Review Implora Acne Serum: Serum Anti Jerawat yang Affordable

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 26 September 2021

Pemilik kulit berjerawat alias acne prone pasti tahu, memilih skincare itu bisa sangat tricky. Karena kalau skincare yang kita pilih ternyata enggak cocok, imbasnya, jerawat bukan sembuh tapi malah makin subur. Makanya, penting untuk memperhatikan kandungan yang cocok digunakan untuk jenis kulit berjerawat.

Salah satu kandungan yang terbukti ampuh dan cocok buat kulit yang jerawatan adalah Centella Asiatica. Kandungan ini populer saat industri kecantikan Korea berlomba-lomba bikin produk perawatan wajah yang mengandung Centella Asiatica. Tapi sekarang, sudah banyak brand lokal yang juga punya produk dengan kandungan Centella Asiatica, salah satunya Implora.

Yang paling mengejutkan, serum anti jerawat dengan kandungan Centella Asiatica yang dirilis Implora ini bisa kamu beli hanya dengan harga 35 ribu saja! Menurut saya ini murah banget karena produk ini seharga 1 gelas kopi kekinian. Sama penasarannya dengan kalian, saya juga ingin tahu bagaimana performa serum affordable ini, jadi, simak ulasannya, ya!

Tentang Produk

Implora-2

Implora sebelumnya lebih banyak merilis produk-produk kosmetik dengan varian yang sangat lengkap dari mulai lip cream, perona pipi dan mata, foundation, bedak, dan lain sebagainya. Namun kali ini, Implora juga mencoba merambah dunia skincare dengan merilis serum wajah. Enggak tanggung-tanggung, Implora langsung mengeluarkan 4 jenis serum sekaligus.

Keempat serum tersebut memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda-beda diantaranya adalah Acne Serum yang mengandung Jeju Centella Asiatica dan salicylic acid, Luminous Brightening Serum dengan niacinamide dan caviar yang mencerahkan, Midnight Serum dengan kandungan galactomyces yang melembabkan dan mengencangkan kulit, serta Peeling Serum dengan kandungan AHA,BHA, dan PHA untuk mengikis sel kulit mati.

Klaim dan Benefit

Implora-klaim

Seperti judulnya, Implora Acne Serum ini memang diperuntukan buat kamu yang punya masalah dengan jerawat, iritasi, blackhead, dan beruntusan. Kandungan salicylic acid di dalamnya dapat membantu penyembuhan jerawat, membersihkan pori-pori, mengurangi jerawat berlebih, serta berperan sebagai anti inflamasi. Sedangkan, Jeju Centella Asiatica dapat menenangkan kulit.

Beberapa klaim yang tercantum dalam kemasan Implora Acne Serum antara lain:

  • Membantu meminimalkan munculnya jerawat
  • Menyamarkan pori-pori wajah
  • Mengurangi ruam
  • Membantu memperbaiki kulit rusak akibat jerawat (dengan penggunaan secara teratur)

Menilik dari klaim yang ditawarkan, serum ini semakin bikin saya penasaran karena apakah hanya dengan sebotol serum dengan harga terjangkau, jerawat di wajah saya bisa teratasi? Kalau ya, tentu membahagiakan mengingat serum ini cukup mudah untuk didapatkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Cara Pemakaian

Implora-cara pakai

Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, penanganan jerawat itu cukup tricky. Penggunaan produk skincare yang kurang tepat malah bisa memicu jerawat lebih parah. Karena itu, penting untuk memperhatikan cara pakai produk yang akan kalian gunakan. Untuk Implora Acne Serum ini, caranya adalah:

  1. Pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Pastikan tangan dalam keadaan sangat bersih dan kering.
  3. Teteskan 1-2 tetes Implora Acne Serum ke bagian yang berjerawat.
  4. Usap atau tepuk-tepuk dengan sangat perlahan di bagian yang berjerawat.
  5. Diamkan hingga meresap.

Dengan cara ini, serum bisa digunakan untuk pagi dan malam. Cara ini sedikit berbeda dengan yang tercantum pada box kemasan Implora Acne Serum. Tapi, bukan berarti cara yang saya berikan di atas enggak valid, ya. Saya mengambil cara ini dari info yang dibagikan di Instagram resmi Implora. Berikut cara yang tertera pada box kemasan Implora Acne Serum:

โ€œTuangkan serum secukupnya 2-3 tetes ke seluruh wajah. Usapkan tipis serta tepuk-tepuk secara merata. Untuk hasil yang maksimal, gunakan serum setiap pagi dan malam.โ€

Kemasan

Implora-kemasan

Saya dibuat sangat kagum dengan kokohnya material yang digunakan pada kemasan Implora Acne Serum ini. Setiap produk datang dengan box putih yang sudah bersegel hologram. Segel ini membuat produk lebih โ€˜kredibelโ€™ karena bisa dijamin keasliannya. Selain itu, pada segel terdapat QR Code yang bisa di-scan untuk mengarahkan kamu ke website resmi Implora.

Box-nya sendiri sudah dilengkapi dengan informasi klaim, cara pakai, serta daftar isi kandungan. Kamu juga bisa cek langsung BPOM dari produk ini dengan men-scan QR code yang ada pada box. Sangat lengkap dan informatif, ya!

Untuk bagian botolnya, Implora Acne Serum ini masih menggunakan dominan warna putih dengan sedikit aksen list oranye yang desainnya sama persis dengan box-nya. Material botol terbuat dari kaca yang cukup kokoh, dengan pipet yang juga berwarna putih.

Implora-pipet

Karena ukurannya yang hanya 20 ml, pipet yang tersedia terlihat sangat pendek, tapi diameternya cukup lebar sehingga produk yang terambil bisa lebih banyak. Di dalam botol terdapat filter untuk menjaga agar botol bisa tertutup sempurna dan produk tidak mudah tercecer. Kualitas kemasan yang sangat baik untuk harga serum yang cuma 35 ribu saja!

Ingredient List

Meskipun terbilang sangat terjangkau, serum ini menawarkan daftar kandungan yang enggak bisa dianggap remeh lho! Dari box-nya saja, kita bisa langsung melihat beberapa kandungan yang diunggulkan pada serum ini. Tapi untuk lebih jelasnya, berikut daftar kandungan lengkap Implora Acne Serum:

Full Ingredients

Aqua, Centella Asiatica Extract, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Glycerin, Silanediol Salicylate, Propanediol, Ethoxydiglycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Lactate, Sodium Pca, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, dmdm Hydantoin, Fomes Officinalis Extract, Hydroxyporpyl Methylcellulose, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxide, Triethanolamine, Fructose, Glycine, Inositol, Lactic Acid, Niacinamide, Urea, Iodopropynyl Butylcarbamate, Sodium Benzoate, Sodium Methylparaben, Terry-Dry Freeze Dried or Spray Dried Aloe Vera Powders, Sodium Chloride, Benzoic Acid, Propylparaben.

Key Ingredients

Beberapa kandungan yang dijagokan dalam serum ini antara lain adalah:

  • Silanediol Salicylate (Salicylic Acid)

Kandungan ini dikenal juga sebagai BHA atau Beta Hydroxy Acid yakni salah satu kandungan aktif yang berfungsi sebagai exfoliator. Salicylic acid dapat larut dalam minyak dan menembus pori-pori kulit kemudian melepaskan ikatan sel kulit mati dan kotoran lain yang ada dalam pori-pori. Sehingga, kandungan ini bisa membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

  • Agaricon (Fomes Officinalis Extract)

Salah satu jenis jamur ini punya manfaat yang baik untuk kulit. Kandungan ini bisa membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga kandungan cocok untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat.

  • Centella Asiatica

Kandungan Centella Asiatica terkenal dapat menghidrasi serta menenangkan kulit yang sedang iritasi. Centella Asiatica, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ekstrak daun pegagan, memiliki kemampuan healing alias menyembuhkan sehingga bisa membantu merawat kulit yang berjerawat.

  • Terry-Dry Freeze Dried or Spray Dried Aloe Vera Powders  (Aloe Vera Extract)

Hampir sama dengan Centella Asiatica, Aloe Vera punya kemampuan menenangkan kulit yang sedang iritasi. Aloe Vera mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C serta mempunyai anti peradangan yang baik untuk merawat kulit berjerawat tanpa membuat kulit menjadi kering.

Impresi

Sebelum melihat performa dari Implora Acne Serum ini secara lebih luas, yuk kita lihat dulu tekstur, warna, serta aroma dari produk ini untuk jadi referensi kamu.

Tekstur

Implora-tekstur

Enggak sulit untuk mengambil produk dari pipet yang tersedia di Implora Acne Serum karena serum ini memiliki tekstur yang sangat cair. Enggak ada rasa lengket sama sekali begitu serum ini menyentuh permukaan kulit dan ketika diusap-usap ke tangan. Dengan tekstur seperti ini, serum ini bisa dengan mudah menyerap dan di-layer dengan produk lain tanpa perlu menunggu lama.

Warna

Implora-warna

Dari tampilan luar, serum ini mungkin terlihat berwarna โ€˜keruhโ€™. Tapi itu efek dari kemasan botolnya. Namun setelah dituang, serum ini enggak punya warna sama sekali alias transparan. Hal ini sama sekali enggak mengganggu performa dari serumnya, kok.

Aroma

Awalnya saya mengira dengan harga yang murah, serum ini akan menggunakan parfum di dalamnya. Tapi ternyata, enggak ada sama sekali aroma parfum yang tercium dari produk ini. Kabar baik banget buat kamu yang sedikit sensitif dengan wangi-wangian!

Performa

Implora-performa

Saatnya membuktikan klaim yang ada pada serum ini. Awalnya, saya mencoba produk ini dengan memakai cara yang tercantum dalam box, yakni dengan memakainya ke seluruh permukaan wajah, pagi dan malam. Tapi ternyata hasilnya kurang baik di saya. Jerawat saya enggak membaik. Saya malah merasa serum ini bikin tekstur kulit makin terasa gradakan.

Tapi, saya coba mencari tahu lebih banyak dengan menengok Instagram resmi mereka. Disitu ada petunjuk penggunaan lain yakni dengan menggunakan serum ini sebagai totol jerawat. Akhirnya, saya coba apply serum ini hanya di bagian-bagian yang berjerawat. Hasilnya, slowly but sure, jerawat saya yang muncul seperti bentol dan sakit, bisa perlahan-lahan kempes.

Selain itu, jerawat yang berjenis pustula atau dengan titik nanah di dalamnya juga bisa mengering dengan cepat berkat cara yang saya gunakan. Dengan ini, saya enggak jadi kecewa, karena hanya dalam 4 hari saja, jerawat saya benar-benar membaik.

Tips

Agar hasil akhir penggunaan serum ini lebih maksimal, kamu bisa lanjutkan langkah skincare kamu dengan menambahkan hydrating toner. Kalau hydrating toner yang kamu gunakan mempunyai tekstur yang lebih cair dari serum, kamu bisa gunakan hydrating toner-nya lebih dulu. Tapi, kalau tekstur hydrating toner milikmu lebih kental, kamu bisa menggunakannya setelah penggunaan Implora Acne Serum.

Harga dan Tempat Pembelian

Serum ini bisa kamu beli dengan harga 35 ribu dari toko resminya. Atau kamu juga bisa melakukan pembelian melalui link yang telah disediakan.

Kesimpulan

Implora-cover2

Meskipun enggak banyak berekspektasi, tapi saya cukup terkesan dengan Implora Acne Serum ini. Dari segi kemasan, terlihat Implora sangat memperhatikan setiap detil pada kemasannya sehingga dengan harga 35 ribu saja, kamu bisa mendapat sebuah serum yang tampilannya enggak kalah dengan serum seharga ratusan ribu.

Informasi yang tertera dalam kemasan juga cukup informatif meskipun di bagian cara pakai semestinya bisa lebih dibuat spesifik. Agak disayangkan karena info yang ada pada kemasan berbeda dengan yang dibagikan di Instagram karena bisa menimbulkan kebingungan buat kamu yang baru mau mencoba serum ini.

Terakhir, performa dari serum ini cukup baik kalau kita menggunakannya dengan benar. Jerawat saya bisa sembuh hanya dalam 4 hari adalah sebuah hasil yang enggak terduga. Tapi, karena penggunaannya cukup intens, jangan lupa untuk selalu barengi dengan penggunaan produk skincare yang menghidrasi kulit biar kulit jadi enggak kering ya!

Pros

  • Material kemasan kokoh
  • Box cukup informatif, bersegel, dan bisa scan BPOM
  • Serum tidak berbau
  • Tekstur ringan dan mudah menyerap
  • Bisa di-layer dengan produk lain
  • Harga sangat terjangkau

Cons

  • Informasi cara pakai di box dan di Instagram sedikit berbeda

Nah, jadi, bisa disimpulkan sendiri apakah produk ini worth to try atau enggak. Menurut kalian gimana? Kalian mau mencoba serumnya enggak? Kasih tau kita di kolom komentar ya!

Baca juga: Review Implora Lip Velvet

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
ยฉ Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram