Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik

Ditulis oleh Syuri

Bedak adalah benda yang kehadirannya sangat wajib dalam urusan bersolek. Mau kamu tipe orang yang suka full makeup atau bedakan doang, tentu wajib punya bedak, dong. Buat yang kulitnya berminyak dan berjerawat biasanya lebih prefer bedak tabur dibandingkan bedak padat.

Tapi, bedak padat juga biasanya tetap harus ada bagi yang merasa makeup-nya harus selalu on. Karena bedak tabur biasa dipakai sebagai setting powder untuk menge-set alas bedak supaya tetap stay seharian.

Nah, kalau membahas bedak tabur yang bagus, terutama dari merk lokal, Kamini sering kali merekomendasikan Make Over seperti pada artikel Merk Setting Powder Terbaik. Karena, memang bedak tabur Make Over itu juara, di mana-mana selalu dipuji, pokoknya must have item banget!

Nama produk bedak taburnya adalah Make Over Silky Smooth Translucent Powder. Sekarang tim Kamini mau review bedaknya, nih. Langsung saja scroll sampai bawah, ya.

Tentang Produk

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik 1

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, kata kuncinya ada pada 'Translucent'. Jadi, bedak ini tuh tembus cahaya. Artinya, walaupun hadir dalam beberapa shade, bedak ini tidak akan membuat wajah kamu medok atau kelihatan bedakan. Hasil makeup kamu bakal super natural, tapi manfaat-manfaat dari loose powder tetap bakal kamu dapatkan.

Walaupun dari namanya tidak jelas ini bedak padat atau bedak tabur, Make Over Silky Smooth Translucent Powder ini hanya hadir dalam satu jenis saja yaitu loose powder alias bedak tabur, ya. Kalau kamu melihat dari kemasannya pasti sudah tahu, sih, karena bentuk kemasannya jar dan transparan, jadi isi bedaknya kelihatan.

Klaim & Benefit

Make Over mengklaim bahwa bedak taburnya ini memiliki tekstur yang sangat halus, sehingga akan membuat kulit pemakainya jadi terlihat dan terasa lembut. Sebagai bedak tabur, Make Over Silky Smooth Translucent Powder menjagokan kekuatannya dalam menyerap minyak berlebih (sebum).

Jadi, buat yang kulitnya kombinasi dan berminyak, kayaknya bakal cinta banget sama loose powder ini. Karena bisa menyerap sebum, maka makeup kamu dijanjikan bakal terlihat bagus dan segar terus seharian.

Kemasan

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik 3

Sayangnya untuk kemasan, produk ini masih tradisional sebagaimana kemasan bedak tabur pada umumnya. Tapi, memang jar-nya lebih kokoh dan elegan dibandingkan loose powder lokal lainnya. Tapi, tetap saja terlalu gendut, berat, dan riskan tumpah untuk dibawa saat traveling.

Jadi, paling banter kamu hanya bisa menggunakan bedak ini di rumah saja. Kalau kamu mau menggunakannya untuk keperluan profesional seperti mendandani orang, mungkin kamu harus menyediakan tas atau pouch khusus supaya bedaknya tidak jumpalitan dan tumpah.

Hal yang saya suka dari kemasan ini adalah bagian isi bedaknya kelihatan karena packaging-nya transparan. Jadi kita bisa tahu isi bedaknya berapa lagi. Sedangkan tutup ulirnya dibuat berwarna hitam metalik khas Make Over, menambah kesan elegan.

Terus, kemasannya juga sudah dilengkapi spons bawaan yang enak banget dipakai, bisa buat baking maupun meratakan bedak secara biasa. Tapi, kurangnya tidak ada cermin di dalam kemasan. Mungkin karena memang produk ini tidak didesain untuk touch up, ya.

Ingredient List

Untuk bahan, Kamini kan membagi pembahasannya ke dalam dua bagian. Bagian pertama adalah full ingredients dan yang kedua itu key ingredients. Mau tahu penjelasan lengkapnya? Yuk, simak!

  • Full Ingredients

Talc, Mica, Methicone, Kaolin, Corn (Zea Mays) Starch, Zinc Stearate, Titanium Dioxide, Silica, Anhydride, Isopropyl Myristate, Quaternium-15, Fragrance, Ci 77891, Ci 77492, Ci 77491, Ci 7749.

  • Key ingredients
  1. Talc

Talc adalah komponen utama dari kebanyakan produk riasan berbentuk powder seperti bedak wajah, perona mata, dan perona pipi. Produk-produk ini biasanya mengandung talc hingga mencapai 70%. 

Talc memiliki kemampuan menyebar yang luar biasa untuk aplikasi yang mulus. Namun, daya penutupnya atau yang lebih dikenal dengan istilah pigmentasi, itu rendah. Karena talc itu translucent (tembus cahaya). Tapi, ada bagunya juga, karena menghindari hasil akhir seperti badut.

2. Mica

Ini adalah bubuk mineral super serbaguna yang hadir dalam berbagai ukuran partikel. Mica adalah multi-tasker yang digunakan untuk meningkatkan feel produk ke kulit, memberikan sifat yang memantulkan cahaya, dan meningkatkan adhesi kulit atau berfungsi sebagai agen anti-caking.

Mica juga merupakan bahan 'dasar' yang paling umum digunakan untuk pigmen komposit berlapis seperti pigmen efek mutiara. Dalam hal ini, mika dilapisi dengan satu atau lebih oksida logam (bentuk paling umum dari titanium dioksida) untuk mencapai 'efek mutiara' melalui fenomena fisik yang dikenal sebagai interferensi.

Makanya, mica sering muncul sebagai kandungan dalam banyak kosmetik ataupun skincare. Menghasilkan look yang glowy sehat merona.

3. Kaolin

Kaolin disebut juga tanah liat Cina. Apa yang dilakukannya? Sebagai pewarna, penyerap minyak, mattifier, dengan tingkat iritasi dan komedogenisitas 0! Kaolin adalah sejenis tanah liat atau lebih tepatnya merupakan aluminium silikat hidro yang terbentuk secara alami.

Ketika mendengar frasa 'tanah liat', kamu mungkin langsung terbayang gundukan lumpur lembek berwarna hitam. Tapi, kaolin berbeda, karena ini berwarna putih dan berbentuk bubuk yang halus. Dalam jumlah kecil, kaolin sering ditambahkan dalam kosmetik sebagai pemberi opasitas dan warna putih.

Karena merupakan tanah liat, kaolin memiliki sifat menyerap kelebihan sebum (dan juga kotoran) dari kulit wajah, tapi tidak sekuat bentonit yang lebih 'agresif'. Tapi, karena tidak terlalu menyerap sebum, kaolin juga tidak terlalu mengeringkan kulit. Jadi lebih lembut dan aman buat kulit kering juga kulit sensitif.

4. Titanium Dioxide

Ini adalah tabir surya, tapi juga bekerja sebagai pewarna pada formula produk. Walaupun, fungsi utamanya tetap sebagai sunscreen. Karena, Titanium Dioxide adalah salah satu dari dua anggota kelompok tabir surya elit yang disebut tabir surya fisik (atau tabir surya anorganik). Secara tradisional, UV Filter dikategorikan sebagai kimiawi atau fisik.

Perbedaannya yang paling mencolok adalah, agen kimia menyerap sinar UV, sedangkan agen fisik sama-sama menyerap tapi sedikit memantulkan sinar UV seperti ada payung yang melapisi kulit (tapi tetap dalam spektrum yang terlihat saja).

5. Fragrance

Ya, bedak ini ada parfumnya. Kandungan ini membuat bedak jadi berbau harum. Saya sendiri tidak merasa aromanya terlalu menyengat, karena harumnya itu sedikit banget. Tapi, kalau kamu menghindari produk apapun yang ada kandungan fragrance, mungkin kamu tidak akan suka ini. Yang paling penting, bedak ini alcohol-free.

Impresi

Dari klaim dan ingredient-nya, saya jadi berharap banyak dengan produk ini. Apalagi ini kan Make Over, gitu, ya. Seharusnya brand ini tidak mengecewakan. Yuk, langsung saja kita telaah lebih dalam tentang bedak taburnya!

Tekstur

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik 5

Saya memang jarang beli bedak tabur, tapi saya yakin kalau butiran bedak Make Over Silky Smooth Translucent Powder ini cukup halus dibandingkan bedak tabur lainnya. Dari pengalaman saya menggunakan bedak tabur merk lain, saya merasa kalau butiran bedak Make Over itu sedang-ke-lembut.

Wangi

Sesuai di keterangan ingredient, bedak tabur ini punya kandungan parfum. Tapi, saya sendiri tidak mencium aroma yang gimanaaa gitu. Waktu diaplikasikan ke wajah juga tidak tercium wangi yang mengganggu. Aman, sih, kalau menurut saya yang kulitnya dan hidungnya tidak sensitif.

Shade

Karena Make Over merupakan produk lokal, jadi wajar banget (dan memang seharusnya) mereka menyediakan shade sesuai dengan warna kulit orang Indonesia. Untuk keseluruhan enam shade Make Over Silky Smooth Translucent Powder yang ada, saya rasa sudah cukup mempresentasikan skintone mayoritas orang Indonesia.

  • 01 Porcelain untuk kulit putih-kuning langsat (undertone pink)
  • 02 Rosy untuk kulit kuning langsat (undertone kuning dan pink)
  • 03 Champagne untuk kulit gelap (undertone warm-neutral)
  • 04 Toffee untuk kulit sawo matang (undertone warm-neutral)
  • 05 Snow untuk kulit putih (undertone pink dan kuning bisa masuk)
  • 06 Buttermilk untuk kulit kuning langsat (undertone kuning)
  • 07 Vanilla untuk kulit kuning langsat-sawo matang (undertone kuning-warm)

Diantara semua shade yang ada, sebenarnya saya agak bingung memilih diantara shade 01, 02, atau 06. Makanya saya lari ke shade 05 saja, yaitu Snow.

Walaupun ditujukan untuk kulit putih, saya merasa bedak ini lebih ke translucent karena walaupun warna bedaknya putih, tidak membuat kulit jadi ikutan putih. Melainkan, warna bedaknya seperti melebur dengan skintone alami saya (dan juga alas bedak saya), dan akhirnya jadi translucent alias tembus pandang.

Cara Pemakaian

Sama seperti bedak tabur kebanyakan, cara pakai Make Over Silky Smooth Translucent Powder bisa menggunakan spons bawaan, beauty blender atau sejenis, dan juga powder brush. Berikut akan saya bagi cara pakainya jadi dua.

  • Sebagai bedak tabur biasa (untuk nge-set foundation, BB cream, atau sebagai finishing touch):

Kamu bisa mengambil bedak secukupnya pada spons bawaan. Lalu, tepukkan bedak ke wajah dan leher secara merata, tipis-tipis saja. Jika menggunakan powder brush, sapukan bedak secukupnya pada wajah dan leher hingga bedak terlihat rata.

  • Sebagai baking powder:

Karena sangat pigmented tapi tetap halus butirannya, loose powder ini bisa juga dipakai buat baking undereye dan sudut lekukan di wajah yang mau kamu tonjolkan. Bubuhkan bedak menggunakan beauty blender atau spons bawaan dalam jumlah yang banyak pada bawah mata, bawah tulang pipi, rahang, dan tengah dahi.

Diamkan bedak selama 5 menit, lalu sapu hingga bersih menggunakan powder brush. Langkah ini berfungsi untuk baking alias nge-set alas bedak supaya lebih tahan lama, tidak crease seharian. Baking juga berfungsi untuk highlight alias mencerahkan beberapa area wajah yang biasa ditonjolkan.

Daya Tahan dan Performa 

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik 7

Untuk mengetahui kekuatan Make Over Silky Smooth Translucent Powder, saya memutuskan untuk mencobanya di setengah wajah saya. Sisi kiri wajah saya aplikasikan BB cream sebagai alas bedak, dan sisi kanan wajah saya tanpa BB cream, saya aplikasikan moisturizer dan primer saja.

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik 9

Cukup kelihatan ya kalau bedak taburnya tidak terlalu pigmented dalam artian tidak menutupi kekurangan pada wajah saya secara sempurna. Sedangkan pada sisi wajah yang menggunakan BB cream sebelumnya, freckles saya agak tersamarkan walaupun pori-pori besar tetap terlihat.

Untuk area bawah mata juga tidak terlalu menutupi, jadi memang kamu harus pakai alas bedak dan concealer juga kalau mau flawless banget. Tapi, kalau kamu menginginkan natural look, pelembab dan bedak Make Over ini saja sudah cukup.

Kesimpulan

Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Bedak Tabur Terbaik 11

Setelah beberapa jam dan melalui dua kali wudhu, terlihat jelas bedak Make Over ini sudah benar-benar over, ya. Sisi wajah saya yang hanya menggunakan bedak benar-benar tidak terlihat ber-makeup lagi, sedangkan sisi wajah yang pakai BB cream masih kelihatan sedikit meng-cover kekurangan pada kulit saya.

Saya pikir, kalau saya pakai foundation dulu, pasti Make Over Silky Smooth Translucent Powder bakal ngebantu banget buat covering, pigmentasi, dan staying power. Karena, ketika dipadukan dengan BB cream, bedak ini cukup baik dan saya rasa bisa dipakai untuk ke hangout jika hanya untuk beberapa jam, bukan kegiatan yang seharian penuh.

Sedangkan kalau dipakai hanya dengan pelembab saja, bedak tabur Make Over ini jatuhnya sangat natural. Cocok untuk sekedar dandan di rumah saja. Catatan, saya memiliki kulit yang kering, ya. Karena kandungan dalam bedak ini akan lebih berpengaruh pada kulit berminyak, saya jadi kurang tahu juga bagaimana bedak ini bisa menahan minyak berlebih di kulit.

Pros (+)

  • Partikel/tekstur bedaknya halus dan ringan
  • Sedikit efek blur untuk pori-pori, tapi hanya sedikit saja. Pori-pori besar saya tidak tertutupi secara sempurna. Tapi, mungkin akan berbeda jika sebelumnya saya pakai foundation
  • Spons bawaannya bagus banget, bisa meratakan bedak dengan sangat baik ke seluruh permukaan wajah dan kulit
  • Bedaknya blendable dan tidak menambah warna (untuk shade Snow). Walaupun warna bedaknya 'putih', bedak ini lebih kepada translucent kalau menurut saya
  • Harganya worth it untuk staying power dan isi bedak yang banyak
  • Ada aromanya yang enak tercium, tidak menyengat dan tidak mengganggu
  • (Katanya) bagus dalam oil control tapi karena saya tipe dry skin, saya tidak bisa membuktikannya

Cons (-)

  • Tidak travel-friendly
  • Bedaknya agak susah keluar (jadi saya tunggingkan untuk mengeluarkannya)
  • Agak kurang pigmented kalau suka full makeup

Harga & Tempat Membeli

Bedak tabur ini dijual dengan harga yang saya rasa sudah worth it banget, tidak kemahalan. Produknya memang bagus dan isinya banyak pula (35 gr). Saya sampai ingin mencoba bedak ini yang ada warnanya (tinted) lain kali.

Apa kamu pernah mencoba Make Over Silky Smooth Translucent Powder juga? Bagaimana menurut kamu, apakah bedak ini benar memiliki kekuatan menahan sebum? Cerita-cerita, yuk, di bawah!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram