Review Madame Gie Madame Make It Sharp Contour Powder

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 November 2021

Untuk membuat wajah tampak berdimensi, diperlukan produk seperti contour atau bronzer yang dapat membuat ilusi bayangan pada wajah. Penggunaan produk-produk ini juga membuat tampilan makeup menjadi lebih tampak hidup dan nggak flat.

Sayangnya, kebanyakan bronzer maupun contour dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Apalagi bronzer maupun contour biasanya hanya dipakai untuk menghadiri acara-acara khusus saja. Nggak heran kalau banyak yang belum berani untuk memasukkan produk-produk ini ke dalam rangkaian makeup mereka.

Tapi, kabar baiknya, Madame Gie punya produk contour yang dibanderol dengan harga super ramah, lho. Contour ini juga konon mudah digunakan termasuk bagi pemula. Namanya adalah Madame Gie Madame Make it Sharp. Bila penasaran dengan kehebatan produk ini, ada baiknya kamu baca artikel ini sampai selesai. Yuk, simak!

Tentang Produk

Review Madame Gie Madame Make It Sharp__

Madame Gie Madame Make It Sharp adalah contour powder padat yang digunakan untuk mempertegas bentuk wajah seperti area rahang, dahi dan hidung. Produk ini punya dua pilihan warna yang pekat yaitu 01 Latte Femme dan 02 Espresso Femme. Nah, shade yang saya review sendiri adalah 01 Espresso Latte.

Oh, ya, contour ini memang bukan hot new product dari Madame Gie, karena ia sudah hadir melengkapi lini makeup Madame Gie sejak tahun 2019. Tapi ia masih diproduksi sampai sekarang, dan cukup banyak juga yang sudah mencoba Madame Make It Sharp ini, lho.

Klaim dan Benefit

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_klaim_

Contour mungil dan simple ini bisa bikin fitur wajah jadi tambah jelas. Bukan cuma itu, Madame Make It Sharp digadang-gadang punya keunggulan berikut:

  • Tekstur mudah dibaurkan dan lembut
  • Bikin hasil bayangan tampak natural
  • Ramah untuk pemula
  • Tahan lama

Cara Pakai

Lagi-lagi saya nggak menemukan keterangan cara pemakaian produk makeup dari Madame Gie. Padahal saya sudah berusaha cari di official website-nya, akun Instagram, dan tentu saja pada kemasan produknya, tapi hasilnya nihil. Makanya saya simpulkan kalau penggunaan Madame Make It Sharp ini sama saja seperti penggunaan contour pada umumnya.

Pertama, sapukan brush pada produk dan ketuk brush pada ujung kemasannya untuk menghilangkan kelebihan powder yang menempel (fallout). Lalu sapukan secara kembut ke area wajah yang akan dipertegas, contohnya hidung, pipi dan dahi. Kemudian lanjutkan dengan pemakaian produk makeup lain.

Baca juga: Cara Shading Hidung yang Benar Agar Terlihat Mancung

Kemasan

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_kemasan_

Contour powder dari Madame Gie ini dikemas dalam single container pipih yang mungil. Ukurannya hanya 4 gram saja untuk tiap produknya. Meski ringan dan mungil, Madame Make It Sharp punya grafis yang ramai pada bagian muka kemasan. Untungnya, pemilihan warna yang dipakai pada grafisnya masih senada dengan warna contour serta warna pan-nya, jadi masih nyaman untuk dipandang.

Kemasan ini juga berkonsep flip top yang bisa dibuka hingga 180 derajat. Jadi pengambilan produk akan terasa leluasa tanpa terganggu oleh bagian tutup yang menghambat pergerakan brush.

Nah, kamu akan menemukan keterangan tentang ingredients, kode produksi, nama pabrikan, nomor BPOM dan expiry date pada bagian belakang kemasannya. Sayangnya, nggak ada informasi seputar klaim dan cara penggunaan produk sama sekali di kemasan ini.

Ingredients List

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_ingredients_

Apakah produk ini punya kandungan yang compact seperti kemasannya? Atau malah sebaliknya? Agar tahu jawabannya, yuk simak ingredients list Madame Gie Madame Make It Sharp!

Full Ingredients

Talc, Mica, Polyethylene, Silica, Magnesium Stearate, Dimethicone, Squalane, Phenoxyethanol.

May contais: CI 77491, CI 77492, CI, 77891, CI 160351, CI 15850:2, CI 77499.

Key Ingredients

Squalane

Saya nggak nyangka kalau contour ini punya kandungan squalane. Soalnya, bahan ini biasanya ditemukan pada produk-produk skincare karena punya emollient property yang bagus. Kamu yang punya kulit kering atau mature skin akan sangat terbantu dengan squalane. Pasalnya, squalane bisa mengunci kelembaban alami dengan mencegah terjadinya penguapan air pada kulit (transepidermal water loss).

Impresi

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_tekstur_

Madame Gie cukup percaya diri mengklaim kalau contour powder andalannya ini punya tekstur yang lembut dan mudah dibaurkan. Nah, apakah klaim tersebut benar adanya? Yuk, buktikan!

Tekstur

First thing first, tekstur produk ini memang powdery matte sejak masih dalam wadahnya. Ketika saya coba swipe menggunakan ujung jari, ia tetap memepertahankan tekstur tersebut. Sebenarnya tekstur powdery matte yang nggak berubah ini jadi sedikit warning sign buat saya, soalnya tekstur seperti ini cenderung bikin produk agak sulit untuk di-blend.

Benar saja, ketika saya coba aplikasikan produk menggunakan brush ke wajah, Madame Gie Madame Make It Sharp langsung set sejak pulasan pertama. Saya cukup kesulitan untuk blending produk ini terutama di area pipi yang merupakan dry area di wajah saya. Beda halnya dengan area hidung yang cenderung oily, ia lebih blendable di area-area tersebut.

Aroma

Berbeda dengan Got You Covered Liquid Concealer, Make It Sharp nggak diberi tambahan fragrance bila mengacu pada ingredients list-nya. Alhasil, produk ini juga nggak melepas aroma apa pun.

Shade & Swatch

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_aplikasi_

Madame Gie Madame Make It Sharp punya 2 pilihan shade dengan karakter coklat tua. Bedanya, shade 02 Espresso Femme lebih punya karakter lebih hangat dan lebih tua dibandingkan shade 01 Latte Femme. Sesuai dengan nama representasinya, bukan?

Sayangnya, shade yang saya review adalah 01 Latte femme, jadinya agak kurang match dengan skin tone saya yang medium dark. Warna ini jadi punya kesan agak abu-abu di kulit saya, bukan warna coklat tua yang solid. Menurut saya warna ini akan lebih cocok dipakai untuk kamu yang punya light skin tone.

Selain one homework yang sudah saya sebut berkaitan dengan teksturnya, contour dari Madame Gie ini tetap lembut, ringan dan nyaman untuk dipakai. Setelah set, ia juga menempel dengan baik di kulit tanpa ada fallout yang signifikan.

Pigmentasi produk ini juga nggak pekat, sehingga intensitasnya bisa diatur sesuai keinginan. Pantas saja Madame Gie menyebutkan kalau produk ini beginner-friendly. Kalau di wajah saya, produk ini kurang ketara warnanya di area pipi. Tapi saat dijadikan kontur hidung, ia lumayan pop dengan baik.

Performa

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_ketahanan_

Meski nggak memberikan feels pemakaian yang cukup baik, ternyata ketahanan produk ini cukup unggul, lho. Walau warna kontur sudah nggak sepekat awal pemakaian, wajah saya tetak tampak berdimensi hingga penghujung hari.

Bisa dilihat pada jam ke-4 pemakaian, hidung saya masih terlihat runcing, pipi chubby saya juga nggak terlalu terekspos kembali. Padahal dalam waktu 4 jam ini saya sudah berwudhu satu kali dan sempat beberapa kali menyentuh wajah. Tapi masih ada sisa kontur yang menempel dan membingkai wajah saya.

Oh, ya, produk ini tetap terasa ringan selama saya pakai. Ia nggak bikin wajah saya jadi kering ataupun berminyak. Ia juga nggak clogging pores saya. Untuk ukuran produk dengan harga super affordable, long-term feels yang diberikan cukup kompatibel buat saya.

Tips dan Trik

Contour powder dari Madame Gie ini memang agak berisiko dipakai oleh pemilik kulit kering, sehubungan dengan teksturnya yang cukup sulit di-blend. Tapi, menurut saya, kamu bisa mengakalinya dengan memakai primer yang melembabkan atau menggunakan produk kompleksi dengan dewy finish.

Soalnya, produk-produk dewy finish bakal ngasih kelembaban ekstra buat kulit, yang mana bakal bikin produk yang kurang blendable jadi lebih mudah dibaurkan. Inilah alasan kenapa Madame Make It Sharp kurang blendable di bagian pipi saya, namun bisa dibaurkan di area hidung. Soalnya area T-Zone saya cenderung berminyak, sementara area pipi cenderung kering.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_._

Madame Make It Sharp dari Madame Gie ini dibanderol dengan harga yang nggak sampai 15ribu, lho. Dan kamu bisa menemukan produk ini dengan cukup mudah baik online maupun offline. Kalau nggak mau ribet, tinggal klik saja buttons yang telah Kamini sediakan di atas.

Kesimpulan

Review Madame Gie Madame Make It Sharp_kesimpulan_

Madame Gie Madame Make It Sharp memang cocok ditujukkan untuk pemula karena punya pigmentasi sheer yang buildable. Produk ini juga ringan dan cukup tahan lama untuk ukuran contour yang affordable. Meski formulanya cukup sulit di-blend, namun kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan primer atau produk kompleksi yang memberikan hasil dewy finish.

Pros

  • Affordable
  • Ringan dan cukup tahan lama
  • Pigmentasi sheer yang buildable
  • Cocok untuk pemula
  • Nggak bikin kulit kering ataupun berminyak
  • Nggak clogging pores di kulit saya

Cons

  • Teksturnya sulit di-blend
  • Terlalu cepat set

Itu dia review saya tentang Madame Gie Madame Make It Sharp Contour Powder. Produk ini bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin mulai dunia makeup. Kalau kamu masih penasaran dengan produk Madame Gie lainnya, Kamini juga punya review Beauty Blink Femme Liquid Eyeshadow hingga Madame To Go Makeup Kit.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram