Review L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 Agustus 2021

Brand kenamaan L'Oréal Paris punya sederet produk foundation dengan finish look yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan dewy finish, satin finish, hingga matte finish. Tentu saja sebagai pemilik kulit kombinasi berminyak, saya lebih prefer foundation dengan hasil matte finish demi mengurangi tampilan 'kilang' minyak pada area T-Zone.

Kebetulan, L'Oréal Paris memperkenalkan salah satu foundation andalannya yang bisa mengontrol produksi minyak di kulit dengan hasil akhir matte. Bukan cuma itu, konon produk ini juga jadi salah satu favorit para Make Up Artist karena punya coverage yang tinggi. Produk yang dimaksud adalah Infallible 24H Matte Cover Foundation.

Pada tulisan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman selama menggunakan L'Oréal Paris Infallible 24H Cover Foundation dimulai dari sensasi penggunaannya hingga ketahanan produk selama berjam-jam. Tapi sebelum itu, sebaiknya kita korek sedikit informasi mengenai produk ini dulu, yuk!

Tentang Produk

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation__

Seri infallible dari L'Oréal Paris merupakan koleksi produk kompleksi yang menawarkan hasil akhir natural, matte, dan punya ketahanan hingga 24 jam. Seri ini diformulasikan khusus oleh L'Oréal Paris agar memiliki kemampuan dalam menahan minyak dengan tekstur yang tetap ringan dan tahan lama. Singkatnya, seri ini menawarkan tampilan effortless beauty yang long-lasting.

Koleksi Infallibe sendiri terdiri produk More Than Concealer, 24H Fresh Wear Foundation, 24H Matte Cover Foundation, Pro-Matte 16H Powder, Ultra-Thin Mattifying Powder, serta Pro Spray & Set Makeup Extender. Saat ini, Infallible memang difokuskan pada produk-produk yang menunjang kompleksi.

Klaim dan Benefit

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_klaim_

L'Oréal Infallible 24H Matte Cover Foundation merupakan produk yang dapat menutupi ketidaksempurnaan pada wajah dengan high coverage serta hasil akhir matte natural. Diperkuat dengan duo oil-control ingredients yang dapat menyerap minyak secara instan sekaligus menjaga makeup tetap matte seharian. Keunggulan lain dari produk ini adalah sebagai berikut:

  • Mengandung SPF 20 dan PA+++
  • 24 jam matte finish dan shine control
  • Konsentrasi pigmen yang tinggi dalam tekstur ultra cair, untuk coverage yang tinggi dengan hasil akhir layaknya second skin
  • Non-comedogenic
  • Transferproof meski menggunakan masker
  • Waterproof dan sweatproof
  • Breathable dengan tekstur tetap ringan

Cara Pakai

Saya sebenarnya nggak menemukan tata cara pemakaian khusus yang dianjurkan L'Oréal untuk produk ini. Karena itu saya simpulkan bahwa penggunaannya sama seperti kebanyakan produk foundation. Hanya saja, ada sedikit catatan yang tertera pada kemasan bahwa produk ini harus dikocok dahulu sebelum pemakaian.

Kemasan

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_kemasan_

Hadir tanpa box luar, L'Oréal Paris Matte 24H Cover Foundation dikemas dalam tube plastik berwarna dominan hitam doff yang sleek. Meski ramai karena semua informasi mengenai produk diletakkan pada tube-nya, tetap ada bagian pada badan tube yang dibuat transparan, sehingga konsumen bisa melihat shade dari foundation secara langsung.

Kemasan ini terkesan lebih konvensional karena L'Oréal nggak menggunakan pump seperti 24H Fresh Wear Foundation, melainkan pointy nozzle biasa yang disertai cap ulir. Meski begitu, kemasan ini tetap tidak mudah bocor dan cenderung lebih ringan untuk dibawa-bawa.

L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation memiliki volume 35ml dengan 12 months PAO. Produk ini juga sudah memiliki nomor izin BPOM dan barcode khusus, meski masih dalam bentuk stiker. Pada stiker ini pula tanggal expire dari produk disimpan.

Ingredients List

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_ingredients_

Meski merupakan produk makeup, nggak ada salahnya untuk breaking down satu per satu ingredients dari L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Supaya kita tahu apa saja kandungan yang bermanfaat dalam menunjang performa produk. Yuk, kita tinjau!

Full Ingredients

Aqua / Water, Dimethicone, Isododecane, Acrylates/Polytrimethylsiloxymethacrylate Copolymer, Butylene Glycol, Silica, Peg-10 Dimethicone, Synthetic Fluorphlogopite, Isohexadecane, Cellulose, Isononyl Isononanoate, Pentylene Glycol, Bis-Peg/Ppg-14/14 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Disodium Stearoyl Glutamate, Caprylyl Glycol, Silica Silylate, Disteardimonium Hectorite, Calcium Aluminum Borosilicate, Tocopherol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Parfum / Fragrance, Aluminum Hydroxide, Hexyl Cinnamal, Benzyl Salicylate, Linalool, Sorbitan Isostearate, Polysorbate 60, Alpha-Isomethyl Ionone, Benzyl Alcohol, Citronellol, Ci 77891 / Titanium Dioxide, Ci 77491, Ci 77492, Ci 77499 / Iron Oxides

Key Ingredients

Dari list yang cukup panjang tersebut, ternyata memang ada beberapa bahan yang saya kenali dan punya manfaat untuk menunjang performa produk. Berikut daftarnya:

  • Dimethicone

Pada klaim yang disebut L'Oréal Paris, 24H Infallibe Matte Cover punya kandungan duo oil-control ingredients yang bertanggung jawab dalam menyerap minyak dan menjaga tampilan makeup tetap matte seharian. Satu dari ingredients yang dimaksud sepertinya adalah dimethicone.

Bahan ini memang sering digunakan dalam produk kosmetik wajah karena kemampuannya mengontrol minyak dan membuat tampilan kompleksi menjadi halus. Dimethicone juga punya sifat sedikit matte, makanya sangat cocok ditambahkan pada produk-produk matte finish.

  • Silica

Baca juga:

Satu lagi anggota yang mungkin masuk dalam duo oil-control ingredients, silica. Bahan yang punya karakter white powdery ini memang biasanya terdapat pada kaca dan pasir. Namun, silika juga bisa digunakan dalam produk kosmetik karena punya kemampuan menyerap minyak.

  • Benzyl Salicylate

Dalam produk kosmetik, benzyl salicylate digunakan sebagai pelindung dan penyerap sinar UV, terutama pada produk yang kemasannya transparan. Nggak cuma melindungi produk dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV, bahan ini juga bisa bantu lindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

  • CI 77891 atau Titanium Dioxide

Selain berfungsi sebagai pengental dan agen penambah opasiti, titanium dioksida juga bisa berperan sebagai UV filter. Bahan ini dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UVA maupun UVB, sekalipun pada jenis kulit sensitif. Kemungkinan besar, nilai SPF 20 dan PA+++ dari foundation ini juga datang dari kandungan titanium dioxide-nya.

  • Tocopherol

Kalau bahan ini mungkin sudah banyak yang khatam dengan manfaatnya, soalnya tocopherol sering sekali ditemukan pada produk kecantikan. Bentuk alkohol dari vitamin E ini memang menawarkan manfaat antioksidan baik untuk kulit maupun bagi produk.

Impresi

Sampai juga pada pembahasan impresi L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Akankah produk ini membuat saya impressed dengan feels yang ditawarkan? Yuk, cari tahu jawabannya!

Tekstur

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_tekstur_

Pertama, tentu saja dari segi tekstur. L'Oréal Paris Infallibe 24H Matte Cover foundation punya tekstur krim cair yang super ringan. Tekstur ini sangat mudah diratakan dengan sebaran yang luas pada permuakaan kulit. Soalnya, dengan jumlah yang sedikit saja, produk mampu menutupi cukup banyak bagian kulit saya.

Tekstur ini juga bikin foundation terasa buildable, jadi level coverage-nya bisa diatur tanpa perlu takut terasa berat pada kulit. Produk ini juga cukup cepat nge-set diwajah dengan hasil akhir yang matte.

Aroma

Kalau ditilik dari ingredients list, sebenarnya ada beberapa suspect bahan yang bersifat fragrance yakni isodocecane, linalool, alpha-isomethyl ionone dan citronellol. Dan memang benar, ketika sampai di kulit, foundation L'Oréal Paris ini mengeluarkan aroma yang lembut.

Shade

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_shade_

L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation memiliki 10 shade yang menaungi baik cool, warm maupun neutral undertones. Bila dikelompokkan dengan karakter undertone-nya, kesepuluh shade tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cool Undertone: 110 Rose Vanilla, 147 Neutral Beige, 118 Rose Linen dan 105 Fair Linen
  • Warm Undertone: 125 Natural Rose, 240 Natural Honey, 250 Radiant Sand, dan 257 True Sun
  • Neutral undertone: 140 Golden Beige dan 260 Golden Sun

Saya sendiri memilih shade 250 Radiant Sand karena punya undertone warm dengan medium-to-dark skintone character yang mana mendekati warna kulit saya. Sayangnya, ketika diaplikasikan, ternyata warnanya masih satu tingkat lebih gelap dibandingkan kulit saya. Jadinya foundation seperti toned down warna kulit wajah.

Meski begitu, karena undertone-nya sesuai, produk ini nggak ninggalin kesan ashy sama sekali. Malah cukup menyatu baik dengan kulit dengan tampilan layaknya second skin.

Oh iya, kalau kamu masih bingung memilih warna foundation, intip artikel cara memilih warna foundation ini. Dijamin pengetahuan kamu tentang undertone dan skintone akan semakin bertambah.

Aplikasi

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_aplikasi_

Selain mudah diaplikasikan, sempat saya sebut kalau produk ini buildable. Karakteristiknya ini memungkinkan produk mencapai level full coverage tanpa kesan berat. Formulasi produk ini memang breathable, pokoknya.

Level coverage foundation menurut saya ada di rentang medium to full, karena bekas-bekas jerawat PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) saya bisa ditutupi dengan baik. Tapi, untuk jerawat yang kemerahan dan lingkar hitam bawah mata, saya masih memerlukan concealer atau color corrector agar warnanya bisa tersamarkan.

Sesuai klaimnya, hasil akhir dari foundation ini adalah matte maksimal. Tapi nggak bikin kulit terasa kering dan tampak dead matte. Bisa dilihat dari foto kalau kilap di area T-Zone saya benar-benar jadi minimal, dan wajah saya tetap tampak lebih sehat serta segar.

Yang saya nggak expect adalah tampilan kompleksi yang tetap natural. Foundation ini sangat menyatu baik dengan kulit, sampai-sampai tampilannya seperti second skin. Salut pokoknya untuk L'Oréal Paris!

Performa dan Ketahanan

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_performa_

Akhirnya sampai di pembahasan yang paling penting, ketahanan. Klaimnya yang bisa menjaga makeup tetap on point hingga 24 jam memang cukup menggiurkan. Tapi, perlu diingat kalau saya nggak benar-benar menguji produk ini seharian penuh. Kurang lebih saya menguji ketahanan foundation ini selama 8 jam pemakaian.

Meski dari waktu ke waktu foundation memang luntur, tapi kelunturannya nggak begitu drastis. Pada jam keempat penggunaan, masih cukup banyak foundation yang meng-cover wajah saya. Memang pada dahi tampak jelas sudah luntur, tapi untuk area lain foundation masih banyak yang menempel.

Selama 4 jam pemakaian tersebut saya juga sudah melakukan wudhu 1 kali, lho. Tapi nggak banyak foundation yang geser karena air. Produk memang terasa punya kemampuan waterproof yang cukup baik.

Selain itu, ia juga cukup tahan smudge dan cuma sedikit transfer ke masker kesehatan yang saya pakai. Nggak heran, di penghujung hari—yakni jam 8 pemakaian—saya masih mendapati wajah tetap banyak tertutupi oleh foundation.

Untuk oil-controling ability-nya juga sudah baik. Meski nggak secara total menahan, apalagi saya nggak pake powder maupun touch up. Tapi kalau dari intensitas minyak yang diproduksi, intensitasnya masih wajar. Jadinya nggak bikin wajah saya tampak terlalu 'kilang', malah terkesan dewy yang sehat.

Nah, poin positif lain dari produk ini adalah formulasinya yang sukar teroksidasi. Saya nggak melihat perubahan signifikan dari tone foundation hingga di penghujung hari, warnanya tetap menyatu dengan kulit. Tekstur foundation yang menempel juga tetap terasa ringan, nggak menyumbat pori, dan non-cakey.

Tips dan Trik

Kalau ingin makeup lebih tahan minyak, kamu bisa menggunakan face powder maupun finishing powder setelah mengaplikasikan foundation. Soalnya, bedak bisa berkontribusi menyerap kelebihan minyak pada wajah, jadi makeup pun akan tampak matte lebih lama.

Harga dan Tempat Pembelian

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_pembelian_

Untuk pembelian offline sebenarnya produk L'Oréal Paris cenderung ‘gampang-gampang, susah’ untuk dicari. Tapi kamu bisa dengan mendapatkan produk ini secara online dengan mudah. Karena itu, saya sarankan untuk melakukan pembelian online saja. Dan kalau ingin lebih praktis lagi, tinggal klik link pembelian yang sudah Kamini sediakan, ya.

Kesimpulan

review-loreal-paris-infallible-24h-matte-cover-foundation_kesimpulan_

Dengan kemampuannya tersebut saya rasa foundation ini memang cocok dijadikan pilihan, baik bagi pemula maupun MUA. L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation juga fleksibel digunakan untuk berbagai kegiatan. Untuk ngantor, hangout, hingga pesta, foundation ini akan menemani kegiatanmu dengan tampilan makeup on-point yang tetap natural!

Pros

  • Teksturnya mudah menyebar, ringan dan buidlable
  • Medium to full coverage
  • Memberikan hasil akhir matte yang sehat
  • Tahan smudge, waterproof dan sukar transfer
  • Nggak gampang oksidasi
  • Bisa menahan minyak, meski nggak maksimal
  • Ada kandungan SPF 20 dan PA+++
  • Nggak bikin cakey
  • Kompleksi tampak natural sampai penghujung hari

Cons

  • Shade kurang wide
  • Masih ada kandungan bahan-bahan bersifat fragrance, tapi aromanya lembut
  • Belum ada label halal

Nah, itu tadi pengalaman saya menguji performa L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Apakah cukup menjawab rasa penasaranmu pada produk ini? Share jawabanmu lewat kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram