Review Jacquelle Tone Up Powder, Bedak 3 Warna Pencerah Wajah

Ditulis oleh Syuri

Sudah kenal dengan Jacquelle? Ini adalah merek kosmetik lokal yang sudah punya banyak produk yang bagus, plus, kemasan yang menggemaskan. Bisa dibilang, kualitas produk-produk Jacquelle sebanding dengan brand yang telah lebih dulu dikenal secara global. Jacquelle punya berbagai macam produk dekoratif & tools yang menarik untuk dicoba.

Sekarang, Kamini mau mengulas salah satu best selling product dari Jacquelle, yaitu Tone Up Powder-nya. Kamu mungkin lebih familiar dengan produk tone up cream, yaitu krim pelembap wajah yang bisa tingkatkan rona skintone supaya jadi kelihatan lebih cerah secara instan.

Nah, kalau ini merupakan bedak tabur yang fungsinya kurang lebih sama, yaitu tingkatkan rona kulit agar kelihatan lebih toned up. Bentuknya yang berupa bedak tabur tentunya bakal beda banget sama tone up cream. Daripada penasaran sama produknya, langsung saja simak review-nya di bawah ini, Kaminers!

Tentang Produk

Jacquelle Tone Up Powder

Jacquelle Ultra Fine Tone Up Powder UV Protection adalah bedak tabur berukuran mini yang terdiri dari tiga warna. Di dalamnya ada bedak warna brownish sebagai base-nya. Lalu, ada dua warna lainnya yang berfungsi sebagai color correcting dan brightening. Kedua warna ini berbeda-beda untuk tiap varian Tone Up Powder, yang mana punya 4 shade berbeda.

Fungsi utama produk ini tentu meningkatkan skintone kulit agar lebih cerah dan membuat wajah tampak flawless dengan pore blurring formula-nya. Kulit wajah pun akan terlihat lebih merata, cerah, segar, lembut, dengan hasil akhir natural. Jacquelle juga menambahkan UV Protection ke dalam produknya untuk membantu menjaga kulit dari sinar matahari.

Fun Fact!

Kamu mungkin pernah melihat produk tone up powder dari brand asal Korea Selatan. Jacquelle adalah merek kosmetik pertama di Indonesia yang mengeluarkan produk serupa! Terus, Ultra Fine Tone Up Powder juga merupakan makeup pertama dari Jacquelle, loh.

Soalnya, dulu merek ini memproduksi skincare dan beauty tools aja tapi sekarang produk dekoratif Jacquelle sudah banyak, dan produknya bisa dibilang anti-mainstream.

Misalnya aja Tone Up Powder ini, yang merupakan produk pertama keluaran merek kosmetik Indonesia. Jacquelle juga suka melakukan collab dengan beauty influencer dan perusahaan terkenal, misalnya Disney.

Klaim & Benefit

  • Tone up powder pertama di Indonesia
  • Partikel bedaknya ultra fine alias sangat halus
  • Dapat meningkatkan kecerahan kulit
  • Membuat kulit tampak mulus karena dapat menyamarkan pori-pori besar
  • Ada UV Protection-nya
  • Kemasan mungil yang travel friendly

Kemasan

Jacquelle Tone Up Powder 2

Bedak ini datang dengan kemasan luar dus yang cukup kokoh, warnanya lebih mencolok (ada holo-nya) dibandingkan packaging utama yang tampak soft matte. Untuk ukuran bedak tabur, produk ini memiliki kemasan yang cukup mungil.

Makanya spons bawaan Jacquelle pun tergolong kecil dibandingkan bedak tabur merek lainnya. Di boks ada keterangan tentang kandungan, produk, juga tanggal PAO.

Jacquelle Tone Up Powder 3

Saat baru pertama datang, ada stiker penghalang antara lubang-lubang bedak dan spons, jadinya spons tidak kotor. Ketika stiker ini dibuka, bagian dalam Jacquelle Tone Up Powder terlihat seperti pada foto. Tapi, karena tidak ada sekat lagi selain stiker, spons malah jadi cepat kotor.

Anyway, bisa dilihat kalau bagian dalam bedak ini dibagi jadi tiga sekat. Karena milik saya ini varian Bloom, isi warna bedaknya adalah cokelat, putih, dan pink.

Jacquelle Tone Up Powder 4

Seperti inilah warna yang keluar saat menepukkan spons ke Jacquelle Tone Up Powder. Terlihat warna bedak ada yang putih, pink, dan cokelat. Tapi, kamu tidak perlu khawatir warna bedaknya tidak akan bercampur, karena setelah di-blend, ketiga warna ini tetap tercampur rata, kok.

Ingredient List

Sebagai pelopor, dan sampai sekarang pun belum ada yang mengikuti, kandungan Jacquelle Tone Up Powder tentunya bikin saya penasaran. Kira-kira ingredient apa aja yang melengkapi klaim produk ini, ya? Kalau kamu penasaran juga, yuk, simak ingredient list berikut!

Full Ingredients

Talc, Mica, Zinc Stearate, Dimethicone/Methicone Copolymer, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Polymethyl Methacrylate, Hydroxyapatite, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Silicate, Phenoxyethanol, Diisostearyl Malate, Dimethiconol, Chlorphenesin, Fragrance, Methicone, Triethoxycaprylylsilane. May contain: CI 77019, CI 77492, CI 77742, CI 77891, CI 77491, CI 15850:2, CI 19140:1, CI 77499, CI 77510.

Key ingredients

  • Pentaerythrityl Tetraisostearate

Zat ini digunakan sebagai emolien yang akan mengondisikan kulit dan juga sebagai agen peningkat viskositas (kekentalan) dalam produk kosmetik.

Tahukah kamu, ada banyak sel mati yang terperangkap di antara molekul lipid lapisan kulit? Ini salah satu penyebab kulit rusak dan akhirnya kelembapan alami pun menghilang. Pentaerythrityl tetraisostearate bekerja untuk mengisi celah-celah kulit dan membentuk barrier.

  • Polymethyl Methacrylate

PMMA alias Polimetil metakrilat adalah komponen filler plastic yang biasa digunakan dalam produk kosmetik dan juga sebagai pengisi garis halus serta kerutan di klinik estetika/kecantikan. Tenang, walau namanya plastic, kandungan ini bukan terbuat dari plastik sungguhan. Polimer sintetis metil metakrilat ini justru kompatibel dengan jaringan kulit manusia secara alami.

Zat ini dibuat dalam partikel kecil yang dimurnikan sebelum digunakan sebagai kandungan bedak. Produk bedak maupun alas bedak, baik padat maupun cair, jika mengandung zat ini maka akan mampu menyamarkan kekurangan di wajah seperti tekstur tidak merata dan garis halus.

  • Hydroxyapatite

Hidroksiapatit adalah mineral yang ditemukan secara alami di tulang dan gigi kita. Kalau di kosmetik, kandungan ini diklaim bertindak sebagai booster tabir surya serta agen fokus lembut, mirip fungsi polymethyl methacrylate. Zat ini biasanya ditambahkan ke dalam bedak tabur, eyeliner, foundation padat, tabir surya, hingga lip balm.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Ingat klaim UV Protection produk ini? Ternyata, itu didapatkan dari ethylhexyl methoxycinnamate. Dikenal juga dengan sebutan octinoxate atau octyl methoxycinnamate, zat ini merupakan tabir surya kimia yang paling populer. Ia akan menyerap radiasi UVB, tapi masih kurang maksimal. Jadi, kamu tetap harus pakai sunscreen tambahan, ya!

Impresi

Jika ditelaah, kandungan Jacquelle Tone Up Powder cocok dengan klaim-klaimnya. Bedak ini juga bebas dari alkohol juga paraben, walaupun ternyata masih terdapat parfum di dalamnya.

Saya pribadi tidak ada masalah dengan kandungan fragrance. Tapi, mungkin beberapa orang ada yang menghindarinya. Tadi kita sudah bicara tentang kandungan bahan, sekarang kita bahas bedaknya, yuk!

Tekstur

Bedak tabur ini memiliki tekstur yang sangat lembut, sesuai klaimnya. Kandungan polymethyl methacrylate-nya terbukti bekerja dengan baik. Saya telah mencoba beberapa bedak tabur merek luar negeri dan lokal, menurut saya, Jacquelle Tone Up Powder bisa digolongkan top 10 bedak dengan partikel terhalus.

Swatch

Jacquelle Tone Up Powder 5

Walaupun punya tiga warna berbeda, tapi saat dibaurkan warna bedak ini bakal menyatu, kok. Karena partikel bedaknya halus banget, jadi tidak susah di-blending. Berkat warna putih dan pink, kulit jadi kelihatan lebih cerah seketika.

Oh, ya, seperti yang saya bilang di atas, Jacquelle Ultra Fine Tone Up Powder hadir dalam beberapa varian. Total ada 4 shade yang bisa dipilih. Mereka adalah Bloom, Vivid, Pure, dan Delight. Untuk shade yang saya pakai, Bloom, warnanya terdiri dari putih, pink, dan cokelat. Bedak ini hasil akhirnya matte dan fresh.

Warna dalam Tone Up Powder Bloom tidak ada yang overpowering, warna cokelat yang awalnya kelihatan terlalu cokelat buat kulit kuning langsat saya ternyata jadi kelihatan pas karena ada bedak berwarna putih. Dan, tampaknya bedak berwarna pink yang bekerja untuk mencerahkan wajah.

Lanjut ke shade lainnya, vivid, terdiri dari warna cokelat, pink, dan krem. Varian ini punya shimmer, jadinya bisa bikin kulit glowing natural. Kalau shade Pure sama Delight punya base warna cokelat dan ungu, untuk warna lainnya sama seperti yang dua tadi, yaitu putih dan krem. Pure hasilnya matte, sedangkan Delight ada shimmer-nya.

Sayangnya, menurut saya shade ini kurang luas. Memang, hasilnya lebih ke translucent alias transparan tapi saya ragu produk ini bakal cocok di skintone yang lebih gelap atau justru skintone yang terlalu fair. Soalnya, warna cokelat dan krem di tiap varian bedak ini sama semua, tidak ada tingkatannya.

Mungkin untuk kulit cerah bisa memilih varian yang base-nya pink, sedangkan yang kulitnya lebih gelap bisa pilih yang warna dasar ungu. Buat kamu yang skintone-nya beda dengan saya dan sudah mencoba produknya, bisa sharing di kolom komentar, ya.

Wangi

Bedak ini mengandung fragrance, tapi saya tidak mencium bau yang signifikan. Saya hanya mencium aroma bedak pada umumnya saja.

Daya Tahan dan Performa

Kira-kira bagaimana performa Jacquelle Tone Up Powder? Biasanya, bedak tabur lebih cocok buat kulit berminyak karena lebih bisa menahan sebum. Nah, kulit saya kebalikannya, karena kulit saya tergolong normal cenderung kering. Kita buktikan saja bersama-sama, yuk!

Cara Pemakaian

Jacquelle Tone Up Powder 6

Kamu bisa pakai bedak ini sebagai setting powder maupun bedak touch up, karena partikelnya halus dan ukuran kemasannya mungil jadi bisa dipakai kapan aja di mana aja. Saya sendiri lebih suka pakai bedak Jacquelle sebagai setting powder setelah pakai liquid complexion.

Jadi, setelah pakai BB cream, CC cream, atau foundation, saya tap-tap wajah dengan bedak ini sampai merata. Kalau baru diaplikasikan kelihatan warna bedaknya bermacam-macam, tapi setelah dibaurkan dengan baik hasilnya menyatu dengan kulit, bukan?

Baca juga: Langkah Memakai Bedak yang Benar agar Makeup Tetap Bagus

Tips & Trik

Kalau kamu mau pakai bedak ini dengan teknik baking juga bisa! Bedak ini ada efek brightening dan butirannya mikro, jadi bisa 'ditahan' di area bawah mata dan bawah rahang, atau area lainnya yang dibutuhkan. Pakailah agak banyak untuk teknik baking, ya! Setelah kurang lebih 5 menit, baru disapu pakai brush.

Oh iya, produk ini juga bisa kamu pakai sebagai color corrector. Bedak warna pink bisa kamu aplikasikan di area khusus yang membutuhkan efek brightening ekstra. Caranya, buka dulu sekat pembatas spons dan bedaknya, lalu ambil bedak warna pink dengan spons. Kamu juga bisa melakukan yang sama untuk bedak yang warna putihnya saja sebagai 'baking' powder.

Hasil Pemakaian

Jacquelle Tone Up Powder 7

Kulit saya kuning langsat dengan yellow undertone, saat pakai Jacquelle Tone Up Powder shade Bloom, warna kulit saya cenderung kelihatan lebih putih, bukan lebih cerah.

Itu yang saya khawatirkan terjadi pada skintone yang super fair atau yang lebih gelap, kalau warna bedak-bedak Jacquelle tidak akan menyatu baik dengan warna kulit. Walaupun warna bedak Jacquelle lebih ke translucent, tapi tetap saja mengubah warna kulit.

Juga, kekurangan dari bedak yang transparan seperti ini adalah tidak bisa menutupi kekurangan di wajah dengan sempurna. Seperti noda bekas jerawat, mata panda, dan kulit kemerahan. Kalau buat daily makeup memang sudah cukup, tapi kalau mau tampil flawless banget kamu perlu bedak lain.

Tapi, ada hal yang saya suka juga dari produk ini. Bedaknya tidak bikin kulit kering jadi kentara karena tidak nempel di area dry patch dan tidak menimbulkan bikin dry patch baru. Ketahanan bedaknya juga lumayan lama, bikin makeup stay selama beberapa jam. Padahal saya wudhu yang berarti wajah terkena air. Perlu dicatat, kulit saya tipe kering, jadi hasilnya pasti berbeda dengan oily skin.

Kesimpulan

Jacquelle Tone Up Powder 8

Setelah kurang lebih 7 jam pemakaian, kondisi makeup saya masih bagus. Bedak Jacquelle Tone Up Powder memang sudah mulai luntur, tapi staying power-nya masih bersisa. Bedak ini bikin riasan wajah saya tidak crack seharian, kompleksi juga kelihatan lebih mulus karena ada efek soft blur-nya.

Produk ini memang pas banget buat daily makeup, atau buat yang hanya mau pakai skincare bisa ditutup pakai bedak Jacquelle di atasnya supaya muka tidak kelihatan berminyak.

Overall, lebih banyak poin yang saya sukai dari produk ini ketimbang komplainnya. Bedak Jacquelle sukses merebut hati saya.

Pros

  • Tone up powder pertama dan satu-satunya di Indonesia
  • Efek brightening-nya terbukti berfungsi
  • Bedak bisa bekerja sebagai color correcting dengan dipakai secara terpisah
  • PAO (period after opening)-nya lama banget, yaitu 3 tahun!
  • Tidak bikin kulit kering makin kering
  • Bedak tidak memperjelas dry patch
  • Tidak ada kandungan paraben dan alkohol
  • Kemasan mini jadi travel friendly

Cons

  • Harganya sama dengan bedak tabur yang berukuran lebih besar
  • Karena kemasannya mungil, sponsnya kecil juga, agak sulit untuk dipakai mengaplikasikan bedak
  • Sulit mengeluarkan bedak jika spons di-tap ke kemasan, jadinya harus menunggingkan kemasan ke tutup untuk mengeluarkan bedak

Harga & Tempat Membeli

Jacquelle Tone Up Powder adalah produk yang bagus. Klaimnya semua terbukti, kekurangannya adalah range shade-nya yang sempit. Jika tertarik dengan produknya, kamu bisa membelinya lewat link di atas. Apa kamu pernah coba bedak ini juga? Bagaimana hasilnya di wajah kamu? Ngobrol-ngobrol, yuk, di kolom komentar!

Kalau ingin tahu rekomendasi bedak tabur bagus lainnya dari Kamini, silakan mampir ke artikel Merk Bedak Tabur yang Bagus dan Recommended, ya. Semua rekomendasinya adalah produk lokal, lho!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram