Review Implora Lip Velvet, Bibir Terasa Lembab dan Lembut

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 September 2021

Setelah berhasil menghebohkan para beauty enthusiast Indonesia dengan merilis rangkaian produk serum super affordable di pertengahan tahun 2021, nggak sampai satu bulan setelahnya, Implora kembali memperkenalkan produk terbaru mereka. Produk satu ini memang bukan datang dari lini perawatan wajah, namun melengkapi koleksi dekoratif milik Implora. Produk yang dimaksud adalah Implora Lip Velvet.

Kemunculan pewarna bibir baru ini seolah nggak memberi jeda pada masyarakat untuk mengalihkan perhatian dari Implora. Sontak, Lip Velvet langsung ramai diperbincangkan, apalagi setelah masyarakat tahu kalau Lip Velvet ini menghadirkan warna-warna yang cantik dengan harga yang sangat ramah.

Karena nggak mau ketinggalan hype, Kamini akhirnya memutuskan untuk me-review Implora Lip Velvet ini. Apakah produk pewarna bibir yang harganya nggak sampai 25.000an ini as good as everyone says? Yuk, buktikan sendiri performanya dengan membaca artikel ini sampai selesai!

Tentang Produk

Review Implora Lip velvet__

Implora Lip Velvet resmi diperkenalkan pada tanggal 11 Agustus 2021, kehadirannya melengkapi lini produk dekoratif bibir dari Implora. Tentu saja yang membedakan Lip Velvet dengan produk pewarna bibir dari Implora lainnya adalah segi formulasi serta tekstur. Meski begitu, Implora mengklaim kalau produk ini tetap memberikan tampilan akhir bibir tampak matte.

Meski hanya menghadirkan 6 shade, warna-warna yang dipilih Implora pada Lip Velvet tetap memayungi tone cool, warm dan neutral. Jadi, meski pilihan warnanya kurang beragam, namun kamu bisa memilih shade-nya menyesuaikan dengan karakter skin tone maupun undertone kulitmu.

Klaim dan Benefit

Lip Velvet dari Implora diklaim punya formula yang dibekali dengan kandungan omega 3, 6, dan 9 yang berfungsi menjaga bibir agar tampak lebih memukau. Keunggulan lain yang disebutkan Implora pada produk ini adalah sebagai berikut:

  1. Tekstur mudah di-blend
  2. Terasa ringan dan lembut
  3. Memberikan hasil yang pigmented
  4. Dilengkapi dengan kandungan vitamin E

Cara Pakai

Karena merupakan produk dekoratif bibir, maka penggunaannya pun sama seperti produk pewarna bibir pada umumnya. Kamu hanya perlu memoleskan produk secara merata pada bibir, dan menunggunya hingga nge-set.

Fun Fact!

Sudah tahu apa artinya bila sebuah produk memberikan hasil akhir velvet? Benar, bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, velvet memiliki arti ‘beludru’. Produk dengan hasil akhir velvet memang memberikan tampilan layaknya beludru, yakni lembut dan halus ketika disentuh.

Meski begitu, produk dengan hasil akhir velvet nggak akan bikin permukaan jadi kering. Pasalnya produk bertekstur ini lebih baik dalam melembabkan dibandingkan matte, karena itulah lip product dengan hasil velvet mungkin masih memberikan tampilan kilau meski nggak seperti glossy.

Kemasan

Review Implora Lip velvet_kemasan_

Bila biasanya produk kosmetik dikemas menggunakan double packaging, Implora Lip Velvet nggak demikian. Produk ini hadir tanpa packaging tambahan selain tube utama penampung produk. Meski begitu, produk ini tetap diberi plastic sealing tambahan saat kita pertama kali membelinya.

Tube yang diadaptasi Implora pada Lip velvet juga merupakan tube liquid lipstick pada umumnya, tabung silinder panjang bermaterial plastik lengkap dengan aplikator yang langsung tertempel pada bagian cap. Desain tube ini juga terbilang simple. Soalnya nggak ada pattern atau desain tambahan selain warna cap yang dibuat putih dan bagian body dengan desain frosted.

Review Implora Lip velvet_aplikator_

Saat membuka bagian cap produk, kamu akan disambut dengan aplikator Lip Velvet yang berbentuk pipih. Bila biasanya produk liquid lipstick menggunakan aplikator berbentuk doe-foot, Implora malah mengadaptasi aplikator berbentuk flat doe-foot pada Lip Velvet. Meski kurang presisi dibandingkan doe-foot biasa, namun flat doe-foot tetap bisa menampung jumlah produk yang cukup untuk mewarnai bibir juga terasa nyaman untuk digunakan.

Review Implora Lip velvet_kemasan 2_

Implora nggak lupa menyertakan label tambahan berupa stiker yang memuat informasi seputar kandungan, nomor BPOM, nama pabrikan, label Green Dot dan 24 months PAO. Kalau kamu ingin tahu arti dari label-label ini, silahkan mampir ke artikel simbol dan label pada kosmetik. Sementara tanggal expired dari Lip Velvet dicetak langsung pada bagian tube-nya.

Ingredients List

Review Implora Lip velvet_ingredients list_

Implora dengan percaya diri mengklaim kalau Lip Velvet dibekali dengan kandungan omega 3, 6 dan 9 serta vitamin E yang berfungsi menjaga bibir agar tampilannya tampak memukau. Tapi, apakah klaim tersebut benar adanya? Karena itu, sebaiknya kita cari tahu jawabannya dengan membaca ingredients list dari produk.

Full Ingredients

Cyclopentasiloxane, Diisostearyl Malate, Ethylhexyl Palmitate, Dimethicone, Polymethylsilsesquioxane, Hdi/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Glyceryl Behenate/Eicosadioate, Pentylene Glycol, Nylon-12, Aluminum Starch Octenylsucinate, Hydrated Silica, Trimethylsiloxysilicate, Plukenetia Volubilis Seed Oil, Jojoba Esters, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Tocopherol, Methylparaben, Flavor, Silica, Propylparaben, Acacia Decurrens Flower Cera, Polyglycerin-3, BHT, Cyclohexasiloxane May Contain: CI 77491, 77891, CI 77492, Red 7 (CI 15850:1), CI 45380, CI 77499

Key Ingredients

  • Plukenetia volubilis Seed Oil

Minyak ini didapatkan dari tanaman Sacha Inchi. Sama seperti minyak tumbuhan lainnya, minyak ini diperkaya dengan berbagai asam lemak yang menutrisi dan melembabkan. Plukenetia volubillis Seed Oil juga punya kandungan asam linoleat yang merupakan sumber omega 6. Bahkan, minyak alami ini menawarkan manfaat antioksidan yang datang dari kandungan vitamin E di dalamnya.

  • Jojoba Esters

Kalau bahan yang satu ini punya fungsi sebagai emolien sekaligus oklusif untuk kulit. Jadi selain bantu membuat tekstur bibir menjadi lembut, jojoba ester juga dapat menjaga kelembaban alami bibir.

  • Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil

Minyak biji bunga matahari juga jadi sumber asam lemak omega 3 serta omega 6 karena mengandung asam linoleat yang bisa bantu mengisi, memperkuat dan menenangkan kulit. Minyak ini utamanya sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan dehidrasi, atau kulit yang rusak akibat paparan lingkungan. Asam lemak omega 9 juga bisa didapatkan dari biji bunga matahari ini.

  • Acacia Decurrens Flower Cera

Memiliki nama lain Mimosa Wax, bahan ini biasanya hadir dalam formulasi kosmetik bersamaan dengan biji bunga matahari dan wax dari jojoba. Ketiganya dapat berperan dalam melembutkan formulasi produk juga sebagai bahan aktif yang melindungi dan melembabkan kulit.

Impresi

Saatnya berkenalan langsung dengan Implora Lip Velvet! Apakah produk ini punya impresi yang baik dari segi tekstur, aroma, hingga sensasi aplikasinya pada bibir? Yuk, cari tahu!

Tekstur

Review Implora Lip velvet_tekstur_

Implora Lip Velvet punya tekstur yang nggak terlalu creamy, namun cenderung lebih oily dibandingkan lip cream. Tekstur ini yang menjadikannya butuh waktu lama untuk mengering dan nge-set pada bibir. Saya bahkan menghabiskan waktu hampir 5 menit untuk menunggu produk agar benar-benar menempel pada bibir sepenuhnya. Meski demikian, tekstur ini tetap mudah dibaurkan dan nggak menggumpal.

Aroma

Terang-terangan Implora menyatakan kalau produk ini mengandung pewangi tambahan yang tertulis sebagai ‘flavor’ dalam ingredients list. Nggak heran, ketika pertama kali membuka cap Lip Velvet, indera penciuman saya langsung disambut oleh aroma vanilla manis yang lezat. Aroma ini sama sekali nggak terasa sintesis, melainkan sangat pleasing serta cukup semerbak.

Shade dan Swatch

Review Implora Lip velvet_shade_

Meski hanya menghadirkan 6 shade, Implora Lip Velvet tetap punya warna-warna yang cocok digunakan untuk kulit orang Indonesia. Keenam warna yang dimaksud adalah seperti berikut:

  • 01 Attractive: merah terang yang bold
  • 02 Extrovert: mauve dengan hint coklat
  • 03 Fearless: oranye tua dengan hint coklat
  • 04 Honest: perpaduan mauve dan pink
  • 05 Naive: brick-orange dengan hint warna merah
  • 06 Serenity: fresh-salmon
Review Implora Lip velvet_aplikasi_

Shade yang saya review sendiri adalah 05 Naive, yang punya karakter hangat cukup kuat setelah 03 Fearless. Warna ini nggak flat dengan karakter brick orange yang malah cenderung riang dan bisa bikin kesan wajah tampak cerah. Dan karena terkesan deep, shade Naive punya pigmentasi yang sangat bagus. Ia bisa blocking warna bibir saya secara total.

Selain itu, Implora Lip Velvet ini punya finish yang nggak matte. Bisa dilihat pada gambar kalau bibir saya masih bisa memantulkan sedikit cahaya setelah pengaplikasian produk meskipun nggak glossy. Hasil akhir ini bikin ilusi bibir tampak lembut, lembab, sehat, serta garis halus pada bibir jadi tersamarkan.

Performa dan Ketahanan

Review Implora Lip velvet_performa_

Sayangnya, ketahanan Implora Lip Velvet ini kurang dependable. Formulasi yang bukan matte membuatnya gampang geser, terutama saat digunakan makan makanan berminyak. Produk juga banyak yang hilang ketika saya memakai masker kesehatan, yang berarti ia nggak maskproof ataupun smudgeproof. Tapi, ketahanan Implora Lip Velvet terhadap air cukup baik.

Setelah 6 jam penggunaan, terlihat kalau produk sudah banyak yang menghilang dari bibir saya. Hanya tersisa sedikit yang menempel di sepanjang garis bibir dan di bibir bawah. Warna bibir saya yang nggak merata juga kembali terekspos, sebab sisa kuantitas produk yang menutupi sudah sangat sedikit.

Meski kurang tahan lama, Implora Lip Velvet bisa menjaga bibir saya tetap lembab. Bahkan ketika produk sudah luntur signifikan pun bibir nggak jadi terasa kering atau pecah-pecah. Selama penggunaan, ia juga tetap terasa ringan dan membuat bibir terasa lembut ketika disentuh.

Tips dan Trik

Saya rasa kamu nggak perlu menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum menggunakan Implora Lip Velvet. Selain menghindari produk semakin geser, karakteristiknya yang juga melembabkan bakal bikin bibir terjaga kelembabannya dengan baik. Tapi, kalau memang kamu ingin tetap menggunakan lip balm karena khawatir bibir jadi kering, sebaiknya pakai minimal 1 jam sebelum penggunaan produk ini, ya.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Implora Lip velvet_harga_

Selain bisa dengan mudah kamu temukan online, produk-produk Implora juga bisa kamu temukan di drugstore. Lip Velvet sendiri dibanderol sekitar 17.000 – 23.000 saja untuk ukuran 4.6 g. Affordable sekali, bukan?

Kesimpulan

Review Implora Lip velvet_kesimpulan_

Setelah merasakan sendiri sensasi penggunaan Implora Lip Velvet, produk ini memang pantas hype karena hadir dengan warna-warna yang cantik dan harga bersahabat. Kemampuannya yang melembabkan dan terasa ringan juga jadi aspek penunjang kualitas produk ini. Meski kurang bisa diandalkan dari sisi ketahanan, produk ini terasa nyaman dan bisa membuat tampilan bibir tampak lembut dan sehat.

Pros

  • Affordable dengan pilihan warna yang cantik
  • Tekstur mudah di-blend dan nggak menggumpal
  • Melembabkan, ringan dan lembut
  • Nggak bikin bibir kering
  • Mampu menyamarkan garis-garis halus pada bibir
  • Shade 05 Naive punya pigmentasi yang cukup bagus
  • Kaya kandungan antioksidan
  • Waterproof

Cons

  • Waktu nge-set cukup lama
  • Mudah transfer dan smudging, sehingga kurang long lasting
  • Mudah hilang saat makan makanan berminyak

Demikianlah pengalaman saya menggunakan Implora Lip velvet. Apabila kamu memiliki pengalaman lain selama mencoba produk ini, jangan ragu untuk berbagi dengan pembaca Kamini lain lewat kolom komentar, ya.

Baca juga review Implora Cheek & Lip Tint yang juga sempat fenomenal karena warna-warnanya cocok untuk tampilan ombre lips maupun full lips.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram