Kamini.id / Emina / Review Emina Creamatte Lip Cream Edisi Spesial Kemerdekaan

Review Emina Creamatte Lip Cream Edisi Spesial Kemerdekaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Merdeka! Selamat hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Walau sudah terlewat, namun hype-nya masih terasa dan harus selalu terasa hingga kapanpun, bukan? Nah, kebetulan sekali pada artikel ini Kamini akan mengulas salah satu produk dari brand kesayangan remaja dan wanita muda Indonesia, yaitu Emina, yang beberapa waktu yang lalu baru saja merilis produk bertemakan hari kemerdekaan.

Yap, kamu mungkin sudah mengetahui kalau Emina Creamatte Edisi Spesial Hari Kemerdekaan ini terinspirasi dari jajanan pasar di Indonesia. Saya pribadi cukup antusias untuk mengulas salah satu line produk yang best seller dari Emina ini, apalagi ketika mengetahui ada edisi spesial yang jumlahnya terbatas. Saya semakin merasa merdeka bila diberi kesempatan untuk mencobanya. Silahkan simak ulasannya, ya!

Tentang Produk

Review Emina Creamatte_Onde-onde 0 (Copy)

Emina Creamatte mungkin sudah tak asing lagi di telingamu. Produk yang satu ini memang cukup populer dan merupakan salah satu produk best seller Emina.

Sejak pertama kali dirilis tahun 2016 silam, produk ini tidak hanya mendapatkan perhatian khusus dari para remaja, dan wanita muda, bahkan produk ini juga sering sekali mendapatkan ulasan dari para beauty influencers. Bukan karena sekedar hype, namun kebanyakan memang merasa puas dengan produk perona bibir satu ini.

Emina merupakan salah satu brand lokal yang cukup populer dan favorit di Indonesia walau baru didirikan beberapa tahun silam. Berada di bawah naugan PT Paragon Paragon Technology and Innovation, banyak yang menyebut Emina sebagai “adik dari Wardah” karena memang sama-sama diproduksi dari perusahaan tersebut.

Kalau kamu iseng-iseng mencoba mengunjungi laman official Paragon, kamu akan mendapati informasi bahwa perusahaan ini juga menaungi brand Make Over serta Innovative Salon. Hampir semua brand-brand tersebut dikenal baik di Indonesia. Ini juga yang menjadi alasan mengapa cukup banyak yang mengidolakan Emina. Karena kualitas dari produk-produk yang dihasilkan Paragon terbilang luar biasa.

Memiliki motto born to be loved, Emina mengajak konsumen untuk memancarkan aura cantik yang ceria. Makanya kebanyakan produk-produk Emina memiliki desain yang sangat segar dan menggemaskan, seolah-olah menekankan visi dan misi tersebut.

  • Klaim dan Benefit Produk

Creamatte sendiri merupakan salah satu line produk perona bibir favorit dan bisa dibilang best seller dari Emina. Sebelum mengulas secara terperinci mengenai Emina Creamatte, berikut adalah klaim-klaim mengenai produk ini.

  1. Lip cream yang memberikan hasil akhir matte intens dan buildable
  2. Dilengkapi dengan vitamin E untuk menjaga bibir tetap lembab
  3. Teksturnya yang lembut dan velvety membuatnya mudah untuk diaplikasikan dan dibawa kemana saja.

Dari semua klaim tersebut, yang menarik perhatian adalah poin nomer-2. Sebab, setahu saya kebanyakan produk lip cream apalagi dengan hasil akhir matte, bisa memberikan perasaan kering pada bibir penggunanya. Tetapi Emina meyakinkan penggunanya bahwa Creamatte dapat menjaga kelembaban bibir. Benar tidak, ya?

  • Cara Pemakaian

Setelah mengamati seluruh bagian kemasan, bahkan sampai mengunjugi laman website Emina, saya cukup terkejut karena tidak mendapati cara pemakaian produk ini sama sekali. Mungkin memang tidak begitu penting, karena hampir semua produk lip cream digunakan dengan cara yang sama.

Akan tetapi, untuk saya pribadi, kurang afdal rasanya bila tidak menemukan cara pemakaian produk yang tertera pada kemasan. Padahal aspek ini yang juga berperan dalam suatu keberhasilan produk ketika digunakan oleh penggunanya, terutama apabila produk yang digunakan merupakan skincare. Tapi, jika kamu ingin mengetahui bagaimana saya menggunakan produk ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Ambil produk menggunakan aplikator yang disediakan
  2. Oleskan pada bibir secara merata
  3. Oleskan kembali bila dirasa warna asli bibir belum tertutupi dengan optimal
  4. Gunakan kembali bila produk mulai terhapus dari bibir
  • Fun Fact

Creamatte sebenarnya merupakan line produk yang cukup banyak mengalami perkembangan. Karena hampir setiap tahun produk ini selalu menambah shades baru yang warnanya cukup inovatif namun tetap cocok digunakan kulit orang Indonesia.

Pada tahun 2019 silam, Emina meluncurkan shades khusus yang seolah kontradiktif dengan klaim Crematte yang matte finish yaitu Emina Creamatte Metallic Edition. Benar. Emina memproduksi 3 shades dari Creamatte dengan hasil akhir metalik dengan glow hint yang cukup kuat untuk menunjang tampilan lebih glam. Tiga shades yang dimaksud adalah Berry Stardust (01), Sunset Sparks (02), Unicorn Glow (03).

Nah, untuk tahun 2020, Emina juga tidak mau tinggal diam dalam menginovasikan line Creamatte. Tepatnya dalam rangka memperingati peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang berdekatan dengan Hari Lipstik Internasional, Emina merilis kembali shades baru yang tak kalah inovatif dengan Crematte Metallic Edition, yaitu Creamatte Edisi Spesial Kemerdekaan. Edisi ini terdiri dari 4 shades baru yaitu Soda Gembira (16), Bola Ubi (17), Onde-Onde (18), dan Pisang Coklat (19).

Kemasan

Review Emina Creamatte_Onde-onde 06 (Copy)

Lip cream dari Emina ini hadir dalam kemasan tube dengan desain twist cap berwarna hitam terbuat dari plastic reflektif yang cukup tebal, sementara bagian badan dibuat dari material yang sama namun transparan. Sehingga memperlihatkan warna dari lip cream. Pada bagian ini juga tertera nama dari produk yaitu “CREAMATTE” yang dicetak berwarna putih dan nama Emina di bagian belakangnya.

Bagian atas cap adalah tempat dimana logo Emina dicetak. Dan seperti kebanyakan produk lip cream lainnya, pada bagian dalam cap sudah tertempel aplikator berbentuk doe foot yang cukup presisi dan fluffy.

Yang saya sukai dari lip cream ini adalah ukurannya tube-nya yang imut dengan panjang hanya sekitar 9 cm, berbeda dengan panjang tabung produk lip cream kebanyakan. Mungkin inilah yang menjadi alasan Emina mengklaim Creamatte mudah dibawa kemana-mana karena tidak memakan banyak tempat.

Point lain yang tak kalah mencuri perhatian dari kemasan Emina Creamatte adalah box luarnya. Box luar adalah salah satu aspek yang bisa bikin fall in love at the first sight bila kamu belum mengetahui isi dalam box tersebut.

Harus saya apresiasi sih keseriusan Emina dalam membuat produk ini, bahkan box luarnya saja didesain sangat menggemaskan dengan gambar-gambar animasi berpadu warna-warni yang mewaliki shades produk.

Untuk shades yang saya pilih, yaitu Onde-Onde (18), tentu saja Emina mencetak animasi gambar salah satu jajanan pasar ini di salah satu sisi box-nya. Sementara pada sisi-sisi yang lain dicetak nama Creamatte, logo Emina, dan keterangan-keterangan produk seperti komposisi, klaim, dan lainnya. Pokoknya sangat manis dan menggemaskan.

Ingredients

Review Emina Creamatte_Onde-onde 09 (Copy)

Full Ingredients

Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Caprilyl Methicone, Diisostearyl Malate, Synthetic Beeswax, TRimathylsiloxysilicate, Disteardimonium Hectorite, Aluminimum Starch Detenyl Succinate, Propylen Carbonate, Silica Dimethyl Silylate, Phenoxyethanol, Cetyl Dimeticone, Tocopheryl Acetate, Ethylexyglycerin, Aluminimun Hydroxide, Triethoxycparylylsilane, Fragrance, Tocopherol.

Key Ingredients

  • Caprylyl Methicone

Bahan ini adalah sejenis silikon yang fungsinya untuk memudahkan spreadbility produk. Jadi produk yang mengandung bahan ini akan lebih mudah diratakan tanpa mengumpal. Silikon ini juga yang bertanggung jawab atas kemampuan water-proof dari suatu produk kosmetik.

Dan, ya, karena bahan ini ada di urutan paling pertama ingredients list, kita bisa punya gambaran kalau kemungkinan Emina Creamatte bakal mudah diulaskan, diratakan, dan waterproof.

  • Aluminum Hydroxide

Nah, yang satu ini bertugas sebagai pewarna sekaligus membuat pigmen warna lain dalam produk menjadi lebih nyata dan opaque. Produk ini yang menunjang aspek pigmentasi Emina Creamatte ketika diulaskan pada bibir.

  • Tocopheril Acetate dan Tocopherol

Buat kamu yang bertanya-tanya dimanakah letak vitamin E dalam produk ini, padahal Emina mengklaim bahwa Creamatte mengandung vitamin tersebut, jawabannya adalah tocopheryl acetate dan tocopherol.

Bahan-bahan ini adalah bentuk lain dari vitamin E yang merupakan antioksidan dan juga berperan sebagai skin conditioning agent berjenis miscellaneous. Artinya, kedua bahan ini dapat bekerja dalam mengurangi pengelupasan (flaking) dan mengembalikan kekenyalan kulit. Bahan ini sangat bermanfaat dalam mengurangi tampilan kulit kering.

Sayangnya, Emina menyantumkan bahan ini pada urutan paling terakhir dalam ingredients list. Sehingga, kemungkinan kadar tocopherol yang digunakan pun tidak begitu banyak.

Impresi

Ini sebenarnya bukan kali pertama saya mencoba Emina Creamatte. Saya pernah menggunakan Emina Creamatte shade fuzy wuzzy sebelumnya. Dan sejak pertama saya menggunakan produk ini, saya jadi yakin bahwa Emina tidak main-main dalam formulasi lip cream satu ini. Penasaran? Jangan dulu berhenti di sini, ya!

  • Tekstur

Review Emina Creamatte_Onde-onde 05 (Copy)

Lip cream ini memiliki tekstur creamy yang tidak begitu thick, namun sangat mudah untuk diulaskan. Emina Creamatte juga sangat mudah menempel dengan baik pada bibir tanpa terasa lengket setelahnya.

Selain itu, saya rasa Emina juga menggunakan improved formulation pada Creamatte versi-versi terbarunya. Karena ketika dulu menggunakan shade fuzzy wuzzy versi lama, saya masih kesulitan untuk meratakan produk, sebab sedikit menggumpal pada bibir saya yang kering. Namun kali ini, saya tidak merasakan kembali kesusahan tersebut. Respect!

  • Wangi

Review Emina Creamatte_Onde-onde 07 (Copy)

Pernah bertanya-tanya mengapa Emina menggunakan nama-nama jajanan pasar dalam Creamatte Edisi Spesial Kemerdekaan? Mungkin kamu berpikir bahwa aroma dari lip cream akan dibuat sama seperti wangi jajanan-jajanan pasar tersebut. Tetapi, bukan itu.

Saya tidak menemukan kemiripan antara aroma onde-onde sungguhan dengan aroma Creamatte shade Onde-Onde yang saya ulas. Namun saya menemukan kemiripan antara shade Onde-Onde ini dengan shade lama Fuzzy Wuzzy yang pernah saya pakai, yaitu aroma manis vanilla yang terasa sangat artificial.

Walau memang pada shade Onde-onde, artificial fragrance nya tidak begitu kuat. Meskipun begitu, aroma sintetik ini tidak mengganggu hidung kok. Dan seiring berjalannya waktu, aroma lip cream pun akan menghilang. Worry not.

  • Swatch

Review Emina Creamatte_Onde-onde 02 (Copy)

Shade Onde-Onde ternyata memiliki tone coral dengan sedikit hint coklat yang sangat cantik. Warna ini akan membuat wajah nampak segar kala tidak menggunakan riasan apapun. Hasil akhir lip cream pada bibir juga velvety matte finish yang tidak accentuated bagian kering pada bibir. Malah memberikan hasil bibir yang soft.

Konon katanya, alasan Emina mengadaptasi nama-nama jajanan pasar pada edisi khusus yang terbatas ini karena warna-warna jajanan tersebut. Meski sebenarnya saya tidak menemukan kemiripan antara warna onde-onde yang golden brown dengan warna Creamatte shade Onde-Onde. Tapi bila dipikirkan lagi, “terinspirasi” bukan berarti harus persis dengan sesuatu yang menjadi inspirasi tersebut, bukan?

Ketika diulaskan, Emina Creamatte memberikan opasiti warna yang pigmentasinya sangat bagus. Bagian bibir saya yang hitam hampir semua langsung tertutup seketika hanya dengan satu kali ulasan.

Dan, ya, karena saya ingin complete coverage, saya mengulaskan kembali lip cream ini satu kali, dan hasilnya benar-benar mencengangkan. Tak heran produk ini banyak penggemarnya. Salut, deh!

Meski digunakan layering, lip cream tetap terasa ringan pada bibir. Untuk kemampuannya dalam menjaga kelembaban menurut saya Emina Creamatte ini memang tidak membuat bibir menjadi kering, tetapi juga tidak melembabkan.

Kategorinya lebih menuju “keep the moist of your lips” bukan “keep your lips moist”. Pasalnya, saya menggunakan lip balm sebelumnya dan lip cream ini tidak mengacaukan kelembaban yang diberikan oleh lip balm tersebut.

Performa dan Daya Tahan

Review Emina Creamatte_Onde-onde 03 (Copy)

Meski pigmentasinya jempolan, sayangnya Emina Creamatte ini masih sedikit transfer. Karena pada saat minum teh, ada lip cream yang tertinggal pada cup yang saya gunakan. Tapi meski begitu, ketika saya coba mengecek keadaan lip cream yang menempel, seolah-olah tidak ada warna yang memudar, lho. Jujur saya cukup takjub dengan fakta ini.

Produk juga bertahan baik di bibir hingga jam ke-4 yang dibarengi makan dan minum. Karena pada jam ke-5 saya masih mendapati produk sebagian besar mengisi bibir saya dengan sempurna, hanya pada bibir bagian bawah lip cream mulai memudar.

Untuk produk dengan harga yang relatif terjangkau, kemampuan ini jempolan sih. Tetapi bila kamu mengonsumsi makanan berminyak, akan banyak lip cream yang menghilang dari bibir. Tak masalah, touch up saja!

Selain itu, Emina Creamatte meski transfer namun cukup smudge-proof dan waterproof. Kebetulan saya menggunakan produk ini terkena 2 kali basuhan wudhu, tetapi tidak menemukan adanya tanda-tanda produk luntur dari bibir. Kemampuan produk dalam menahan gesekan tangan-tangan nakal yang suka kucek-kucek juga lumayan impressive.

Shades yang ditawarkan Emina Creamatte juga sangat wearable bagi kulit orang Indonesia, lho. Termasuk pada Creamatte Edisi Spesial Kemerdekaan ini. Tinggal pilih yang sesuai dengan tone kulit dan preferensi-mu.

Tips dan Trik

* sumber: www.diys.com

Tahukah kamu kalau perona bibir juga dapat kamu aplikasikan sebagai perona pipi? Nah, Emina Creamatte shade Onde-Onde ini juga bisa kamu gunakan sebagai blush on yang akan membuat tampilan wajahmu menjadi cerah seketika, lho.

Ini juga menjadi salah satu trik yang dapat kamu gunakan bila ada shade lipstick yang kamu rasa tidak cocok dengan kulit bibirmu, kamu mungkin bisa mencobanya sebagai blush on terlebih dahulu.

Harga dan Tempat Pembelian

emina Creamatte Lipstick

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukan best seller namanya bila produk ini memiliki harga selangit dan sulit dicari dimanapun. Emina Creamatte dibanderol seharga Rp. 47.500,- pada official website Emina. Tetapi saya mendapatkan harga yang lebih miring pada produk Creamatte Edisi Spesial Kemerdekaan.

Shades lain dari Emina memang mudah ditemukan baik offline maupun online. Akan tetapi, pada line Edisi Spesial Kemerdekaan, produk diproduksi dengan jumlah terbatas oleh Emina. Sehingga kamu harus berlomba-lomba mencari toko-toko yang masih memiliki stok produk yang belum habis. Tapi tenang saja, Kamini sudah menyediakan link tempat pembelian yang bisa kamu jadikan referensi.

 Kesimpulan

Review Emina Creamatte_Onde-onde 01 (Copy)

Saya jatuh cinta dengan produk ini, bukan karena harganya yang terjangkau, temanya yang unik, dan warnanya yang pigmented. Namun karena daya tahannya yang cukup memukau. Emina Creamatte Edisi Spesial Hari Kemerdekaan ini terasa spesial bagi saya.

Pros

  • Desain kemasan unik
  • Tekstur lembut, ringan, dan tidak menggumpal
  • Pigmentasi jempolan
  • Smudge-proof dan cukup waterproof
  • Wearable dan buildable
  • Velvety matte finish
  • Tahan 4-5 jam dibarengi makan dan minum

Cons

  • Aroma atificial fragrance cukup kuat, namun akan menghilang seiring berjalannya waktu
  • Tidak melembabkan bibir, tapi menjaga kelembaban bibir. Jadi lebih baik lembabkan bibir terlebih dahulu sebelum menggunakan ini.
  • Sedikit transfer namun tetap pigmented
  • Emina Creamatte Edisi Spesial Hari Kemerdekaan jumlahnya terbatas. Maka dari itu, segera beli sebelum kehabisan!

Jujur, saya merasa merdeka setelah menggunakan produk ini. Bukan hanya karena performanya yang bagus dan improved, namun warnanya yang cocok dengan kepribadian saya ini.

Apakah kamu merasa merdeka juga setelah menggunakan Emina Creamatte Edisi Spesial Kemerdekaan? Atau bahkan kamu sudah merasa merdeka terlebih dahulu dengan menggunakan shades lain dari Emina Creammate? Jangan ragu untuk berbagi dengan Kamini, ya!

Kalau kamu ingin mengetahui rekomendasi produk lip cream lain yang menjadi pilihan Kamini, jangan ragu untuk mampir untuk membaca merk lip cream yang bagus. Selamat membaca!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2020