kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Bibir / Review Emina Lip Mask Menjadikan Bibir Halus Tanpa Flaky

Review Emina Lip Mask Menjadikan Bibir Halus Tanpa Flaky

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 Desember 2020

Permasalahan bibir kering apalagi ditambah dengan flaky bukanlah hal yang mudah untuk ditangani bagi banyak orang. Bibir kering bukan hanya mengganggu penampilan, namun juga dapat menjadi pertanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan.

Setahu saya, pemilik bibir kering harus menjadikan lip balm atau produk pelembab bibir lain sebagai holy grail-nya. Tidak boleh ada waktu dimana bibir dibiarkan kering. Bahkan kala tidur sekali pun. Oleh karena itu, mengoleskan pelembab bibir kala tidur juga perlu dilakukan oleh pemilik bibir kering.

Untungnya, kini sudah banyak produk khusus yang didesain dan diformulasikan untuk memberi kelamban ketika kita tidur. Produk ini merupakan alternative yang sangat baik bila kamu tidak begitu bersahabat dengan lip balm ketika tidur. Produk yang saya maksud adalah lip mask.

Produk satu ini sempat digandrungi karena disebut-sebut memberikan perubahan signifikan pada bibir kering. Beberapa tahun silam, Laneige Lip Sleeping Mask sempat menjadi most wanted lip mask karena kualitasnya. Sayangnya, produk ini dinilai cukup overpriced bagi sebagian orang di Indonesia.

Nah, kabar baiknya, brand kecintaan wanita muda Indonesia, Emina, mengeluarkan produk dengan konsep serupa dengan Laneige Sleeping Mask pada tahun 2019. Nama produk tersebut adalah Emina Lip Mask.

Tentang Produk

Emina Lip Mask merupakan jawaban yang diberikan Emina atas keinginan para beauty junkies Indonesia yang mendambakan produk lip mask dengan harga terjangkau.

Produk ini diperkenalkan Emina pada Agustus tahun 2019 sebagai overnight sleep skincare yang spesifiknya bermanfaat untuk menutrisi bibir. Lip mask ini juga sudah diformulasikan dengan sangat baik menggunakan bahan-bahan yang aman sehingga tidak perlu diragukan lagi safety-nya.

Selain itu, Emina Lip Mask merupakan satu-satunya produk lip mask yang diproduksi oleh PT Paragon Technology and Innovation. Bahkan sister brand Emina yaitu Wardah pun belum memiliki produk khusus overnight lipcare seperti ini. Tak heran, sejak pertama kali diperkenalkan, produk ini langsung diserbu masyarakat Indonesia.

Klaim dan Benefit

Lip mask dari Emina ini diklaim memiliki 7 macam minyak alami dalam formulasinya dan berkombinasi dengan shea butter yang akan memberikan kelembaban ekstra pada bibir. Masker ini juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan menjadikan bibir terasa kenyal.

Cara Pemakaian

Kalau lip mask merupakan produk overnight lipcare pertamamu, sebaiknya kamu membaca dengan seksama cara pemakaian yang tersedia pada kemasan produk. Hal ini bertujuan demi menghindari pemakaian keliru yang malah mengantarkan pada masalah lain contohnya adalah belepotan. Jangan sampai! Langkah pemakaian Emina Lip Mask ini cukup simple kok.

Pertama kamu hanya perlu memastikan bahwa bibirmu sudah bersih dari kotoran maupun sisa lipstick apapun. Jadi usahakan untuk membersihkan bibir terlebih dahulu. Barulah kamu dapat mengaplikasikan produk ini secukupnya pada bibir. Ingat. Secukupnya. Setelah itu, bawalah tidur dan hapus keesokan paginya menggunakan kapas secara perlahan hingga masker terangkat semuanya.

Fun Fact!

Banyak yang mengatakan bahwa Emina Lip Mask merupakan dupe dari Laneige Lip Sleeping Mask, lho. Percaya atau tidak, kamu mungkin akan menemukan ulasan-ulasan dari pengguna akan hal tersebut. Saya sebenarnya tidak mau membandingkan, namun, saya rasa Emina memang berniat untuk memberikan kita produk dengan kualitas sama seperti Laneige Lip Sleeping Mask dengan harga yang lebih bersahabat.

Sehingga kita—para pecinta produk ramah kantong—tetap bisa merasakan performa yang sama seperti menggunakan Laneige Lip Sleeping Mask. Apakah kamu setuju bila Emina Lip Mask disebut dupe dari Laneige Lip Sleeping Mask?

Kemasan

Review Emina Lip Mask_2 (Copy)

Produk ini dikemas dalam jar plastik twist-cap yang kokoh berwarna baby pink. Kemasan ini mengingatkan saya pada Laneige Lip Sleeping Mask size 3 g yang merupakan gift product. Tentu saja bila dibandingkan dengan kemasan Laneige Lip Sleeping Mask 20 g, kemasan produk ini sama sekali tidak unggul. Namun bila mengingat harganya yang way cheaper dari Laneige Lip Sleeping Mask 20 g, saya bisa menerima kenyataan ini.

Emina Lip Mask memiliki bobot bersih 9 g yang cukup banyak untuk ukuran lip mask dengan harga terjangkau. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan curved spatula yang berfungsi sebagai aplikator dan memudahkan kita untuk mengambil dan mengulaskan produk pada bibir.

Spatula ini juga berfungsi untuk menjaga produk lip mask dalam kemasan higienis, mengingat bila langsung diambil menggunakan jari tangan ada kesempatan produk terkontaminasi kotoran atau bakteri yang tak kasat mata pada tangan.

Oh iya, selain jar utama, produk ini juga memiliki box luar dengan desain menggemaskan, fun, dan sangat youthful. Box luar ini juga menggunakan base color baby pink sama seperti jar di dalamnya. Pada box sudah tertera imprint logo Emina, nama produk, klaim, ingredients serta cara penggunaan produk. Pokoknya, informasi yang tertera pada box sangatlah lengkap. Pasalnya, informasi-informasi tersebut tidak akan ditemukan pada jar di dalamnya, kecuali logo emina dan nama produk Lip Mask.

Ingredients

Full Ingredients

Hydrogenated Polyisobutene, Diisostearyl Malate, Shea Butter (Butyrospermum Parkii), Phytosteryl/​Isostearyl/​Cetyl/​Behenyl Dimer Dilinoleate, Microcrystalline Wax, Polybutene, Ethylene/​Propylene/​Styrene Copolymer, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Polyethylene, Euphorbia Cerifera (Candelilla) Wax, Phenoxyethanol, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Ethylhexylglycerin, Fragrance, Ozokerite, Glycine Soja (Soybean) Oil, Butylene/​Ethylene/​Styrene Copolymer, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Bisabolol, BHT, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Fucus Vesiculosus Extract, Triticum Vulgare (Wheat) Bran Extract, Linoleic Acid, Tocopherol, Aluminum Hydroxide, Ci 77891, Ci 15850, Ci 47005

Key Ingredients

  • Shea Butter (Butyrospermum Parkii)

Bahan ini memang sering digunakan pada produk kosmetik. Shea butter dapat bertindak sebagai emollient alias jenis pelembab yang menenangkan kulit dan menghaluskan kulit yang kasar. Tak hanya itu, shea butter juga menawarkan manfaat proteksi pada kulit sambil menyediakan antioksidan.

  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol

Salah satu sumber antioksidan lainnya dalam Emina Lip Mask tentu datang dari kandungan totoferil asetat dan tokoferol di dalamnya. Kandungan antioksidan ini dapat memberikan hidrasi pada kulit bibir sekaligus menjaganya serta menyediakan perlindungan terhadap bahaya lingkungan seperti sinar UV atau radikal bebas.

  • Persea Gratissima (Avocado) Oil

Kalau bahan yang satu ini berfungsi sebagai occlusive alias bahan pelembab yang dapat mencegah kulit kehilangan kelembaban karena kandungan asam lemak di dalamnya. Selain itu, minyak alpukat juga dapat melembutkan, menghaluskan serta menenangkan kulit. Kandungan ini juga kaya akan kandungan antioksidan alami seperti vitamin A, C, D dan E.

  • Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract

Ekstrak bunga chamomile dalam produk ini menawarkan manfaat anti-inflamasi dan menenangkan kulit. Manfaat ini yang menjadikan ekstrak bunga chamomile aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.  Bahan ini bahkan dapat membantu menguatkan manfaat antioksidan dari Emina Lip Mask.

  • Bisabolol

Bisabolol dapat mengurangi tampilan kulit yang kering dengan menghilangkan pengelupasan sel-sel kulit mati dan mengembalikan kekenyalan kulit.

  • Fucus Vesiculosus Extract

Ekstrak yang diambil dari jenis alga coklat ini juga bersifat antioksidan, lho. Bahkan karena focus vesiculosus extract memiliki kandungan mineral dan asam amino, memungkinkannya dapat memberikan hidrasi pada kulit.

Impresi

Ketika membuka kemasan produk, ada satu impresi yang membuat saya takjub dari produk ini. Penasaran apa impresi yang saya maksud? Simak terus ya!

Tekstur

Review Emina Lip Mask_warna dan tekstur (Copy)

Ketika mengambil produk dalam jar, teksturnya mengingatkan saya pada pudding. Solid namun lembut ketika di-scoop. Lip Mask dari Emina ini memiliki testur buttery yang soft dan meleleh ketika diulaskan pada bibir. Produk ini tentu saja tetap memiliki spreadability yang baik sehubungan dengan fungsinya sebagai masker.

Lip mask ini terasa seperti lip gloss yang sedikit tebal bagi saya. Kental namun tidak terasa heavy sama sekali. Akan tetapi, produk ini terasa cukup lengket apalagi bila terkena area kulit yang lain. Akan semakin terasa sticky. Memang sticky yang dimaksud tidak seperti lem, tapi saya tidak begitu menyukai produk yang lengket.

Aroma

Impresi inilah yang mengejutkan saya dari Emina Lip Mask. Bahkan ketika saya belum membuka jar produk, aroma semangka yang menyegarkan sudah memanjakan hidung saya. Benar saja, ketika melihat pada ingredients list, ‘fragrance’ ternyata masuk dalam formulasinya.

Saya sebenarnya tidak begitu khawatir dengan kandungan ini karena kulit saya bukanlah kulit yang sensitif pada kandungan pewangi. Meski begitu, saya tetap was-was karena khawatir bila kandungan fragrance ini terlalu banyak dan malah memberikan kesan menyengat berlebihan kala produk diaplikasikan pada bibir.

Tapi ternyata, untuk saya pribadi, aroma semangka dari Emina Lip Mask sama sekali tidak mengganggu hidung saya bahkan ketika tertidur. Aroma yang dilepaskan tetap lembut dan tidak terasa fake. Selain itu, karena saya penggemar fruity scent, saya cukup senang ketika mendapati aroma dari Emina Lip Mask ini.

Warna

Lip mask dalam jar ternyata memiliki warna lebih deep dibandingkan warna kemasannya. Tetapi, ketika diaplikasikan warna ini akan berubah menjadi semi-transparan dengan sentuhan baby pink. Meski sejgujurnya saya tidak begitu menyukai pewarna bibir pink—tapi tak apa—ini hanya dipakai untuk tidur.

Aplikasi

Saat pertama kali mengaplikasikan saya merasa seperti menggunakan gel pelembab pada bibir. Bedanya produk ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengering. Tidak, produk ini sama sekali tidak akan mengering pada bibir walau digunakan sebelum tidur dan dibiarkan hingga keesokan paginya.

Uniknya, produk ini tidak sama sekali messy pada bibir hingga pagi hari. Mungkin posisi tidur saya yang tidak begitu aktif juga membuat produk tetap pada tempatnya dengan baik. Hehe

Selama pemakaian, saya sama sekali tidak merasa produk ini heavy. Meski memang terasa cukup sticky dan greasy. Tentu saja efek glossy dari produk ini juga sangat ketara. Tapi wajar sih, lip mask sepertinya memang didesain seperti ini.

Performa

Pemakaian hari pertama Emina Lip Mask cukup membuat saya terkesan karena dengan baik menyingkirkan cukup banyak sel-sel kulit mati pada bibir saya yang kering. Bibir saya juga terasa lebih halus dan lembut setelah pemakaian. Meski begitu, saya tidak merasa bibir terasa lembab setelah menggunakan produk ini pada hari pertama.

Begitu pula dengan pemakaian ketiga, perubahan drastis yang saya rasakan pada bibir adalah hilangnya sebagian besar sel-sel kulit mati yang menjadi biang keladi tekstur kasar dan flaky pada bibir . Tiap kali bangun setelah menggunakan Emina lip mask, saya selalu merasa bibir menjadi halus dan lembut. Tampilan fine lines yang semula mengganggu tampilan bibir kering juga mulai berkurang. Bibir juga menjadi terasa cukup plump.

Tapi lagi-lagi saya belum bisa merasakan efek melembabkan apapun dari Emina Lip Mask ini. Mungkin bila digunakan dalam jangka waktu yang lama saya baru bisa merasakan perubahan dalam aspek moisturizing ini.

Oh iya, karena saya termasuk orang yang gemar membaca ingredients list, saya akan dengan senang mengatakan bahwa produk ini tidak memiliki kandungan alkohol yang bisa menjadi issue of concern bagi beberapa orang. Jadi, jangan khawatir produk ini akan menyebabkan kulit menjadi semakin kering, ya!

Tips dan Trik

Tips dari saya pribadi untuk kamu yang ingin menggunakan Emina Lip Mask ataupun lip mask sejenis, cukup gunakan jumlah produk hingga tampilan bibir seperti tampak tengah memakai lip balm saja. Hal ini demi menghindari messy dan menghindari stain berlebihan pada bantal atau selimutmu ketika tertidur. Teknik ini juga dapat meminimalisir rasa lengket dari produk lip mask. Sehingga tidur cantikmu tidak akan begitu terganggu.

Selain itu, saya sangat tidak merekomendasikan posisi tidur tengkurap bila menggunakan produk lip mask. Tentu saja ini demi menghindari produk lip mask yang akan transfer pada bantal. Tak mau kan kalau harus mencuci bantal tiap kali memakai lip mask? Hihi. Posisi ini juga akan mengurangi kemampuan lip mask untuk menutrisi dan memperbaiki tampilan bibir yang kering.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Emina Lip Mask_kemasan (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Emina Lip Mask dibanderol dengan harga yang jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan Laneige Lip Sleeping Mask yaitu sekitar Rp30.000 saja. Dengan ukuran 20 g dan pemakaian secukupnya, produk ini akan habis dalam jangka waktu yang cukup lama kok. Selain itu, kamu juga tidak akan kesulitan untuk mencari produk ini. Baik over-the-counter maupun online, produk ini sudah banyak tersebar dan akan mudah untuk dicari.

Kesimpulan

Review Emina Lip Mask_00 (Copy)

Begitulah petualangan saya mencoba Emina Lip Mask yang merupakan lip mask pertama saya. Produk ini secara keseluruhan membuat saya puas dengan manfaat dan performa yang ditawarkan, terutama dalam menuntaskan masalah kulit kering dan flaky. Top, pokoknya!

Pros

  • Melembutkan dan menghaluskan bibir
  • Membuat bibir cukup plump
  • Memperbaiki flaky
  • Affordable
  • Memiliki aplikator spatula yang menjadikannya lebih higienis
  • Aroma semangka yang menyegarkan dan tidak menyengat
  • Alcohol-free
  • Tidak heavy

Cons

  • Cukup terasa lengket, namun tidak lengket seperti lem. Kalau digunakan secukupnya, kesan sticky ini dapat diminimalisir.
  • Belum terasa efek melembabkannya, namun bila digunakan secara berkelanjutan mungkin akan terasa.

Merawat bibir yang kering memang seharusnya tidak berhenti bahkan ketika tidur sekalipun. Sehingga menggunakan produk pelembab bibir ketika tidur juga penting untuk mengurangi masalah tersebut. Untungnya, kini sudah banyak produk khusus yang diformulasikan untuk kondisi ini dan salah satunya adalah Emina Lip Mask.

Emina Lip Mask adalah produk yang dapat kamu coba bila ingin merasakan manfaat lip mask tanpa perlu merogoh kocek yang terlalu tinggi. Produk ini benar-benar hadir untuk masyarakat Indonesia, tapi tetap menyediakan kualitas bak produk internasional. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram