Kamini.id / Jerawat / Inilah 10 Produk Tea Tree Oil untuk Menghilangkan Jerawat

Inilah 10 Produk Tea Tree Oil untuk Menghilangkan Jerawat

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Februari 2020

Jika Anda mencari bahan penyembuh universal, maka itu adalah tea tree oil (minyak pohon teh). Benda ini mampu mendetoksifikasi rambut, menghilangkan bau kaki, menjauhkan gejala flu, tapi fungsinya yang paling populer adalah mengobati segudang masalah kulit—termasuk membantu menghilangkan jerawat.

Minyak pohon teh memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, makanya dia mampu membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat dan mencegah lesi jerawat (termasuk komedo whitehead & blackhead, papula & pustula, nodul dan kista—semua yang meninggalkan bekas luka di kulit).

Peneliti asal Australia menemukan bahwa minyak pohon teh sama efektifnya dengan benzoil peroksida, yang dikenal sebagai obat jerawat standar. Tetapi, benzoil peroksida bisa sangat mengeringkan kulit, terutama pada kulit sensitif.

Makanya banyak kasus kulit jadi kemerahan dan mengelupas setelah pakai obat jerawat yang dianggap sebagai ‘proses penyembuhan’, padahal itu berarti obat yang dipakai terlalu keras buat wajah. Karenanya, minyak pohon teh merupakan solusi menghilangkan jerawat paling aman. Minyak pohon teh lebih lembut daripada banyak bahan lainnya yang ditemukan dalam krim jerawat.

Sebagai pelembab alami, minyak pohon teh akan melembabkan kulit, membantu mengembalikan keseimbangan minyak alami kulit, sambil menghilangkan jerawat berikut bekasnya. Akan tetapi, menggunakan minyak pohon teh murni mengharuskan Anda mencampurnya terlebih dahulu dengan minyak lainnya.

Jadi, kalau Anda tak mau repot, ada beberapa produk yang sudah mengandung minyak pohon teh dan bisa langsung Anda gunakan tanpa perlu dicampur-campur lagi. Berikut adalah produk tea tree oil untuk jerawat yang sudah Kamini kumpulkan untuk Anda.

1. COSRX Low pH Good Morning Cleanser

Banyak pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan keras, sehingga membuat kulit kering dan bersisik. Lalu, sebaliknya, ada juga pembersih yang terlalu berminyak dan terlalu lembut untuk kulit berjerawat, sehingga tidak ada efeknya sama sekali. Tak, itu semua tak berlaku pada COSRX Low pH Good Morning Cleanser. Anda bisa membelinya di toko online via link berikut.

Pembersih gel ini disertai dengan minyak pohon teh. Diformulasikan dengan bahan-bahan botani dan BHA alami untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut yang dapat menyumbat pori-pori, tetapi tidak akan merampas hidrasi esensial kulit dalam prosesnya.

Bahkan, pembersih kulit ini juga cocok untuk orang-orang dengan kulit sensitif dan rosacea, meninggalkan kulit jadi lembut dan bersih. Coba juga Organic Doctor Tea Tree Face Wash kalau Anda prefer sabun batang.

2. Lush Cosmetics Tea Tree Water

Ingin minyak pohon teh yang berbentuk air, praktis tinggal semprot kapan saja di mana saja? Kulit berminyak, kusam, atau lelah bisa kembali ke dalam kondisi prima dengan semprotan toner yang menyegarkan ini. Tea tree yang membersihkan, juniper berry dan air grapefruit di dalam toner ini akan membuat kulit tampak bercahaya dan segar sambil menjaga produksi minyak agar tidak berlebihan.

Semprotan toner bebas alkohol ini juga tidak akan membuat kulit terasa kencang atau pun kering, sehingga Anda selalu dapat memamerkan wajah terbaik Anda sepanjang hari. Lush Cosmetics Tea Tree Water bisa Anda dapatkan di toko online dengan mengklik link ini.

3. Dr.Ceuracle Leegeehaam Tea Tree Purifine 70 Toner

Masih toner cair, kali ini datang dengan kemasan pump, Dr.Ceuracle Leegeehaam Tea Tree Purifine 70 Toner adalah buah bibir diantara para pecinta skincare Korea.

Ini adalah toner yang lembut dan melembabkan. Diformulasikan dengan 70% ekstrak pohon teh yang menenangkan dan betaine salicylate (BHA), toner ini akan mengeksfoliasi sel kulit mati untuk membantu meminimalkan jerawat, serta membuat kulit lebih kencang dan bercahaya.

Cara penggunaan: tuang toner ke kapas dan usapkan dengan lembut pada wajah yang sudah bersih. Atau, tuang toner ke ujung jari dan tepuk dengan lembut ke wajah sampai terserap. Toner ini dijual dalam kemasan 100 ml dengan harga sekitar 220 ribu.

4. Desert Essence Blemish Touch Stick

* sumber: pleinvanity.wordpress.com

Butuh tea tree oil yang portable dan bisa dipakai kapan saja, di mana saja, tanpa memakan tempat di tas Anda (bahkan lebih baiknya, bisa disimpan di saku celana Anda)? Desert Essence Blemish Touch Stick wajib Anda miliki.

Tea tree oil stick ini mampu memberantas jerawat atau bercak-bercak berminyak di kulit wajah kapan pun Anda membutuhkannya. Jika tertarik, Anda bisa membelinya di toko online melalui link ini.

Formula ini mengandung minyak pohon teh, wintergreen, chamomile dan calendula sehingga wajah Anda akan terasa segar dan menjadi kanvas matte yang lembut. Dengan kemasan roll on mirip minyak gosok, sebaiknya Anda tidak menyampur kedua benda ini bersamaan, ya. Kalau-kalau Anda tidak konsen dan salah pakai kan bahaya, hehe. Coba juga produk serupa: Burt’s Bees Herbal Complexion Stick.

5. Thursday Plantation Tea Tree Oil

Anda pasti sudah kenal dengan The Body Shop Tea Tree Oil, jadi mari kita kenalan dengan produk serupa tapi merk berbeda, yaitu Thursday Plantation Tea Tree Oil. Ini adalah antiseptik kuat yang menghambat spektrum luas bakteri dan jamur, serta membersihkan dan melindungi lecet kulit.

Walaupun merupakan merupakan minyak alami yang 100% murni, minyak pohon teh ini dapat ditoleransi dengan baik oleh jaringan kulit yang sehat, dan tidak akan menghambat pertumbuhan sel kulit normal.

Justru, minyak ini akan meredakan luka ringan, luka bakar, lecet, gigitan dan sengatan hewan, serta jerawat tentunya. Jadi, minyak pohon teh dari Thursday Plantation ini lebih ke antiseptik yang bisa dipakai untuk berbagai macam masalah, ya!

Untuk mengatasi jerawat, tuang produk ke cotton bud dan oleskan pada setiap jerawat sebanyak 3x sehari. Thursday Plantation Tea Tree Oil Antiseptic dijual mulai dari harga 99 ribu dan bisa Anda beli di sini.

6. Innisfree It’s Real Squeeze Mask Tea Tree

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan tissue mask? Semua orang pasti menyukainya. Salah satu face mask lembaran yang mengandung minyak pohon teh adalah Innisfree It’s Real Squeeze Mask Tea Tree.

Ini adalah masker wajah sekali pakai yang menenangkan sekaligus menghidrasi kulit dengan cepat. Kandungan green tea, betaine, aloe vera, hyaluronic acid dan tea tree-nya akan mengatasi kemerahan, breakout, melawan jerawat dan menghidrasi kulit sekaligus.

Namun, hati-hati ketika membelinya secara online. Produk yang asli harganya sekitar 27 ribuan, jadi kalau dijual jauh lebih murah dari itu lebih baik jangan dibeli, karena siapa tahu palsu. Innisfree It’s Real Squeeze Mask Tea Tree bisa Anda temukan di sini. Coba juga produk serupa: TONYMOLY I’m Real Tea Tree Mask.

7. Klei & Clay Bye Acne! Green Clay Mask

Rekomendasi selanjutnya dari produk lokal, nih! Ada Klei & Clay Bye Acne! Green Clay Mask. Ini adalah masker tanah liat yang mampu mengatasi jerawat dan kotoran yang menyumbat pori-pori, sekaligus mengontrol minyak. Walaupun terkesan hanya cocok untuk oily skin, masker ini dibuat untuk semua jenis kulit, kok!

Klei & Clay membuat masker ini dari bahan-bahan alami, yaitu kombinasi antara clay (tanah liat), shea butter, witch hazel dan tea tree oil tentunya. Semua bahan ini dapat membantu mengatasi komedo dan jerawat.

Terus, ada aroma mint juga yang akan membuat Anda merasa refreshed banget setelah maskeran. Masker seberat 70 gram ini dijual dengan harga sekitar 129 ribu di toko online. Klik link ini untuk membelinya.

8. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash

Jerawat bukan cuma ada di wajah saja, loh, tapi bisa diseluruh tubuh. Terutama di area yang tertutup dan berkeringat, tapi keringatnya tidak cepat dibersihkan, jadilah jerawat merajalela. Makanya jangan kaget ketika melihat jerawat di dekat telinga, ketiak, punggung, bahkan kulit kepala juga.

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat pada punggung, cobalah The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash. Walaupun ini ‘sabun’ mandi, tapi dia bebas sabun, get it? Jadi memang dia tidak berbusa, tapi dijamin ampuh membersihkan kulit dari jerawat sekaligus menyegarkan kulit.

Sabun mandi dengan kisaran 129 ribu ini bisa Anda dapatkan di toko online via link ini. Coba juga Dr. Bronner’s Tea Tree Pure-Castile Bar Soap untuk sabun mandi batangan.

9. Paul Mitchell Tea Tree Special Shampoo

Seperti yang sudah Kamini singgung di atas, kulit kepala juga bisa jerawatan, apalagi kalau Anda banyak berkeringat, sering menggunakan helm, berkerudung dan lain sebagainya.

Paul Mitchell Tea Tree Special Shampoo adalah sebuah sampo yang mengandung minyak pohon teh, yang akan menenangkan kulit kepala yang iritasi dan mengelupas. Rambut juga akan menjadi lebih lembut dan berkilau dengan sampo ini. Tertarik membelinya? Klik link ini sekarang juga.

10. IT Cosmetics Bye Bye Breakout Concealer

Ada IT Cosmetics Bye Bye Breakout Concealer. Ya, siapa bilang cuma skincare saja yang punya kandungan tea tree oil untuk melawan jerawat? Kosmetik juga ada! Concealer dari IT Cosmetics ini akan melawan jerawat sekaligus menyamarkannya.

Biasanya foundation atau concealer kurang bisa menyamarkan jerawat, apalagi yang sedang ‘matang’. Dengan concealer ini, kekurangan di wajah Anda akan tertutup sempurna sambil disembuhkan secara bersamaan. Anda bisa membelinya di sini.

Ya, itulah beberapa produk tea tree oil dan produk yang mengandung minyak ajaib tersebut. Untuk menggunakan minyak pohon teh murni, sebaiknya Anda tidak langsung mengaplikasikannya ke kulit, tapi dicampur dulu dengan air atau minyak esensial lainnya.

Dan, walaupun minyak pohon teh direkomendasikan banyak orang, Ini bisa saja tidak cocok untuk Anda karena yang namanya minyak pasti bisa comedogenic, yang mana akan menciptakan lebih banyak jerawat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *