kamini.id

Review MAC Shot Of Colour Lip Oil, Lip Tint Glossy Ala Korea

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 27 Mei 2021

MAC Cosmetics (biasa dilihat dengan tulisan M·A·C) adalah brand kosmetik profesional yang sangat dikenal di seluruh dunia. MAC biasanya mengeluarkan produk lipstik biasa, ada juga beberapa lip cream.

Namun, MAC juga punya produk perona bibir yang berbeda dari biasanya, yaitu Lip Oil. Mungkin bisa kamu bayangkan, kalau Lip Oil ini mirip seperti lip gloss, tapi tentu ada perbedaannya makanya MAC tidak memberi nama lip gloss, melainkan lip oil.

Penasaran seperti apa MAC Shot Of Colour Lip Oil? Kamini bakal membahasnya secara lengkap di bawah ini. Yuk, simak!

Tentang Produk

MAC Shot Of Colour Lip Oil dirilis saat summer, karena memang produk ini paling cocok dipakai saat cuaca cerah. Pas banget buat kita yang tinggal di negara tropis, nih. Lip gloss berbasis minyak ini akan menyuntikkan kelembaban pada bibir, juga memberikan rona warna yang segar.

Fun Fact!

Masih bingung bedanya lip gloss dengan lip oil? Jadi, lip oil itu lebih fokus pada melembabkan dan tidak terlalu berkilau (biasanya tidak ada glitter-nya juga). Sedangkan lip gloss itu lebih berkilau daripada melembabkan. Poin plus lip oil juga masih ada lagi, nih, yaitu tidak lengket dan lebih nyaman.

Terus, lip oil juga lebih aman buat yang bibirnya sensitif, alergi, dan mudah kering. Kamu tidak perlu lagi khawatir bibir kering dan pecah-pecah, juga terlihat kusam karena semua itu bisa dipatahkan oleh lip oil. Khususnya MAC Shot Of Colour Lip Oil tentunya, yang sudah di-review ribuan orang dari seluruh dunia.

Klaim & Benefit

Tint-in-oil ini sangat inovatif. Produk ini bergizi, lembut, memberikan kelembaban intens secara langsung, dan memiliki pigmen warna yang lembut. Produk ini juga dilengkapi dengan aplikator yang melengkung unik, memudahkan pengaplikasian dengan rapi. Benefit: Instant hydration & immediate high shine.

Kemasan

Ini dia kemasan MAC Shot Of Colour Lip Oil. Overall boksnya mirip dengan kebanyakan produk lipstik cair, ya. Di sana tertulis keterangan produk, shade, tanggal expired, barcode, dan segel. Untuk memastikan produk di dalamnya masih bagus, tentu segelnya harus dalam keadaan baik, ya!

Nah, ini wujud kemasan Lip Oil-nya. Sangat classy dengan plastik berkilau dan dominasi warna hitam. Sedangkan di bagian bawahnya ada gambar bibir dan itu transparan, jadi kita bisa lihat isi dan warna Lip Oil-nya.

Lip aplicator produk ini unik banget! Bentuknya melengkung jadi bisa pas banget di lengkungan bibir kita. Bulu-bulu brush-nya juga lembut banget dan tongkatnya tidak kaku.

Lalu, setiap kali mau pakai Lip Oil ini, cairan lipstiknya sudah ada di bagian dalam lekukan aplikatornya. Jadi produk yang terambil pas buat satu kali pemolesan. Tidak berantakan, tidak berlebihan, tidak kekurangan.

Ingredient List

Sekarang, kita masuk ke daftar kandungannya, yuk! Saya akan membahas beberapa key ingredients-nya juga di bawah nanti.

  • Full Ingredients

Diisostearyl Malate, Polyglyceryl-10 Nonaisostearate, Octyldodecyl Neopentanoate, Hydrogenated Polyisobutene, Trimethylsiloxyphenyl Dimethicone, Hydrogenated Castor Oil Isostearate, Tridecyl Trimellitate, Caprylic/Capric Triglyceride, Ricinus Communis (Castor) Seed Oil, Silica Dimethyl Silylate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Bis-Behenyl/Isostearyl/Phytosteryl Dimer Dilinoleyl Dimer Dilinoleate, Dimer Dilinoleyl Dimer Dilinoleate, Poly C10-30 Alkyl Acrylate, Tocopheryl Acetate, Camellia Japonica Seed Oil, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Ethylhexylglycerin, Hdi/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Sorbitan Sesquioleate, 1,2-Hexanediol, Vanillin, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, [+/- Titanium Dioxide (Ci 77891), Iron Oxides (Ci 77491), Iron Oxides (Ci 77492), Iron Oxides (Ci 77499), Blue 1 Lake (Ci 42090), Red 6 (Ci 15850), Red 7 (Ci 15850), Red 21 (Ci 45380), Red 27 (Ci 45410), Red 7 Lake (Ci 15850), Red 28 Lake (Ci 45410), Yellow 5 Lake (Ci 19140), Yellow 6 Lake (Ci 15985)]

  • Key ingredients
  1. Diisostearyl Malate

Ini adalah diester dari Asam Malat dan Alkohol Isostearil. Penjelasan lebih lengkapnya, Asam Malat adalah asam dikarboksilat empat karbon. Sedangkan Isostearyl Alcohol adalah alkohol rantai cabang 18 karbon. Dalam kosmetik dan produk skincare, Diisostearyl Malate sering digunakan dalam lipstik. Fungsinya adalah sebagai skin-conditioning agent atau emollient, alias sebagai pelembut produk.

2. Hydrogenated Polyisobutene

Kandungan ini merupakan minyak cair sintetis yang dapat menggantikan minyak mineral atau minyak silikon dalam formula produk kosmetik. Ada tingkat yang berbeda untuk Hydrogenated Polyisobutene, tergantung pada berat molekulnya.

Mulai dari yang sangat ringan, mudah menguap, tidak meninggalkan residu, hingga yang lebih substansial: sedikit residu yang ditinggalkan. Selain untuk membuat kulit jadi lembut dan halus (emollient), kandungan ini juga digunakan sebagai waterproofing agent pada tabir surya. Atau, pada makeup biasanya digunakan sebagai penambah kilau dalam formula lip gloss.

3. Caprylic/Capric Triglyceride

Trigliserida Kaprilat adalah bahan yang biasa digunakan dalam sabun dan kosmetik. Bahan ini terkadang disebut Trigliserida Kaprat. Biasanya kandungan ini dibuat dari menggabungkan minyak kelapa dengan gliserin.


Makanya, zat ini terkadang disebut juga Minyak Kelapa Fraksionasi. Kandungan ini telah digunakan secara luas selama lebih dari 50 tahun. Fungsinya adalah untuk membantu menghaluskan kulit dan bekerja sebagai antioksidan. Caprylic juga mengikat bahan lain agar jadi satu.

Terus, kandungan ini juga dapat bekerja sebagai pengawet untuk membuat bahan aktif dalam kosmetik bertahan lebih lama. Akan tetapi, zat ini tergolong alami, makanya sering digunakan sebagai alternatif dari bahan kimia sintetis lainnya.

Impresi

Itu tadi sekilas mengenai MAC Shot Of Colour Lip Oil dan juga kandungan di dalamnya. Sekarang, mari kita telisik lagi lebih dalam tentang Lip Oil ini, yuk!

Tekstur & Swatch

Total ada 14 shade MAC Shot Of Colour Lip Oil yang masuk ke Indonesia. Mereka adalah Shots! Shots! Shots! (merah bata), K-Pop Boyfriend (pink cerah), Bang Bang Baby (pink lembut), Emotional Outburst (ungu tua), dan masih banyak lagi.

Nah, kalau shade yang saya pakai ini nomor 896 Let's Go Streakin'!. Warnanya agak merah tua gitu seperti darah. Tapi, walaupun hint setiap shade berbeda-beda, entah kenapa kalau dilihat hasilnya, semua shade hampir sama dan agak mirip. Tapi, bisa saja setiap shade akan memiliki hasil yang berbeda sesuai dengan skintone bibir alami pemakainya juga.

Dan hasil pemakaiannya, produk ini mirip lip tint, soalnya lip oil ini meninggalkan 'jejak'. Bisa dilihat dari swatch-nya di atas. Saat saya hapus pakai air, lip oil-nya masih meninggalkan warna merah samar-samar. Jadi, saya berharap kalau produk ini bakal meninggalkan warna di bibir kalau pun sedikit terhapus saat saya minum dan makan.

Wangi

Menurut saya, Lip Oil ini tidak punya aroma ataupun rasa apapun. Di dalam kandungannya juga tidak disebutkan ada wewangian.

Cara Pemakaian

Cara pakai MAC Shot Of Colour Lip Oil ini sama saja seperti produk lip gloss. Yaitu oleskan langsung Lip Oil ke bibir sesuai lekukan aplikatornya. Kamu bisa pakai Lip Oil ini secara ombre maupun full.

Daya Tahan dan Performa

Ini dia hasil MAC Shot Of Colour Lip Oil dengan pemakaian full lips. Ternyata, warnanya jadi lebih pudar setelah diaplikasikan, tidak merah darah banget. Jadinya malah kayak MLBB (my lips but better) tapi agak sedikit glossy. Saya suka banget, karena produk ini sama sekali tidak lengket, lebih kayak berminyak.

Saya sebenarnya berharap warna Lip Oil ini lebih cerah dan lebih pekat. Tapi, seperti ini juga sudah bagus, soalnya bibir saya jadi terlihat healthy glow. Lip Oil ini juga meninggalkan sedikit stain, sehingga bibir saya tidak terlalu pucat walaupun Lip Oil-nya sudah memudar.

Kesimpulan

Warna MAC Shot Of Colour Lip Oil bisa bertahan hingga sekitar 4-5 jam. Lalu, saya bawa nap sebentar, dan ketika bangun, saya melihat di bibir saya sudah tidak ada warna apa-apa lagi. Tapi, bibir saya masih terasa lembut banget seperti ada lapisan pelembabnya, padahal oil-nya sudah tidak ada.

Klaim utama dari produk ini adalah kelembapan instan, kilau tinggi, dan 'more-than-flushed tint on lips'. Saya setuju kalau produk ini memenuhi semua klaim itu. Saya suka sekali dengan manfaat melembabkannya, karena kulit saya kering yang membuat bibir saya ikut kering juga.

Jadi, ada produk yang ngelembabin banget kayak gini, saya suka sekali. Warnanya juga lembut banget, buat yang sehari-harinya suka dandan natural, pasti cocok. Overall, saya enjoy pakai produk ini dan saya tertarik untuk mencoba shade lainnya.

Pros (+)

  • Sangat melembabkan bibir dalam waktu yang lama
  • Memberikan warna dan kilau sehat yang cantik pada bibir
  • Desain kemasan dan aplikator elegan

Cons (-)

  • Warnanya tidak bertahan terlalu lama
  • Pilihan shade beragam, tapi hasilnya mirip-mirip
  • Harga agak pricey

Harga & Tempat Membeli

Itulah ulasan MAC Shot Of Colour Lip Oil dari Kamini. Buat harganya yang hampir 400 ribu, isi Lip Oil ini memang cukup banyak dibandingkan produk liquid lipstick lainnya, yaitu 2.7 ml.

Bagaimana, apa kamu tertarik untuk membelinya? Baca juga review Kamini untuk produk lipstik lainnya seperti Rom&nd Zero Velvet Tint dan Viva Queen Perfect Matte Lip Color, ya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram