kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Bibir / Review Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint

Review Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 April 2021

Kamu pasti sudah mengetahui merk kosmetik asal Korea Selatan yang satu ini. Namanya adalah Etude House. Ah, kayaknya kamu sudah khatam banget sama merk ini, bahkan kemungkinan besar Etude House adalah merk kosmetik asal Korea Selatan pertama yang kamu miliki.

Anyway, sudah beberapa kali brand makeup berkolaborasi dengan merk lainnya yang sejatinya tidak memproduksi kosmetik, misalnya makanan dan minuman. Hal itu pun dilakukan oleh Etude House. Beberapa waktu ke belakang, Etude bekerja sama dengan brand cokelat terkenal, yaitu Hershey's, untuk membuat beberapa produk.

Pada hari ini, Kamini mau mengulas salah satu produk hasil kolaborasi itu. Nama barangnya adalah Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint.

Karena bekerja sama dengan brand snack, tentu mulai dari tema, kemasan, warna, swatch, hingga aromanya pun berhubungan dengan Hershey's. Lalu, apakah lipstik ini memiliki aroma seperti cokelat juga? Kita telaah lebih lanjut bersama-sama, yuk!

Tentang Produk

Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint merupakan kolaborasi antara Etude House dan Hershey's Chocolate pada tahun 2020. Produk-produknya diluncurkan pertama kali pada 1 Februari 2020 silam. Dan, semua produk kolaborasi gemes ini limited edition, ya! Jadi, kamu harus buru-buru membelinya kalau nggak mau kehabisan.

Klaim & Benefit

Ini adalah lipstik matte yang akan mewarnai bibirmu dengan pigmen tinggi. Dengan tekstur cokelat pekatnya yang beraroma manis, Lip Tint ini seolah-olah meleleh di bibir seperti cokelat asli.

Nuansanya matte yang kental akan memenuhi bibirmu. Walaupun matte, ada efek pelembab yang didapatkan dari Ekstrak Kakao, sehingga bibir tetap terasa lembut seharian.

Kemasan

Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint hadir dalam dua shade, yang saya ini warna 401 Hazelnut Choco. Kedua lipstik cair ini sama-sama dikemas dengan plastik ala-ala permen yang menggemaskan!

Kalau orang tidak tahu, mungkin akan menyangka ini permen atau cokelat sungguhan. Sayangnya, bungkus plastik seperti ini kan tidak bisa disimpan, ya, berbeda dengan kemasan dus.

Setelah bungkus plastiknya dibuka, penampilan depan lipstiknya akan terlihat seperti ini. Sangat simpel, ya? Tidak banyak perintilan lainnya, hanya warna matte polos yang senada dengan shade lipstik.

Untuk pemilihan warna yang doff sepertinya agar sama dengan liptint-nya yang Powder Rouge, kali, ya. Terus, tulisannya juga cuma Hershey's besar-besar di bagian tengah.

Untuk aplikatornya sepertinya Etude House pakai doe foot, tapi ujungnya itu tidak lancip seperti doe foot pada umumnya, melainkan berujung bulat. Brush-nya enak dipakai, tidak keras, dan saya pikir ujungnya yang tidak lancip memberikan hasil akhir blur-edge pada bibir sehingga aplikator ini lebih mendukung pemakaian lipstik secara ombre.

Sedangkan untuk bagian belakangnya agak lebih banyak tulisan yang sama-sama bernada silver seperti tulisan pada bagian depan dan juga aksen melingkar di bagian dekat tutup lipstiknya.

Menurut Saya keterangan di bagian belakangnya itu kurang informatif. Hanya bertuliskan nama produk, brand, huruf Korea yang entah apa artinya karena saya tidak mengerti, juga tanggal kadaluwarsa.

Ingredient List

Full Ingredients

BR401 Hazelnut Choco mengandung: Dimethicone, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Iron Oxides (CI 77491), Dimethicone Crosspolymer, Titanium Dioxide (CI 77891), Microcrystalline Wax, Red 7 Lake (CI 15850), 1,2-Hexanediol, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Beeswax, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Benzyl Benzoate, Iron Oxides (CI 77499), Fragrance, Silica, Silica Silylate, Water, Butylene Glycol, Theobroma Cacao (Cocoa) Extract, Glycerin.

Key Ingredients

Banyak bahan yang terkandung dalam satu kemasan lipstik ini. Namun ada beberapa bahan yang menurut Saya menjadi 'kunci'-nya, yaitu:

  • Dimetikon

Dalam kosmetik, Dimetikon bekerja untuk membantu mengisi garis-garis halus dan kerutan. Kandungan ini akan membuat makeup terlihat lebih baik, matte dan tidak cakey. Dimetikon juga nonkomedogenik, yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori. Tapi ini lipstik bukan foundation, jadi tidak berpengaruh ke pori-pori kulit.

  • Methicone Silsesquioxane Crosspolymer

Methicone Silsesquioxane Crosspolymer adalah molekul besar yang tidak larut dalam air. Bisa jadi kandungan ini yang membuat lipstik jadi matte.

  • Aluminium Starch Octenylsuccinate

Sedangkan Aluminium Starch Octenylsuccinate merupakan garam aluminium hasil reaksi Octenylsuccinic Anhydride dengan pati. Zat ini digunakan dalam kosmetik pada konsentrasi setinggi 30% sebagai agen anticaking dan agen peningkat viskositas yang nonaqueous (tidak berair).

  • Ekstrak Theobroma Cacao

Tadi kan sempat disebutkan di atas, kalau lipstik ini ada kandungan ekstrak kakaonya. Lebih tepatnya, kandungan itu bernama Theobroma Cacao (Cocoa) Extract. Ekstrak Theobroma Cacao adalah ekstrak kulit batang dan biji dari kakao. Kandungan ini memiliki manfaat anti penuaan, anti oksidan, dan tentunya melembabkan kulit.

Impresi

Nah, tadi sudah dibahas mengenai bahan-bahannya, sekarang Kamini mau membahas soal impresi yang berisikan tekstur, swatch, juga wewangian. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Tekstur dan Swtach

Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint memiliki tekstur seperti lipstik krim yang agak powdery, seperti namanya, Powder Rouge Tint. Tapi, kalau sudah dibaurkan ke bibir, teksturnya lembut banget dan tidak clumpy walau matte. Warnanya sangat pigmented, baru berapa kali pulas juga sudah bisa menutupi seluruh bibir.

Untuk shade-nya sudah saya katakan juga ada dua macam. Pertama ada 402 Almond Chocolate, shade ini berwarna merah-oranye. Cocok untuk digunakan sehari-hari maupun hangout. Sedangkan yang saya punya ini shade 401 Hazelnut Choco. Shade ini lebih ke warna merah-cokelat.

Wangi

Tentu produk ini ada aromanya, karena itu yang dijagokan dari Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint. Aromanya seperti cokelat Hershey's. Enak banget!

Daya Tahan dan Performa 

Lantas bagaimana dengan performa lipstiknya? Apakah tahan lama? Cukup nyaman dipakai? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan baca terus sampai akhir, ya.

Cara Pemakaian

Putar tutup lipstik. Lalu, sesuaikan isi lipstik yang terambil, kalau kebanyakan bisa disisihkan ke bagian dalam tube lipstiknya. Kalau sudah, aplikasikan lipstik ke bibir seperti biasa. Kamu bisa menggunakannya dalam metode ombre (gradasi) maupun full lips.

Hasil Pemakaian

Sejak awal, bibir saya memang sedikit agak kering. Tapi, setelah dipulas Lip Tint ini, bibir saya jadi kelihatan lebih plump dan lembab. Lalu, sesuai prediksi saya, berkat ujung sikat lipstik yang bundar, maka hasil akhir yang ditampilkan adalah blur-edge.

Kesimpulan

Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint merupakan lipstik matte yang ringan, itu benar. Walaupun matte, saya tidak merasa bibir jadi kering ataupun terasa 'berat'. Lipstik cair ini juga sangat pigmented, bisa menutupi garis bibir saya yang hitam dengan baik.

Akan tetapi, produk ini sangat cepat hilang. Untuk ukuran lipstik matte, seharusnya lebih tahan banting, dong. Terus, setelah berangsur-angsur menghilang selama pemakaian, liptint ini juga membuat kulit bibir jadi lebih kering. Lipstiknya juga terkesan 'mengisi' garis-garis bibir saya, tidak cantik pokoknya.

Pros (+)

  • Formulanya ringan dan tidak membuat bibir terasa kering.
  • Ada aroma cokelat yang enak dicium.
  • Tidak terasa pahit saat terjilat.

Cons (-)

  • Walaupun matte, lipstik ini tidak transfer-proof. Jadi, kalau kamu makan atau minum, juga ketika menggunakan masker, kemungkinan besar lipstik ini akan meninggalkan jejak.
  • Memerlukan touch-up beberapa kali jika mau beraktivitas seharian, tapi ketika di-touch up pun hasilnya tidak semulus pemakaian pertama karena ada area bibir yang kering.
  • Hanya tahan selama kamu tidak makan dan minum. Walau kamu baru menggunakan lipstiknya satu jam, tapi kamu banyak bergerak, semakin cepat juga lipstik ini hilang.

Harga & Tempat Membeli

Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint memiliki berat yang fantastis untuk ukuran lip product, yaitu 27 gr. Untuk harga segitu, kualitas yang diberikan tidak setara kalau menurut saya, masih bisa lebih baik lagi.

Karena produk kolaborasi seperti ini merupakan limited edition alias cuma diproduksi secara terbatas, kamu harus segera membelinya sebelum habis di pasaran. Atau kalau kamu terlalu lama menunda, takutnya produk ini sudah tidak diproduksi lagi.

What do you think about this product? Apa justru kamu pernah mencobanya juga? Ceritakan pengalaman kamu menggunakan Etude House Hershey's Milk Chocolate Powder Rouge Tint di kolom komentar, yuk!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram