Review Emina Squeeze Me Up Browcara, Maskara Alis Praktis

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 Juni 2021

Kalau bicara soal makeup, nggak lengkap rasanya kalau nggak masukin produk untuk ngalis. Meski cukup banyak menghabiskan waktu, nyatanya alis yang rapi dan terisi bisa enhance tampilan to the next level.

Saya sendiri sebenarnya masih pemula dalam hal bikin alis dan masih sering mencari produk yang cenderung beginner-friendly. Makanya ketika mendengar brand Emina mengeluarkan lini makeup yang di dalamnya ada produk untuk ngalis, saya tentu nggak mau ketinggalan untuk cari tahu.

Produk yang dimaksud adalah Emina Squeeze Me Up Browcara. Produk ini adalah jenis maskara alis yang digunakan untuk mengisi sekaligus nge-set alis agar rapi dan tahan lama. Kira-kira, bagaimana performa produk ini? Baca terus review berikut ini, ya!

Tentang Produk

Review Emina Squeeze Me Up Browcara.

Squeeze Me Up merupakan lini makeup pertama dari Emina yang dikemas dalam konsep inovatif. Sesuai dengan namanya, lini ini punya konsep di mana semua produknya dikemas dalam squeeze-able tube yang handy, travel-friendly dan praktis digunakan.

Produk yang dirilis Emina dalam lini Squeeze Me Up sendiri ada Concealer, Lip Matte, Lip Glass, Mascara, dan Browcara. Semuanya dikemas dalam kemasan tube mini yang bisa dibawa kemanapun dengan mudah. Kalau kamu suka travelling, Emina Squeeze Me Up sangat layak dicoba untuk menemani perjalananmu.

Klaim dan Benefit

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_klaim

Bila menginginkan tampilan alis tebal dan rapi, Emina Squeeze Me Up Browcara layak untuk dilirik. Tekstur creamy yang datang dari perpaduan beeswax dan candelilla wax di dalamnya membuat produk sangat mudah untuk diaplikasikan sekaligus mampu menahan helaian rambut alis dengan sempurna.

Browcara ini juga punya formula yang smudgeproof dan water-resistant, sehingga tampilan alis akan tetap on-fleek dalam waktu yang cukup lama. Tinggal swipe and go! Alismu akan tampak rapi dan terisi seketika.

Fun Fact

Sebelumnya sempat saya bilang kalau Squeeze Me Up adalah lini makeup pertama dari Emina. Meski sebenarnya Emina sendiri sudah banyak mengeluarkan produk dekoratif lain, misalnya Cheeklit untuk produk blush dan Bare With Me untuk kompleksi, namun belum ada yang selengkap Squeeze Me Up. Makanya Emina sendiri mengklaim kalau Squeeze Me Up adalah lini makeup pertamanya.

Cara Pakai

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_cara pakai

Saat menggunakan Squeeze Me Up Browcara, Emina sangat menyarankan pengguna untuk nggak menekan aplikator. Cukup dengan sisiran halus saja, produk ini dapat mengisi kekosongan pada alis dan menjadikannya lebih rapi. Lebih jelasnya, cara pengaplikasian produk ini adalah sebagai berikut:

  1. Putar tutup kemasan dan ambil produk secukupnya
  2. Aplikasikan pada alis dengan cara disisir lembut dan perlahan
  3. Koreksi bila ada kesalahan menggunakan makeup remover atau concealer
  4. Diamkan beberapa saat sampai produk nge-set. Selesai, deh!

Kemasan

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_kemasan

“Squeezable tube for your playful vacay-day!”

Emina

Karena menjadi salah satu poin utama, kemasan jadi aspek utama yang diunggulkan Emina dalam Squeeze Me Up. Nggak heran, tagline-nya sendiri menggambarkan seperti apa produk-produk dalam lini ini dikemas.

Produk-produk Squeeze Me Up punya kemasan tube yang seukuran, dengan panjang sekitar 11,5 cm dan berat bersih antara 6-8 gram saja. Ukuran ini dijamin nggak menghabiskan banyak tempat di tas maupun pouch makeup, karena itu Squeeze Me Up akan sangat bersahabat buat dibawa bepergian.

Tube yang dipakai terbuat dari plastik yang soft, ringan dan bisa di-squeeze dengan mudah. Sementara pada bagian tutup yang dibuat ulir langsung tertempel aplikator dari produk.

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_aplikator

Karena Browcara merupakan maskara alis, aplikator-nya pun berupa spoolie brush. Tapi panjang bagian spoolie-nya seperti dipangkas jadi 1/3 ukuran spoolie brush reguler. Gemas, ya?

Untuk dus luarnya sendiri Emina masih mempertahankan ciri khas yang muda dan menggemaskan. Pada Squeeze Me Up Browcara, Emina menggunakan desain polkadot dengan warna dasar abu ber-hint coklat dan warna dot yang merepresentasikan shade dari browcara.

Ingredients List

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_ingredients

Emina Squeeze Me Up Browcara ini punya formulasi yang diklaim menunjang tekstur dan pengaplikasian produk. Selain datang dari kandungan berbagai jenis wax di dalamnya, ternyata ada bahan-bahan lain yang bikin produk ini berkualitas. Untuk tahu kandungan apa yang dimaksud, simak ingredients list produk ini, ya!

Full Ingredients

Aqua, Acrylates Copolymer, Butylene Glycol, Cera Alba, VP/Hexadecene Copolymer, Glyceryl Stearate, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Cetearyl Alcohol, Euphorbia Cerifera (Candelilla) Wax, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Phenoxyethanol, Aminomethyl Propanol, Magnesium Aluminum Silicate, Ammonium Polyacrylate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, CI 77499, CI 77492, CI 77491

Key Ingredients

  • Waxes

Emina mengklaim kalau tekstur creamy yang memudahkan pengaplikasian produk ini datang dari kandungan beeswax dan candelilla wax di dalamnya. Tapi, ternyata ada juga kandungan carnauba wax yang memperkaya tekstur Emina Squeeze Me Up Browcara. Selain bermanfaat dari segi tekstur, kandungan wax-wax ini juga berperan dalam menjaga helaian alis bebas kering.

  • Mineral Oil (Paraffinum Liquidum)

Kemampuan melembabkan lain dalam Emina Squeeze Me Up Browcara juga datang dari kandungan mineral oil. Bahan satu ini merupakan pelembab yang sangat baik terutama sebagai agen oklusif atau bahan yang mencegah hilangnya kelembaban dari suatu permukaan. Mineral oil juga punya sifat anti-iritasi, sehingga bersahabat baik bila digunakan pemilik kulit sensitif sekalipun.

  • VP/Hexadecene Copolymer

Kalau kamu bertanya-tanya bahan apa yang punya kemampuan water-resist dalam Emina Squeeze Me Up Browcara ini, jawabannya adalah VP/Hexadecene Copolymer. Bahan ini sudah lama digunakan dalam dunia kosmetik baik sebagai pendispersi maupun karena kemampuannya sebagai agen waterproof.

VP/Hexadecene Copolymer bahkan bisa membantu menjaga helaian rambut tetap pada posisinya dengan menghambat penyerapan kelembaban dari lingkungan.

Impresi

Setelah tahu apa saja kandungan dalam Emina Squeeze Me Up Browcara yang punya manfaat dan menunjang performa kualitas produk ini, saatnya mencari tahu langsung sensasi penggunaan produk ini pada alis!

Tekstur

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_tekstur

Emina Squeeze Me Up Browcara ini punya tekstur liquid yang cenderung watery, bukan creamy. Tekstur yang nggak terlalu kental dan membuat produk sangat mudah diratakan pada helaian alis. Tekstur ini juga bikin produk ringan saat digunakan. Tapi karena nggak terlalu kental, produk cukup memakan waktu untuk nge-set.

Meski begitu tekstur seperti ini memudahkan saya untuk mengoreksi alis kembali, ketika ada kesalahan saat pengaplikasian browcara.

Warna

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_warna

Browcara dari lini Squeeze Me Up milik Emina ini punya 3 shade yang bisa dipilih yaitu Clear, Woody dan Ashy. Shade Clear tentu nggak punya pigmentasi dan hanya berfungsi untuk merapikan serta nge-set alis agar tahan lama, sementara Woody dan Ashy punya pigmen warna yang bikin alis tampak lebih tebal dan terisi.

Karena saya memilih shade Woody dari Emina Squeeze Me Up Browcara, warna yang muncul adalah coklat tua. Sekilas warna ini mendekati hitam, namun bila dibandingkan dengan hitam, tampak jelas kalau Woody punya karakter cenderung coklat. Warna ini sebenarnya tetap bisa menyatu kok dengan alis hitam. Warna ini juga aman dipilih bagi kamu yang masih takut dengan maskara alis hitam.

Aplikasi

Review Emina Squeeze Me Up Browcara, Maskara Alis Praktis 9

Nah, selain produk yang sangat mudah meluncur pada tiap helaian alis, pigmen warna yang muncul juga cukup kentara. Sehingga ketika pengaplikasian, kamu nggak perlu menekan aplikator. Dengan sisiran lembut sekalipun, kekosongan pada alis akan terisi.

Oh iya, browcara ini sangat menunjang tampilan alis serat atau bushy brow, lho. Soalnya spoolie brush yang dipakai bisa bikin ilusi garis-garis rambut mengikuti helaian alis. Jadi selain rapi dan terisi, alis juga tetap tampak natural.

Performa dan Ketahanan

Selain mengujinya dengan pemakaian langsung, saya juga ngelakuin beberapa tes untuk mencari tahu ketahanan Emina Squeeze Me Up Browcara ini.

Smugde Test

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_smudge test

Masih ingat klaim dari Emina yang bilang kalau browcara ini smudgeproof? Ketika sudah nge-set total, produk memang sama sekali nggak geser, lho. Saya sendiri sengaja mengujinya dengan menggosok-gosokkan jari ke produk yang sudah nempel di kulit. Alhasil, nggak ada produk yang geser. Jadi bisa dibilang produk ini memang smudgeproof.

Water-Resistant Test

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_waterproof

Idealnya produk eye makeup memang harus punya ketahanan terhadap keringat, mengingat area sekitar mata biasanya cukup banyak memproduksi keringat. Browcara dari lini Squeeze Me Up milik Emina sendiri digadang-gadang punya ketahanan terhadap air yang cukup bagus, walau levelnya hanya water-resistant bukan waterproof. Maksudnya, browcara ini bisa tahan terhadap air sampai saat tertentu.

Saya yakin istilah 'water-resistant' sampai pada level dimana ketahanan suatu produk nggak akan terganggu hanya oleh keringat saja. Benar saja, ketika saya mencoba meneteskan air pada browcara Emina ini pun, produk nggak mengalami kelunturan sama sekali.

Berbeda halnya bila produk sudah terkena air atau keringat ditambah dengan adanya gesekkan, sebagian besar browcara langsung geser dan luntur. Karena itu ketika berkeringat, sebaiknya cukup tepuk-tepuk lembut tisu saja pada area alis agar produk nggak terlalu geser.

Namun bila ingin tampilan makeup alis tetap on-fleek, tinggal touch up saja. Lagipula Emina Squeeze Me Up ini sangat mudah dibawa kemana pun tanpa menghabiskan banyak tempat.

Longevity

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_performa

Walau sebenarnya Emina Squeeze Me Up Browcara sangat praktis dipakai kapan pun, tapi kegiatan touch up makeup alis sendiri cukup menghabiskan banyak waktu bagi saya. Makanya saya sangat mengapresiasi kalau ada produk makeup alis yang ketahananya jempolan, minimal untuk dipakai selama beraktivitas.

Kebetulan browcara dari Emina ini juga punya ketahanan yang lumayan baik selama saya pakai. Dalam 6 jam pemakaian, pigmentasi produk nggak banyak yang hilang. Bahkan semakin lama, tampilan alis saya semakin tampak natural.

Tapi perlu diingat ya, selama 6 jam penggunaan meski sudah terbasuh air wudhu 2 kali, saya nggak banyak menggosok bagian alis. Sebaliknya, saya cuma menepuk-nepuk tisu pada wajah untuk mengangkat kelebihan air dan keringat yang tertinggal. Makanya makeup alis pun nggak banyak yang berubah, selain dari intensitas pigmennya.

Selama pemakaian juga saya sesekali mencoba mengusap bagian alis, dan memang bila dalam keadaan kering, Emina Squeeze Me Up Browcara ini terbukti smudgeproof. Untuk saya yang masih pemula dalam hal ngalis, produk ini banyak memberikan kesan positif.

Tips dan Trik

Jangan khawatir kamu akan kesulitan untuk menggunakan browcara dari Emina ini. Ketika membingkai alis, kamu bisa mengoreksinya pakai makeup remover dan cotton bud. Atau kamu bisa menggunakan concealer seperti yang saya lakukan, bila alis yang dibuat malah tampak terlalu tebal.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_ harga

Emina Squeeze Me Up Browcara dikemas dalam ukuran 8 g yang dibanderol sekitar 40.000 – 50.000an. Produk ini juga bisa kamu temukan dimanapun, baik melalui pembelian online ataupun offline.

Kesimpulan

Review Emina Squeeze Me Up Browcara_kesimpulan

Sebagai seseorang yang masih pemula dalam hal menggunakan makeup alis, saya akui Emina Squeeze Me Up Browcara ini cukup nyaman dipakai dan memberikan kesan positif. Belum lagi kemasannya yang praktis dan menggemaskan, membuat produk ini layak untuk dicoba oleh pemula ataupun penyuka travelling.

Pros

  • Kemasan praktis, menggemaskan dan handy
  • Menunjang tampilan bushy brow atau alis serat
  • Pigmentasi produk cukup baik
  • Smudgeproof, ringan dan water-resistant
  • Mudah untuk dikoreksi
  • Alis tampak tebal, rapi dan tetap natural
  • Ketahanan sekitar 6-7 jam

Cons

Pengaplikasian produk harus sangat hati-hati agar nggak over-pigmented. Tapi tekstur produk yang nggak cepat nge-set membuatnya mudah untuk dikoreksi.

Demikianlah review saya mengenai Emina Squeeze Me Up Browcara ini. Kalau kamu punya pengalaman yang nggak kalah menarik selama menggunakan produk ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar ya! Kamini juga pernah mengulasi produk Emina lainnya seperti Clay Mask, Star Lash Aqua Mascara, Creamy Tint, hingga Beauty Bliss BB Cream.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram