Review Emina Poppin' Matte Lip Cream, Kemasan Menggemaskan

Kalau kamu seorang Beauty Bestie (nama panggilan fans Emina) pasti sudah tahu dengan produk lip cream terbaru yang dirilis Emina di bulan Oktober 2021. Kelahirannya ini langsung menggemparkan dunia kecantikan Indonesia, karena akhirnya, Emina kembali merilis produk terbaru dari lini perona bibirnya. Yup, benar! Produk ini bernama Emina Poppin' Matte.

Kebetulan, karena sebelumnya saya juga pernah mereview produk-produk lip cream milik Emina seperti Creamy Tint, Lip Cushion hingga Creamatte, tentu saya juga nggak mau ketinggalan untuk mengulas Emina Poppin’ Matte. Adakah yang membedakan lip cream ini dengan yang sebelumnya? Cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel ini, yuk!

Tentang Produk

Review Emina Poppin Matte__

Emina Poppin’ Matte Lip Cream adalah lip cream bertekstur creamy dengan hasil akhir matte. Dilengkapi dengan film former dan volatile oil yang dapat menjaga lip cream agar tetap tahan lama hingga 12 jam. Formulanya terasa ringan, nggak lengket dan nyaman untuk digunakan sepanjang hari. Emina Poppin’ Matte tersedia dalam 5 shades yang pop out di bibir.

Klaim dan Benefit

Review Emina Poppin Matte_klaim_

Berikut ini adalah beberapa klaim dari Emina Poppin' Matte Lip Cream:

  • Set dengan cepat
  • Ringan dan nggak lengket
  • Tahan dari 7 pagi – 7 malam (12 jam)
  • Transferproof

Cara Pakai

Karena saya nggak menemukan cara pakai Emina Poppin Matte pada kemasannya, akhirnya saya mencoba mengunjungi official website milik Emina. Dan untungnya, pada website tertulis langkah-langkah penggunaan produk ini seperti berikut:

  1. Lakukan eksfoliasi bibir dan lanjutkan dengan pengunaan lip balm untuk melembabkan
  2. Aplikasikan Emina Poppin Matte Lip Cream pada bibir menggunakan aplikator secara merata
  3. Tunggu lip cream set untuk mendapatkan hasil yang tahan lama
  4. Bersihkan produk dengan mudah menggunakan makeup remover

Kamu juga bisa membaca cara memakai lip cream yang benar bila nggak mau lip cream tampak belepotan pada bibir.

Kemasan

Review Emina Poppin Matte_kemasan_

Bukan Emina namanya kalau nggak punya tema kemasan yang youth dan cheerful. Emina Poppin’ Matte sendiri punya kesan sangat ceria dengan pemilihan warna-warna bright yang kontras pada kemasan tiap shade-nya. Shade yang saya pilih sendiri yaitu 04 Snatched, punya kemasan dus berwarna dasar biru muda dengan aksen berwarna kuning, putih dan merah bata.

Desain kemasan dus Emina Poppin' Matte sangat mencolok dengan konsep retro yang tetap menggemaskan dan tentu saja muda. Ketika perilisannya pun salah satu aspek yang menarik perhatian produk ini adalah kemasannya. Pada bagian dus ini tentu sudah terdapat informasi seputar klaim, nomor BPOM, label halal, dan ingredients list.

Berbeda den penggunaangan kemasan dus yang cenderung ramai, desain tube di dalamnya terbilang cukup simple dengan hanya mengadaptasi grafis nama produk. Tabung plastik kokoh dengan panjang 8.5 cm ini diwarnai dengan representatif shade lip cream.

Saat melihat bagian tabung, saya baru menyadari bahwa warnanya sama dengan grafis kata ‘Poppin’ dan bubble chat yang menunjukkan nomor shade produk pada bagian dus luar. Detail tersembunyi ini hampir terlewatkan karena fokus saya teralihkan oleh grafis dan perpaduan warna mencolok yang menghiasi dus.

Kembali ke bagian tabung, aplikator yang digunakan Emina pada lip cream ini cenderung pipih tanpa adanya lekukan sama sekali. Meski doe-foot dinilai lebih presisi dibandingkan jenis aplikator ini, saya nggak merasa terganggu, kok, saat mengulaskan produk. Aplikator ini tetap nyaman digunakan dan bisa menampung lip cream dalam jumlah yang cukup.

Ingredient List

Review Emina Poppin Matte_ingredients_

Apa saja bahan-bahan yang menunjang performa Emina Poppin' Matte Lip Cream ini? Untuk mengetahui jawabannya, simak ingredients list berikut!

Full Ingredients

Isododecane, Cyclohexasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Hydrated Silica, Disteardimonium Hectorite, Silica Dimethyl Silylate, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Tocopherol.

May Contain : CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 15850:2, CI 15850:1, CI 15850, CI 77499.

Key Ingredients

  • Cyclohexasiloxane dan Trisiloxane

Masih ingat kalau Emina mengklaim bahwa Poppin' Matte dilengkapi dengan ‘volatile oil’? Sepertinya yang sebenarnya dimaksud adalah volatile silicone.

Baik cyclohexasiloxane dan trisiloxane merupakan cairan silikon bersifat volatile (mudah menguap) yang memberikan sensasi halus dan non-greasy dari produk lip cream ketika diaplikasikan pada bibir. Kedua bahan ini punya spreadability yang baik tanpa meninggalkan residu berminyak.

  • Trimethylsiloxysilicate

Menurut klaim, Emina Poppin’ Matte juga punya kemampuan transferproof yang tampaknya datang dari kandungan trimethylsiloxyxilicate. Bahan ini merupakan resin padat silikon yang dapat membentuk lapisan khusus pada permukaan bibir. Lapisan ini membuat formulasi produk menjadi lebih tahan lama dan tahan air.

  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol

Salah satu bahan yang umum ditambahkan dalam formulasi produk kosmetik adalah vitamin E, baik berupa tocopheryl acetate maupun tocopherol. Meski bukan bentuk murni vitamin E, keduanya tetap menawarkan manfaat antioksidan, yang mana dalam produk ini sangat membantu memperbaiki tampilan bibir yang kering.

  • Aluminum Hydroxide

Satu lagi bahan yang menurut saya cukup esensial dalam formulasi Emina Poppin’ Matte yaitu aluminium hidroksida. Meski seringnya ditemukan dalam produk sunscreen, nyatanya bahan satu ini juga bisa ditemukan dalam produk-produk kosmetik berwarna, termasuk lipstik.

Bentuk stabil dari alumunium ini bisa berfungsi sebagai opacifying agent, bahan yang bisa membuat warna produk menjadi lebih opaque. Dalam Emina Poppin' Matte sendiri, tampaknya aluminium hidroksida punya peran baik pada pigmentasi warna dari produk.

Impresi

Sampai juga pada pembahasan impresi. Yuk, kita buktikan apakah Emina Poppin Matte ini meninggalkan impresi yang baik dari segi tekstur, aroma hingga feels-nya ketika diaplikasikan langsung pada bibir!

Tekstur

Review Emina Poppin Matte_tekstur_

Karena sebelumnya saya pernah mereview produk lip cream dari Emina lainnya seperti Lip Cushion, Creamatte dan Creamy Tint, saya pun mencoba membandingkan tekstur Poppin’ Matte dengan tiga saudarinya tersebut.

Walau sama-sama bertekstur creamy, ternyata Poppin Matte lebih encer dibandingkan Creamy Tint dan Lip Cushion, namun lebih kental dibanding Creamatte. Tekstur Poppin' Matte juga tetap ringan dan mudah disebarkan ke seluruh permukaan bibir dengan waktu set sekitar 1 menit saja.

Aroma

Awalnya saya mengira Emina Poppin' Matte nggak mengandung pewangi, karena ia nggak mengeluarkan aroma khusus yang pleasing bagi hidung. Tapi pada ingredients list tertera ‘fragrance’ yang berarti Emina tetap memformulasikan produk ini dengan pewangi tambahan.

Apapun jenis fragrance yang mereka pakai, produk ini nggak mengeluarkan aroma khusus selain aroma sintetis khas lip cream.

Shade dan Swatch

Review Emina Poppin Matte_aplikasi_

Emina Poppin Matte Lip Cream punya 5 shades warna yaitu 01 Lowkey, 02 To Be Honest, 03 Game On, 04 Snatched dan 05 Easy Peasy. Meski nggak terbilang banyak, tapi warna-warna ini bisa mencangkup semua skin tone Indonesia. Nah, karakter tiap warnanya sendiri adalah sebagai berikut:

  • 01 Lowkey: nude pink dengan sentuhan peach
  • 02 To Be Honest: perpaduan antara coklat dan pink
  • 03 Game On: oranye dengan sedikit sentuhan merah
  • 04 Snatched: merah dengan sentuhan oranye
  • 05 Easy Peasy: merah kecoklatan

Saya sendiri memilih shade 04 dalam review ini, karena dirasa merupakan salah satu warna yang aman dipakai untuk semua skin tone. Shade 04 Snatched memberikan tampilan warna merah dengan sentuhan oranye yang terkesan deep namun hangat, sehingga tetap match dengan skin tone medium dark saya.

Shade 04 Snatched sendiri sebenarnya agak formal untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari, tapi bila kamu suka tampilan bold yang tetap ramah, nggak ada salahnya untuk memilih shade ini. Selain untuk kegiatan yang cenderung formal, shade ini juga akan cocok digunakan untuk membuat ombre lips.

Oh iya, saya nggak membutuhkan banyak produk untuk menutupi semua permukaan bibir, lho. Satu kali celupan aplikator sudah lebih dari cukup untuk mewarnai seluruh permukaan bibir saya.

Hal ini mungkin terbantu juga dengan karakter shade 04 Snatched yang punya pigmentasi sangat baik. Seketika ketidakmerataan warna bibir saya bisa tertutupi menghasilkan bibir yang tampak dan terasa halus.

Setelah set, lip cream ini nggak memberikan kelembaban tambahan dan nggak juga bikin bibir kering. Tapi perlu hati-hati, kebetulan saat mengambil foto ini saya nggak maksimal melakukan eksfoliasi pada bibir, sehingga ada residu lip cream dan sel-sel kulit mati yang tertempel.

Jadi saran saya, bila ingin menggunakan produk ini, pastikan bibir dalam keadaan halus dan terbebas dari sel-sel kulit mati kering terlebih dahulu. Selain itu, karakter matte dari produk juga nggak bisa menyamarkan garis-garis pada bibir terlepas dari warnanya yang deep. Karena itu menurut saya, shade tertentu yang punya karakter light mungkin bisa bikin tampilan bibir tampak kering.

Baca juga: Cara Menghaluskan Bibir Kering, Kasar dan Berkerut

Performa dan Ketahanan

Review Emina Poppin Matte_performa_

Karena Emina mengklaim produk ini tahan dari pukul 7 pagi – 7 malam atau dengan kata lain ketahanannya hingga 12 jam, saya pun mencoba menguji ketahanan produk ini dengan pemakaian selama 12 jam.

Pada awal pemakaian, produk memang sangat baik menetap pada bibir. Gangguan air minum, masker kesehatan, hingga gosokkan tangan pun nggak mengguncang lip cream yang menempel. Makanan yang nggak terlalu berminyak pun bisa tertahankan dengan cukup baik.

Nah, kelunturan mulai terjadi saat saya mengonsumsi makanan berminyak. Ketahanan Emina Poppin Matte menurun drastis sejak saat itu. Lip cream yang awalnya bisa mempertahankan kelembaban bibir pun berbalik menjadi kering.

Karena itulah pada jam ke-6 pemakaian terlihat bahwa banyak sel-sel kulit mati yang terkelupas dari bibir saya. Kehitaman pada bibir saya pun mulai terekspos kembali.

Begitu pula dengan jam ke-12, selain sudah banyak produk yang menghilang, kekeringan pada bibir saya juga semakin tampak jelas. Walau bibir masih tampak berwarna, namun feels-nya sudah nggak terasa nyaman.

Maka dari itu, sebaiknya setelah mengonsumsi makanan berminyak, segera hapus sisa lip cream pada bibir dan oleskan lapisan baru untuk mempertahankan warna maupun kenyamanannya.

Tips dan Trik

Sebelumnya sudah saya singgung kalau sebaiknya kamu melakukan eksfoliasi terlebih dahulu sebelum menggunakan Emina Poppin' Matte ini, demi mencegah terbentuknya residu sel kulit mati yang menempel di bibir.

Selain membuat tampilan lip cream kurang on point, bibir yang kering juga akan menganggu sensasi pemakaian produk. Oleh sebab itu, lebih baik lagi bila kamu menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan produk ini.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Emina Poppin Matte_harga_

Kamu bisa mendapatkan Emina Poppin’ Matte Lip Cream melalui pembelian online ataupun dengan pembelian offline di supermarket maupun toko-toko terdekat. Produk berukuran 4.5 gram ini dibanderol dengan kisaran harga 37ribu hingga 45ribuan saja, lho.

Kesimpulan

Review Emina Poppin Matte_kesimpulan_

Selain hadir dengan desain kemasan retro yang menggemaskan, Emina Poppin’ Matte Lip Cream juga punya formulasi yang transferproof. Tekstur produk juga tetap ringan dan nggak lengket dengan waktu set yang cukup cepat. Shade 04 Snatced sendiri bisa menutupi ketidaksempurnaan bibir hanya dengan satu kali olesan.

Pros

  • Kemasan retro yang muda dan ceria, namun tetap menggemaskan
  • Meski aplikator bukan doe-foot, namun tetap nyaman digunakan
  • Transferproof dan waterproof, sehingga ketahannya cukup baik
  • Tekstur mudah diratakan, cepat set dan ringan
  • Shade 04 Snatched punya pigmentasi yang sangat bagus, aman digunakan semua skin tone dan cocok digunakan untuk ombre lips

Cons

  • Nggak memberikan kelembaban ekstra. Karena itu, sebaiknya lembabkan bibir terlebih dahulu sebelum menggunakan produk
  • Ketahanan langsung menurun ketika terekspos makanan berminyak, sehingga disarankan untuk touch up setelahnya

Demikianlah pengalaman saya menggunakan Emina Poppin Matte Lip Cream, apakah cukup menggugah kamu untuk mencobanya juga? Jawab melalui kolom komentar, ya!

Simak juga review produk Emina lainnya seperti Emina Clay Mask, Emina Bright Stuff Face Serum, Emina Beauty Bliss BB Cream, Emina Squeeze Me Up Browcara.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram