Review Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush, Anti Kering

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 23 Juli 2021

Tahun 2021 ini, para beauty enthusiast dikejutkan oleh brand kesayangan Indonesia, Make Over, yang menghadirkan satu seri terbaru mereka yakni Hydrastay. Sesuai dengan namanya, lini makeup satu ini hadir untuk menjawab kebutuhan pemilik kulit kering yang kesulitan mencari produk-produk makeup yang match dengan kondisi kulit mereka.

Pemilik dry skin pasti tahu gimana rasanya ketika makeup jadi patchy dan muncul crack pada area-area tertentu. Padahal, siapa yang nggak pengen sih makeup selalu tampak on-fleek dari awal keluar pintu rumah sampai kembali lagi ke rumah di penghujung hari. Luckily, Make Over mendengar kebutuhan para pemilik kulit kering ini dan meluncurkan seri Hydrastay.

Salah satu produk dalam seri ini yang berhasil mencuri perhatian adalah liquid blush-nya yang dinamakan Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush. Kalau kamu penasaran bagaimana kemampuan perona pipi dari Make Over ini, simak ulasan saya berikut!

Tentang Produk

review make over hydrastay liquid tint blush.

Para pemilik kulit kering pasti bersenang hati ketika Make Over meluncurkan seri Hydrastay. Seri ini diperkenalkan awal tahun 2021 melalui dua produk kompleksi: cushion dan finishing powder, yang disusul lip product beberapa bulan setelahnya.

Belum beres menggoda penggemarnya, di pertengahan tahun 2021, Make Over kembali memperkenalkan 2 produk baru melengkapi seri makeup for dry skin ini, yakni liquid foundation dan blush. Meski peluncurannya berangsur, nyatanya produk-produk Hydrastay selalu disambut baik.

Bahkan, peluncuran yang nggak sekaligus ini memunculkan harapan agar Make Over kembali melengkapi Hydrastay terutama pada lini dekoratifnya. Kita tunggu saja ya!

Klaim dan Benefit

review make over hydrastay liquid tint blush_klaim dan benefit

Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush merupakan perona pipi cair yang diformulasikan dengan Deep-Hydrating Actives. Bahan-bahan tersebut akan memberikan hidrasi intens dan menjadikan kulit lembab sepanjang hari. Formulasi produk ini juga bebas alkohol dan non-comedogenic, bahkan sudah ada kandungan SPF 15 PA++ yang bisa bantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Nggak cuma menawarkan hidrasi, Make Over juga tetap membuat blush ini punya pigmentasi warna bluidable dan staining pada pipi dengan hasil akhir yang natural dan tahan lama. Tekstur blush yang mudah diratakan dan menempel dengan baik akan merata dan menyatu sempurna pada pipi. Dan satu lagi, Liquid Tint Blush dari seri Hydrastay ini juga udah punya klaim dermatologically tested, label halal serta green dot.

Cara Pakai

review make over hydrastay liquid tint blush_cara pakai

Berbeda dengan powder blush yang bisa langsung kamu swipe di pipi dengan bantuan brush, liquid blush sendiri perlu ditotolkan dulu pada pipi sebelum diratakan. Cara pakai Hydrastay Liquid Tint Blush yang disarankan langsung oleh Make Over adalah seperti berikut:

  1. Gunakan produk sebelum atau sesudah pemakaian foundation
  2. Sebelum menggunakan produk, kocok dahulu supaya formulasinya menyatu sempurna
  3. Aplikasikan sebagian produk menggunakan jari
  4. Baurkan secara merata agar hasilnya natural
  5. Ulangi aplikasi untuk mengatur intensitas warna yang kamu inginkan

Kemasan

review make over hydrastay liquid tint blush_kemasan 2

Nggak cuma mencuri perhatian lewat konsepnya, kemasan produk-produk seri Hydrastay juga nggak kalah menarik. Pada Liquid Tint Blush ini, Make Over menggunakan desain botol yang tampak seperti kuteks, dimana bagian bawah dibuat lebih pendek daripada cap-nya. Botol ini punya bahan frosted glass pada bagian wadah dan full-plastic cap berwarna hitam.

Bedanya, tiap membuka tutup botol kuteks biasanya kita langsung disambut dengan kuas yang tertempel di cap, sementara saat membuka cap liquid blush ini, yang akan menyambut kita adalah pump yang tertempel di mulut botol. Pump ini cukup mudah ditekan dan produk akan langsung mencuat keluar tiap kali menekan pump.

review make over hydrastay liquid tint blush_kemasan

Untuk box luarnya sendiri, Make Over masih mempertahankan ciri khasnya yang kalem dengan warna dasar hitam. Pada seri Hydrastay, Make Over juga menambahkan hologram strip berwarna biru pada salah satu sisi box-nya.

Ingredients List

Klaim Make Over yang bilang kalau produk ini punya Deep-Hydrating Actives menjadi alasan yang cukup untuk kita berkenalan langsung dengan bahan-bahan dalam formulasinya. Apakah benar produk ini punya bahan-bahan yang bisa memberikan hidrasi untuk kulit? Yuk, cek sendiri jawabannya dengan membaca ingredients list produk!

Full Ingredients

review make over hydrastay liquid tint blush_ingredients list

Aqua, Cyclopentasiloxane, Phenyl Trimethicone, Isododecane, Propanediol, Dimethicone, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, PEG-10 Dimethicone, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Boron Nitride, Trehalose, Mica, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Saccharide Isomerate, Hydrated Silica, Aluminum Hydroxide, Ethylhexylglycerin, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone/PEG-10/15 Crosspolymer, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Cyclotetrasiloxane, Disodium EDTA, Sodium Citrate, Citric Acid, Isopropyl Titanium Triisostearate, Bis-PEG-15 Dimethicone/IPDI Copolymer, Dipropylene Glycol, PEG-2 Soyamine, Tocopherol.

Key Ingredients

Dari ingredients list yang tertera pada kemasan, bisa dikonfirmasi kalau liquid blush ini memang nggak punya kandungan alkohol. Selain itu, ada juga beberapa bahan yang bermanfaat untuk kulit:

  • Isododecane

Selain berfungsi sebagai pelarut, isododecane juga bisa bekerja untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut. Pasalnya, bahan satu ini bertindak sebagai pengunci kelembapan kulit.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Bahan yang satu ini sering ditemukan pada produk tabir surya karena bekerja sebagai chemical sunscreen agent. Adanya ethylhexyl methoxycinnamate membuktikan bahwa Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush memang bisa bantu lindungi kulit dari sinar UV.

  • Trehalose

Merupakan sejenis molekul gula yang punya kemampuan mengikat air, menjadikannya bahan yang baik untuk menghidrasi kulit. Trehalose bisa berasal dari tumbuhan, fungi (jamur) atau serangga.

  • Saccharide Isomerate

Bahan pelembab yang berasal dari tumbuhan dan dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Saccharide isomerate bahkan disebut-sebut punya kemampuan menempel pada kulit lebih kuat dan lebih lama dibandingkan bahan pelembab lainnya.

  • Allantoin

Kalau bahan satu ini memang sudah nggak perlu diragukan dalam mengatasi kulit kering. Allantoin adalah salah satu bahan favoritnya orang Korea Selatan karena sangat baik dalam melembabkan, menenangkan, hingga meremajakan kulit. Allantoin bahkan bersahabat untuk pemilik kulit sensitif sekalipun.

  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol

Make Over juga nggak ketinggalan untuk menambahkan bahan yang bersifat antioksidan dalam sebuah formulasi Hydrastay Liquid Tint Blush. Dua bahan yang merupakan bentuk lain dari vitamin E ini nggak cuma mampu melindungi kulit dari radikal bebas, tapi juga dapat membantu mengurangi tampilan kulit kering.

Impresi

Ternyata, Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush ini memang punya kandungan bahan-bahan yang bisa memberikan dan menjaga kelembapan kulit, ya. Tapi, apakah impresi yang ditawarkan produk benar-benar bisa melembapkan kulit pemakainya? Inilah impresi yang saya rasakan setelah mencoba sendiri liquid blush dari Make Over tersebut.

Tekstur

Review Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush, Anti Kering 7

Liquid Tint Blush dari seri Hydrastay milik Make Over ini punya tekstur yang sedikit lebih kental dibandingkan serum, namun nggak sekental liquid foundation. Tekstur yang nggak terlalu encer, lembut, mudah meluncur dan mudah dibaurkan. Tekstur seperti ini bahkan memungkinkan produk dipakai setelah pemakaian bedak.

Setelah diratakan, produk juga mudah menempel pada kulit. Hanya butuh waktu sebentar saja sebelum akhirnya blush nge-set di pipi.

Aroma

Meski nggak diklaim bebas fragrance, saya nggak merasa ada aroma apapun dari produk. Hanya terasa aroma sintetis yang biasanya dilepaskan produk-produk makeup pada umumnya.

Warna

Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush ini punya 5 shade yakni 01 Flair (Peachy Pink), 02 Gala (Deep Red), 03 Solace (True Pink), 04 Dolce (Peach) dan 05 Sun-Baked (True Orange). Untuk pemilik warm undertone dengan skintone medium to dark seperti saya, pilihan 02 Gala dan 05 Sun-Baked akan pas untuk kalian.

Kedua warna tersebut cenderung deep dan hangat, sementara sisa warna lainnya cenderung terang dan soft, yang mana hadir untuk pemilik undertone cool dan neutral.

Saya sendiri memilih 05 Sun-Baked karena punya kesan hangat yang paling menonjol. Karakteristik warna oranye dengan hint of coral yang sangat khas warna musim panas. Warna ini akan cocok untuk tampilan natural pada pemilik kulit sawo matang seperti saya.

Aplikasi

review make over hydrastay liquid tint blush_aplikasi

Ketika memencet pump botol, saya terkejut ketika mendapati cukup banyak produk yang menyembul keluar. Saat mengeluarkan produk ini, usahakan berhati-hati agar produk yang keluar tidak terlalu banyak.

Hal ini juga beresiko membuat produk runny di tangan kalau terlalu banyak dikeluarkan dari botolnya. Maka dari itu, sebaiknya Liquid Tint Blush dikeluarkan sedikit-sedikit saja secara bertahap.

Ketika di-blend, produk langsung menempel di kulit dengan baik. Produk sama sekali nggak sulit untuk diratakan ataupun di-build. Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush ini tetap terasa ringan dengan hasil akhir natural seamless finish atau kalau menurut saya, satin finish.

Benar, karena ditujukkan untuk pemilik kulit kering, Make Over menghindari formulasi matte dalam seri ini. Makanya produk liquid blush-nya nggak terasa kering atau membuat pipi terasa tight ketika sudah nge-set.

Produk ini juga punya pigmentasi yang bagus, warnanya menyatu baik dengan kulit. Dan karena teksturnya ringan, produk bisa di-build berkali-kali agar warnanya semakin menonjol. Selain itu, ada kandungan micro shimmer juga di dalam formulasi blush yang bikin kesan natural sheen pada pipi.

Performa dan Ketahanan

review make over hydrastay liquid tint blush_performa

Setelah cling dengan baik pada kulit, Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush ini nggak gampang geser. Sebagai pemilik kulit kombinasi berminyak, sebenarnya saya agak was-was produk akan banyak geser, apalagi saat saya sadar nggak pake finishing powder setelahnya.

Hebatnya, liquid blush ini enggan geser. Padahal saya sempat menggunakan masker kesehatan, tapi hanya sedikit saja blush yang transfer. Bukan cuma itu, blush ini juga nge-stain dengan baik pada pipi.

Makanya selama 7 jam pemakaian, saya masih mendapati ada rona tipis yang tampak alami pada pipi, meski dari segi intensitas warna sudah jauh berbeda dengan pemakaian awal. Sisa stain ini bahkan bisa bertahan hingga penghujung hari, lho.

Selama pemakaian liquid blush dari Make Over ini juga saya nggak mengalami keluhan seperti muncul komedo, kulit kering ataupun gatal. Sebaliknya, formulasi produk selalu terasa ringan, menghidrasi dan melembabkan.

Tips dan Trik

Saran saya, bila kamu mau menggunakan Make Over Liquid Hydrastay Tint Blush, lebih baik menggunakan bantuan spons untuk membaurkannya. Selain bikin produk mudah diratakan, pigmentasi yang muncul juga lebih customizable. Kamu bebas building produk beberapa kali tanpa perlu takut overdo.

Beda halnya bila dengan menggunakan jari tangan, pigmentasi produk ini bakal kentara. Tapi meski pigmentasinya bagus, produk tetap menyatu baik dengan kulit kok.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush, Anti Kering 11

Sebagai salah satu brand kosmetik kebanggan Indonesia, produk-produk Make Over sudah banyak tersebar di pasaran. Jadi kamu nggak akan kebingungan membeli produk-produk dari sister brand Wardah ini. Untuk mengantongi Hydrastay Liquid Tint Blush berukuran 15 ml sendiri kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 100ribuan.

Kesimpulan

review make over hydrastay liquid tint blush_kesimpulan

Nggak cuma menjawab keinginan pemilik kulit kering yang kesulitan mencari produk makeup, Make Over juga memberikan kualitas jempolan lewat produk-produk dalam seri Hydrastay, termasuk Liquid Tint Blush ini. Secara keseluruhan performanya sudah saya rangkum dalam pros dan cons berikut.

Pros

  • Diformulasikan dengan bahan-bahan yang dry skin-friendly dan bebas alkohol
  • Ada kandungan SPF dan PA
  • Tekstur mudah diratakan
  • Pigmentasi bagus
  • Warna menyatu baik dengan kulit dengan satin finish dan natural sheen
  • Menghidrasi dan nggak bikin pipi terasa kering
  • Ninggalin stain yang long lasting
  • Nggak mudah transfer dan geser
  • Nggak clogging pores di kulit saya

Cons

  • Dalam satu kali pump, banyak produk yang keluar. Jadi sebaiknya di-pump perlahan-lahan saja agar produk yang keluar pun sedikit demi sedikit.

Demikianlah pengalaman saya menggunakan Make Over Liquid Tint Blush dari seri Hydrastay ini. Kamini juga pernah mengulas produk Hydrastay lainnya lho yakni Smooth Lip Whip. Kalau penasaran, jangan ragu untuk mampir ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram