Review BLP Lip Gel, Lip Stain Glossy yang Anti Kering

Ditulis oleh Sera Serinda A

Bagaimana jadinya kalau ada produk yang memadukan fungsi lip stain dan lip gloss sekaligus? Saya pribadi sangat tertarik untuk tahu lebih jauh tentang produk seperti ini. Soalnya, saya merupakan salah satu orang yang nggak terlalu bersahabat dengan lip stain atau lip tint, karena sering menyebabkan bibir jadi kering.

Namun, ketika mendengar BLP (By Lizzie Parra) membuat produk hybrid ini, saya jadi penasaran ingin mencobanya sendiri. Maka dari itu, kali ini saya akan mengulas BLP Lip Gel yang diklaim sebagai ‘gloss-meets-stain that feels extra comfortable on the lips’. Kira-kira, bagaimana performanya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Tentang Produk

review blp lip gel__

BLP sepertinya nggak mau puas dengan kesuksesan produk-produk kompleksinya. Karena merupakan brand yang punya spesialisasi produk dekoratif, memang kurang lengkap bila mereka nggak memproduksi lip product.

Bila kamu belum tahu, beberapa lip product yang sudah diproduksi BLP juga sudah cukup banyak. Ada Lip Stain, Lip Coat, Lip Bullet, Lip Glaze dan yang paling baru, Lip Gel.

Lip Gel sendiri resmi diperkenalkan BLP pada akhir Oktober 2021. Produk ini konon memadukan konsep dua lip product andalan BLP yakni Lip Glaze dan Lip Stain. Jadi selain memberikan stain yang tahan lama, ia juga diklaim memiliki glossy finish yang cantik pada bibir saat pertama kali diaplikasikan.

Klaim dan Benefit

review blp lip gel_klaim_

Lip Gel adalah jawaban atas tampilan bibir cantik dan juicy yang secara bertahap akan meninggalkan stain alami dengan kesan menyegarkan. Produk ini hadir dalam empat shade vibrant dan pigmentasi yang tahan lama.

Ia juga sudah dibekali dengan minyak jojoba serta vitamin E sebagai nutrisi tambahan buat bibir. Kabar baiknya lagi, ia punya formulasi yang vegan dan cruelty-free, lho!

Cara Pakai

BLP Lip Gel bisa digunakan untuk tampilan ombre ataupun full lips. Untuk tampilan ombre, kamu bisa oleskan produk di bagian tengah bibir, lalu katupkan bibir beberapa kali untuk meratakan dan membentuk gradasi warna. Sementara bila ingin tampilan full lips, tinggal aplikasikan Lip Gel secara merata pada seluruh bagian bibir dan tunggu hingga set.

Baca juga: Ini Dia Cara Memakai Lip Tint yang Unik agar Tampil Beda

Kemasan

review blp lip gel_kemasan_

Layaknya kebanyakan produk kosmetik, Lip Gel milik BLP punya kemasan dus luar dan tube penampung utama. Bagian dus luar produk ini juga masih mempertahankan ciri khas BLP yang mengadaptasi desain minimalis. Nggak ada grafis tambahan selain nama produk, tagline serta logo BLP, informasi seputar ingredients, shade dan barcode.

Dus ini punya warna dasar pastel pink, kecuali salah satu sisi yang mengadaptasi warna representatif dari shade-nya. Sayangnya, menurut saya pemilihan font berwarna putih yang dipakai BLP pada dus ini kurang tepat.

Baik putih maupun pastel pink memiliki karakter yang lembut, sehingga nggak akan ada salah satu warna yang standout. Alhasil, saya jadi cukup kesulitan untuk membaca tulisan-tulisan yang tertera pada kemasan ini.

Beralih dari dus, tube utama penampung produk juga punya desain yang nggak kalah minimalis. Bagian tutup ulirnya dibubuhi warna putih doff, sementara body Lip Gel dibiarkan transparan dengan tekstur frosted yang bisa menampakkan warna asli cairan di dalamnya.

Nggak lupa, BLP juga memasangkan aplikator yang diklaim berbentuk seperti kelopak bunga. Aplikator ini punya bentuk pipih, agak panjang, dengan lubang pada bagian tengah yang berfungsi untuk menampung Lip Gel. Meskipun baru buat saya, aplikator ini tetap terasa nyaman, nggak keras, dan cukup presisi ketika dipakai.

Ingredient List

review blp lip gel_ingredients_

Setelah mengenal fitur kemasan dan informasi awal seputar BLP Lip Gel, saatnya menelisik produk ini lebih jauh dengan mengetahui formulasinya. Ada kandungan apa saja dalam BLP Lip Gel? Yuk, kita kuak!

Full Ingredient

Water, Octyldodecanol, Trimethylsiloxyphenyl Dimethicone, Ethylcellulose, Sorbitan Stearate, Pentylene Glycol, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Polysorbate 60, Hydroxypropyl Guar, Phenoxyethanol, Polyacrylate-13, Acrylates Copolymer, Polyisobutene, Polysorbate 20, Simmondsia chinensis (Jojoba) Seed Oil, Tocopheryl Acetate

Key Ingredients


Sesuai dengan klaimnya, ternyata BLP Lip Gel memang memiliki dua kandungan bahan yang fungsional yakni minyak jojoba dan vitamin E dalam bentuk tocopheryl acetate.

  • Simmondsia chinensis (Jojoba) Seed Oil

Kalau kamu punya bibir yang sangat kering, minyak jojoba bisa bantu menjadikannya kembali lembut dan terhidrasi. Ini karena minyak jojoba kaya akan kandungan antioksidan dan asam lemak yang dapat melembutkan dan melindungi lapisan terluar kulit.

  • Tocopheryl Acetate

Hampir serupa dengan minyak jojoba, vitamin E dalam bentuk tocopheryl acetate juga punya manfaat antioksidan. Kandungan ini bisa mencegah paparan radikal bebas pada kulit. Selain itu, vitamin E juga punya manfaat tambahan sebagai agen healing dan pelembab. Kamu yang bergelut dengan bibir pecah-pecah juga akan terbantu dengan kandungan satu ini.

Impresi

review blp lip gel_impresi_

Salah satu hal yang paling saya tunggu dari BLP Lip Gel adalah sensasi pemakaiannya. Karena produk ini diklaim merupakan perpaduan antara lip stain dengan lip gloss, yang mana keduanya punya karakter kontradiktif, sukses bikin saya nggak sabar untuk tahu bagaimana teksturnya. Oleh karena itu, yuk, cari tahu bagaimana impresi dari BLP Lip Gel!

Tekstur

As it named, BLP Lip Gel punya tekstur liquid yang agak kental dengan karakter gel. Tapi ia nggak terlalu lengket dan tetap ringan untuk digunakan. Yang pasti, tekstur seperti ini memang bisa bikin bibir jadi terasa lebih lembap dan anti kering.

Aroma

BLP Lip Gel punya aroma vanila yang cukup ketara. Saat mengoleskan produk pada bibir, saya bisa mencium aroma ini dengan cukup jelas. Walau begitu, aroma ini sama sekali nggak terasa sintetis, jadinya nggak leveling down pengalaman pemakaian produk.

Shade dan Swatch

review blp lip gel_aplikasi 2_

Sejak pertama dirilis, BLP Lip Gel diperkenalkan dalam 4 shade yaitu Carnation, Marigold, Magnolia dan Sweet Pea. Shade yang saya review sendiri adalah Sweet Pea, yang punya karakter girl crush sangat kuat.

Soalnya, Sweet Pea merupakan warna merah marun tua pekat dengan hint ungu yang samar. Shade ini punya kesan misterius sekaligus tegas di saat yang bersamaan.

review blp lip gel_aplikasi_

Menurut saya, Sweet Pea adalah shade yang bisa dipakai untuk pemilik kulit sawo matang hingga gelap, baik untuk tampilan full maupun ombre lips. Tapi bila kamu masih ‘malu’ untuk tampil dengan statement Sweet Pea yang terlalu kuat, maka saran saya, jadikan shade ini untuk tampilan ombre lips saja.

Untuk stain yang dilepaskan Sweet Pea sendiri adalah warna merah tua kecoklatan. Stain ini akan tampak jelas kalau lapisan gel dari produk sudah menghilang. Oh, ya, shade Sweet Pea juga punya pigmentasi jempolan dengan finish yang glossy. Shade ini sangat cantik dan super bold!

Performa dan Ketahanan

review blp lip gel_ketahanan 1_

Saat pertama kali dioleskan, BLP Lip Gel bisa melembabkan bibir dengan baik berkat lapisan gel yang juga jadi alasan kenapa produk ini bisa punya glossy finish yang cantik.

Fungsi lapisan gel ini ternyata nggak berhenti sampai disitu. Bagi saya, lapisan gel ini juga punya peran dalam menjaga warna produk agar nggak cepat menghilang secara signifikan. Soalnya, meski lapisan gel ini cenderung transfer, tapi pigmen warna yang ikut berpindah sangat minim. Jadinya mayoritas warna Lip Gel tetap bertahan pada bibir.

Setelah selesai digunakan makan pun saya masih mendapati wana bibir yang nggak banyak berubah, kecuali lapisan gel yang pudar. Kesan glossy juga otomatis menghilang pada bibir, digantikan dengan tampilan bibir yang lebih matte. Dan barulah setelah itu, pigmentasi produk mulai menurun meski nggak langsung signifikan.

review blp lip gel_ketahanan 2_

Pada tampilan ombre, produk memang lebih cepat memudar dibandingkan tampilan full lips, sehubungan dengan perbedaan jumlah pigmen yang menghiasi bibir. Tapi, stain yang ditinggalkan produk lumayan tahan lama dan bikin bibir tetap tampak berwarna hingga di penghujung hari, terutama pada pengaplikasian full lips.

Bukan cuma itu, walau setelah lapisan gelnya pudar, bibir saya nggak terasa jadi kering ataupun pecah-pecah. Hingga jam-jam terakhir pemakaian, bibir masih terasa lembut dan terjaga kelembabannya.

Hal ini tentu menyenangkan buat pemilik bibir rentan kering dan pecah-pecah seperti saya. Saya jadi nggak perlu repot-repot mengaplikasikan lip balm lagi setelah lapisan gel dari produk ini menghilang.

Tapi, kalau ingin memberikan kelembaban ekstra pada bibir, kamu tetap bisa mengaplikasikan lip balm atau touch up produk ini agar tampilannya kembali segar layaknya pemakaian awal.

Tips dan Trik

Selain bisa digunakan sebagai lip makeup, ternyata BLP Lip Gel juga bisa dipakai sebagai eyeshadow dan blush on, lho. Saya sendiri sudah mencobanya dan takjub dengan shade Sweet Pea yang punya kesan versatile, karena menghasilkan warna yang nggak kalah cantik pada kelopak mata maupun pipi saya. Multifungsi banget buat jadi emergency makeup di kala sedang malas!

Harga dan Tempat Pembelian

review blp lip gel_harga_

BLP Lip Gel mungkin baru bisa kamu temukan melalui pembelian online ataupun secara offline di gerai-gerai khusus saja. Produk ini dibanderol seharga 109ribuan untuk ukuran 3.5 mL.

Kesimpulan

review blp lip gel_kesimpulan_

Nggak heran kalau banyak yang suka dengan BLP Lip Gel. Saya sendiri cukup jatuh cinta dengan produk ini karena bisa jadi jawaban atas pencarian saya terhadap produk lip stain yang anti kering. Meski baru hadir dengan 4 shade, namun warna-warnanya tetap menaungi berbagai warna kulit Indonesia, bahkan ada yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Shade Sweat Pea sendiri punya pigmentasi jempolan dengan kesan warna yang bold. Ia juga bisa dipakai untuk tampilan ombre maupun full lips, bahkan bisa juga dijadikan eyeshadow hingga blush on. Praktis, pokoknya!

Pros

  • Ringan dan nyaman digunakan
  • Tekstur awalnya nggak terlalu lengket
  • Melembabkan ketika awal digunakan, namun nggak bikin kering ketika lapisan gel menghilang
  • Stain yang ditinggalkan enggan transfer dan cukup tahan lama
  • Shade Sweat Pea punya pigmentasi intens
  • Bisa dipakai untuk tampilan ombre maupun full lips

Cons

  • Shade yang tersedia kurang wide
  • Stain agak sulit untuk dihapus

Demikianlah pengalaman saya dalam menggunakan sekaligus menguji performa BLP Lip Gel. Produk ini memang bisa jadi salah satu referensi lip stain anti kering dengan ketahanan yang ciamik. Kalau kamu punya pengalaman lain kala menggunakan BLP Lip Gel ini, jangan ragu untuk berbagi dengan pembaca lain lewat kolom komentar, ya!

Penasaran dengan artikel lainnya mengenai BLP? Simak juga artikel review produk BLP lainnya dari Kamini, ada BLP Face Powder dan BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram