kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Hatomugi Skin Conditioner, Berkualitas dan Affordable

Review Hatomugi Skin Conditioner, Berkualitas dan Affordable

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 18 Februari 2021

Hydrating toner memang bukanlah golongan produk esensial, namun saya pribadi dapat merasakan perbedaan antara menggunakan toner atau tidak. Produk toner yang tepat dapat membuat kulit saya terasa lebih segar dan terhidrasi, siap untuk di-layer dengan skincare lain, dan membuat produk skincare setelahnya menjadi lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Maka dari itu, untuk urusan toner saya cukup pemilih. Saya tidak suka dengan toner yang berbau kencang ataupun yang menggunakan alkohol dengan kadar yang tinggi. Lalu, ia juga harus bisa membuat kulit saya terhidrasi dengan baik tanpa membuat kulit lengket ataupun berminyak. Dan salah satu toner yang masuk ke dalam kriteria tersebut adalah Hatomugi Skin Conditioner.

Informasi Produk

review hatomugi skin conditioner

Banyak yang mengira Hatomugi adalah nama brand dari produk ini. Namun, sebenarnya Hatomugi adalah nama kandungan utama dari produknya, sedangkan nama brand-nya adalah Imju Naturie. Brand ini dibawahi oleh Pias Corporation, sebuah perusahaan yang membawahi beberapa brand kosmetik asal Jepang.

Lalu, di Jepang, lotion atau skin conditioner merupakan sebutan untuk produk toner. Meskipun namanya berbeda, mereka tetap memiliki tekstur yang relatif cair dan ringan layaknya toner biasa. Jadi, jangan keliru lagi ya ketika melihat sebutan ini dalam produk skincare Jepang.

Klaim dan Benefit

Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner tidak menjanjikan banyak klaim. Mereka hanya menjanjikan bahwa hydrating toner ini mampu memberikan hidrasi yang cukup pada kulit, sehingga kulit akan terasa lebih lembut. Lalu, meredakan kulit yang terpapar sinar matahari serta memberikan efek dingin pada kulit.

Melihat dari klaimnya, rasanya Hatomugi Skin Conditioner ini terlalu polos jika dibandingkan dengan toner lain dipasaran yang menjanjikan banyak klaim seperti mencerahkan, membantu mengatasi penuaan, dan lain-lain.

Namun, saya pribadi tidak terlalu mementingkan klaim macam-macam dalam hydrating toner. Bagi saya, jika toner tersebut mampu menghidrasi dengan baik tanpa membuat kulit saya iritasi dan nyaman ketika digunakan, berarti toner tersebut sudah lulus tes.

Cara Pakai

Selain menjadi toner, Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner menawarkan beberapa fungsi, berikut cara pemakaian untuk setiap fungsinya:

  • Toner

Cara penggunaan dari produk ini sama seperti toner pada umumnya. Gunakan tepat setelah membersihkan kulit atau setelah menggunakan exfoliating toner. Tuangkan pada tangan atau kapas lalu tepukan pada kulit wajah.

  • Masker

Tuangkan ke dalam masker kapsul atau kapas hingga seluruh bagian basah. Lalu, taruh masker atau kapas tersebut pada wajah. Tunggu sekitar 5-10 menit.

Masukan toner ini ke dalam botol spray. Gunakan di saat kulit terasa gerah, panas, atau saat kulit membutuhkan hidrasi secara instan.

Kemasan

review hatomugi skin conditioner_Kemasan

Di pasaran, kita sering sekali menjumpai toner dengan isi 100ml, namun Imju Naturie Hatomugi Skin Conditioner ini berbeda. Mereka dikemas dengan botol berisi 500ml alias setengah liter.

Jenis botol yang digunakan adalah botol ulir. Dan ketika tutupnya diputar, akan terlihat orifice reducer dengan lubang kecil yang akan memudahkan penggunaan produk. Lalu botolnya juga transparan, sehingga isi produknya akan terlihat sangat jelas.

Beberapa batches dari produk ini ada yang dilengkapi dengan freebie berupa botol spray kecil yang dapat digunakan untuk face mist. Namun sayangnya tiga kali saya repurchased, saya belum pernah mendapatkan freebie tersebut.

Ingredients

review hatomugi skin conditioner_Ingredients

Full Ingredients

Water, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Dipotassium Glycyrrhizate, Coix Lacryma-jobi Seed Extract, Acrylates Copolymer, Alcohol, Citric Acid, Sodium Citrate, Methylparaben, Proplyparaben.

Highlight Ingredients

  • Coix Lacryma-jobi Seed Extract

Kandungan inilah yang disebut sebagai Hatomugi. Dalam bahasa Inggris, kandungan ini lebih akrab sebagai job’s tears, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut tanaman jali-jali.

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman herbal yang membantu mengatasi kulit pecah-pecah dan meredakan inflamasi. Penelitian, juga menemukan bahwa tanaman ini merupakan sumber antioksidan alami yang dapat membantu menetralkan efek buruk radikal bebas.

  • Glycerin

Glycerin merupakan salah satu jenis humektan yang umum digunakan pada skincare. Ia memiliki fungsi untuk menarik air dari udara dan menahannya pada kulit agar kulit terjaga hidrasinya. Selain itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit terasa lebih lembut dan halus.

  • Butylene Glycol

Kandungan ini merupakan turunan dari alkohol yang memiliki fungsi juga sebagai humektan, artinya ia mampu membuat kulit terhidrasi dan terasa lembut. Di samping itu, butylene glycol juga dapat bekerja sebagai emollient yang akan membentuk sebuah barrier pada kulit, sehingga air tidak cepat menguap dari kulit.

  • Dipotassium Glycyrrhizate

Dipotassium Glycyrrhizate atau licorice root extract memiliki fungsi untuk membantu meredakan inflamasi dan iritasi pada kulit. Lalu, ia juga sumber antioksidan yang bagus untuk membantu mengurangi dampak buruk radikal bebas. Selain itu, kandungan ini juga berpotensi untuk membantu mengurangi kadar melanin di kulit.

Di dalam daftar ingredients, tertera kandungan kontroversial seperti alkohol dan paraben. Saya pribadi tidak terlalu masalah, karena saya yakin produk yang sudah memiliki izin edar sudah melewati tes yang memastikan bahwa kadar kandungan yang ada di dalamnya aman untuk digunakan pada kulit. Lagi pula paraben di sini berada pada urutan akhir, yang artinya kadar kandunganya sedikit.

Namun untuk alkohol, jujur saja kandungan tersebutlah yang membuat saya ragu untuk mencoba toner ini. Karena sebelumnya, saya pernah mengunakan toner dengan kandungan alkohol dan daerah di sekitar hidung saya terasa perih. Namun, setelah melihat alkohol berada di 5 kandungan terbawah dan di dalam produk ini juga banyak kandungan humektan lain, saya yakin untuk mencoba.

Impresi

Sebelum kita loncat ke pengalaman dan efeknya di kulit setelah menghabiskan beberapa botol, saya mau membagikan impresi pertama saya mengenai Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner mulai dari tektur, warna, aroma, dan pengaplikasiannya;

Tekstur

review hatomugi skin conditioner_Impresi

Hatomugi Skin Conditioner ini memiliki tekstur yang agak berbeda dengan toner andalan saya sebelumnya yang agak kental. Tekstur dari toner ini encer dan runny. Karena ia sangat cair, otomatis toner ini juga sangat mudah meresap pada kulit.

Warna

Dalam kemasan tertera bahwa toner ini bebas dari pewarna sintetik. Bisa jadi warna putih keruh tonernya berasal dari warna asli bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Aroma

Naturie Imju sendiri menyebutkan bahwa toner mereka tidak mengandung fragrance sama sekali. Dan saya juga tidak mencium aroma apapun yang terkuar dari produk ini. Meskipun di dalamnya ada alkohol, aroma keras khas alkohol tidak tercium dari toner ini.

Aplikasi

review hatomugi skin conditioner_Aplikasi

Beberapa orang lebih menyukai menggunakan toner dengan kapas, tapi saya lebih memilih menggunakan telapak tangan. Karena dengan kapas saya merasa produknya lebih banyak terserap pada kapas dan menambah sampah.

Sejujurnya, saya agak underestimate dengan produk ini karena teksturnya jauh lebih cair dibandingkan dengan hydrating toner yang dulu saya gunakan. Saya juga khawatir dengan daya lembap dari toner ini.  Ternyata, hasilnya memang tidak selembap toner saya yang dulu, namun ia tetap mampu memberikan hidrasi yang cukup pada kulit saya.

Dan yang paling saya suka, toner ini mampu membuat kulit terasa segar seketika serta tidak meningalkan rasa berat, lengket, ataupun greasy. Meskipun terkandung alkohol, saya tidak merasakan perih ataupun ketarik sama sekali. Jadi, kemungkinan besar kadar alkohol yang ada di dalamnya memang sedikit.

Performa

review hatomugi skin conditioner_Performa

Nah, untuk melihat seberapa efektif kemampuan toner ini dalam menghidrasi, saya mencoba untuk menggunakannya sendiri tanpa dikunci dengan moisturizer. Dan ternyata hidrasi yang diberikan oleh toner ini menguap setelah pemakaian selama 2 jam. Lalu setelah sekitar 5 jam berlalu, kulit saya tidak terlihat terlalu berminyak, hanya ada sedikit di daerah sekitar hidung dan dahi.

Sebelum saya aware dengan pentingnya hidrasi dan kelembapan untuk kulit, saya selalu menggunakan produk yang mengikis minyak alami dari kulit saya. Bukan minyak yang berkurang, kulit saya justru menjadi dehidrasi dan minyak di wajah menjadi semakin banyak.

Akan tetapi, setelah rutin menggunakan hydrating toner ini dan moisturizer, minyak di wajah saya semakin terkontrol dan balance. Di samping itu, Hatomugi Skin Conditioner juga membuat kulit saya terasa lebih lembut, halus, dan plump.

Tips dan Trik

Seperti yang tertera dalam kemasan produk, Hatomugi Skin Conditioner ini mampu membantu meredakan kulit yang panas akibat paparan sinar UV. Apabila digunakan sebagai toner tidak terlalu berpengaruh, gunakan produk ini sebagai masker selama 10 menit agar toner dapat bekerja lebih maksimal dalam meredakan kulit yang terkena sunburn.

Harga Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar 90.000-100.000-an untuk isi sebanyak 500ml yang dapat digunakan selama 7-8 bulan.

Sejauh ini untuk toko offline, saya hanya menemukan produk ini di drugstore. Namun, kalian tak perlu khawatir karena masih banyak online store yang menjajakan produk Hatomugi Skin Conditioner dari Naturie Imju.

Konklusi

review hatomugi skin conditioner_Konklusi

Secara keseluruhan, kulit saya yang berminyak puas dengan peforma dari Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner. Dan saya juga dapat merasakan masing-masing klaim yang ditawarkan oleh produk ini. Hatomugi Skin Conditioner ini merupakan salah satu hydrating toner kesukaan saya, bahkan saya sampai sudah menghabiskan 3 botol. Bagi saya, toner ini salah satu opsi hydrating toner terbaik yang efektif dalam menghidrasi kulit dengan harga yang affordable.

Pros:

  • Dapat menghidrasi kulit dengan baik
  • Membantu meredakan sunburn
  • Teksturnya ringan dan tidak lengket
  • Bisa digunakan untuk segala jenis kulit
  • Tidak mengandung fragrance dan pewarna sinteti
  • Awet
  • Affordable

Cons:

  • Masih mengandung alkohol dan paraben
  • Tidak travel friendly

Hatomugi Skin Conditioner ini mampu memberikan efek positif pada kulit saya, sehingga tentunya saya merekomendasikan produk ini terutama bagi yang mencari toner ringan dan ampuh dalam mengatasi dehidrasi. Akan tetapi, reaksi yang sama belum tentu terjadi pada kalian. Bisa jadi lebih baik, biasa saja, atau mungkin menimbulkan reaksi negatif, karena pada dasarnya prinsip skincare itu cocok-cocokan.

Nah, semoga ulasan saya mengenai hydrating toner ini dapat menjawab kegalauan kalian ya. Jadi, apakah kalian sudah semakin mantap untuk mencoba Naturie Imju Hatomugi Skin Conditioner ini? Selain produk ini, Kamini juga punya rekomendasi produk toner bagus lain untuk menyelesaikan berbagai masalah kulit. Ada toner untuk kulit berminyak, kering, sensitif hingga berjerawat.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram