kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Emina Beauty Bliss BB Cream untuk Tampil Natural

Review Emina Beauty Bliss BB Cream untuk Tampil Natural

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 18 Januari 2021

Saya masih ingat bagaimana BB cream sempat menjadi primadona beberapa tahun silam. Pada saat itu, produk-produk pengganti foundation dengan formula yang ringan sangatlah diminati para wanita. Banyak yang beranggapan bahwa produk dengan formulasi lebih ringan akan membuat pemakaian menjadi lebih aman dibandingkan dengan penggunaan heavy product.

BB cream bukan hanya diincar oleh wanita karena formulasinya yang ringan, tapi produk beginner-friendly ini juga merupakan starting point yang tepat bagi mereka yang ingin menggunakan base makeup namun masih ragu untuk menggunakan foundation.

Nah, bila bicara soal produk BB cream yang difavoritkan di Indonesia, sulit rasanya untuk melewatkan Emina Beauty Bliss Cream. Oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas BB cream yang juga menjadi incaran para remaja putri Indonesia ini. Kira-kira, bagaimana kesan saya selama ‘bermain’ dengan produk ini? Simak terus, ya!

Tentang Produk

Bertepatan dengan first launching brand Emina pada tahun 2015 silam, Beauty Bliss Cream merupakan salah satu first line product yang diperkenalkan Emina pada publik. Pada awal perilisannya produk ini langsung menarik perhatian masyarakat, utamanya para beauty enthusiast hingga remaja putri.

Sejak launching pertamanya, Emina menampilkan kesan muda dan menyenangkan. Kesan yang sangat diminati oleh para remaja dan wanita muda. Kesan ini tak hanya terpancar dari desain kemasannya yang ceria dan menggemaskan, namun juga pada formulasi produk yang digunakan.

Formulasi yang ringan serta dapat digunakan sebagai daily use juga menjadi senjata pamungkas Emina untuk menarik hati konsumen. Karena itulah, meski berumur lebih muda dibandingkan sister brand-nya, Wardah, kepopuleran Emina tak kalah tanding dari ‘kakak’-nya sendiri. Hebat, ya?

Klaim dan Benefit

Emina Beauty Bliss BB Cream disebut sebagai produk yang mengkombinasikan pelembab, primer, antioksidan dan foundation. Produk yang dapat meringkan rejimen skincare dan makeup ini akan memberikan tampilan kulit yang tampak lebih lembut dan bercahaya.

Tak hanya itu, light coverage and formulation yang ditawarkan juga menjadikan BB cream ini cocok digunakan untuk sehari-hari. Kalau dari kandungannya sendiri yang paling diunggulkan tentu saja adalah antioksidan yang datang dari vitamin C dan vitamin E.

Cara Pemakaian

Penggunaan produk ini sama seperti cara menggunakan produk BB cream pada umumnya, meski Emina menyarankan untuk menggunakan ujung jari ataupun brush dalam pengaplikasiannya. Saya sendiri menggunakan produk ini dengan langkah-langkah berikut.

  1. Gunakan produk setelah selesai menggunakan skincare
  2. Tuangkan secukupnya pada punggung tangan yang bersih kemudian tutulkan pada wajah dan leher
  3. Ratakan menggunakan ujung jari ataupun bantuan spons khusus yang lembab

Fun Fact!

Walau tak banyak yang tahu, namun nyatanya Emina Beauty Bliss Cream versi awal hanya terdiri dari 2 shades saja lho, yaitu Light dan Natural. Namun pada tahun 2016, Emina menambah shade Caramel pada koleksi Beauty Bliss Cream. Shade ini memiliki karakteristik dark shade dengan yellow undertone, sangat cocok digunakan para sawo matang.

Tak heran ketika diperkenalkan, shade ini langsung diserbu para sawo matang Indonesia. Dan karena laku keras, shade ini menjadi salah satu shade yang sering habis di pasaran.

Kemasan

Review BB Cream Emina 2 (Copy)

Bukan Emina namanya bila tidak menghadirkan produk dengan desain kemasan yang muda, ceria dan menggemaskan. Beauty Bliss Cream sendiri hadir dalam volume 20 mL dengan dus luar berwarna dasar ungu muda dan pink pastel dihiasi doodles bergambar istana serta polkadot warna warni yang cantik.

Masih menggunakan hiasan doodles dan polkadot yang sama, bagian tube dari BB cream sendiri hanya mempertahankan warna dasar pink pastel. Meski begitu, bagian tube tetap tampak menggemaskan bagi saya. Tube produk juga cukup handy dan menggunakan material plastik yang kokoh dengan bagian cap-nya dibuat flip top.

Ketika bagian cap dibuka, produk akan langsung meluber keluar dari tube bahkan tanpa di-squeeze sekalipun. Jadi, hati-hati, ya. Untuk mengakalinya kamu dapat menaruh produk ini terbalik bila telah selesai digunakan. Jangan lupa juga untuk selalu mengocok tube terlebih dahulu sebelum menggunakannya agar formulasi liquid dapat bercampur dengan baik.

Ingredients

Review BB Cream Emina ingredients (Copy)

Full Ingredients

Aqua, Cyclopentasiloxane,Cyclopentatetrasiloxane, Dimethicone, Glycerine, Mica, Octamethylcyclotetrasiloxane, Polymethyl Methacrylate, Sodium Chloride, PEG/PPG-20/15 Dimethicone, Sorbitan Oleate, Decamethylcyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, Dimethicone Crosspolymer, Hydrogen Dimethicone, Methylparaben, Propylparaben, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Dimethiconol, Aluminium Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methicone. Cl 77891, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499.

Key Ingredients

  • Tocopheryl Acetate

Sesuai dengan klaimnya, Emina tentu tidak berbohong ketika menyebut vitamin E sebagai bahan esensial dari produk ini. Tocopheryl acetate adalah bentuk stabil dari vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari stres lingkungan maupun radikal bebas.

  • Ascorbyl Tetraisopalmitate

Tak hanya vitamin E, Emina juga menyebut adanya kandungan vitamin C dalam Beauty Bliss BB Cream ini. Bila vitamin E yang ditambahkan ke dalam formulasi merupakan bentuk stabilnya, maka begitu pula dengan vitamin C.

Bentuk stabil vitamin C lain adalah sebagai ascorbyl tetraisopalmitate. Bahan ini juga menyediakan proteksi antioksidan yang baik. Bahkan bila vitamin C dipadukan dengan vitamin E, kombinasi ini akan dengan sangat baik meratakan warna kulit, lho.

Impresi

Perlu diingat, shade Emina Beauty Bliss Cream yang saya pilih adalah Caramel. Karena saya rasa shade ini memiliki karakteristik yang paling dekat dengan warna kulit saya. Lantas, bagaimana impresi produk ini, ya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Tekstur

Seperti yang saya sebutkan tadi, ketika cap tube dibuka produk mudah sekali messy bila tidak berhati-hati. Teksturnya juga agak kental, namun tetap spreadable. Tekstur ini mengingatkan saya pada Wardah C-Defense DD Cream. Mungkin kandungan pelembab di dalamnya menjadikan karakteristik Emina Beauty Bliss BB Cream ini terasa kental. Tapi tenang saja, produk ini tetap blendable dan buildable, kok.

Aroma

Untuk aroma, produk ini sama sekali tidak memiliki aroma khusus. Bisa dipastikan juga produk ini tidak memiliki fragrance di dalamnya karena tidak tertera pada ingredients list.

Shade dan Swatch

Review BB Cream Emina swatch (Copy)

Shade Caramel memang memiliki yellow undertone yang kuat sehingga menyatu baik dengan warna kulit sawo matang saya. Hanya saja, ternyata shade ini benar-benar memiliki warna yang sama dengan warna kulit saya. Sehingga setelah menggunakannya, saya tidak merasakan efek wajah yang menjadi tampak cerah.

Padahal salah satu rules dalam memilih produk base makeup adalah shade yang satu tingkat lebih cerah dibanding skin tone kita. Tapi tak apalah, setidaknya warna kulit saya menjadi lebih merata kelihatannya.

Dari sisi coverage, produk ini memang memiliki level light coverage persis seperti yang diklaim Emina. Saya bahkan tidak menemukan perubahan signifikan pada bekas-bekas jerawat ringan dan dark under eye yang saya miliki, sehingga tampilan kompleksi saya malah seamless finish.

Meski begitu produk ini menawarkan tampilan akhir matte. Beauty Bliss BB Cream dari Emina ini terasa ringan ketika digunakan tanpa ada kesan lengket ataupun berminyak.

Performa dan Daya Tahan

Produk ini setidaknya bertahan selama 3-4 jam selama saya gunakan. Karena pada jam ke-4 saya mengalami perubahan drastis pada kompleksi. Produk ini lumayan bertahan bila terkena air namun tetap mengalami perubahan.

BB cream juga tidak tahan terhadap kacamata karena saya harus beberapa kali membersihkan kacamata saya dari noda BB cream yang menempel. Sedangkan untuk kemampuan oil-control-nya, saya tetap mendapati bagian T-zone berminyak selama pemakaian. Which means, it is undependable.

Sisi baiknya, produk ini memang terasa ringan sepanjang saya gunakan. Kebetulan karena saya menggunakannya single use tanpa di-set menggunakan bedak, saya tidak menemukan pertanda cakey maupun creasing pada wajah. Oh iya, produk ini juga tidak mengandung SPF maupun PA dalam formulasinya. Jadi jangan berharap proteksi sinar UV apapun dari Emina Beauty Bliss BB Cream.

Tips dan Trik

Cara terbaik mengaplikasikan BB cream adalah menggunakan jari ataupun spons yang lembab oleh air hangat. Ini karena panas alami tubuh dapat melelehkan tekstur BB cream sehingga pengaplikasiannya akan cenderung lebih mudah dibanding menggunakan brush.

Harga dan Tempat Pembelian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Emina Beauty Blis BB Cream ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp25.000an saja. Tak heran kan banyak sekali yang menggunakan produk ini? Selain itu, BB cream ini juga mudah untuk ditemukan, kok. Hanya saja terkadang shade Caramel cepat sekali habisnya. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih waktu dan toko yang tepat untuk membelinya.

Kesimpulan

Review BB Cream Emina 4 (Copy)

Itulah pengalaman saya menggunakan Emina Beauty Bliss BB Cream ini. Produk ini secara keseluruhan memang cocok digunakan untuk sehari-hari untuk tampilan kompleksi natural dan ringan.

Pros

  • Ringan
  • Matte Finish
  • No fragrance
  • Ketahanan 3-4 jam
  • Cocok digunakan sehari-hari
  • Harga terjangkau
  • Tidak ada SPF

Cons

  • Tidak ada oil-control
  • Shade dan coverage membuat tampilan seamless namun tampak natural
  • Produk mudah messy
  • Water-resistant

Punya pengalaman serupa dengan saya saat menggunakan Emina Beauty Bliss BB Cream? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya! Selain Emina Beauty Bliss BB Cream, Kamini juga pernah mengulas produk-produk Emina lainnya, lho. Ada Emina Lip Mask, Creammatte, hingga produk terbaru Emina yaitu Clay Mask.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram