Review Carasun Solar Smart UV Protector, Sunscreen Ringan

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 27 September 2021

Kaminers! Kalian pasti udah pada tahu kalau sunscreen itu adalah salah satu 'basic skincare' yang enggak boleh dilewatkan. Melewatkan penggunaan sunscreen itu sama aja kayak kamu membuang semua produk skincare yang sudah kamu pakai. Gimana engga, salah satu musuh utama kulit adalah sinar matahari. Jadi, semua skincare kamu bisa enggak berguna kalau kulit enggak terproteksi dengan baik.

Makanya, kali ini, saya mau kasih lihat ulasan salah satu sunscreen lokal yang baru aja rilis di tahun 2021 ini. Sunscreen ini katanya bisa memproteksi kulit tanpa membuat kulit terasa 'sumuk' atau gerah. Penasaran seperti apa? Langsung aja kita lihat performanya, yuk! Nah, sebelumnya, bila kamu ingin rekomendasi sunscreen lokal lainnya, bisa membaca artikel rekomendasi sunscreen lokal ini, ya.

Tentang Produk

carasun-cover

Tahu gak, UV indeks di Indonesia mencapai angka 6-15. Ini artinya, paparan sinar matahari di negara kita beresiko tinggi, lho! Untungnya, Carasun sudah dilengkapi dengan SPF 45 dan PA++++, sehingga cocok digunakan di negara beriklim tropis. Carasun memang baru hadir di tahun 2021, tapi penggemarnya sunscreen ini sudah cukup banyak.

Klaim dan Benefit

Sunscreen ini merupakan produk pertama dari Carasun. Kabarnya, produk ini dibuat langsung melalui kolaborasi dengan para ahli dari Korea, lho! Sunscreen yang menggunakan SPF 45 dan PA ++++ akan memberikan perlindungan optimal di iklim tropis. Tekstur dari sunscreen ini diklaim seringan awan agar terasa lebih nyaman digunakan. Kandungan Rice extract dan CityStem di dalamnya membantu memberikan nutrisi, melembabkan, dan melindungi dari polusi.

Cara Pakai

carasun-cara pakai

Petunjuk penggunaan sunscreen ini sudah tercantum di bagian box kemasan. Sedikit tips dalam penggunaannya agar kulitmu mendapat proteksi maksimal, selalu gunakan sunscreen minimal sebanyak dua jari. Setelah dituangkan ke jari, oleskan produk ke bagian wajah dan leher secara merata.

Ingredients

Sebelum menggunakan produknya, kita cari tahu dulu daftar kandungan lengkap dari produk ini ya!

Full Ingredients

Aqua, Propylene Glycol, Glycerin, Caprylyl Methicone, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Isononyl Isononanoate, Caprylic/Capric Triglyceride, Butylene Glycol, Niacinamide, Octocrylene, Polyglyceryl-2 Stearate, Peg-12 Dimethicone/Ppg-20 Crosspolymer, Glyceryl Stearate, Silica, Diisopropyl Sebacate, Propylene Glycol Dicaprylate/Dicaprate, Stearyl Alcohol, Oryza Sativa Extract, Phenoxyethanol, C12-15 Alkyl Benzoate, Diisopropyl Adipate, Tocopheryl Acetate, Sodium Polyacrylate Starch, Lecithin, Marrubium Vulgare Extract, Ethylhexylglycerin, Tetrasodium Edta, Chlorphenesin, 1,2-Hexanediol, Sodium Hydroxide.

Key Ingredients

Sunscreen ini juga memiliki beberapa kandungan andalan diantaranya adalah:

  • Butyl Methoxydibenzoylmethane

Kandungan ini dikenal juga sebagai avobenzone yang merupakan bahan chemical sunscreen. Avobenzone adalah agen chemical sunscreen yang banyak digunakan di produk tabir surya di seluruh dunia. Kandungan ini terbukti ampuh menangkal UVA dalam skala yang luas.

  • Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu kandungan yang banyak disukai karena kemampuannya. Niacinamide mampu mengontrol minyak berlebih pada kulit dan bisa membantu mencerahkan kulit. Enggak heran ya, dengan kemampuannya ini, banyak produk menggunakan niacinamide sebagai bahan utamanya.

Kemasan

carasun-kemasan

Sunscreen ini hadir dalam kemasan berwarna kuning cerah yang menggambarkan matahari. Warna dus dan kemasan dalamnya serupa dengan aksen dedaunan di bagian depannya. Pada dus, sudah berisikan informasi tentang produk dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu, ada juga informasi mengenai cara pakai serta klaim dari produk ini.

Dengan ukuran 30 ml, kemasan utama Carasun berbentuk botol tube dengan tutup flip top. Material kemasan yang digunakan yakni plastik doff. Saya sendiri lebih suka material plastik seperti ini karena biasanya lebih enak digenggam dan enggak licin.

Impresi

Oke, saatnya kita melihat lebih dekat Carasun Solar Smart UV Protector ini. Ini dia kesan pertama saya saat menggunakan produk ini.

Tekstur

carasun-tekstur

Saya agak takjub ketika pertama kali mengoles produk ini di tangan saya. Tekstur-nya sangat unik karena terlihat seperti mousse atau whip cream. Anehnya, jika dibaurkan, produk ini mudah dibaur seperti menggunakan lotion. Selain itu, teksturnya mengingatkan saya sama primer make up milik Benefit. Terasa ringan dan halus banget di kulit. Ini pertama kalinya saya mencoba sunscreen dengan tekstur yang cukup unik seperti ini.

Aroma dan Warna

Produk ini hadir dengan krim berwarna putih yang cukup pekat. Ada aroma khas sunscreen yang terasa tapi enggak mengganggu dan masih tolerable.

Performa

carasun-performa

Untuk melihat performa keseluruhannya, saya mencoba produk ini setelah menggunakan serangkaian produk basic skincare dari mulai pembersih wajah, serum, dan pelembab. Saya mengaplikasikan produk ini sebanyak 2 jari. Jari pertama untuk di sisi kanan wajah, jari kedua di sisi kiri wajah. Cukup mudah meratakan produk ini karena teksturnya yang ringan.

Hasil akhir dari sunscreen ini terasa sangat matte di wajah. Pemilik jenis kulit berminyak tentu akan senang dengan sunscreen tipe ini. Awalnya saya merasa tekstur produk ini memang terasa sangat asing, seperti enggak menggunakan sunscreen. Tapi ternyata setelah diaplikasikan di wajah, sunscreen ini cukup terasa nyaman. Tidak ada white cast ataupun residu yang muncul setelah pemakaian.

Waktu yang dibutuhkan produk dari mulai pengaplikasian sampai produknya nge-set di wajah pun enggak lama. Hanya sekitar 30 detik - 1 menit, kamu sudah bisa lanjut menggunakan make up. Dilapis dengan produk kompleksi-pun, sunscreen ini tetap stay dan enggan menimbulkan rasa gerah.

Harga dan Tempat Pembelian

Carasun Solar Smart UV Protector ini bisa kamu beli melalui link pembelian yang telah Kamini sediakan. Produk ini hadir dalam dua ukuran, yakni 8ml denga harga sekitar 15.000 dan ukuran reguler 30ml yang dibanderol sekitar 58.000.

Kesimpulan

carasun-cover

Carasun Solar Smart UV Protector ini bisa jadi salah satu sunscreen-on-the go kamu. Pasalnya, kemasannya tube-nya yang ramping dan ringan memudahkan kamu menyelipkan produk ini di dalam saku. Material plastiknya juga terasa cukup kokoh sehingga kamu enggak perlu takut produk ini akan mudah bocor.

Soal tekstur, menurut saya produk ini mungkin akan terasa agak asing digunakan melihat teksturnya yang whipped dan memiliki hasil akhir yang sangat matte. Tapi, lama kelamaan, kamu mungkin akan terbiasa dengan teksturnya seperti yang saya rasakan. Sunscreen ini malah bisa jadi sunscreen andalan untuk dibawa kemana pun. Untuk kelebihan dan kekurangan lainnya dari produk ini, bisa kamu lihat di daftar di bawah ini ya!

Pros

  • Kemasan travel friendly
  • Tekstur ringan dan mudah meresap
  • Hasil akhir matte
  • Enggak ada whitecast ataupun residu

Cons

  • Untuk pemakaian awal, tekstur memanga kan terasa sedikit aneh

Jadi bagimana Kaminers, apakah menurutmu sunscreen terbaru ini wajib dicoba? Kamu pernah menggunakan sunscreen ini juga? Share pengalamanmu dengan pembaca lain melalui kolom komentar di bawah ini ya! Kalau mencari rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak lain, silahkan baca artikel sunscreen untuk kulit berminyak ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram