Kamini.id / Make Over / Review Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Review Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Makeup for Everyone, atau yang lebih dikenal dengan nama Make Over, merupakan brand kosmetik asli Indonesia. Produk-produknya dibuat di bawah naungan PTI Paragon bersama dengan Wardah dan Emina. Tapi, Make Over memiliki nilai ‘brand’ yang lebih ‘tinggi’ karena mengedepankan kualitas setara makeup profesional dan kemasannya yang lebih mewah serta elegan dibandingkan dua brand saudarinya.

Seperti Wardah dan Emina, Make Over juga selalu spread awarness kalau cantik itu tidak harus mancung, mata belok, kulit putih, atau gigi rapi. Tapi, semua individu itu cantik, asalkan mereka percaya diri. Dan, Make Over siap membantu meningkatkan kepercayaan diri siapa saja yang menginginkannya.

Beberapa produk Make Over diantaranya ada foundation, lipstik, eyeshadow, tapi ada satu produk terbaru yang menarik buat dicoba. Ialah Review Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion.

Saat ini, merk kosmetik lokal memang seolah-olah berlomba mengeluarkan cushion mereka sendiri, termasuk Make Over. Hal ini dikarenakan pamor kosmetik Korea Selatan yang begitu pesat di pasar Indonesia, di mana cushion memang dipopulerkan oleh brand-brand kosmetik asal negeri ginseng tersebut.

Klaim Produk

Powerstay Demi-Matte Cover Cushion adalah produk terbaru sekaligus cushion pertama dari Make Over. Claim-nya, produk ini bisa bertahan hingga 12 jam lamanya. Cocok untuk kamu-kamu yang aktif di ruangan ber-AC maupun outdoor. Dengan coverage medium hingga penuh yang buildable, cushion ini bisa kamu gunakan untuk makeup sehari-hari maupun untuk acara penting yang membutuhkan full makeup.

Terus, ada embel-embel Demi sebelum Matte. ‘Demi‘ sendiri berasal dari kata Perancis yang berarti ‘setengah’, tapi kata ini diserap juga dalam bahasa Inggris untuk melambangkan setengah dari sesuatu, seperti kata demigod misalnya. Jadi, bisa disimpulkan kalau cushion ini tuh tengah-tengah antara matte dan tidak.

Ya, hasil akhir cushion ini cukup unik, yaitu Demi-Matte, jadinya kulit kamu terlihat matte (kering) tapi ada glowy-glowy-nya sedikit seperti BB cream hasil dewy. Cushion ini juga ngelembapin kulit, sudah dilengkapi anti pollution, dan ada UV filter SPF 50/PA++++ juga. Make Over juga bilang kalau cushion ini punya Oil Control dan Soft Focus Agent. Jadi, kulitmu bakal tampak lebih sehat, halus, mulus, dan tidak hinyai alias tidak berminyak sepanjang hari.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Jenis: Cushion (BB)
  • Ukuran: 15 gram
  • Benefit:
    • dengan formula unik, Demi-Matte alias kering (matte) tapi tetap terlihat healthy glow dan melembapkan kulit
    • kemasannya compact banget, enak dibawa ke mana-mana
    • sudah dilengkapi cermin (untuk full size), jadi lebih mudah saat touch up
  • Cara Pemakaian:
    • buka tutup cushion, ambil puff-nya lalu angkat lagi lapisan pemisah tempat puff dan isian cushion
    • tekankan ujung puff pada spons cushion pelan saja, karena sedikit sentuhan juga sudah mengambil cukup banyak isi cushion (kecuali jika cushion-mu sudah mau habis, mungkin harus ditekan banget)
    • tap-tap puff cushion pada wajah dan leher, lalu segera ratakan karena BB cream-nya cepat nge-set
    • lanjutkan dengan pemakaian makeup sesuai keinginan

Full ingredients

Water, Titnium Dioxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Salicylate, Cyclohexasiloxane, cetyl Ethylhexanoate, Lauryl PEG-10 Tris, Trimethylsloxylsilyethyl Dimethicone, Methyl Trimethicone, Pentylene Gycol, Alcohol Denat., Glycerin, Polymethyl Methacrylate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Diphenylsioxy, Phenyl Trimethicone, Cetyl PEG/PPG 10/2 Dimethicone, Isododecane, Aluminum Hydroxide, Magnesium Sulfate, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Trimethylsiloxysilicate, Synthetic Fluorphlogopite, Disteardimonium Hectorite, Triethoxycaprylylsilane, Cetearyl Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Aqua (EU), Magnesium Aspartate, Zinc, Gluconate, Copper Gluconate. May Contain: CI 77492, CI 77491, CI 77499

Key ingredients

Mengandung Magnesium Aspartate sebagai skin conditioning, Cetyl Ethylhexanoate sebagai skin conditioning & emollient, Zinc
sebagai antioksidan, dan Ethylhexyl Salicylate sebagai UV absorber & UV filter.

Review Make Over Cushion

Setelah mengetahui kelengkapan dari bahan-bahannya, kini beralih ke bagian review. Sebagus apa cushion buatan Make Over ini? Mari simak ulasannya berikut ini!

Packaging

Karena aku adanya yang refill, bentuknya seperti ini, tanpa ‘muka’ atau hard case bagian depan yang ada tulisan Make Over-nya. Walaupun refill, kemasannya cukup kokoh dan menutup dengan rapat.

Saat masih baru dibuka pun ada seal-nya sehingga isinya terjamin aman dan steril.

Seperti inilah kalau kemasannya dibuka. Isian BB cushion-nya sangat banyak sampai terlihat keluar-keluar dari busanya. Di pinggirannya ada semacam lem gitu supaya rapat banget kalau lid-nya ditutup.

Yang menarik adalah puff cushion ini. Agak berbeda dari beberapa cushion yang sudah pernah aku coba, puff cushion Make Over ini agak lebih tebal. Teksturnya sangat empuk dan lembut di kulit. Pinggirannya juga tidak tajam ketika terkena kulit wajah.

Aplikatornya ini dibuat dari bahan antibakteri dan waterproof, jadi produk tidak menyerap secara berlebihan ke puff-nya. Sehingga, isi cushion-nya lebih banyak terpakai untuk kulit kamu alih-alih masuk ke puff. Tapi, aku sendiri ngerasa agak sulit ngebaurin cushion-nya di wajah, karena puff ini membuat cushion susah menyebar. Jadi, setelah ditempel ke wajah pakai puff, aku ratain lagi pakai beauty blender.

Tips dan Trik

Bare face dulu, ya. Ini aku udah pakai serum, primer, dan sebagainya, jadi tinggal langsung pakai cushion-nya nanti. Aku cuma ngambil dua kali puff saja bisa untuk satu wajah, loh, soalnya BB cushion ini pigmented banget.

Cara pakainya ditepuk-tepuk, bukan digeser. Kalau ada area yang sulit dijangkau seperti sudut mata atau sisi hidung, bisa dilipat sedikit puff-nya agar meruncing. Sayangnya aku merasa agak kesulitan meratakan BB cushion ini dengan puff bawaannya, jadi aku ratakan lagi pakai spons makeup. Yang aku suka dari cushion ini adalah sangat pigmented. Walaupun klaim-nya medium to full coverage, aku ngerasa pakai sedikit saja udah full coverage banget.

Impresi

Ini bare hand-ku. Keliatan banget kering kerontang dan ada beberapa bekas luka. Kulit aku memang kering dari atas sampai kaki. Lalu, bagaimana saat diberi cushion Make Over?

Tarraaahh! Kulitku jadi kelihatan lebih sehat, tidak kering, tidak keriput, dan bekas lukaku juga tersamarkan. Ini untuk memperjelas saja coverage dari Make Over Cushion-nya kalau-kalau hasil makeup-ku kurang meyakinkan.

Kesimpulan

Pros 

  • Hadir dalam 10 shade warna yang cocok untuk kulit orang Indonesia, yaitu: N10 Marble, C21 Pink Ivory, W22 Warm Ivory, W30 Creme Beige, N30 Natural Beige, W33 Honey Beige, W41 Coral Sand, W42 Warm Sand, N50 Tan, dan C51 Cool Tan
  • Harganya terjangkau Rp 145.000 (diskon jadi Rp 116.000) untuk refill dan Rp 215.000 (diskon jadi Rp 150.500) untuk full size
  • Kemasannya compact dan ringan, enak dibawa ke mana-mana. Tapi, untuk yang refill ini kan tidak ada tutupnya, jadi puff-nya bisa jatuh kalau kamu bawa-bawa, sih

Cons

Tidak setahan lama yang di-klaim. Aku pakai pagi jam 9-an, sejak awal-awal makeup selesai saja mata sudah nge-crease bagian atasnya tapi masih bisa dirapikan kembali dengan bedak. Setelah wudhu untuk sholat dzuhur, crease di mataku bertambah di kelopak mata iya, di bawah mata iya.

Terus, setelah wudhu sholat ashar, eye makeup-ku dibilang hancur, mata gagak tercetak jelas dan tidak bisa diselamatkan sama sekali dengan bedak. Area sudut dalam hidungku juga mulai luntur dan creasing.

Aku touch up pakai bedak malah makin parah crease-nya. Mungkin kalau touch up-nya pakai cushion lagi bisa. Tapi, kayaknya aneh aja ditimpa cushion lagi sedangkan aku sudah pakai bedak dan sudah beraktivitas seharian, pasti ada keringat dan kotoran yang menempel di wajah, kan.

Overall ini adalah cushion yang bagus, dengan harga yang tidak terlalu mahal, kita memang jangan berharap terlalu tinggi pada produk ini. Aku baca review orang yang kulitnya berminyak juga katanya cushion ini tidak memiliki oil control yang baik. Sedangkan aku pemilik kulit kering bermasalah dengan creasing dan dry patch, tapi sisanya baik-baik saja, sih.

Semoga review dari Kamini ini bisa membantu kamu, ya. Buat kamu yang sudah pakai, bagaimana pendapatmu tentang Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion? Share di bawah, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *