kamini.id

Review BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Juni 2021

You might know about this, jadi Avoskin adalah merk lokal berbasis skincare. Sedangkan BLP adalah merk lokal berbasis makeup. Kok, mereka bisa berkolaborasi, ya? Ternyata, kolaborasi ini bertujuan untuk memberi makna baru bagi beauty world. Menggabungkan dua ide yaitu kecantikan dan kesehatan, menjadi satu.

Alih-alih berkompetisi, BLP dan Avoskin menyadari jika mereka bisa lebih berkembang ketika melakukan project bersama. Mereka berhasil menciptakan produk baru yang begitu inovatif dan menarik, sebuah hybrid yang terdiri dari tabir surya dan kompleksi.

Jadi, produk ini bisa bekerja sebagai produk perawatan kulit sekaligus kosmetik! Yuk, langsung saja kita kenalan lebih lanjut dengan BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen bersama Kamini.

Tentang Produk

Mungkin kamu lebih mengenal tinted moisturizer daripada tinted sunscreen. Pada dasarnya, kedua produk ini sama-sama skincare yang bisa dipakai sebagai makeup juga. Tapi, tentunya tinted sunscreen lebih komplit karena mengandung SPF di dalamnya.

Selama ini, sudah ada beberapa merk lokal yang merilis tinted moisturizer, tapi, kalau tabir surya yang ber'warna', baru BLP X Avoskin saja yang mengeluarkan!

BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen adalah produk hybrid yang menggabungkan skincare dan kosmetik. Produk ini telah lulus uji dermatologis dan non-comedogenic, katanya. BLP juga Avoskin juga mengatakan kalau produk ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Fun Fact!

Dalam promosi BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen, dua brand ternama ini menggandeng total 12 model dengan skintone bervariasi. Hal ini menunjukkan bahwa BLP dan Avoskin ingin meraih semua skintone dan kondisi kulit orang-orang di Indonesia.

Kerennya lagi, 4 model diantara 12 model tersebut adalah lelaki! Stigma sosial di Indonesia masih memandang aneh jika laki-laki peduli akan penampilan mereka, apalagi jika menggunakan skincare apalagi makeup.

Padahal, skincare itu penting bagi semua gender dan kosmetik adalah hak semua orang. Hal itu juga yang mau diangkat oleh BLP dan Avoskin, bahwa lelaki juga berhak memiliki kulit yang sehat dan nampak mulus.

BLP dan Avoskin juga berjuang untuk menggunakan 'real people' model, yang berarti sang model tidak harus tinggi, langsing, putih, dan berkulit mulus. Justru, dua brand ini meraih orang-orang dalam berbagai shape, skintone, gender, dan pekerjaan untuk menghindari standar kecantikan yang monoton. Good job, BLP dan Avoskin!

Klaim & Benefit

BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen ini merupakan produk hybrid dengan dua fungsi, yaitu sebagai skincare dan kosmetik. Jadi, produk ini dapat digunakan sebagai tabir surya juga alas makeup yang memiliki warna senada dengan kulit untuk membantu meratakan dan meningkatkan warna kulit.

Produk ini memberikan coverage yang ringan dengan hasil akhir yang natural. Diberkahi dengan SPF 50/PA++++, produk ini merupakan pelindung kulit yang cocok digunakan sehari-hari. Tinted Sunscreen ini juga memiliki formula yang ringan.

Untuk efek perawatan kulitnya, BLP dan Avoskin menambahkan Centella Asiatica, Salicylic Acid, Niacinamide, dan Vegan Squalane.

Perpaduan bahan-bahan ini menjadikan Multipurpose Tinted Sunscreen efektif untuk melembabkan kulit, mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, membantu merawat kulit berjerawat, mencerahkan kulit, serta menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi tanpa membuat kulit greasy.

Tinted moisturizer ini tersedia dalam banyak warna. Hasil akhirnya sheer, sehingga nampak alami untuk kulit yang terlihat lebih halus dan warnanya lebih rata. Produk serba guna ini akan menyederhanakan rutinitas pagimu, sehingga kamu dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting.

Special note: produk ini tahan air, tahan keringat, teruji secara dermatologis, non-komedogenik, bebas pewangi, vegan, dan cruelty-free.

Kemasan

Bahas BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen dari kemasan paling terluarnya, yuk! Saya belum menemukan informasinya, tapi saya curiga BLP dan Avoskin menggunakan kertas daur ulang untuk boksnya.

Soalnya, kemasan kotak produk ini ada teksturnya (bergaris-garis) dan doff (tidak berkilau karena tidak dilapisi plastik lagi). Ini hal bagus menurut saya, menggunakan kertas daur ulang alih-alih kertas baru yang glossy karena lebih sulit terurai.

Untuk desainnya, simpel dengan dominasi warna putih dan tulisan pink/peach. Tidak ada gambar, hanya logo brand dan tulisan tentang produk, star ingredients, klaim, benefit, full ingredients, dan keterangan lainnya pada boks tersebut. Simplicity at its finest.

Saat isi kotaknya ditarik, seperti ini perwujudan BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen. Dari kotaknya, saya pikir kemasan dalamnya itu akan seperti tabung, tapi ternyata pipih gitu. Gemash! Ukuran packaging-nya cukup kecil, enak digenggam, dan tentunya travel friendly.

Saya lebih kaget lagi saat membuka tutupnya! Jadi berasa dapat tiga kali surprise, mulai dari boks, packaging inti, sekarang tutupnya unik-unik semua. Seperti yang bisa kamu lihat, jalur keluar produknya itu ada di samping, bukan di tengah seperti kebanyakan produk kompleksi atau pelembab dengan tutup pump.

Kekurangannya, karena berwarna putih, jadi tutupnya cepat kotor saat terkena produk. Harus rajin-rajin dilap setelah dipakai! Tapi, yang paling penting, pump-nya 'empuk' dan tidak mudah macet.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Water, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate,Glycerin, Zinc Oxide, Ethylhexyl Salicylate, Dimethicone, Phenyl Trimethicone, Lauryl PEG-10 Tris(Trimethylsiloxy)silylethyl Dimethicone, Niacinamide, Silica, Caprylyl Methicone, Pentylene Glycol, Hydrogenated Polyisobutene, Synthetic Fluorphlogopite, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Trimethylsiloxysilicate, Salicylic Acid, Sorbitan Isostearate, Cetearyl Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Disteardimonium Hectorite, Betaine, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Triethoxycaprylylsilane, Centella Asiatica Extract, Ethylhexylglycerin, Anthemis Nobilis Flower Extract, Disodium EDTA, BHT, Allantoin, Caffeine, Squalane, Tocopherol, Hydrogenated Olive Oil Unsaponifiables, CI 77492, CI 77491, CI 77499.

  • Key ingredients

Multipurpose Tinted Sunscreen BLP X Avoskin ini menggunakan kombinasi UV filter dari physical sunscreen (Titanium Dioxide dan Zinc Oxide) dan chemical sunscreen (Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Ethylhexyl Salicylate).

Dengan adanya kedua macam tabir surya ini, Multipurpose Tinted Sunscreen menawarkan perlindungan maksimal pada kulit terhadap paparan sinar matahari.

Ada pula Centella Asiatica (Cica) sebagai agen penghidrasi, anti-penuaan, dan penyembuhan luka. Terus, ada Asam Salisilat (BHA) sebagai perawatan jerawat dan agen anti-inflamasi sehingga mampu memberikan perawatan tambahan untuk jerawat dan pustula (jenis jerawat benjolan kecil yang berisi nanah/cairan).

Selain itu, kandungan di dalam Multipurpose Tinted Sunscreen ini juga dimeriahkan oleh Niacinamide sebagai agen penghidrasi dan pencerah kulit. Serta Minyak Squalane Vegan sebagai antioksidan alami untuk mencegah hilangnya kelembapan. Yuk, rasakan bahan-bahan yang kuat dan bermanfaat di dalam BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen!

Impresi

Saya sudah impressed banget sama BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen sebenarnya. Tapi, saya tetap harus melanjutkan review untuk mengetahui tekstur, swatch, dan aroma dari produk ini. Yuk!

Tekstur

Tinted Sunscreen ini memiliki tekstur cenderung cair, lebih cair dari tabir surya pada umumnya. Terus, sunscreen-nya gampang banget nge-blend di kulit, bahkan kalau kamu pakai jari sekali pun! Sekali pump, produk yang keluar cukup banyak. Saya pikir untuk penggunaan seluruh wajah, kamu hanya akan membutuhkan 2-3 pump saja dalam sekali pemakaian.

Swatch

Avoskin dan BLP merilis 5 shade untuk produk ini. Memang, tidak terlalu banyak. Tapi, uniknya, setiap shade-nya bisa dipakai untuk 2-3 skintone dengan berbagai macam undertone! Upaya ini bertujuan agar produknya dapat digunakan oleh 10 tone kulit yang berbeda. Saya rasa ini sudah cukup merepresentasi mayoritas kulit orang Indonesia.

Shade-shade tersebut adalah Light, Beige, Medium, Honey, dan Sand. Shade Light cocok untuk tone kulit fair dan natural. Light merupakan shade paling terang di antara ke-5 shade lainnya. Lalu, shade Beige. Ini adalah shade yang paling populer. Shade ini diformulasikan buat skintone light ke medium dengan warm undertone.

Selanjutnya, shade Medium. Sesuai namanya, warna yang satu ini ditujukan untuk medium skintone babes (sawo matang) yang memiliki warm undertone. Selain Beige, shade Medium juga paling best seller, loh!

Jika kamu membutuhkan warna yang lebih gelap lagi, pilih shade Honey. Dengan warna deep beige, shade ini diformulasikan khusus untuk medium to dark skintone. Sebagaimana sudah diketahui banyak orang, cukup tricky buat pemilik kulit gelap untuk menemukan sunscreen yang tidak whitecast. Nah, produk ini menjawab kegelisahan kamu karena SPF ini tinted.

Terakhir, ada shade Sand. Warna yang satu ini dikhususkan untuk kulit dark dengan undertone cool to neutral. Dengan warna rich brown, tentunya shade ini sulit ditemukan di produk kompleksi lokal. Terutama untuk tinted sunscreen, ya, kan?

Wangi

Produk ini tidak mengandung wewangian apapun, yay!

Daya Tahan dan Performa

Kira-kira seperti apa performa dari BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen, ya? Daripada penasaran, langsung saja kita bahas mulai dari cara pakai dan hasil pemakainnya, yuk.

Cara Pemakaian

Bagaimana cara pakai Tinted Sunscreen ini?

  1. Keluarkan isi produk dengan menekan pump botol.
  2. Oleskan secukupnya secara merata ke area yang terkena sinar matahari, termasuk wajah, leher, dan telinga
  3. Waktu ideal untuk menggunakan sunscreen adalah 15 menit sebelum keluar rumah.
  4. Bisa selesai di sini atau lanjutkan dengan rutinitas makeup kamu.
  5. Terapkan kembali sunscreen-nya setiap 2 atau 4 jam, tergantung pada aktivitasmu. Ini untuk memastikan perlindungan yang tahan lama terhadap sinar UV sepanjang hari.

Hasil

Sekarang kita lihat bagaimana hasil pemakaian produk ini. Apakah bagus dan worth untuk dicoba? Silakan simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  • BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen Saja

Saya akan menguji BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen dalam dua pilihan. Yaitu jika menggunakan Tinted Sunscreen ini saja dan jika ditimpa makeup lagi. Pada percobaan yang pertama ini, saya tidak akan menambahkan makeup apapun kecuali bedak.

Foto di sisi kiri adalah bare face saya, sedangkan foto yang sisi kanan sudah saya aplikasikan BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen di seluruh wajah.

Bisa terlihat jelas kalau sunscreen ini menutupi banyak kekurangan di wajah saya! Freckles, kantung mata gelap, uneven skintone, semuanya dapat di-cover dengan baik. Terlihat seperti hasil penggunaan foundation, ya?

Lalu, saya mau mengetes sunscreen ini bagaimana jika ditimpa bedak lagi. Saya menggunakan bedak padat pada saat itu. Sejujurnya saat baru diaplikasikan, saat ditimpa bedak lagi memang hasilnya lebih bagus. Kulit wajah saya terlihat lebih smooth, kekurangan di wajah saya lebih tertutupi lagi, dan kulit saya terlihat lebih cerah.

Akan tetapi, baru juga saya bawa wudhu satu kali, bedak-bedak itu langsung luntur, tsay! Lihat sisi wajah saya yang hanya menggunakan Tinted Sunscreen BLP X Avoskin, masih bagus dan mulus, kan? Sedangkan sisi wajah yang saya beri bedak malah geser, hancur, bedaknya masuk mata saat terkena air, dan ada jejak kacamatanya.

Oh, ya, foto ini saya ambil setelah beberapa jam penggunaan dan satu kali wudhu. Dari sisi wajah yang tidak saya beri bedak, terlihat ada sedikit crack di area mata dan warna kulit saya sedikit mengusam, dalam artian tidak secerah dan semulus waktu awal pengaplikasian.

Ini adalah foto setelah kurang lebih 6 jam penggunaan. Untuk sisi wajah yang hanya menggunakan sunscreen saja bisa dilihat sudah agak luntur SPF-nya, ya? Ini sudah seperti kulit saya saja tanpa SPF sama sekali.

Tekstur kulit saya tidak mulus lagi, pori-pori besar kembali, noda bekas jerawat dan flek kecoklatan menampakkan diri mereka lagi, dan kulit kering di area bibir bermunculan.

Akan tetapi, ingat, ini bukan produk kompleksi sungguhan melainkan skincare yang mengandung warna. Menurut saya dengan ketahanan yang melampaui 4 jam itu sudah bagus banget, karena memang sunscreen itu harus di-reaply setiap beberapa jam sekali, kan?

Kelunturan warnanya bisa jadi pengingat buat kamu untuk menggunakannya kembali agar kulit tetap terjaga dari bahaya sinar matahari!

Oh, ya karena setiap kali terkena air, sisi wajah yang menggunakan sunscreen dan bedak luntur (bedaknya ya yang luntur), jadi saya touch up beberapa kali (bedaknya). Mungkin itu yang membuat tampilan kulit saya masih lebih bagus, ya. Kekurangan di wajah saya masih lumayan ter-cover daripada sisi wajah yang hanya pakai sunscreen saja.

Jadi, bedak membantu, tapi saya masih harus mencari bedak yang cocok dengan sunscreen ini. Atau, mungkin jika hanya sunscreen dan bedak padat saja memang akan selalu geser, I don't know.

  • BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen dengan Makeup

Nah, saya juga penasaran dengan performa BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen jika saya timpa full makeup lagi. Itu berarti saya pakai BB cream, bedak tabur, bedak padat, blush on, dan highlighter. Ini dia hasilnya! Karena tertimpa BB cream, warna dari sunscreen-nya jadi tidak kelihatan, ya, pastinya.

Jika ditambah BB cream dan sebagainya, hasilnya jadi lebih bagus pastinya. Tapi, yang akan saya tes bukan itu. Melainkan, apakah Tinted Sunscreen-nya blend dengan baik ketika dipadu BB cream? Jawabannya, iya! Sunscreen BLP X Avoskin ini sama sekali tidak saling tolak dengan BB cream yang saya pakai.

Oh, ya, saya ada yang salah pakai untuk uji tes yang sebelumnya! Jadi, seharusnya pemakaian primer itu di atas sunscreen, kan? Karena Saya berpikir ini tinted sunscreen, jadi saya pakai primer dulu baru SPF-nya. Mungkin itu yang membuat bedaknya geser, ya?

Setelah kurang lebih 9 jam pemakaian, inilah sisa riasan wajah saya. Tidak terlalu berbeda dari awal pemakaian, hanya sedikit lebih luntur karena keringat dan transfer ke masker.

Bedaknya, ya, yang transfer! Saya sudah tes Tinted Sunscreen-nya saja dan memang transfer ke masker tapi sedikit banget. Intinya, kalau maku makeup lebih tahan lama ya jangan pakai Tinted Sunscreen-nya saja, tapi harus full makeup.

Pros (+)

  • Tinted Sunscreen ini hybrid product, jadinya unik, praktis, hemat biaya dan hemat waktu pemakaian
  • Selain melindungi kulit dari sinar matahari, produk ini bisa berlaku sebagai makeup juga
  • Broad spectrum! (SPF 50 PA++++)
  • Melembabkan kulit. Selama pemakaian, kulit kering saya tidak bermunculan kecuali setelah di atas 4 jam. Cool!
  • Ada zat penyembuh jerawat dan oil control-nya
  • Tekstur ringan, mudah di-blend, menyatu dengan baik pada kulit, memberikan medium coverage pada kekurangan di kulit
  • Tidak meninggalkan whitecast, mungkin karena ada warnanya, ya
  • Waterproof (saya telah tes). Sunscreen ini tahan air, karena yang luntur adalah sisi wajah saya yang menggunakan bedak saja, sedangkan yang menggunakan Tinted Sunscreen doang tidak bergeming
  • Hadir dalam 5 shade yang bisa dipakai secara luas oleh banyak skintone dan undertone
  • Non-comedogenic. Produk ini tidak akan menyumbat pori, sehingga kulit tidak akan menimbun komedo ataupun jerawat
  • Cocok untuk semua tipe dan masalah kulit, bahkan textured skin sekali pun

Cons (-)

  • Coverage-nya masih kurang jika kamu tipe orang yang menyukai full makeup
  • Ketahanannya hanya 4 jam saja. But again, ini adalah sunscreen bukan BB cream, jadi memang harus reapply tiap berapa jam
  • Harganya lumayan pricey untuk isi yang tidak terlalu banyak
  • Tutup pump warna putih jadi cepat terlihat kotor

Harga & Tempat Membeli

BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen bisa kamu dapatkan di e-commerce seperti Shopee dan Lazada. Klik link di atas untuk membelinya, ya. Selain yang kemasan full size, produk ini hadir juga dalam trial size. Tapi, kalau yang trial size dengan ukuran 5 gr ini shade-nya hanya ada tiga, yaitu Light, Beige, dan Medium.

Multipurpose Tinted Sunscreen dari BLP dan Avoskin ini merupakan produk hybrid yang unik. Inovatif banget buat brand lokal. Tidak hanya menarik karena klaim-klaimnya, tapi produk ini memang sangat bagus setelah saya test wear. Definitely worth to buy. Kalau menurut kamu, bagaimana performa produk baru dari BLP dan Avoskin ini?

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram