Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 12 November 2021

Setelah sebelumnya Kamini mereview Purify Acne & Blackhead Serumoist dari Mad For Makeup, di artikel kali ini yang akan saya bahas adalah saudarinya yaitu Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer. Kebetulan varian ini relevan dengan permasalahan bekas jerawat yang saya punya.

Konsepnya yang meringkas dua step skincare dalam satu produk juga menarik minat saya untuk mencoba membuktikan langsung performa produk ini. Lantas, seperti apa pengalaman saya menggunakan Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moiturizer? Simak selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Tentang Produk

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_._

Didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan para Rebels (sebutan penggemar Mad For Makeup), serumoist yang perpaduan antara serum dan pelembab hadir dengan dua varian sesuai dengan concern utamanya.

Purify Acne & Blackhead adalah untuk pemilik kulit acne-prone yang ingin menghilangkan jerawat, sementara varian Calm PIE & PIH ditujukan buat kamu yang bergelut dengan masalah bekas jerawat.

Seperti dikutip dari official Instagram Mad For Makeup, serumoist menghabiskan waktu lebih dari 300 hari dalam pengembangannya. Mad For Makeup bahkan nggak ragu buat mengajak para Rebels berperan langsung agar bisa dapat formulasi serumoist yang paling sesuai demand. Keren, ya? Intinya, produk ini memang eksklusif dihadirkan untuk para Rebels.

Klaim dan Benefit

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_klaim benefit_

Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer diformulasikan khusus dengan kandungan 4% vitamin B3 dan 3% Tranexamic Acid yang bakal bantu samarkan noda hitam bekas jerawat. Produk ini juga lengkap dengan bahan-bahan pelembab seperti kiwi, aloe vera, chamomile, sodium hyaluronate dan allantoin. Manfaat lengkap dari Calm adalah sebagai berikut:

  • Solusi untuk bekas jerawat Post-Inflammaroty Hyperpigmantation (PIH)/ Post-Inflammatory Erythema (PIE)
  • Menenangkan dan mencerahkan kulit
  • Meningkatkan pemulihan kulit
  • pH 7 balanced
  • Pelembab yang juga aman untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, namun direkomendasikan untuk kulit berminyak atau kombinasi
  • Nggak akan ngeganggu skin barrier

Cara Pakai

Meski memadukan fungsi serum dan pelembab, cara penggunaan serumoist adalah seperti pengaplikasian pelembab biasa.

  • Tuang 2-3 pump produk ke telapak tangan
  • Aplikasikan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan
  • Tunggu hingga produk menyerap dan kering, baru lanjutkan dengan step skincare selanjutnya
  • Bila terjadi iritasi, hentikan penggunaan sementara dan disarankan berkonsulasi pada ahli
  • Gunakan produk sesuai saran

Agar kandungan aktif dalam seumoist bekerja dengan optimal, kamu juga diharuskan untuk menyimpan produk di tempat kering dan sejuk yang jauh dari panas ataupun sinar matahari langsung.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel

Kemasan

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_

Selain mengusung konsep yang menarik dan ringkas karena memadukan dua jenis skincare ke dalam stau produk, Mad For Makeup juga membuat desain serumoist dengan cukup cantik. Kamu mungkin biasa menjumpai produk pelembab dikemas dalam tube plastik ataupun jar, nah, serumoist sendiri dikemas dalam botol frosted glass.

Kemasan ini punya kesan kalem nan mewah buat saya, ditambah lagi dengan pemilihan font berwarna putih yang semakin bikin produk ini punya kesan 'dingin' dan ‘menenangkan’. Bagian botol ini juga dilengkapi dengan pump plastik yang sayangnya nggak begitu nyaman saat ditekan.

Pump ini agak keras, selangnya juga nggak bisa menyedot serumoist pada kali pertama saya tekan. Saya harus mengatur selang ini sedemikian rupa hingga akhirnya pump bisa meyembulkan serumoist ke luar botol.

Experience ini nggak hanya terjadi di kali pertama produk ada di tangan saya, lho. Saat produk sudah mau habis pun fungsi pump-nya kembali memberikan not so good experience. Sayang sekali, padahal body botol sudah punya nilai positif karena terkesan mewah, tapi bagian pump dan selang ini sepertinya masih jadi PR untuk Mad For Makeup.

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer__

Beralih dari botol, produk ini juga lengkap dengan dus luar. Kertas yang dipakai Mad For Makeup pada dus ini sepertinya bisa didaur ulang, soalnya nggak ada tambahan laminasi plastik apa pun. Karena itu, dusnya mudah sekali terkena noda.

Dus ini juga cenderung punya kesan doff dengan warna dasar broken white. Pada dus sudah tertera berbagai informasi dari produk, termasuk nama 'Calm' yang dicetak emboss pada satu sisi utamanya.

Ingredient List

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_ingredients_

Karena dinamakan serumoist, yakni singkatan dari serum dan moisturizer, tentu produk ini sudah dibekali dengan bahan-bahan yang menunjang fungsi dan klaimnya. Lantas apa saja ingredients lengkap yang digunakan Mad For Makeup dalam Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer?

Full Ingredients

Aqua, Niacinamide, Tranexamic Acid, Glycerin, Methylpropanediol, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Extract, Phenoxyethanol, Melaleuca Alternifolia Leaf Water, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Ethyl Hexanediol, Actinidia Chinensis Fruit Water, Anthemis Nobilis Flower Extract, Allantoin, Carbomer, Aminomethyl Propanol, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate

Key Ingredients


Dari ingredients list di atas, manakah yang punya manfaat untuk kulit, ya? Nah, setelah saya seleksi, ternyata ada cukup banyak key ingredients dari produk ini.

  • 4% Vitamin B3 (Niacinamide)

Siapa sih yang nggak kenal bahan satu ini? Selain banyak penelitian yang membuktikan efektivitas niacinamide dalam mengatasi hiperpigmentasi, bentuk stabil dari vitamin B3 ini juga unggul karena kemampuannya dalam mendorong hidrasi dari bahan-bahan pelembab, hingga menyamarkan tampilan pori-pori yang besar.

  • 3% Tranexamic Acid

Selain niacinamide, Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer ternyata juga menjagokan tranexamic acid sebagai agen pencerah. Kedua bahan ini bahkan dapat bekerja sama dengan baik  dalam mengatasi masalah ketidakmerataan warna kulit.

  • Glycerin

Kalau menurut saya, glycerin adalah salah satu bahan penghidrasi yang underrated. Padahal, bahan satu ini layak diberikan predikat master of hydration karena sangat baik dalam menarik air dari udara dan mempertahankannya dalam kulit sehubungan dengan sifatnya yang higroskopis. Gliserin juga berperan dalam memperkuat skin barrier, lho.

  • Aloe Barbadensis Extract

Ekstrak lidah buaya bisa menenangkan juga melembabkan. Karena itulah ekstrak alami ini sering digunakan sebagai bahan pelembab serta untuk mengatasi kulit terbakar maupun iritasi.

  • Melaleuca Alternifolia Leaf Water

Tea tree memang populer dengan sifat antibakteri, anti-acne dan juga kemampuannya dalam menenangkan kulit. Meski nggak sekuat minyaknya, air ekstraksi tea tree juga tetap punya manfaat yang hampir serupa bila digunakan dalam produk skincare.

  • Actinidia Chinensis Fruit Water

Mad For Makeup ternyata menggunakan air ekstraksi kiwi juga dalam pelembab ini. Fungsinya adalah sebagai sumber antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Ekstrak buah kiwi juga punya potensi untuk mencerahkan kulit, lho.

  • Anthemis Nobilis Flower Extract

Bahan alami lain yang punya manfaat menenangkan adalah ekstrak chamomile. Bahkan jenis german chamomile memiliki dua bahan aktif anti-inflamasi yaitu alfa bisabolol dan chamazulene.

  • Allantoin

Kalau bahan yang satu ini cukup populer digunakan dalam produk skincare Korea. Bukan cuma karena sifatnya sebagai emolien, allantoin juga bermanfaat dalam menenangkan, merejuvenasi, hingga mendorong hidrasi pada kulit.

  • Sodium Hyaluronate

Merupakan bentuk garam dari hyaluronic acid (HA). Meski secara struktur agak berbeda, sodium hyaluronate tetap memberikan manfaat layaknya HA murni, terutama dalam menghidrasi. Bentuk lain HA ini bahkan dapat menyerap hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam dan mengantarkan kulit pada tampilan yang awet muda serta kenyal.

Impresi

Sebelum membahas performa Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer, saya akan berbagi terlebih dahulu impresi yang saya rasakan saat awal berkenalan dengan produk ini. Apakah tekstur, aroma dan sensasi pengaplikasiannya membuat saya terkesan? Ayo buktikan!

Tekstur dan Warna

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_tekstur_

Sesuai namanya, serumoist milik Mad For Makeup ini puya tekstur utama gel transparan yang mudah diratakan dan mudah meresap. Saya nggak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk menunggu agar produk menyerap dengan sempurna.

Aroma

Saya nggak mencium aroma khusus dari serumoist varian Calm ini. Jadi buat kamu yang kurang menyukai produk pelembab dengan wewangian, bisa banget untuk mencoba pelembab unggulan Mad For Makeup ini.

Aplikasi

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_aplikasi_

Awalnya pengaplikasian Calm Serumoist memang terasa seperti mengaplikasikan pelembab pada umumnya, namun produk ini nggak makan banyak waktu untuk menyerap dan mengering pada kulit. Ia juga nggak meninggalkan sensasi lengket ataupun berminyak pada wajah.

Buktinya saja, pada foto di atas seolah nggak ada perbedaan antara bagian wajah yang telah dipakaikan pelembab dengan yang belum. Bagi saya pribadi, pelembab dengan hasil seperti ini dirasa nggak akan mengganggu kelembaban alami kulit. Jadinya bakal aman bila digunakan untuk pemilik kulit kombinasi atau berminyak sekalipun.

Performa

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_performa 1_

Nah, karena kebetulan saya adalah pejuang bekas jerawat PIH, pemilihan varian serumoist Calm seharusnya bisa bikin improvement pada kulit saya. Lihat, deh, bagaimana perubahan bekas-bekas jerawat saja setelah 23 hari pemakaian. Cukup signifikan, bukan?

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, bekas jerawat yang awalnya berwarna coklat pekat perlahan memudar, terlepas dari beberapa bekas jerawat baru yang saya punya. Dan perubahan yang paling terasa adalah pada bekas-bekas jerawat di area dagu. Semuanya hampir terhempas, menyisakan dagu saya yang tampak lebih bersih dibandingkan sebelumnya.

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_performa 2_

Selain pemulihan pada bekas jerawat PIH, saya juga merasa pelembab ini punya peran dalam bikin wajah saya jadi tampak lebih cerah. Dan kalau penggunaannya dilanjutkan lagi, saya yakin ia bisa menghilangkan bekas jerawat secara total dan menjadikan wajah saya semakin tampak cerah serta sehat.

Ketika breakout atau jerawat menerpa, produk ini juga bisa menenangkan dan mereduksi pembengkakan pada kulit. Menyisakan tekstur kulit yang tetap dijaga lembut dan halus. Artinya, kemampuan healing dari produk bisa bekerja pada wajah saya.

Terakhir, selama saya menggunakan Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer ini, saya nggak pernah merasakan sensasi kulit jadi kering ataupun dehidrasi. Alhasil, minyak yang wajah saya produksi di penghujung hari pun masih dalam batas normal. Hats off!

Tips dan Trik

Bila ingin menambah sensasi menyegarkan dari produk, kamu bisa menyimpan serumoist di tempat yang dingin seperti kulkas. Hal ini akan meningkatkan experience pemakaian dari produk sekaligus bisa mereduksi pembengkakan akibat inflamasi ataupun jerawat yang terjadi pada wajah. Cobain, deh!

Harga dan Tempat Pembelian

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_

Karena Mad For Makeup yang merupakan brand lokal anyar, memang cukup sulit untuk mencari produk-produknya secara offline. Tapi, jangan khawatir! Kamu bisa lebih mudah menemukannya secara online.

Calm sendiri sempat sold out, lho, karena banyak yang suka. Tapi kabar baiknya, kini Calm sudah restock kembali. Jadi jangan sampai kehabisan lagi, ya! Untuk harganya sendiri, produk ini memang terhitung high-priced, mengingat fungsinya yang memadukan serum dan moisturizer. Namun harga ini sebanding, kok, dengan kualitasnya. Harga spesifiknya bisa kamu cek lewat buttons yang tersedia, ya.

Kesimpulan

Review Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer_kesimpulan_

Harus saya bilang kalau Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer ini adalah salah satu pelembab terbaik yang pernah saya coba. Selain bikin perubahan signifikan pada bekas jerawat yang saya punya less than a month, serumoist ini juga melembabkan dan menghidrasi kulit dengan baik. Alhasil, wajah saya jadi tampak lebih bersih dan cerah selama menggunakan produk ini.

Pros

  • Praktis, ringkas, dan travel-friendly
  • Kemasan dus luar dan botol kaca cenderung ramah lingkungan
  • Tekstur mudah meresap, nggak lengket dan nggak berminyak
  • Cocok digunakan pemilik kulit kombinasi dan beminyak
  • Banyak active ingredients untuk mengatasi hyperpigmentation, mencerahkan, melembabkan, dan menghidrasi
  • Bisa memudarkan noda bekas jerawat (PIH)
  • Menjaga tekstur kulit tetap lembut dan halus

Cons

  • Pump produk agak keras untuk ditekan dan selangnya pun harus diatur terlebih dahulu agar bisa menyedot serumoist dengan baik
  • Agak high-priced, namun sebanding dengan kualitasnya

Itulah pengalaman saya menguji performa salah satu varian serumoist milik Mad For Makeup. Kalau kamu punya permasalahan kulit seperti saya, nggak ada salahnya untuk mencoba produk ini. Tapi bila kamu mencari referensi produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat, Kamini juga punya list-nya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram