Kamini.id / Emina / Review Emina Lip Cushion yang Unik dan Menggemaskan

Review Emina Lip Cushion yang Unik dan Menggemaskan

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saya sebenarnya baru mengetahui kalau Emina memiliki produk perona bibir yang dikemas dalam bentuk unik. Sebab sebelumnya, saya hanya pernah menggunakan Creammate dari Emina dan tidak pernah terlalu kepo dengan produk-produk terbaru Emina lainnya.

Kalau kamu penasaran bagaimana pengalaman saya menggunakan Emina Creamatte, jangan ragu kunjungi artikel review Emina Creamatte, ya.

Sejak pertama kali mendengar namanya, saya sudah punya firasat kalau Emina Lip Cushion akan berbeda. Benar saja, ketika sampai di tangan, produk ini terkesan cukup unik dan berbeda. Ketika digunakan pun perona bibir satu ini meninggalkan kesan tersendiri bagi saya. Penasaran? simak terus!

Tentang Produk

Review Emina Lip Cushion_5 (Copy)

Konon, ketika di-launching pada bulan Maret 2019 silam, produk ini ditujukkan untuk membuat tampilan ombre alias gradient lips yang kala itu memang masih hype di Indonesia. Walau trend-nya mulai tergantikan oleh tampilan matte lips.

Sebenarnya saya tidak begitu into-ombre-lips karena saya memiliki masalah ketidakmerataan warna bibir. Jadi saya sedikit takut untuk mencoba produk ini.

Akan tetapi, setelah berselancar di internet, saya baru mengetahui kalau line Lip Cushion ini menambah shades yang safe bila digunakan untuk tampilan full-lips. Shades baru ini juga cukup banyak yang masuk skintone orang Indonesia. Untungnya!

Jadi, total keseluruhan shades Emina Lip Cushion ini ada 6 yaitu Let it Peach (01), Be Cherry (02), Get Berry (03), Say Coral (04), Squash it Up (05) dan Coffee Please (06). Apakah kamu bisa menebak bagaimana warna-warna tersebut payoff di bibir?

  • Klaim dan Benefit Produk

Emina Lip Cushion memang terdengar unik dari namanya. Dari klaim yang tertera pada website maupun pada kemasan, Emina membuatnya cukup simpel namun tetap menarik.

Klaimnya yaitu Emina Lip Cushion memberikan cara yang menyenangkan untuk mempercantik tampilanmu. Teksturnya yang velvety dapat memberikan warna yang intens namun tetap terasa ringan pada bibir.

Tapi kalau mengunjungi toko online official dari Emina Cosmetics, kamu akan mendapatkan klaim yang lebih spesifik seperti berikut.

  1. Aplikator cushion yang unik, cocok untuk membuat gradient-lip
  2. Memberikan hasil akhir matte dan tekstur velvety yang tidak lengket, ringan, dan membuat bibir terasa halus
  3. Formula tahan lama hingga 8 jam
  4.  Dengan kandungan Vitamin E yang membuat bibir lembab dan tidak kering
  • Cara pemakaian

Sebenarnya tidak ada petunjuk pemakaian produk ini baik tertulis pada kemasan maupun pada website resmi Emina. Tapi kalau melihat dari bentukannya, kamu mungkin bisa menebak sendiri bagaimana penggunaan produk ini. Saya sendiri menggunakannya seperti berikut:

  1. Tekan bagian badan produk hingga isinya keluar
  2. Lalu ulaskan pada bibir
  3. Ratakan menggunakan cushion yang tersedia
  • Fun Fact

Seperti yang saya bilang, Emina Lip Cushion sama sekali tidak memiliki cara pemakaian yang tertulis. Tetapi, ternyata produk ini memiliki tagline khusus ketika diluncurkan yaitu #poppopswipe. Tagline tersebut sebenarnya berhubungam dengan cara pemakaiannya, lho.

Ketika akan digunakan, kamu perlu menekan badan tube Lip Cushion hingga cairan lip cushion pop keluar. Kalau masih belum keluar, tinggal pop lagi saja. Kemudian aplikasikan langsung dengan cara di-swipe pada bibir dan ratakan dengan bantuan cushion yang merekat.

Kemasan

Review Emina Lip Cushion_Aplikator (Copy)

At first glance, produk ini terlihat seperti produk-produk lip gloss dan lip tint karena dikemas dalam tube ulir kecil dengan cap setengah oval. Kemasan yang imut dan akan mengingatkanmu pada pasta gigi mini.

Ukuran tube sangat travel friendly dengan panjang yang kurang dari 9 cm, sementara berat isi di dalamnya hanya 9 gram. Semua bagian tube terbuat dari material plastik yang reflektif. Hanya saja, bagian badan tube memiliki material plastik yang lebih luwes dibandingkan cap. Hal ini dimaksudkan agar isi produk mudah dikeluarkan.

Dan yang menjadi highlight tentu saja bagian bantalan spons berwarna putih yang tertempel pada lubang keluar. Inilah yang menjadikan produk disebut Lip Cushion. Aplikator bantalan spons ini terasa lembut ketika menyentuh bibir dan akan meratakan cairan yang keluar dari lubang tengah spons secara instan.

Ingredients

Review Emina Lip Cushion_ingredients (Copy)

Full Ingredients

Cyclopentasiloxane, Diisostearly Malate, Kaolin, Bis-Digylceryl Polyacyladipate-2, Dimethicone Crosspolymer, Phenyl Trimethicone, Hydrogenated Lecithin, Hydrogenated Polyisobutene, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Polyethylene, Silica Silylate, Aluminum Hydroxide, BHT, Tocopheryl Acetate, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Silica, Tocopherol.

Key Ingredients

  • Aluminum Hydroxide

Walau memiliki sedikit perbedaan formulasi dengan Emina Creammate, namun Lip Cushion memiliki key ingredients yang hampir serupa dengan Creammate. Dan salah satunya adalah Aluminium hidroksida yang berfungsi sebagai penguat pigmen warna pada produk agar warna yang payoff pada bibir bisa lebih tegas dengan tingkat opasiti tinggi.

  • Tocpheryl Acetate dan Tocopherol

Kandungan vitamin E yang digunakan Emina juga masih sama pada produk Lip Cushion ini, yaitu tokoferil asetat dan tokoferol. Keduanya sangat baik dalam mengurangi flaking dan memperbaiki kekenyalan kulit. Jadi tidak akan ada ceritanya deh bibirmu menjadi kering setelah menggunakan produk ini.

Impresi

Setelah mengetahui bahan-bahannya, kini beralih ke impresinya. Di sini Saya akan memberikan pendapat tentang produknya, mulai dari tekstur, wewangiannya, hingga swatch di bibir saya.

  • Tekstur

Review Emina Lip Cushion_ Swatch (Copy)

Sejak pertama kali di-pop agar cairan di dalamnya menyembul keluar, saya cukup terkejut ketika mendapati tekstur produk yang cukup thick. Kekentalannya satu level lebih rendah dari pasta namun tindak se-encer lip cream.

Saya baru menemukan produk pewarna bibir dengan tekstur seperti ini. Walaupun begitu, produk tetap mudah diratakan kok dengan bantuan spons aplikatornya.

  • Wangi

Kalau bicara dari aromanya, Emina Lip Cushion juga memiliki aroma vanila lembut yang cukup manis dan tidak sama sekali menyengat. Bahkan saya tidak merasakan kesan fake dari produk ini, tidak seperti saudaranya Creamatte yang masih terasa wangi sintetisnya.

Selain aroma vanila, saya juga membayangkan aroma es krim coklat kala menghirup bau produk. Pokoknya, aromanya mengingatkan saya pada dessert yang manis.

  • Swatch

Review Emina Lip Cushion_swatch 1 (Copy)

Jujur, saya cukup penasaran dengan shade (05) Squash it Up. Karena shade ini paling sulit dibayangkan bila harus menebak dari namanya saja, tak seperti shade lainnya.

Hal yang ada di benak saya ketika membayangkan ‘Squash’ adalah sejenis minuman sirup dan juga salah satu nama tumbuhan. Keduanya memang punya tone warna yang hampir serupa yaitu oranye. Tapi, sepertinya bukan itu yang menjadi alasan shade ini dinamakan Squash it Up.

Saat diulaskan pada bibir, saya mendapatkan tampilan warna coklat tua dengan hint pink dari shade ini. Tone yang lumayan deep juga melengkapi warna yang payoff. Sehingga cukup baik dalam menutupi ketidakmerataan warna bibir. Dan sesuai dengan klaimnya, produk ini memberikan tampilan akhir velvety matte yang smooth.

Shade Squash it Up! (05) juga cukup saya rekomendasikan bila kamu memiliki kulit sawo matang. Shade ini akan berpadu baik dengan warna kulit bahkan membuat kulitmu tampak lebih cerah.

Satu lagi yang cukup saya favoritkan dari Emina Lip Cushion. Ketika diulaskan pada bibir, produk ini memberikan hasil coverage yang sheer to full pada bibir. Bisa disesuaikan dengan preferensi-mu. Inilah mengapa Emina Lip Cushion bisa digunakan untuk gradient lips. Karena intensitas coverage-nya bisa diatur sesuai keinginan. Keren, banget!

Performa dan Daya Tahan

Review Emina Lip Cushion_performa 1 (Copy)

Karena memiliki tingat opasiti yang bisa diatur, ketahanannya pun akan bergantung pada aktivitas yang kamu lakukan. Saya menggunakan produk ini dengan coverage sheer dan full. Keduanya memberikan hasil berbeda.

Coverage sheer hanya menawarkan ketahanan produk  3-4 jam bila dibarengi dengan makan dan minum. Tanpa sisa stain apapun alias bersih. Mungkin hanya menyisakan sedikit pada bagian line bibir saja.

Tetapi ketika saya menggunakan lip cushion ini dengan full coverage, ketahanannya menjadi semakin baik yaitu 5-6 jam bila dibarengi makan serta minum dengan masih terdapat sisa stain pada bibir. Kalau mencoba layering, kemungkinan akan memberikan daya tahan lebih tinggi lagi. Sayangnya, saya sama sekali tidak mencoba metode layering ketika menggunakan Emina Lip Cushion.

Walau tidak transfer-resistant, tapi produk ini tidak terlalu banyak meninggalkan noda bila terkena alat makan. Sama seperti kemampuan smudge-nya yang juga so-so. Meski demikian, perubahan terbesar akan didapatkan bila kamu memakan makanan berat. Walau tak masalah sih, karena kamu masih bisa touch up.

Emina Lip Cushion juga terasa ringan dan tidak membuat bibir menjadi kering. Saking ringannya, bahkan ketika menggunakan tampilan full lips sekalipun kamu tidak merasa seperti menggunakan lipstik. Benar-benar ringan.

Tips dan Trik

Review Emina Lip Cushion_1 (Copy)

Ingat pengalaman saya yang kaget ketika mendapati Emina Lip Cushion memiliki tekstur yang thick untuk ukuran perona bibir? Yap, ternyata produk ini sebaiknya di-shake terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada bibir.

Entah mengapa formulasinya tidak begitu menyatu dengan baik. Tapi saya sarankan, bila ingin mendapatkan konsistensi cairan yang pas dan nyaman diaplikasikan, sebaiknya tube dikocok terlebih dahulu.

Emina Lip Cushion ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk bibir, lho. Kamu juga dapat menggunakannya sebagai emergency blush on ataupun eye shadow. Seolah-olah menjadikannya produk 3 in 1.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Emina Lip Cushion_2 (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Emina sudah bukan brand yang asing lagi di Indonesia. Kamu akan mudah menemukannya. Kalau kamu pergi ke supermarket, ada kemungkinan produk-produk Emina dipajang pada etalase.

Apalagi bila kamu mencarinya secara online. Kamu bisa mendapatkan produk ini di berbagai e-commerce. Karena toko official Emina juga kini sudah hadir di berbagai e-commerce. Bahkan, Emina baru saja meluncurkan official E-store, lho.

Untuk harga Emina Lip Cushion sendiri berkisar antara 40-50 ribuan. Bahkan banyak toko yang memberikan diskon pada produk ini, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih miring lagi. Kalau tidak percaya, kamu bisa cek lewat link yang telah disediakan.

Kesimpulan

Review Emina Lip Cushion_3 (Copy)

Bila ditanya apakah saya jatuh cinta dengan Emina Lip Cushion, harus saya katakan bahwa saya cukup jatuh cinta. Selain membuat saya merasakan sensasi menggunakan perona bibir yang unik dan berbeda, tingkat coverage maupun shades produk yang saya ulas ini sangat cocok dengan keadaan bibir dan kulit saya. Cakep banget pokoknya!

Pros

  • Opasiti warna bisa sesuai preferensi
  • Ukuran travel friendly
  • Kemasan unik
  • Ketahanan bergantung tingkat warna dan aktivitas
  • Tidak membuat bibir kering
  • Terasa ringan pada bibir

Cons

  • Tekstur cukup thick, jadi lebih baik mengocok tube terlebih dahulu sebelum mengulaskannya pada bibir
  • Tidak transfer-proof maupun smudge-proof, namun tidak banyak menodai alat makan

Overall, produk ini sangat unik dengan performa yang cukup baik. Produk ini bisa kamu gunakan untuk tampilan gradient maupun full lips dengan formulasi yang super ringan dan tidak terasa kering. Dan untuk tetap tampil on-fleek, jangan pernah ragu untuk mengulaskannya kembali ketika mulai pudar.

Emina Lip Cushion juga pilihan tepat untuk kamu gunakan sehari-hari. Punya pengalaman yang serupa dengan saya? Jangan ragu untuk berbagi dengan Kamini di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *