Review Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel, Ringan dan Melembabkan

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 15 Juli 2021

Sudahkah kamu pakai sunscreen setiap hari? Kalau belum, coba pertimbangkan untuk memakai produk perawatan kulit satu ini. Soalnya sunscreen punya segudang manfaat buat kulit, mulai dari melindungi dari sunburn, penuaan dini, sampai melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Bahkan sunscreen adalah salah satu skincare yang para dermatologist rekomendasikan untuk selalu digunakan saat beraktivitas. Penggunaan sunscreen juga nggak terbatas usia maupun gender. Semua orang diharuskan menggunakan sunscreen bila ingin kulit selalu sehat.

Sayangnya, kadang penggunaan sunscreen memberikan sensasi kurang menyenangkan pada kulit pemakaianya. Misalnya membuat wajah jadi tampak terlalu putih karena white cast, atau sensasi kulit yang terasa berat dan berminyak. Sensasi-sensasi seperti inilah yang membuat orang enggan menggunakan sunscreen.

Demi tetap memenuhi kebutuhan konsumen, banyak produsen kecantikan melakukan inovasi agar produk sunscreen tetap wearable saat digunakan. Karena itulah mulai banyak bermunculan produk sunscreen yang diklaim ringan namun tetap bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Salah satu produk yang dimaksud adalah Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel.

Tentang Produk

review azarine hydrasoothe sunscreen gel.

Hydrasoothe Sunscreen Gel adalah salah satu produk tabir surya dari brand lokal kenamaan Azarine. Produk ini sempat menjadi perbincangan lho di media sosial, karena banyak yang memberikan ulasan positif akan manfaat dan sensasinya yang nyaman saat digunakan pada wajah. Tak heran, Azarine berkali-kali harus restock sunscreen ini karena demand costumer yang membludak.

Azarine sendiri adalah brand lokal yang bergerak dibidang kecantikan terutama dalam menawarkan berbagai macam produk kosmetik dan spa. Perjalanan Azarine sendiri sebenarnya cukup panjang sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan re-branding dan menyasar pasar ritel.

Didirikan tahun 2002, mulanya Azarine merupakan bisnis produk spa berbahan herbal pada segmentasi salon dan hotel. Empat belas tahun kemudian, yakni pada 2016, setelah didirikannya PT Wahana Kosmetika Indonesia, Azarine memutuskan untuk melakukan re-branding baik dari segi target pasar maupun pada metode peningkatan kualitas produk-produknya.

Pada tahun 2017, Azarine akhirnya resmi memiliki indentitas sebagai brand produk kosmetik dan spa yang bisa langsung dibeli oleh para konsumen. Walau terbilang baru dalam menapaki pasar ritel, nyatanya produk-produk Azarine cukup banyak diminati oleh masyarakat.

Hal ini karena produk kosmetik Azarine dibanderol dengan harga affordable dengan kualitas yang tak kalah dari produk brand lain yang sudah lama bertengger di pasar kosmetik Indonesia. Dan semenjak saat itulah nama Azarine semakin populer di telinga masyarakat Indonesia.

Klaim dan Benefit

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_klaim benefit

Hydrasoothe Sunscreen Gel merupakan tabir surya dalam bentuk gel yang berfungsi untuk melembabkan, menenangkan dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Produk ini diperkaya dengan berbagai ekstrak alami yang bermanfaat bagi kulit wajah seperti propolis, aloe vera, green tea, dan pomegranate.

Tekstur gel dari sunscreen juga dingin serta ringan, sehingga produk akan mudah diserap kulit tanpa meninggalkan white cast setelah pengaplikasian. Lebih lengkapnya, manfaat Hydrasoothe Sunscreen Gel yang diklaim Azarin adalah sebagai berikut:

  • Nggak lengket di kulit
  • Mudah menyerap
  • Light formula
  • Perlindungan penuh broad spectrum
  • Oil-free
  • Alcohol-free
  • Silicone-free
  • For all skin types

Selain klaim dan benefit di atas, saya juga menemukan simbol dan label khusus yang tertera pada kemasan Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel ini. Simbol dan label yang dimaksud adalah seperti berikut:

  • 12 Month PAO (Period After Opening)
  • The Green Dot Symbol
  • Paraben-Free
  • NO TEA

Sayangnya, saya nggak menemukan label sertifikasi halal MUI dari sunscreen ini. Sehingga saya belum bisa memastikan kehalalan bahan-bahan yang digunakan atau jalannya pemrosesan dalam produksi sunscreen ini. Yang pasti, produk ini aman untuk digunakan karena sudah tertera nomor BPOM pada kemasannya.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan Azarine Hydrasoothe Suncreen ini kamu hanya perlu mengoleskannya secara tipis dan merata pada bagian wajah, leher, tangan dan bagian tubuh lainnya yang rentan terkena sinar matahari. Aplikasikan produk 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, dan jangan lupa juga untuk re-apply setiap 2 jam atau ketika produk terasa luntur dari kulit.

Fun Fact

Pada tanggal 22 Mei 2021, Azarine mengumumkan lewat akun media sosialnya bahwa Hydrasoothe Sunscreen Gel versi terbaru menggunakan new improved formula. Azarine menghilangkan fragrance dalam formulasi terbaru sunscreen ini, sehingga akan lebih aman digunakan pemilik kulit sensitif.

Tapi perlu diingat, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel yang akan saya review kali ini masih menggunakan formulasi yang lama. Jadi kamu akan tetap melihat adanya kandungan fragrance yang tertera dalam ingredients list.

Kemasan

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_kemasan

Bila biasanya produk-produk kosmetik dikemas dengan perpaduan warna yang terkesan soft atau bold, Azarine dengan berani menggunakan palet warna yang bright pada kemasan Hydrasoothe Sunscreen Gel. Perpaduan warna yang dimaksud adalah kuning, toska, putih dan sedikit sentuhan silver. Kombinasi warna-warna tersebut membuat tampilan kemasan sunscreen menjadi sangat eye-catching.

Bukan cuma itu, desain kemasan produk juga dibuat sangat ramai dan penuh dengan berbagai informasi yang menjelaskan value dari sunscreen ini. Bahkan Azarine sampai menyelipkan sedikit infografis pada bagian belakang box luar sunscreen yang bercerita tentang bagaimana bahaya sinar UVA dan UVB pada kulit. Unik, ya?

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_cara pakai

Tak berbeda jauh dengan box luar, kemasan botol sunscreen juga dibuat cukup ramai. Botol sunscreen berbahan plastik ini dilengkapi dengan flip-top opening yang praktis dan membuat produk tetap higienis.

Ingredients List

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_ingredients

Untuk memastikan apakah benar Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel ini memiliki banyak kandungan ekstrak bahan alami, sebaiknya kita pastikan dengan membaca langsung ingredients listnya. Oleh karena itu, yuk simak ingredients list dari sunscreen andalan Azarine ini!

Full Ingredients

Aqua, Glycerin, Propanediol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Polymethyl Methacrylate, Portulaca Oleracea Extract, Sodium Hyaluronate, Niacinamide, Cucumis Sativus (Cucumber) Extract, Tea (Camellia Sinensis) Extract, Punica Granatum Fruit Extract, Phenoxyethanol, Octocrylene, Butylene Glycol, Sodium Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylates Crosspolymer, Propolis, Picea Abies Extract, Allantoin, Xanthan Gum, Panthenol, Disodium EDTA, Fragrance, Lecithin

Key Ingredients

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate. Chemical sunscreen agent yang melindungi kulit dari sinar UVB.
  • Butyl Methoxydibenzoylmethane. Chemical sunscreen agent, melindungi dari sinar UVA.
  • Octocrylene. Chemical sunscreen agent yang melindungi dari UVB, juga bisa menstabilkan avobenzone (Butyl Methoxydibenzoylmethane).
  • Glycerin. Memberikan dan mempertahankan hidrasi, serta mencegah iritasi kulit.
  • Aloe Barbadensis Leaf Extract. Melembabkan, emollient, anti-inflamasi, mengurangi pengelupasan sekaligus mengembalikan kelembutan kulit.
  • Portulaca Oleracea Extract. Menenangkan kulit dan antioksidan.
  • Sodium Hyaluronate. Meningkatkan hidrasi dan menenangkan inflamasi kulit.
  • Niacinamide. Mencegah penuaan dan dark spot, menjaga hidrasi dan memperkuat skin barrier.
  • Cucumis Sativus (Cucumber) Extract. Menenangkan kulit, bersifat emollient, sumber antioksidan.
  • Tea (Camellia Sinensis) Extract. Bersifat antioksidan dan anti-inflamasi.
  • Punica Granatum Fruit Extract. Antioksidan, menenangkan kulit kering dan pecah-pecah, anti-penuaan, melawan breakout, hingga mengurangi bekas luka.
  • Propolis. Anti bakteri, anti-inflamasi dan antioksidan.
  • Picea Abies Extract. Menenangkan kulit dan sumber antioksidan.
  • Allantoin. Anti-inflamasi, memberikan hidrasi, bahan yang lembut untuk kulit sensitif, melindungi kulit dari kekeringan dan membantu menyembuhkan luka ringan.

Dari key ingredients yang berhasil saya temukan, kebanyakan bahan-bahan alami yang dipakai dalam sunscreen ini punya sifat menenangkan, meningkatkan hidrasi dan bersifat anti-inflamasi. Nggak heran, produk ini pakai istilah ‘Hydrasoothe’ pada namanya.

Nah, kalau soal klaimnya yang oil-free, alcohol-free dan silicone-free juga bisa dipastikan benar adanya. Soalnya produk nggak memiliki kandungan carrier oils, bebas kandungan ethyl alcohol (etanol), dan bebas silikon dalam formulasinya.

Impresi

Kalau dilihat dari namanya, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel punya tekstur utama gel. Tekstur seperti ini biasanya sangat mudah meresap tanpa meninggalkan greasy after effect yang mengganggu. Nah, agar tau lebih jelasnya, simak terus impresi yang saya rasakan saat pertama ‘berkenalan’ dengan sunscreen yang sempat viral ini!

Tekstur

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_tekstur

Dari segi tekstur sebelumnya sempat disinggung kalau sunscreen dari Azarine ini punya tekstur gel. Tekstur gel ini memang terasa sangat jelas ketika sampai di kulit. Tekstur gel cenderung punya sensasi kental yang sementara, karena ketika diratakan produk akan dengan mudah merata, nggak lengket, dan nggak membutuhkan waktu lama untuk menyerap.

Hal ini karena produk bertekstur gel punya proporsi air lebih banyak dibandingkan tekstur krim. Makanya pada ingredients list Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel, aqua atau air ada di urutan paling pertama. Selain nggak lengket dan mudah menyerap, produk juga terasa ringan di wajah tanpa sensasi greasy sama sekali.

Warna

Meski warna gelnya tampak putih, produk nggak menunjukkan warna sama sekali ketika sudah diratakan. Kalau diamati dari ingredients list pun nggak ada bahan yang bersifat coloring. Jadi bisa dikatakan produk ini bebas bahan pewarna.

Aroma

Dengan masih tertulisnya ‘fragrance’ dalam ingredients list Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel yang saya review ini, bisa dipastikan produk masih punya kandungan parfum di dalamnya. Ketika saya mengaplikasikannya pada wajah pun bisa tercium aroma floral khas yang dilepas sunscreen, meski memang sangat-sangat samar, Jadinya nggak mengganggu penciuman.

Aplikasi

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_aplikasi

Saat pertama kali mengaplikasikan Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel pada wajah, saya terkejut dengan teksturnya yang cukup mudah menyerap. Saya hanya membutuhkan waktu tunggu sekitar 5 menit saja sampai produk benar-benar menyerap.

Padahal biasanya produk sunscreen sejenis masih membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit agar bisa menyerap dengan sempurna. Kemampuannya ini tentu dapat menghemat waktu saya bila sedang buru-buru akan berpergian ke luar rumah.

Selain quickly absorb sunscreen ini juga nggak meninggalkan white cast pada wajah. Sebenarnya ada sih white cast samar yang ditunjukkan produk, namun ketika produk mengering, white cast ini juga akan ikut memudar. Jadi kamu nggak perlu khawatir produk akan meninggalkan white cast berkepanjangan seperti yang sering ditunjukkan oleh physical sunscreen.

Saya juga bisa merasakan kalau produk ini memberikan kelembaban dan hidrasi pada wajah. Bahkan ketika pertama kali diratakan pada wajah, terasa sensasi agak dingin yang menyegarkan. Uniknya lagi, sunscreen bisa membuat tampilan menjadi cenderung matte dengan mengurangi jumlah minyak pada wajah.

Bisa dilihat dari foto saya di atas bahwa bagian wajah tanpa sunscreen tampak lebih glowy karena minyak, sementara bagian wajah yang diaplikasikan sunscreen punya tampilan minyak lebih minimal. Keunikannya ini tentu menjadi nilai tambah lagi bagi Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel. Pokoknya, impresi awal sunscreen ini benar-benar impian buat para pencinta sunscreen, lho!

Performa

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_performa

Selama pemakaian Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel ini, saya merasa produk cukup bisa menjaga wajah saya agar nggak terbakar matahari dengan cukup baik. Sayangnya, karena nggak diformulasikan waterproof, produk ini masih bisa luntur kalau terkena basuhan air atau keringat. Jadi kalau sudah luntur, sebaiknya produk diaplikasikan kembali supaya perlindungannya selalu optimal.

Tapi kalau selalu dibiarkan kering, ketahanan produk ini lumayan bagus kok. Tetap saja, terutama bila dipakai beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya sunscreen diaplikasikan kembali minimal 2-3 jam sekali.

Yang saya kagumi dari sunscreen ini adalah klaimnya yang broad spectrum. Soalnya saya jarang sekali menemukan klaim serupa pada produk-produk sunscreen yang dipasarkan di Indonesia. Padahal klaim broad spectrum mengindikasikan perlindungan optimal baik terhadap sinar UVA maupun UVB.

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_perfoma 2

Kelebihan lain dari sunscreen milik Azarine ini pada wajah saya yang cenderung kombinasi berminyak adalah bisa meminimalkan produksi minyak pada wajah. Coba perhatikan perbedaan produksi minyak yang wajah saya hasilkan setelah pemakaian 4 jam. Bagian wajah yang dipakaikan sunscreen menghasilkan minyak lebih minimal dibandingkan bagian wajah tanpa sunscreen.

Artinya, produk ini nggak membuat wajah saya semakin berminyak ataupun terlalu kering, makanya minyak alami yang diproduksi kulit pun nggak berlebih. Sebaliknya, produk ini bisa dengan baik menjaga kelembaban alami kulit tanpa memberikan kesan greasy dan heavy.

Kebetulan, saya juga punya bagian wajah yang cenderung acne-prone yakni pada dagu. Untungnya, sunscreen ini nggak berkontribusi pada peningkatan breakout yang ada pada dagu saya. Jadi, tampaknya produk ini juga bisa digunakan pemilik kulit acne-prone.

Tips dan Trik

Pernah mengalami pilling pada wajah ketika me-layer berbagai jenis produk skincare atau makeup? Saya sendiri sangat sering mengalaminya, terutama dalam pengaplikasian sunscreen.

Untuk mengurangi terjadinya pilling, kamu bisa menambahkan waktu tunggu ekstra pada tiap produk agar bisa menyerap sempurna. Pastikan produk sudah terasa seperti mengering atau nggak lengket lagi sebelum kamu lanjut mengaplikasikan produk berikutnya.

Harga dan Tempat Pembelian

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_harga

Meski mungkin kamu akan kesulitan menemukannya di drugstore offline, kamu bisa lebih mudah mendapatkan Azarine Hydrasoother Sunscreen Gel ini melalui pembelian online. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 60-70ribuan saja untuk mendapatkan sunscreen berukuran 50ml ini.

Kesimpulan

review azarine hydrasoothe sunscreen gel_kesimpulan

Sebagai brand kosmetik yang terbilang baru di ranah beauty industry, Azarine cukup baik dalam memproduksi Hydrasoothe Sunscreen Gel. Nggak hanya melindungi dari sinar UV, produk ini juga bisa menenangkan, menghidrasi sekaligus melembabkan kulit. Produk seolah-olah meringkas toner, pelembab dan sunscreen menjadi satu.

Pros

  • Banyak kandungan bahan-bahan alami yang menjadi sumber antioksidan
  • Menghidrasi dan melembabkan kulit
  • Nggak meninggalkan efek white cast
  • Terasa sejuk saat diaplikasikan
  • Perlindungan broad spectrum
  • Mudah menyerap, ringan dan nggak lengket
  • Nggak membuat wajah semakin berminyak maupun kering
  • Bebas paraben, minyak, alkohol, silikon dan triethanolamine
  • Nggak bikin breakout di wajah saya

Cons

  • Masih ada kandungan ‘fragrance’ pada versi yang saya review. Tapi versi terbaru produk ini diklaim nggak ada kandungan parfum sama sekali.
  • Belum ada label halal. Bila kamu seorang muslim sebaiknya produk selalu dibersihkan secara menyeluruh saat ingin sholat.
  • Nggak waterproof, jadi perlu re-apply bila sunscreen luntur.

Begitulah pengalaman saya menggunakan sunscreen yang sempat viral dari Azarine ini. Dengan sensasi penggunaannya yang nggak mengganggu, nggak heran produk ini banyak diperbincangkan di media sosial. Belum lagi manfaat melindungi kulit jangka panjang yang ditawarkan sebagai tabir surya, para sunscreen junkies wajib coba!

Kalau kamu punya pengalaman serupa maupun bersebrangan dengan saya saat menggunakan Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel, share ceritamu lewat kolom komentar ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram