kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Sabun Wajah Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser

Review Sabun Wajah Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Maret 2021

When it comes to beauty, joy must come first. #JoySparksBeauty

- Joylab

Joylab Beauty percaya, manusia tercantik adalah yang penuh dengan kebahagiaan. Joylab siap menjadi sahabat terbaikmu dalam menemukan kebahagiaan batin. Dengan niat tersebut, Joylab menghadirkan produk otentik dengan semangat super-positif untuk membantu kamu menjadi lebih ceria dari dalam maupun dari luar.

Joylab bekerja selangkah demi selangkah untuk menghadirkan tren global terkini, perawatan kulit, dan makeup peningkat kulit. Mereka juga selalu memilih bahan yang lebih hijau, menentang kekejaman terhadap hewan, dan selalu menekankan kandungan yang bekerja secara aktif untuk mempercantik kulit.

Dan, sekarang, saya Syuri dari Kamini mau review salah satu produk andalan Joylab Beauty, yaitu Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser. Ini merupakan sabun muka, tapi karena berupa cleanser, dia nggak bakal terlalu berbusa. Jadi pastinya bakal lembut dan aman banget di kulit, kan? Daripada semakin penasaran, langsung saja kita bedah sabun mukanya, yuk!

Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser

Secangkir matcha (teh hijau) memang enak untuk dinikmati saat cuaca panas maupun dingin. Selain enak, matcha juga dikenal dengan manfaat detoksifikasi, makanya orang yang peduli akan kesehatan dan kecantikan tubuhnya pasti menyukai matcha.

Akan tetapi, kamu nggak cuma bisa meminum atau memakan matcha, loh, karena kamu bisa menggunakannya langsung pada kulit juga! Tentunya dengan Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser.

Produk ini merupakan pembersih wajah bertekstur ringan yang akan memberikan pembersihan mendalam yang tak terkalahkan. Dia mampu menghilangkan kotoran di permukaan kulit sekaligus menyuntikkan energi dan menjaga pelindung kulit yang halus.

Sabun pencuci muka ini mengandung bahan lainnya seperti Sweet Almond Oil dan Oat Kernel Oil yang membantu melembabkan dan membuat kulit tampak cerah. Belum lagi Ekstrak Witch Hazel yang akan mengecilkan ukuran pori-pori yang asalnya terlihat jelas bahkan dari jauh! Gotta Matcha Cleanser ini akan menjadikan wajahmu lebih segar, bersih, halus, bercahaya, dan awet muda.

Fun Fact!

Masih belum banyak brand perawatan kulit lokal yang mengedepankan bahan-bahan green dan cruelty free seperti Joylab Beauty. Jadi, jika kamu tertarik dengan skincare yang seperti itu, bisa intip produk-produk Joylab, ya!

Klaim & Benefit

  • Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh
  • Menghaluskan dan melembutkan kulit
  • Menghidrasi kulit
  • Membuat kulit wajah terasa segar, bersih, dan terlihat bercahaya
  • Mencegah peradangan dan iritasi kulit

Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser adalah solusi untuk kulit kering dan kotoran yang menumpuk di kulit. Produk ini terbebas dari Animal Cruelty, Mineral Oil, Sulfate, Alcohol, Silicone, dan Fragrance.

Kemasan

Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser datang dengan kemasan plastik transparan seperti ini. Dengan dominasi warna putih dan tulisan berwarna hijau, saya sangat menyukai betapa simpelnya packaging produk ini. Baik di boks maupun di kemasan Cleanser-nya langsung cukup informatif, walaupun di boks tentunya memiliki info yang lebih lengkap.

Ini dia visual Cleanser-nya setelah dikeluarkan dari boks! Dia cukup besar, isinya pun tergolong banyak untuk sebuah sabun muka, yaitu 100 ml. Di bagian depannya hanya ada tulisan nama produk saja.

Sedangkan pada bagian belakangnya ada keterangan mengenai produk, cara pakai, key ingredient, dan manufacturer. Oh, ya, ada keterangan waktu simpan juga yaitu 1 tahun setelah kemasan dibuka.

Saya kurang suka sama lubang untuk mengeluarkan produknya karena menurut saya terlalu besar. Jadinya saat dipencet pelan-pelan pun produk yang keluar terlalu banyak untuk sekali pemakaian. Saya baru pakai satu minggu saja isinya sudah berkurang 1/2.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Aqua (Water), Coco-glucoside, Sodium lauroyl sarcosinate, Acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Phenoxyethanol, Cocamidopropyl betaine, Sodium cocoyl apple amino acids, Sodium benzoate, Coco-betaine, Sodium hydroxide, Sodium chloride, Sodium cocoyl isethionate, Sodium methyl cocoyl taurate, PEG-40 hydrogenated castor oil, Tetrasodium EDTA, Sodium metabisulfite, Sodium PCA, Propylene glycol, Panthenol, Prunus amygdalus dulcis (Sweet almond) oil, Vegetable oil, Hamamelis virginiana (Witch hazel) leaf extract, Avena sativa (Oat) kernel extract, Camellia sinensis (Green tea) leaf extract, Sorbitol, Glycerin, Pantolactone, Tocopherol, Chlorphenesin, Potassium sorbate, CI 14700 (Red 4), CI 19140 (Yellow 5), CI 42090 (Blue 1)

  • Key ingredients

Coco-glucoside

Coco glukosida adalah surfaktan (yang berarti memecah tegangan permukaan dalam cairan), makanya dia sering digunakan dalam produk pembersih. Misalnya sampo, pembersih wajah, sabun mandi, dan sabun tangan. Tapi, dia juga kadang mejeng di produk tabir surya dan makeup.

Bagaimana Coco glukosida dibuat? Produksi komersial Coco glukosida umumnya dimulai dengan mencampurkan alkohol kelapa dengan sejenis gula, glukosa, atau polimer glukosa dalam kondisi asam. So, it's natural!

Sodium lauroyl sarcosinate

Sodium lauroyl sarcosinate sama seperti sodium lauryl sulfate, yaitu merupakan bahan pembersih dan pembusa. Akan tetapi, sodium lauroyl sarcosinate berasal dari sarcosine, asam amino yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Makanya, kelebihan sodium lauroyl sarcosinate adalah dapat membersihkan secara menyeluruh namun lembut di kulit.

Cara kerjanya itu menarik minyak berlebih dan juga kotoran, kemudian dengan hati-hati menghilangkan kotoran dari kulit sambil mengemulsi, sehingga lebih mudah dibilas dengan air.

Kandungan ini juga tercantum dalam Handbook of Green Chemicals (Buku Pegangan Bahan Kimia Hijau). Ya, natrium lauroyl sarcosinate mendapat acungan jempol dari sebagian besar pendukung green and clean beauty.

Green Tea Extract

Ekstrak teh hijau bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan toxin.

Pro-Vitamin B5

Kandungan ini akan meningkatkan hidrasi, kelembutan, dan elastisitas kulit. Terus, dia juga akan membantu meregenerasi kulit, loh!

Witch Hazel Extract

Terakhir, ada Ekstrak Witch Hazel yang bakal mencegah peradangan serta iritasi kulit. Aman, nih, buat kulit sensitif.

Impresi

Setelah mengetahui kandungan dan star ingredients di dalam Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser, kamu pasti semakin penasaran dengan performanya, kan? Yuk, langsung saja simak seperti apa swatch dan aromanya!

Tekstur & Swatch

Ini dia swatch Cleanser-nya. Namanya juga matcha, pasti ada hijau-hijaunya. Tapi dia itu lebih ke soft green, jatuhnya jadi sedikit kuning, mungkin karena transparan juga kali, ya. Jadinya bukan seperti matcha yang hijaunya medok tapi ini lebih ke green tea yang bening. Untuk teksturnya dia gel yang nggak encer sama sekali.

Wangi

Jujur, saya mengharapkan aroma teh hijau yang segar dari sabun muka ini tapi tidak ada yang tercium dari sana saat saya mengendus gel cleanser-nya. Akan tetapi, saat diratakan ke kulit wajah, memang sepintas ada aroma segar, walau saya tidak yakin kalau itu aroma teh hijau. Mungkin karena produk-produk Joylab memang tidak ditambah parfum kali, ya.

Performa

Sekarang, saya akan membahas bagaimana Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser bekerja, cara pakai, dan hasil pemakaiannya. Yuk, langsung aja!

Cara Pemakaian

Basahi wajah dengan air. Lalu, buka tutup flip top-nya lalu pencet kemasan pelan-pelan, agar Cleanser yang keluar nggak kebanyakan. Tuangkan Cleanser ke telapak tangan kamu seukuran uang koin. Terus, beri sedikit air dan gosok kedua telapak tangan kamu agar Cleanser aktif dan berbusa. Massage-kan sabun ke wajah kamu, bilas sampai bersih, dan keringkan wajahmu.

Hasil

Sebenarnya produk ini nggak seperti yang terlihat di foto, ya, dia nggak langsung bikin kulit saya menjadi putih meski foto di tempat yang sama.

Anyway, setelah mencoba mencuci muka dengan Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser untuk pertama kalinya, saya merasa sangat refreshed. Seger banget, muka terasa adem, kulit nggak terasa tertarik berarti sabun muka ini nggak bikin kulit kering.

Akan tetapi, setelah satu minggu lebih menggunakan sabun ini, saya notice ada jerawat-jerawat kecil yang muncul. Yaitu di dahi dan di bawah dagu saya. Padahal saya tipe yang jarang banget jerawatan. Dan biasanya jerawat kecil merupakan tanda kalau saya nggak cocok sama produk tertentu. Saya jadi berpikir, apa kulit saya nggak cocok sama Cleanser Joylab, ya?

Terus, saya memang pemilik kulit kering yang kadang kalau lagi kambuh, sulit disembuhkan. Saat saya menggunakan produk ini, kulit di area hidung saya sedang mengalami kulit kering yang mengelupas alias dry patch. Memang, sabun ini nggak bikin kulit saya makin kering, tapi dia juga nggak menyembuhkan dry patch-nya. Jadi, saya rasa dia nggak se-hydrating itu, ya.

Padahal saya sudah pakai Nacific Fresh Herb Origin Serum, Pond's Glow in A Flash Watermelon Moisturizer, dan Studio Tropik Flawless Priming Water sembari rutin mencuci muka dua kali sehari dengan Cleanser Joylab. Tapi, itu semua nggak membantu membuat kulit saya jadi lembab kembali.

Barulah setelah saya maskeran dengan emina Clay Mask, kulit kering yang berterbangan di area hidung saya sedikit menghilang dan tidak muncul lagi. Mungkin saya memang harus scrubbing, ya. Tapi saya tadinya berharap Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser bisa mengembalikan kelembaban kulit sya yang lagi terkikis, tapi ternyata tidak bisa.

Kesimpulan

Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser ini cukup sesuai dengan klaim-klaimnya. Tapi kalau yang kulitnya super kering sepertinya tetap harus menggunakan produk-produk lainnya yang bersifat menghidrasi.

Karena, memang sabun muka ini nggak bikin kulit kering maupun tertarik, tapi dia juga nggak bisa mengembalikan kulit jadi lembab lagi. Tidak memperparah tapi tidak juga menyembuhkan. Detilnya silakan baca di bawah ini.

Pros (+)

  • Tidak membuat kulit jadi kering setiap sehabis cuci muka
  • Formulanya ringan dengan minim busa, aman untuk semua jenis kulit termasuk yang sensitif
  • Saya merasa jadi tidak terlalu cepat komedoan lagi (karena pori-pori saya tergolong besar, saya biasanya cepat banget komedoan, sekitar 3 hari setelah dibersihkan biasanya sudah ada komedo lagi). Nah, selama saya pakai Cleanser ini, saya nggak ngerasa komedo yang menumpuk banget padahal sudah lewat satu minggu
  • Kemasan yang elegan dan simpel
  • Walaupun bentuknya cukup tinggi, dia ringan sehingga bisa dibawa buat traveling juga
  • Terbebas dari bahan-bahan berbahaya, menggunakan green ingredients, dan cruelty free

Cons (-)

  • Tidak menghidrasi kulit dengan maksimal di kulit saya yang lagi kering banget
  • Lubang tempat keluar Cleanser terlalu besar sehingga kadang produk yang dikeluarkan terlalu banyak
  • Harganya agak pricey untuk sabun muka, sekitar 130 ribu jika tidak diskon

Harga & Tempat Membeli

So, menurut kamu apakah Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser produk yang bagus atau menarik untuk dicoba? Saya sendiri sedikit abu-abu untuk menjawabnya, karena dia memang nggak bikin kulit saya jadi kering kerontang, tapi dia juga nggak memperbaiki kulit saya yang lagi kering. Jadinya saya galau apa dia memang bagus buat kulit kering atau tidak?

Tapi, kondisi kulit tiap orang berbeda-beda, tidak menutup kemungkinan jika produk ini cocok untuk kulit kering, atau jenis kulit lainnya, di wajah orang lain. Kalau saya sendiri sepertinya nggak akan repurchase, karena dia kurang hydrating buat kulit saya. Buat kamu yang pernah cobain Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser, share pengalaman kamu di bawah, yuk!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram