kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review BLP Face Powder, Salah Satu Bedak Terbaik di Indonesia

Review BLP Face Powder, Salah Satu Bedak Terbaik di Indonesia

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 Maret 2021

Karena punya concern kulit berminyak di area T-Zone, ditambah tampilan pori-pori yang tampak besar, saya tentu nggak mau melewatkan produk kosmetik yang punya klaim bisa mengatasi kondisi kulit tersebut.

Selain dengan skincare routine, masalah produksi minyak dan pori-pori besar juga bisa secara instan disamarkan dengan bantuan makeup. Beberapa produk yang biasanya memberikan perubahan signifikan dalam mengatasi hal tersebut adalah produk kompleksi seperti bedak.

Nah, kali ini saya berkesempatan untuk mengulas salah satu produk bedak dari brand lokal By Lizzie Para alias BLP, yang beberapa tahun kebelakang pernah booming. Bahkan sampai sekarang, produk ini masih cukup digandrungi oleh konsumen karena dinilai sangat baik dalam membantu menyamarkan pori-pori besar dan kulit berminyak.

Tentang Produk

Review BLP Face Powder

Bedak tabur yang dibuat oleh PT. LF Beauty Manufacturing Indonesia ini simply dikasih nama BLP Face Powder. Bedak ini adalah produk pertama #FACEIT yang merupakan lini kompleksi dari BLP dan diperkenalkan pada tahun 2018, tepatnya bulan april.

Saat pertama kali dirilis, eksistensi bedak ini langsung mengalami efek domino di dunia kecantikan Indonesia setelah banyak influencer dan beauty ensthusiat yang memberikan ulasan baik. Bahkan, BLP Face Powder sampai bisa memenangkan penghargaan sebagai salah satu bedak wajah terbaik di Indonesia.

Klaim dan Benefit

BLP Face Powder merupakan bedak tabur yang dapat mempercantik kompleksi dengan tekstur lembut dan halus. Produk ini memberikan efek kulit poreless seperti tengah menggunakan filter kamera yang bisa meningkatkan tampilan alami secara instan. Produk ini juga diklaim oleh BLP punya tekstur lightweight dengan matte finish dan kemampuan menyerap minyak.

Cara Pemakaian

Review BLP Face Powder_cara pakai

Seperti mengutip dari website resmi BLP, Face Powder ini ternyata lebih tepat digunakan sebagai setting powder. BLP menyebut cara pemakaian bedak ini adalah dengan diaplikasikan setelah menggunakan foundation, dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Aplikasikan BLP Face Powder setelah menggunakan foundation
  2. Tuang bedak pada bagian tutup, sedikit saja
  3. Tepuk-tepukan bedak secara ringan menggunakan puff yang deisediakan atau dengan powder brush, lalu tekan-tekan lebih kuat
  4. Lipat puff menjadi dua untuk mengaplikasikan bedak pada area yang sempit dan sulit dijangkau.

Fun Fact!

Nggak cuma fokus berinovasi dengan produk-produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam dunia kecantikan, BLP juga berkolaborasi dengan Waste4Change untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih bersih dan sehat lewat THERE’S A BOX FOR THAT.

Melalui program ini, kamu bisa mengembalikan kemasan produk BLP yang sudah habis ke store BLP (Beauty Space BLP) terdekat. Setiap pengembalian satu produk, kamu akan mendapatkan kartu dan satu stempel daur ulang. Untuk tiap 10 stempel yang dikumpulkan, kamu bisa menukarkannya dengan potongan harga senilai Rp25.000 ketika membeli produk BLP kembali.

Setelah program ini terlaksana, BLP mengaku berhasil mendaur ulang kemasan produknya hingga lebih dari 100 kg di tahun 2019. Keren, ya?

Kemasan

Review BLP Face Powder_Tentang Produk

Sama seperti produk BLP lainnya, Face Powder juga masih mengusung kemasan minimalis dengan warna-warna nude-ish, dari box luar hingga jar tempat bedak ditampung.

Review BLP Face Powder_box

Box luar BLP Face Powder dipenuhi warna krem pada tiap sisinya, terkecuali satu sisi berwarna representatif shade yang dipilih. Pada bagian tutup box terdapat imprint logo BLP yang dibuat emboss alias timbul. Sementara sisi lainnya dipenuhi informasi singkat seputar nama shade, website BLP, tangline produk, ingrediets list serta nama pabrikan.

Review BLP Face Powder_jar

Pada bagian jar, BLP mengusung konsep jar yang umum digunakan oleh produk bedak tabur lainnya, yaitu jar plastik kokoh yang dibuat transparan pada bagian badan dengan cap ulir berwarna coklat pastel.

Bedanya, jar yang digunakan BLP punya lid pemisah antara puff dengan bagian yang menampung bedak. Bukan itu saja, bagian sifter bedak juga dibuat berbentuk jaring. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keutuhan jumlah bedak di dalamnya.

Oh iya, Face Powder dari BLP yang saya review ini punya berat bersih 10 gram dengan ukuran yang cukup bulky. Meski begitu, bedak tabur ini tetap ergonomis, kok.

Powder Puff BLP

Review BLP Face Powder_puff

Salah satu fitur yang juga jadi primadona tersendiri dalam produk ini adalah puff-nya. Bahkan, saking tingginya permintaan, Powder Puff BLP juga dijual secara terpisah.

Powder Puff BLP punya tekstur bulu yang sangat halus seperti beludru, dengan volume puff yang dibuat cukup, sehingga nggak terasa keras sama sekali. Puff ini sangat baik dalam menjaga bubuk bedak sebelum sampai ke wajah, jadi bedak yang beterbangan nggak akan banyak.

Ingredients List

Review BLP Face Powder_ingredients list

Nggak cuma mengusung konsep minimalis pada desain kemasannya, formulasi Face Powder juga dibuat seminimalis mungkin oleh BLP. Kamu nggak akan menemukan bahan-bahan tambahan seperti parfum maupun paraben di sini. Kalau nggak percaya, silahkan baca ingredients list berikut.

Full Ingredients

Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Boron Nitride, Silica, Isopropyl Titanium Triisostearate, Phenoxyethanol

May Contain: CI 77492, CI 77491, CI 77499

Key Ingredients

Kalau dilihat dari ingredients yang tertera, tampak jelas kalau BLP nggak menambahkan bahan-bahan apapun yang berperan sebagai skincare. Jadi bisa dibilang kalau BLP Face Powder ini adalah makeup no-frills. Nggak heran, kemampuannya sebagai make up punya potensi yang maksimal. Nah, berikut adalah beberapa ingredients yang menunjang peforma produk ini.

  • Talc

Merupkan mineral yang sudah banyak digunakan dalam baik dalam produk kosmetik maupun perawatan tubuh. Talc berperan dalam menyerap kelembaban, keringat, dan menjadikan warna produk tampak opaque atau solid. Bisa dibilang, talc membantu tampilan bebas kilap dan bikin warna pigmen jadi semakin nyata.

  • Silica

Kalau ditanya bahan apa dalam BLP Face Powder yang punya peran besar dalam menjaga wajah bebas minyak, jawabannya adalah silica. Mineral satu ini memang punya kemampuan oil-absorbing yang baik, sehingga bisa menjadikan makeup lebih long lasting. Silica adalah salah satu bahan yang oily skin-friendly.

Impresi

Sejauh ini, saya merasa informasi mengenai bedak dari BLP ini masih sangat positif kalau dilihat dari klaim dan kandungannya. Tapi, bukan review namanya bila nggak mencoba sendiri produk secara langsung. Karena itu, yuk simak perkenalan pertama saya dengan BLP Face Powder.

Tekstur

Review BLP Face Powder_tekstur

BLP Face Powder ternyata memang punya tekstur yang sangat halus. Tekstur bubuk ini mengingatkan saya pada tekstur tempung kanji. Halus banget pokoknya! Ketika dibaurkan pun produk dengan mudah merata dan terasa lembut di kulit.

Shade

Bedak pertama lini #FACEIT dari BLP ini tersedia dalam 4 shade yang cukup mewakili skintone orang Indonesia, yaitu Light Beige, Beige, Medium Beige dan Sand Beige.

Light Beige punya karakter translucent yang bisa digunakan light to medium skintone. Shade ini juga bisa dipakai untuk baking ataupun sebagai highlight. Sementara Beige, Medium Beige dan Sand Beige lebih punya vibes warm undertone.

Saya sendiri memilih Sand Beige karena kebetulan kulit wajah saya jadi agak tan akhir-akhir ini sejak rutin berenang, sehingga tampak lebih gelap. Tapi kalau disuruh memilih shade BLP Face Powder dengan skintone normal, pilihan saya jatuh pada Medium Beige.

Ketika diaplikasikan pada wajah, shade Sand Beige memang punya warm undertone yang kuat dengan pigmentasi. Produk ini bisa meratakan warna kulit saya meski dari sisi coverage nggak begitu terasa.

Aplikasi

Walau BLP sendiri menganjurkan penggunaan Face Powder setelah pengaplikasian foundation, karena penasaran, saya menguji produk ini dua kali. Sebagai setting powder, juga untuk single use.

  • Sebagai Setting Powder
Review BLP Face Powder_aplikasi 1

Sebelum membubuhkan bedak, saya menggunakan cushion dewy finish untuk menguji seberapa baik BLP Face Powder dalam membuat tampilan kompleksi menjadi matte dengan cukup cepat.

Benar saja, wajah saya yang glowing menjadi matte seketika setelah membaurkan BLP Face Powder di atasnya. Tapi tenang saja, hasil akhir ini nggak bikin tampilan dead matte kayak 'dempul' kok. Malah, matte yang ditawarkan masih dalam kategori natural. Apalagi kalau kamu menggunakan produk secukupnya.

Review BLP Face Powder_aplikasi 2

Pori-pori pada area hidung dan pipi saya juga jadi tampak minimal. Kemampuan pore blurring dan oil-absorbing yang disebutkan BLP pada produk ini memang bekerja pada kulit saya.

Selain itu, meski nggak menawarkan coverage, BLP Face Powder bisa enhance tampilan kompleksi saya dengan baik. Warna kulit tampak merata, tanpa kilap, natural dan poreless pada awal pengaplikasian.

  • Single Use
BLP Face Powder_aplikasi 4

Nggak berbeda jauh dengan pemakaian sebagai setting powder, BLP Face Powder ini juga menawarkan seamless coverage pada wajah tanpa makeup. Pori-pori pun tampak cukup minimal dengan hasil akhir bebas kilap. Dan tentu saja, tampilan akhir wajah terlihat natural.

Performa dan Ketahanan

Meski memiliki impresi yang mirip ketika diaplikasikan baik sebagai setting powder maupun single use, apakah peforma dan ketahanan BLP Face Powder juga akan sama ketika digunakan sebagai keduanya? Kalau penasaran, simak pemaparan berikut!

  • Sebagai Setting Powder
Review BLP Face Powder_Performa 1

Ketika digunakan sebagai setting powder, BLP Face Powder terasa sangat ringan selama saya gunakan. Selama pemakaian 4 jam bedak, wajah saya juga nggak terlalu banyak menghasilkan minyak pada area T-Zone. Padahal selama itu, saya sudah membasuh wajah dengan 2 kali wudhu, namun kemampuan bedak dalam menahan minyak masih cukup baik.

BLP Face Powder_ Performa 2

Bedak juga cukup lama stay di wajah dan menjaga kompleksi tetap on point meski sudah diguncang minyak, air, kaca mata, dan sentuhan tangan. BLP Face Powder bisa bertahan di wajah saya sekitar 5-6 jam karena makeup saya masih banyak bertahan pada jam-jam tersebut. Namun setelahnya, makeup mulai pudar secara signifikan.

  • Single Use
BLP Face Powder_Performa 3

Kalau sebagai single use, BLP Face Powder hanya bisa bertahan beberapa jam saja terutama bila digunakan berwudhu. Pada jam ke-4 pemakaian, kompleksi saya berubah secara drastis meski nggak tampak terlalu greasy. Minyak yang dihasilkan pada T-Zone nggak overproduced. Tampilan pori-pori juga mulai jelas kembali, yang artinya memang produk sudah banyak berkurang banyak di wajah.

Tips dan Trik

Hati-hati ketika menggunakan bedak dengan kandungan silica bila kamu memiliki kulit kering. Karena kandungan ini bisa-bisa membuat wajah semakin kering. Kebetulan saat menggunakan bedak ini, kondisi kulit saya di area hidung bagian samping sedang mengalami iritasi, terasa kering dan mengelupas.

Walau sudah menggunakan pelembab sebelumnya, area ini malah terasa semakin kering selama saya menggunakan bedak. Sebisa mungkin, apabila kulitmu kering, sebaiknya gunakan pelembab yang bisa melembabkan dan menghidrasi terlebih dahulu.

Harga dan Tempat Pembelian

BLP Face Powder_harga

Walau terbilang cukup pricey untuk ukuran bedak tabur lokal, namun kualitas BLP Face Powder mampu membuat harganya worthy. Bedak ini lebih mudah ditemukan melalui pembelian online.

Kesimpulan

BLP Face Powder_kesimpulan

Sebagai makeup no-frills, BLP Face Powder memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menunjang kompleksi matte, natural, poreless, dan bebas kilap. Saya tentu akan menggunakan bedak ini sebagai setting powder, terutama kala menggunakan makeup yang heavy-duty.

Pros

  • Formulasi minimalis
  • Kemasan ergonomis
  • Punya shade yang cocok dengan warna kulit orang Indonesia
  • Nggak mengandung parfum, paraben dan bahan tambahan lainnya
  • Terasa lightweight selama digunakan
  • Bisa bikin tampilan matte sehat, bebas kilap serta poreless
  • Meningkatkan tampilan kompleksi dan meratakan warna kulit
  • Ketahanan 5-6 jam sebagai setting powder tanpa bikin minyak pada wajah overproduced

Cons

  • Terasa kering pada area kulit yang kering, jadi sebaiknya sebelum menggunakan bedak ini usahakan memakai pelembap terlebih dahulu
  • Kemasan cukup bulky
  • Nggak menawarkan coverage

Secara keseluruhan, dengan peformanya dalam meningkatkan tampilan kompleksi, saya setuju bila BLP Face Powder disebut sebagai salah satu bedak terbaik di Indonesia. Kalau menurutmu, bagaimana? Apakah punya pengalaman yang serupa ketika menggunakan bedat tabur dari BLP ini? Atau kamu baru tertarik untuk mencobanya? Jawab di kolom komentar, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram