kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Bibir / Review Viva Queen Perfect Matte Lip Color, Tetap Melembabkan

Review Viva Queen Perfect Matte Lip Color, Tetap Melembabkan

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 18 Februari 2021

Ada yang bilang bahwa pemilik bibir kering seharusnya tidak menggunakan lipstik matte karena hanya akan memperjelas tampilan bibir yang kering tersebut. Well, ungkapan tersebut tidak sepenuhnya keliru. Pasalnya, hasil akhir matte memang menyebabkan permukaan bibir menjadi kering tanpa kelembaban apapun. Akan tetapi, bukan berarti pemilik bibir kering tidak dapat menikmati sensasi menggunakan lipstik matte.

Kabar baiknya, para produsen produk kecantikan sudah berlomba-lomba memformulasikan lipstick matte dengan manfaat samping lainnya. Salah satunya adalah manfaat melembabkan. Memadukan lipstik dengan tampilan akhir matte namun tetap melembabkan adalah produk lipstik yang diimpikan pemilik bibir kering, bukan?

Salah satu merk lipstik matte yang dapat melembabkan tersebut datang dari brand kenamaan Indonesia, Viva. Kalau kamu pencinta lipstick matte pasti sudah tidak asing lagi dengan produk ini. Benar, namanya adalah Viva Queen Perfect Matte Lip Color.

Kebetulan karena saya adalah salah satu orang yang mengalami struggle dengan kondisi bibir kering namun always crazy about matte lipstick, tak sabar deh rasanya ingin segera mencoba lipstick ini. Kira-kira seperti apa pengalaman saya mencoba lipstick ini ya? Simak terus ulasannya!

Tentang Produk

Review Lipstik Matte Viva 1

Viva Queen merupakan merk makeup keluaran Viva Cosmetics yang sudah cukup lama menemani wanita Indonesia untuk mempercantik setiap sisi wajah mereka. Nah, beberapa tahun silam tepatnya pada tahun 2017, Viva tidak mau ketinggalan untuk memproduksi produk lipstik matte dalam rangkaian Viva Queen, yaitu Perfect Matte Lip Color.

Mendengar kabar lahirnya produk tersebut, tentu saja masyarakat sangat antusias untuk mencoba lipstick matte ini. Kebetulan, kemunculan produk ini juga bertepatan dengan naiknya popularitas lipstick matte di dunia kecantikan Indonesia.

Klaim dan Benefit

Viva Queen Perfect Matte Lip Color merupakan produk lipstik matte yang diformulasikan sesuai dengan daerah tropis menggunakan UV filter dan vitamin E untuk melembabkan dan menutrisi bibir. Melalui formula High Pigmented Color dan dilengkapi dengan Soft Focus Agent, lipstick ini akan menyamarkan garis halus pada bibir hanya dengan satu kali oles saja.

Bahkan, formulasi terbaru dari produk ini juga diperkaya dengan squalene yang dapat melembabkan dan menutrisi. Kamu akan mendapatkan tampilan bibir yang matte, halus, lembut dan tahan lama dengan Viva Queen Perfect Matte Lip Color. Singkatnya, klaim yang dinyatakan Viva tentang produk ini adalah UV protection, moisturizing, easy blend, intense color dan long lasting.

Cara Pemakaian

Walau saya tidak menemukan informasi apapun seputar cara pemakaian produk ini pada kemasan. Tapi saya berhasil mendapatkan informasi pemakaian ini dari website resmi Viva Cosmetics. Berikut adalah cara pemakaian Perfect Matte Lip Color yang direkomendasikan Viva.

  1. Aplikasikan secara merata pada bibir dengan sekali oles
  2. Gunakan setelah atau tanpa penggunaan lip balm
  3. Bersihkan menggunakan eye & lip makeup remover

Kemasan

Review Lipstik Matte Viva 0

Ada yang menarik dari kemasan Viva Perfect Matte Lip Color yaitu pada kemasan dus luarnya. Awalnya, lipstick ini dikemas dalam dus bernuansa kuning yang sangat terang dengan imprint nama produk berwarna emas dan putih. Padahal tube dalam produk ini didesain dengan warna hitam. Cukup kontras, bukan?

Akan tetapi, akhirnya Viva mengubah desain kemasan dus ini menggunakan color theme yang sama dengan tube dan menjadikan Viva Queen Perfect Matte Lip Color terbaru lebih tampak elegan serta simple. Tapi sebenarnya, kalau menggunakan warna ini, banyak orang akan tertukar mengenal Viva Queen Perfect Matte Lip Color dengan salah satu produk lipstik matte populer lainnya di Indonesia dengan warna kemasan serupa. Tahu kan produk apa yang saya maksud? Haha

Lipstik ini dikemas dalam tube roll up lipstick pada umumnya dengan material plastik serta logam di dalamnya. Tube ini dihias dengan warna hitam serta nuansa gold dengan finishing doff yang super elegan dan luxurious.

Saya sangat mengapresiasi keseriusan Viva dalam mendesain produk ini dengan sangat elegan dan detail. Pada bagian bibir tube saja, saya tidak menyangka bahwa Viva akan menghiasnya dengan logo. Padahal biasanya, kebanyakan produk kosmetik akan membiarkan bagian ini tetap polos tanpa hiasan apapun.

Ingredients

Review Lipstik Matte Viva ingredients

Full Ingredients

Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Diisostearyl Malate, Isononyl Isononanoate, Isododecane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Glyceryl Behenate/Eicosadioate, Ceresin, Beeswax, Octyidodecanol, CI 77019, Candelita (Euphorbia Cenfera) Wax, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, HDI/Trimethylal Hexyllactone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Octyl Methoxycinnamate, Silica Dimethyl Silylate, Perfume, Squalane, Tocopheryl Acetate BHT, Triethylene Glycol, Methicone, Silica.

May contain : C 77492, CI 77491, CI 77499, CI 77891, CI 15850:1, CI 1585O, CI 77002, CI 15850:2. CI 45410, C 17200, CI 19140.1.

Key Ingredients

  • Squalane

Sebenarnya squalane merupakan komponen alami dari sebum. Bahan ini sangat baik dalam melembabkan juga merupakan sumber dari asam lemak dan antioksidan.

  • Octyl Methoxycinnamate

Masih ingat kalau Viva Queen Perfect Matte Lip Cream ini menawarkan fungsi UV protection? Meski tidak spesifik menyebutkan grade SPF dalam produk ini, ternyata Viva benar-benar memformulasikannya dengan UV filter yaitu octyl methoxycinnamate. Bahan ini dapat memproteksi kulit terutama dari sinar UVB.

  • Tocopheryl Acetate /BHT

Sumber antioksidan lain yang memperkaya formulasi lipstik ini adalah vitamin E, yaitu dalam bentuk tocopheryl acetate. Kandungan ini dapat membantu mengurangi flaky pada bibir yang kering, lho.

Impresi

Setelah mengenal produk ini dari klaim, kemasan, dan ingredients yang terkandung, saatnya berkenalan lebih jauh dengan Viva Queen Matte Lip Color ini dengan mencobanya langsung.

Tekstur

Review Lipstik Matte Viva tekstur

Sebelum mencoba mengoleskan pada bibir, saya menguji tekstur lipstick ini pada punggung tangan. Alhasil, lipstick meluncur dengan mudah pada kulit saya tanpa perasaan kesat ataupun menggumpal. Ketika dipulaskan pada bibir pun sama, tekstur yang halus dan lembut membuat Viva Queen Perfect Matte Lip Color sangat mudah diaplikasikan. Tapi tetap perlu hati-hati ketika mengaplikasikan lipstik ini ya, karena batangan lipstik mudah sekali untuk lepas dari wadahnya.

Aroma

Meski perfume masuk dalam ingredients list, saya tidak bisa menggambarkan aroma apa yang dipakai Viva dalam produk ini. Hanya satu hal yang bisa saya pastikan, bahwa aroma ini terasa artificial. Untungnya, aroma ini tidak terlalu menyengat bahkan cenderung lemah untuk dicium hidung kala diaplikasikan pada bibir.

Shade dan Swatch

Review Lipstik Matte Viva Swatch

Viva Queen Perfect Matte Lip Color memiliki jumlah total 10 shade dengan nuansa cukup beragam. Ada yang bernuansa nude kalem hingga warna-warna berani untuk tampilan bold juga dihadirkan. Shade yang saya ulas sendiri adalah Mocha (705) yang katanya merupakan salah satu shade yang cocok digunakan sawo matang. Sebagai seorang sawo matang, tentu saja saya tidak mau melewatkan shade ini.

Ketika di-swatch pada tangan, shade Mocha (705) ini menampilkan warna pink kecoklatan yang agak deep. Tapi, ketika dipulaskan pada bibir warnanya malah menunjukan opasiti yang kurang sehingga tampak tidak pigmented. Tampilan warna lipstick pada bibir juga malah cenderung memiliki hint oranye.

Selain itu, harus saya katakan bahwa pigmentasi shade Mocha ini hanya berada dalam level medium. Karena saya harus mengoleskan lipstick sebanyak dua kali untuk benar-benar mendapat coverage yang optimal. Itu pun tidak benar-benar dapat meng-cover ketidakmerataan warna bibir saya.

Kalau untuk finishing result, produk ini memang memberikan tampilan akhir matte yang tetap terasa melembabkan. Bukan matte yang terasa tight sehingga pemilik bibir kering seperti saya bisa leluasa untuk menggunakan produk ini.

Sayangnya lagi, klaim Viva yang menyatakan bahwa Perfect Matte Lip Color dapat memberikan tampilan bibir yang tampak halus ternyata tidak bekerja pada bibir saya. Bukannya mengisi retakan pada bibir yang kering untuk menciptakan kesan halus, lipstik malah memperjelas tampilan retakan tersebut.

Daya Tahan dan Performa

Review Lipstik Matte Viva ketahanan

Walau cukup baik dari sisi tekstur dan finishing result, sayangnya saya tidak begitu terkesan dengan ketahanan produk ini. Pada bibir saya produk ini hanya mampu stay selama 2-3 jam bila dibarengi makan dan minum. Karena pada jam ke-4, lipstick benar-benar sudah hilang dan hanya bersisa pada garis luar bibir saja. Lipstik juga tidak smudge-proof apalagi transfer-proof.

Soalnya ketika saya minum, produk ini mudah sekali nge-stain pada gelas. Tapi jangan khawatir, bila dirasa lipstick mulai menghilang, kamu bisa touch up kembali karena produk ini sangat ringan selama digunakan. Tak hanya ringan, produk ini juga tidak akan menjadi kering selama pemakaian.

Tips dan Trik

Meski produk ini dapat membuat tampilan bibir tampak halus, tapi sebaiknya jangan gunakan lipstick ini lebih dari 2 layer karena dapat menjadikan produk malah menggumpal pada bibir. Jadi pergunakan secukupnya saja, ya.

Harga dan Tempat Pembelian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Saya masih tidak menyangka bahwa produk ini hanya dibanderol seharga Rp25.000an dengan desain yang tampak mahal serta kualitasnya yang lumayan. Viva Queen Perfect Matte Lip Color ini juga mudah ditemukan dimana-mana. Tapi kalau tidak mau repot, kamu bisa langsung membelinya melalui link yang telah Kamini sediakan.

Kesimpulan

Review Lipstik Matte Viva

Secara keseluruhan, saya cukup salut dengan Viva yang maksimal dalam memproduksi Queen Perfect Matte Lip Color yang tampak mewah, performa lumayan, namun tetap dibanderol dengan harga yang bersahabat dengan masyarakat Indonesia.

Pros

  • Tidak membuat bibir kering walau matte finish
  • Kemasan elegan
  • Terasa ringan
  • Ada kandungan UV filter
  • Dapat bertahan 2-3 jam bila dibarengi makan dan minum
  • Harga bersahabat

Cons

  • Shade Mocha (705) pigmentasinya medium
  • Memperjelas tampilan bibir kering
  • Tidak smudge-proof dan transfer-proof
  • Batangan lipstik mudah lepas

Begitulah ulasan tentang Viva Queen Perfect Matte Lip Color. Saya rasa produk ini cocok dicoba untuk kamu yang mencari lipstick matte dengan formulasi melembabkan namun tidak begitu mementingkan pigmentasi. Saya sendiri sepertinya akan menggunakan produk ini untuk kegiatan sehari-hari di rumah. Kalau kamu bagaimana? Tertarik juga untuk mencoba produk ini? Share jawabanmu di kolom komentar, ya.

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram