Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 27 September 2021

Merk kosmetik dan skincare lokal, Dear Me Beauty, menghebohkan jagat dunia kecantikan pada akhir April 2021. Pasalnya, Dear Me merilis serum untuk berbagai masalah kulit.

Pada awalnya, Dear Me mengeluarkan 11 varian, yang kemudian ditambahkan 1 lagi, sehingga totalnya ada 12 serum. Dari ke-12 serum terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Exfoliating Face Serum, Hydrating Face Serum, dan Repairing Face Serum.

Untuk lini Repairing atau memperbaiki kulit ada 10% Niacinamide + Watermelon Extract (mengontrol sebum dan mengatasi hiperpigmentasi), Retinol + Blueberry Extract (mengatasi jerawat dan garis halus), 10% Vitamin C + Orange Extract (meratakan skin tone dan mencerahkan kulit).

Kemudian ada 8% SNAP-8 Peptide + Avocado Extract (anti aging), dan terakhir adalah 1% Bakuchiol + Blueberry Extract yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Karena saya merasa kulit saya kering dan mulai mengalami tanda-tanda penuaan, jadi saya memilih varian yang terakhir. Berikut review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract dari tim Kamini untuk kamu.

Tentang Produk

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 1

Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract adalah serum dengan bahan utama bakuchiol. Seperti diketahui banyak orang, bakuchiol adalah zat kimia yang diturunkan secara alami dari Tanaman Babchi.

Bakuchiol memiliki fungsi yang mirip dengan retinol, tapi tidak terlalu kuat, sehingga lebih rendah efek samping. Bakuchiol juga memiliki efek meredakan iritasi dan menenangkan kulit.

Zat ini dipercaya dapat menghaluskan tekstur dan meratakan warna kulit, mengembalikan kekencangan, dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus. Jika kamu memiliki masalah seperti textured skin, uneven skintone, aging skin, dan problem serupa, inilah serum untukmu.

Klaim & Benefit

Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract dilengkapi dengan 1% Bakuchiol, alternatif retinol yang dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, serum Dear Me varian ini akan menjaga elastisitas & tekstur kulit, serta mengurangi jerawat dan bekasnya.

Fun Fact!

Kalau kamu bingung tipe kulit kamu apa, masalah kulit kamu apa, dan seharusnya pakai serum apa, tenang saja, karena Dear Me Beauty menyediakan kolom Choose Your Skin Recipe di website-nya.

Di sana kamu akan diberikan sederet pertanyaan yang cuma kamu sendiri yang bisa jawab, karena kamu yang merasakannya. Nanti setelah selesai, Dear Me akan memberi tahu kamu skincare apa saja yang kamu butuhkan.

Saya mencobanya dan jawaban yang muncul adalah saya dianjurkan menggunakan Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract pada pagi dan malam hari. Berarti, sudah pas banget pilihan serum Dear Me yang akan saya ulas di bawah ini dengan skin concern yang saya miliki.

Kemasan

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 3

There's a lot going on with Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract's packaging! Dear Me menggunakan kertas yang tidak ada plastic coating lagi, kecuali bagian segel dan lambang brand di bagian atas yang glossy.

Di boks ini lengkap banget informasinya. Ada ingredients, bahan-bahan utamanya, cara pakai, tanggal kadaluwarsa, dan masih banyak lagi tulisan di bagian dalam boks!

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 5

Ya, kamu tidak salah baca, Dear Me Beauty memanfaatkan bagian dalam dus untuk menjelaskan tentang produknya. Untuk bisa membacanya, kamu perlu membuka boksnya terlebih dulu.

Ada 'jejak' yang bisa kamu ikuti untuk membuka dusnya. Selain keterangan tentang serum, Dear Me juga mengedukasi kita tentang kandungan skincare dan ada encouragement words juga! So caring.

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 7

Untuk bentuk kemasan serum-nya seperti ini. Bundar dengan bagian bawah flat dan pipet. Tiap varian serum Dear Me memiliki warna representatif.

Dan, untuk yang 1% Bakuchiol + Blueberry Extract ini warnanya ungu muda yang bisa dilihat dari bagian depan dan tutup pipet serum. Sedangkan keseluruhan kemasan terbuat dari kaca bening, sehingga kita bisa lihat isinya tinggal berapa banyak.

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 9

Untuk pipetnya, saya rasa milik Dear Me lebih bagus dibandingkan 'pipet standar' serum merk lain (yang harganya serupa). Tinggi pipetnya pas, terus pencetannya empuk dan lentur. Tapi, yang paling penting, kalaupun serum-nya sudah mau habis, pipet ini masih bisa mengambil serum yang tersisa dengan baik!

Ingredient List

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 11

Seperti klaimnya, Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract tentu mengandung bakuchiol. Akan tetapi, pasti kamu penasaran, kan, ada kandungan apa lagi di dalam serum ini? Langsung saja, inilah dia pembahasannya.

Full Ingredients

Water, Bakuchiol, Dimethyl Isosorbide, Propanediol, Phenoxyethanol, Polyacrylate-13, Propylene Glycol, Polyisobutene, Aloe Barbadensis (Leaf) Extract, Vaccinium Angustifolium (Fruit) Extract, Triethanolamine, Glyceryl Laurate, Glycerin, Polysorbate 20, Disodium EDTA, Sorbitan Isostearate, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Sodium Citrate, Soluble Collagen.

Key ingredients

  • Bakuchiol

Berfungsi utama sebagai antioxidant, ini adalah kandungan paling penting di dalam produk: bakuchiol. Produk-produk anti aging sering menambahkan retinol atau 'pengganti'-nya, yaitu bakuchiol.

Banyak orang beralih ke bakuchiol karena lebih 'aman' dibandingkan retinol. Sebab, bakuchiol diambil dari alam (tanaman Babchi), sedangkan retinol dibuat dari bahan sintetis, yaitu pemecahan beta-karoten.

Pemakaian produk bakuchiol bisa digabung dengan produk lainnya, seperti benzoil peroksida dan asam salisilat. Karena ketiga zat itu justru membuat jerawat lebih cepat sembuh dan menghilangkan noda bekasnya secara lebih maksimal.

Sementara retinol tidak bisa digabung dengan produk tertentu, terutama dengan Vitamin C atau AHA, karena bisa membuat masalah baru pada kulit.

  • Glycerin

Gliserin adalah humektan, sejenis zat pelembab yang bekerja dengan menarik air ke lapisan luar kulit. Dalam produk perawatan kulit, gliserin biasanya digunakan dengan oklusif, jenis bahan pelembab lainnya, untuk menahan kelembaban yang ditarik ke dalam kulit.

  • Aloe Barbadensis (Leaf) Extract

Ekstrak daun lidah buaya adalah pelembab yang hebat. Ia juga merupakan anti-bakteri dan mengandung banyak sifat anti-inflamasi.

Menjadikannya bahan yang ampuh untuk menyembuhkan luka, mengurangi masalah akibat terbakar sinar matahari, dan membantu kulit dehidrasi untuk lebih bisa mengunci kelembaban. Makanya, klaim dari Dear Me untuk serum ini adalah hydrating. Cocok karena ada gliserin dan Aloe Barbadensis (Leaf) Extract!

  • Vaccinium Angustifolium (Fruit) Extract

Ini adalah blueberry fruit extract. Bahan alami yang dikenal memiliki antioksidan kuat dan manfaat pengkondisi kulit. Seiring dengan antioksidan polifenol, blueberry merupakan sumber Vitamin C yang baik, meskipun antioksidan berbasis polifenol hadir dalam jumlah yang jauh lebih banyak.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah blueberry sangat mampu melindungi kulit dari perubahan yang tidak diinginkan akibat terkena cahaya matahari dan inframerah. Pada dasarnya, Blueberry bekerja untuk mencegah kerusakan sebelum terjadi, yang mengarahkan kulit agar lebih sehat.

Hanya untuk memperjelas, blueberry tidak menggantikan tabir surya spektrum luas, ya. Ia hanya melengkapi apa yang dilakukan tabir surya untuk melindungi kulit. Jadi, tetap pakai sunscreen-mu!

Impresi

Mari berkenalan lebih dekat lagi dengan Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract. Sekarang saya mau membahas tekstur, warna, dan juga aroma dari serum ini.

Tekstur & Swatch

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 13

Dilihat dari luar kemasan pun sudah jelas, kalau serum ini berwarna putih pekat. Teksturnya tergolong kental dibandingkan serum lainnya yang pernah saya pakai.

Walaupun kental, serum Dear Me cepat sekali meresap ke dalam kulit. Tak perlu menunggu, serum langsung set dan tak terasa lengket di kulit. Kamu pun bisa langsung melanjutkan rejimen skincare yang biasa kamu pakai.

Wangi

Walaupun mengandung Ekstrak Buah Blueberry, serum ini tidak wangi fruity yang segar sama sekali. Melainkan ada aroma herbal yang cukup kuat. Saya pribadi kurang suka aroma herbal pada produk yang saya pakai.

Akan tetapi, wangi itu hanya tercium sepintas saat serum baru diaplikasikan. Setelah set, wangi herbalnya sudah tidak tercium lagi. Jadi, tak ada masalah yang berarti.

Performa

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 15

Terus, kira-kira bagaimana performa Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract? Kebetulan saya memiliki masalah kulit seperti kulit kering, tanda-tanda penuaan dini ringan, dan tampilan pori-pori yang tampak. Apakah serum Dear Me mampu mengatasi semuanya?

Cara Pemakaian

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 17

Setelah mencuci muka dan memakai toner, teteskan 3-5 drop serum ke wajah atau ke telapak tangan. Lalu, oleskan serum hingga merata di wajah dan leher. Lanjutkan rejimen skincare dengan penggunaan pelembab. Jika kamu menggunakannya pada pagi hari, jangan lupa pakai tabir surya, ya!

Hasil

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 19

Ini foto setelah saya menggunakan Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract. Langsung kelihatan lebih cerah dan glowing, ya? Mungkin karena warna serum-nya putih dan memang sedikit terlihat pearly, jadi efeknya bisa langsung terlihat di wajah. My first impression untuk produk ini adalah, kaget dengan aroma herbalnya, tapi tidak apa-apa.

Terus, teksturnya kental, tapi rupanya cepat sekali meresap ke dalam kulit. Setelah set, kulit saya langsung terasa lembab. Berarti produk ini memang betul dengan klaimnya, yaitu hydrating.

Selama satu sampai tiga hari awal pemakaian, saya merasa kulit sedikit bereaksi. Seperti gatal-gatal (minor) dan kulit seperti akan bruntusan tapi tidak jadi. Dan setelah hari ke-4 dan seterusnya, saya tidak merasakan keluhan apa-apa lagi. Yang ada kulit saya malah semakin membaik seiring waktu.

Mungkin problem kecil itu merupakan reaksi kulit saya yang 'kaget' karena baru mencoba produk yang serupa dengan retinol. Jadi, kalau ada masalah ringan muncul saat baru pertama kali memakai serum ini, bukan selalu berarti kulitmu tak cocok. Siapa tahu kulit kamu sedang beradaptasi saja.

Kesimpulan

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 21

Setelah menghabiskan 1/2 botol Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract, saya merasakan perubahan yang baik pada kulit, walaupun tidak signifikan. Kulit saya jadi tidak pernah ada dry flakes lagi.

Terus, walaupun kulit saya masih tetap berjenis kering, tapi dengan penggunaan serum ini dan pelembab pun sudah cukup membuat kulit saya hydrated seharian. Well, setidaknya sampai saya cuci muka lagi dan perlu mengulang rejimen skincare saya.

Bruntusan di area hidung dan mata terlihat mereda, walaupun belum menghilang. Flek-flek hitam pun masih bertengger mesra di kulit wajah saya.

Sepertinya masih perlu waktu lagi dan bantuan produk lainnya untuk membuat mereka pergi. Sedangkan untuk klaim memberantas jerawat saya tidak bisa membuktikan karena tipe kulit saya memang bukan acne-prone. Overall, saya merasa cocok dengan serum ini, walau efek yang diberikan membutuhkan waktu.

Pros

  • Produk lokal, bisa ditemukan di mana-mana dengan mudah.
  • Kemasan aman, informasi lengkap, dan botolnya menggemaskan banget seperti bohlam!
  • Botol serum terbuat dari kaca tebal sehingga tidak mudah pecah.
  • Pipet nyaman dipegang dan panjang pipetnya pas.
  • Tekstur serum kental namun cepat meresap ke dalam kulit.
  • Semua klaimnya terbukti benar untuk masalah kulit saya, walaupun hasilnya tidak langsung terlihat.
  • Harganya masuk akal.
  • Hadir dalam 2 ukuran, sehingga pembeli punya lebih banyak pilihan.

Cons

  • Ada aroma herbal seperti obat, tapi cepat menghilang, jadi tidak ganggu.
  • Kemasan botol terbuat dari kaca dan agak bulky, sehingga mengkhawatirkan jika dibawa traveling.

Harga & Tempat Membeli

Review Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 23

Itulah pengalaman saya menggunakan Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract. Akan tetapi, perlu diingat bahwa skincare itu akan memiliki reaksi berbeda pada setiap orang. Jadi, walaupun kulitmu kering dan masalah kulitmu mirip dengan saya, belum tentu serum ini cocok di kamu seperti bagaimana cocok di saya.

Apakah kamu pernah mencoba produk ini? Atau mungkin seri serum Dear Me Beauty lainnya? Sharing pengalaman kamu di kolom komentar, yuk! Jangan lupa baca juga ulasan Kamini untuk Emina Bright Stuff Face Serum dan ElsheSkin Smoothing Serum, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram