lalu warnanya yang oranye transparan juga enak dipandang. Untuk hasil akhirnya, pomade ini memberikan medium look di mana kilaunya tidak terlalu terlihat tapi tidak terlalu matte juga.

Karena formulanya ringan dan wanginya segar, pomade ini cocok dipakai untuk sehari-hari. Pomade seharga Rp 120 ribuan ini bisa menjadi milik Anda dengan membelinya di toko online.

8. Oh Man! Pomade

Oh Man! Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Oh Man! Pomade dibentuk dari indrustri rumahan bernama PT Inticosmetic Lestari. Dimulai sejak tahun 1979 di Jakarta, perusahaan ini membuat pomade dan produk perawatan rambut lainnya yang didistribusikan pada tempat potong rambut dan pria-pria lokal. Setelah itu, semakin banyak lah orang yang mengetahui dan menyukai produk pomade Oh Man! Pomade ini.

Sejak tahun '80-an akhir, Oh Man! Pomade yang berbasis wax telah menjadi produk best seller. Dan, pada tahun 2013, Oh Man! Pomade telah men-set produk mereka sebagai produk premium. Tak hanya di Indonesia, Oh Man! Pomade juga telah didistribusikan ke beberapa negara di Asia Tenggara. Anda dapat membeli pomade ini secara online.

Oh Man! Pomade disukai karena tidak akan membuat rambut mengering dan mudah ketika dibilas nantinya. Pomade ini juga bisa dikategorikan sebagai pomade sehat karena mengandung beberapa essential oil. Tekstur pomadenya lembut namun tetap solid, dan pomadenya tidak lengket di tangan. Kelebihan lainnya dari pomade ini adalah aromanya yang sangat menyegarkan.

9. Puppets Mid Hold Pomade

Puppets Mid Hold Pomade

Cek Harga di Shopee

Puppets Mid Hold Pomade adalah sebuah pomade berkualitas tinggi. Jika Anda sering mampir ke barber kelas premium di daerah Bandung, Jawa Barat, pasti akan tersedia Puppets Mid Hold Pomade. Produk pomade dari Puppets ini terkenal nyaman di rambut dan kulit kepala. Pomade ini dapat menyehatkan sekaligus memberikan kilau alami pada rambut Anda.

Kemasan produk ini pun sangat berkelas, yaitu dibuat dari kaca, bukan kaleng atau plastik. Walaupun berupa pomade oil based, Puppets Mid Hold Pomade dapat dihilangkan hanya dengan satu kali keramas saja. Hadir dengan aroma vanila, pomade ini dapat membuat rambut Anda wangi sepanjang hari. Aneka varian Puppets Pomade bisa Anda beli dengan Rp 60 ribuan di situs belanja online.

10. Mr. Jones Oil Based Pomade

Mr. Jones Oil Based Pomade

Cek Harga di Shopee

Mr. Jones Oil Based Pomade hadir dalam aroma manis seperti Wild Rose dan Candy Strong. Mr. Jones in merupakan pomade asli Indonesia, loh. Walaupun asli dari sini, kualitas Mr. Jones Oil Based Pomade sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk produk yang ada pada gambar di atas merupakan pomade Mr. Jones varian Candy Strong.

Dengan menggunakan pomade ini, rambut Anda akan terlihat klimis dan keren. Mr. Jones Oil Based Pomade dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 95 ribuan saja.

Rekomendasi Lainnya

Jangan dulu pergi! Kenapa? Karena Kamini masih punya lima rekomendasi merk pomade lokal yang bagus lainnya. Penasaran? Ini dia list-nya.

11. Toar & Roby Executive Slick Hair Pomade

Toar & Roby Executive Slick Hair Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Toar & Roby Executive Slick Hair Pomade merupakan salah satu pomade terbaik asal Indonesia. Pomade oil based ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda yang menginginkan rambut dengan daya shine yang tinggi serta rambut yang licin dan klimis.

Ada beberapa varian aroma dari Toar & Roby Executive Slick Hair Pomade, seperti Citrus Lavender Scent dan Green Tea. Pomade hasil karya pomade blogger Indonesia ini merupakan salah satu pomade termurah di pasaran, harganya hanyalah Rp 50 ribuan saja.

12. Sir Essentials Pomade

Sir Essentials Pomade

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pada awalnya, usaha pomade lokal Sir Essentials dimulai dari sistem titip. Mereka menitipkan pomade di barbershop. Kini, bisnis pomade Sir Essentials sudah semakin luas se-Indonesia. Pomade ini hadir dalam 5 varian, yaitu tiga varian water based, satu varian clay, dan satu varian hairmud. Mau mencoba semua varian Sir Essentials Pomade?

Walaupun dimulai dari usaha kecil-kecilan, Sir Essentials Pomade selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas, ditambah pula dengan vitamin dan aroma maskulin, sehingga cocok buat pria berselera tinggi. Daya tahan hold-nya juga oke punya, dapat skor 5/5. Begitu pula dengan kilaunya, kinclong banget. Kalau Anda tidak mau rambut terlalu klimis, pilih varian clay atau hairmud, ya. Harga Sir Essentials Pomade adalah Rp 180.000.

13. Hellyeah Pomade

Hellyeah Pomade pomade lokal yang bagus

Hellyeah Pomade merupakan rekomendasi pomade lokal yang bagus Kamini yang terakhir. Dibuat dari air, hydrogenated castor oil, glycerin dan fragrance, produk ini mengandung shine yang tinggi tanpa membuat rambut menjadi kaku.

Hellyeah Pomade terdiri dari 3 varian dengan aroma dan tingkat hold yang berbeda-beda, yaitu Lite, Medium dan Bold. Untuk varian Lite, pomade ini tidak akan membuat rambut menjadi keras dan kaku tapi memiliki shine yang tinggi. Hadir dengan aroma lemon dan spicy yang light, sweet dan fresh. 

Untuk Hellyeah Pomade Medium, memiliki tingkat shine yang sedang dan sedikit kaku saat digunakan pada rambut. Warna pomade ini adalah hijau muda, tapi akan menjadi netral saat dikenakan. Aroma varian yang ini adalah campuran dari musk dan tropical geranium yang menggigit dan penuh energi.

Sedangkan untuk varian yang Bold, memiliki shine yang cukup dengan tingkat kekakuan yang lebih tinggi lagi daripada varian Lite dan Medium. Pomade berwarna merah ini memiliki aroma wooden citrus lembut yang berkesan klasik. Anda bisa membeli pomade seharga Rp 100 ribuan ini di toko online.

14. John Erfiz Professor Hair Style Pomade

John Erfiz Professor Hair Style Pomade

Cek Harga di Lazada

John Erfiz Professor Hair Style Pomade adalah merk pomade lokal yang bagus selanjutnya. Minyak rambut padat atau pomade ini diproduksi dengan teliti untuk membuat tatanan rambut dengan kilau dan daya set medium. Walaupun data tahannya kuat, pomade ini mudah ditata ulang kalau-kalau rambut Anda sedikit kusut setelah pakai helm, terkena angin, atau setelah wudhu.

Karakteristik pomade ini adalah teksturnya yang padat dan aromanya yang lembut seperti bedak bayi+aroma maskulin cowok dewasa. Pomade ini tidak lengket di tangan, justru agak kenyal dan kesat, jadi tidak akan membuat tangan Anda jadi tidak nyaman.

15. The Jhon Pomade Bali

The Jhon Pomade Bali

The Jhon Pomade Bali adalah pomade oil based autentik yang berkualitas impor. Pomade yang berasal dari Pulau Dewata ini cocok buat orang yang beraktivitas indoor maupun outdoor. Pomade ini tidak membuat rambut jadi keras, melainkan membuat rambut mudah disisir, licin, mengkilap, dan klimis. Untuk varian aromanya ada bermacam-macam, diantaranya adalah anggur, bubblegum, dan vanila.

Cara Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade

Selain merk dan juga cara memakai pomade, Kamini juga akan membahas tentang metode yang efektif dan ampuh untuk merawat rambut bagi Anda yang sering memakai pomade. Simak langsung saja ulasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Pakai Shampo Khusus Pomade

Memakai shampo khusus pomade yang dapat membersihkan sisa produk tersebut juga bisa dipraktikkan sendiri di rumah, agar rambut Anda tetap tampil sehat dan sempurna meski sering menggunakan pomade. Silakan klik link ini untuk membeli shampo khusus rambut pengguna pomade di Bukalapak.

2. Gunakan Conditioner Setelah Keramas

Selain memakai shampo, Anda juga perlu mengaplikasikan conditioner yang bagus agar rambut tetap lembut, berkilau dan mudah diatur. Ada banyak merk conditioner berkualitas yang dijual di pasaran dengan harga yang beragam. Anda tinggal memilih produk yang cocok dengan kebutuhan, ya.

3. Pakai Masker Rambut

Seperti yang kita ketahui, memakai masker rambut juga bisa membantu merawat rambut yang sering diolesi pomade. Pilih masker rambut yang bagus agar rambut tetap ternutrisi, sehat dan tidak kehilangan kilau alaminya.

Cara Membersihkan Pomade yang Efektif

Kamini juga akan membahas tentang metode yang efektif untuk membersihkan pomade di rambut. Penasaran? Simak langsung saja ulasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Minyak Zaitun

Bahan alami seperti minyak zaitun juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sisa pomade yang menempel di rambut. Cukup usapkan minyak zaitun ke rambut Anda secara merata, lalu beri kepala Anda pijatan lembut seperti ketika sedang keramas.

Setelah selesai, angkat sisa pomade dengan cara menyisir rambut dari arah depan ke belakang kepala dan bilas rambut Anda dengan air hangat hingga bersih. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung keramas dengan menggunakan shampo seperti biasa.

2. Menggunakan Hair Cream

Produk hair cream juga bisa dipakai untuk membersihkan sisa pomade. Ambil produk hair cream secukupnya dengan menggunakan tangan, lalu usapkan ke seluruh bagian rambut Anda hingga merata. Diamkan maksimal lima belas menit, kemudian bilas rambut Anda dengan menggunakan air. Bila perlu, Anda juga bisa langsung keramas seperti biasa dengan memakai shampo.

3. Pakai Conditioner Sebelum Keramas

Bila Anda ingin menghilangkan pomade dari rambut dengan mudah, pakailah produk conditioner sebelum keramas dengan shampo. Conditioner membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur, sehingga pomade yang masih menempel di rambut dapat dengan mudah dibersihkan jika kita memakainya sebelum keramas, lho.

Ya, itu dia merk pomade lokal yang bagus dan terjangkau versi dari Kamini, beserta informasi menarik lainnya seputar perawatan rambut yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Ternyata banyak juga, kan, produk lokal yang bagus-bagus? Apakah Anda tahu pomade lokal lainnya yang rekomendit? Beritahu kami di kolom komentar, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram