Kamini.id / Marcks / Review Marcks’ Breathable Smoothing Powder, Kurangi Kilap

Review Marcks’ Breathable Smoothing Powder, Kurangi Kilap

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memiliki wajah kombinasi berminyak terkadang membuat saya bingung dalam memilih produk kosmetik yang cocok. Area pipi dan dagu yang cenderung kering, sementara T-Zone berminyak mengharuskan saya untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan area-area tersebut. Tak jarang, saya berakhir menggunakan berbagai macam produk pada wajah dengan fungsi berbeda sesuai dengan kondisi kulit.

Tapi dalam urusan mengurangi kilap diwajah sekaligus menahan minyak pada area T-Zone, saya tidak bisa melewatkan pressed powder atau loose powder. Karena setahu saya, kedua produk ini punya peran penting dalam menahan minyak pada wajah agar tidak menganggu tampilan kompleksi.

Saya masih ingat loose powder pertama saya yang bahkan sudah saya gunakan sejak menginjak bangku SMP datang dari brand—old but goldMarcks. Brand legendaris ini sepertinya tak hanya dikenal oleh generasi saya, pasalnya keputusan saya untuk menggunakan bedak ini saat SMP dilandasi oleh saran ibu saya, otomatis saya yakin bahwa ibu saya pun sudah mengenal baik bedak ini.

Tentang Produk

review marcks breathable smoothing powder

Baru-baru ini, tepatnya pada Juli 2020 Marck’s meluncurkan Breathable Smoothing Powder dengan kemasan yang sangat eye-cathing karena berbeda dengan ‘gaya’ yang biasanya diusung salah satu brand asuhan PT Kimia Farma ini.

Marcks’ Breathable Smoothing Powder sendiri merupakan salah satu produk dari Marcks’ Classic & Active yaitu brand extension dari Marcks’, atau gampangya produk ini ada dalam kategori berbeda namun masih di satu lingkup brand yang sama.

Klaim dan Benefit

Selain memiliki tekstur yang lembut dan ringan, Marcks’ Breathable Smoothing Powder diklaim dapat membantu mencerahkan kulit secara alami dengan kandungan licorice extract dan alpha arbutin-nya.

Tak hanya itu, bedak inovasi Marcks’ ini juga diperkaya dengan ekstrak teh hijau yang bersifat antioksidan untuk perlindungan terhadap pengaruh buruk lingkungan serta vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan bedak ini juga tampilan kulit wajah akan terbebas dari kilap dan tampak natural.

Cara Pemakaian

Tidak ada langkah khusus yang dianjurkan oleh Marcks’ dalam penggunaan Breathable Smoothing Powder. Kamu dapat menggunakannya seperti pemakaian loose powder pada umumnya yaitu dengan mengaplikasikan bedak menggunakan puff yang sudah disediakan atau memakai brush tambahan secara lembut pada wajah.

Kemasan

review marcks breathable smoothing powder_kemasan

Sebenarnya kemasan produk Marcks’ sudah cukup lama divariasikan, dari yang awalnya sangat bulky menjadi lebih handy dan pouch-friendly. Meski memang Marcks’ juga masih mempertahankan sang produk legendaris yang berukuran cukup besar.

Nah, Marcks’ Breathable Smoothing Powder sendiri dikemas dalam aluminium jar dengan berat bersih 15g yang unik dan menurut saya sangat menggemaskan. Walau simple, saya merasakan vibe berbeda pada kemasan ini dibandingkan dengan kemasan produk-produk Marcks’ sebelumnya yang lebih plastic-oriented.

review marcks breathable smoothing powder_puff

Ketika cap jar dibuka, saya disambut oleh puff bedak yang sangat lembut, cukup mini, dan agak pluffy. Dan karena loose powder atau bedak tabur, tak lupa Marcks’ menautkan sifter sebagai penyaring bedak agar jumlah yang keluar nggak terlalu banyak dan messy. Berhubung produk yang saya ulas ini baru, pada bagian sifter juga masih terdapat lid segel yang menjadi penanda bahwa produk masih baru serta dalam keadaan super higienis.

Overall, kemasan ini sangat menggemaskan di mata saya. Bahkan beberapa rekan kerja saya juga mengakuinya dan cukup terpesona dengan tampilan berbeda Marcks’ Breathable Smoothing Powder.

Ingredients

review marcks breathable smoothing powder_ingredients

Full Ingredients

Talc, Mica, Triethoxycaprylylsilane, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Parfum, Boron Nitride, Phenoxyethanol, Propylene Glycol, Vitamin E Acetate, Camellia Sinesis Leaf Extract, Water, Methylparaben, Propylparaben, Aluminium Hydroxide, Synthetic Fluorphogopite, Alumina, PEG-32, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Citric Acid, Alpha Arbutin.

Key Ingredients

  • Vitamin E Acetate

Kandungan sebenarnya dari vitamin E acetate adalah tocopheryl acetate, bahan satu ini memang menawarkan manfaat antioksidan yang cukup potent. Makanya tocopheryl acetate sering banget ditemui pada produk kosmetik. Di samping itu, vitamin E juga memiliki kemampuan tambahan dalam melembabkan, persis seperti yang diklaim Marcks’ tentang produk ini. 

  • Camellia Sinesis Leaf Extract

Kalau bahan yang satu ini tidak lain dan tidak bukan adalah ekstrak teh hijau. Sama halnya dengan vitamin E, teh hijau juga dipercaya sebagai salah satu bahan yang menawarkan manfaat antioksidan karena kandungan polyphenol di dalamnya. Kandungan ini bahkan terbukti memiliki kemampuan dalam memperbaiki tampilan kulit akibat paparan sinar matahari.

  • Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract

Dalam urusan mencerahkan, Marcks’ mengandalkan ekstrak licorice dalam formulasinya. Bahan alami ini dapat bekerja menghambat produksi enzim tirosinase yang bertanggung jawab atas pembentukan flek hitam dan noda hiperpigmentasi lain. Karena itulah kamu akan cukup sering menemukan bahan ini pada produk-produk dengan klaim ‘brightening’.

  • Alpha Arbutin

Bersinergi dengan licorice root extract dalam produk ini, alpha arbutin merupakan skin britening agent yang sangat baik dalam mencerahkan flek hitam, serta memperbaiki ketidakmerataan warna kulit. Jadi apabila kamu menggunakan produk dengan kandungan arbutin, kamu akan mendapati wajah yang lambat laun menjadi tampak lebih cerah.

Impresi

Karena sebenarnya Breathable Smoothing Powder bukanlah bedak Marcks’ pertama saya, rasanya cukup menegangkan sekaligus tidak sabar untuk segera ‘bermain-main’ dengan produk ini. Terakhir kali saya menggunakan bedak Marcks’ yang masih dalam kemasan jadul sendiri, adalah ketika duduk di bangku tingkat pertama kuliah. Cukup lama kan? Makanya saya sudah tidak sabar untuk ‘reuni’ dengan produk Marcks’.

Tekstur

review marcks breathable smoothing powder_tekstur

Secara tekstur harus saya katakan bahwa nggak ada perubahan apapun pada produk terbaru Marcks’ ini. Saya masih mendapati bubuk bedak yang sangat halus dan lembut ketika diaplikasikan. Ketika produk diambil dari jar menggunakan puff pun masih ada powder yang berterbangan diudara meski memang jumlahnya tidak banyak. Akan tetapi tekstur ini tetap terasa nyaman dan lembut bagi wajah.

Aroma

Sama seperti tekstur, aroma dari Breathable Smoothing Powder ini juga nggak berbeda dengan aroma bedak Marcks’ lainnya—juga aroma bedak pada umumnya. Powdery notes yang lembut ini dijamin nggak asing bagi hidungmu.

Shade

Marcks’ Breathable Smoothing Powder sebenarnya terdiri dari 4 shade; Rose Pink untuk light skintone dengan cool undertone, Ivory bagi pemilik light skintone namun undertone-nya warm, sementara Natural Beige untuk pemilik skintone medium to medium deep dengan neutral to cool undertone, dan terakhir Warm Beige untuk pemilik medium deep to dark skintone dengan undertone warm.

Entah mengapa saya memutuskan untuk membeli shade Natural Beige padahal undertone saya cenderung warm, walau memang dari sisi skintone, kulit sawo matang saya masih masuk kriteria. Tapi ya sudahlah, saya tetap memberanikan diri untuk mencoba dan menguji produk ini sampai tuntas.

Aplikasi

  • Single Use
review marcks breathable smoothing powder_aplikasi 1

Luckily, bedak ini ternyata translucent pada wajah ketika digunakan single use. Saya tidak merasakan adanya kesan ashy sama sekali setelah selesai mengaplikasikan produk.

Selain translucent, tidak ada juga efek tone up apapun yang ditawarkan Marcks’ Breathable Smoothing Powder, tapi bedak ini dapat mengurangi kilap dan membuat tampilan akhir kompleksi tampak lebih matte serta segar, lho. Karakter tersebut sangat cocok bahkan bila digunakan oleh para remaja dan pemula yang ingin tampilan kompleksi anti kilap natural.

Oh iya, pada wajah saya yang cenderung normal berminyak, bedak ini nggak menimbulkan adanya crack baik pada bagian T-zone yang cenderung berminyak maupun pada area kulit yang normal. Sehingga saya rasa untuk pemilik kulit normal, kombinasi dan berminyak, bedak ini cukup aman digunakan.

  • Sebagai Setting Powder
review marcks breathable smoothing powder_aplikasi 2

Saya juga menggunakan bedak ini sebagai setting powder setelah menggunakan foundation dengan medium coverage. Namun, lagi-lagi, Marcks’ Breathable Smoothing Powder nggak menghasilkan pigmentasi apapun pada kompleksi selain meminimalisir kilap pada wajah.

Menariknya, pori-pori saya yang semula nggak bisa tersamarkan dengan foundation, ternyata lebih minimal tampilannya setelah menggunakan bedak ini. Saya nggak menyadari fakta ini saat menggunakannya single use, tapi ketika digunakan berbarengan dengan foundation hasilnya cukup drastis, walau memang nggak benar-benar membuat tampilan seamless pores.

Performa dan Ketahanan

  • Single use
review marcks breathable smoothing powder_peforma 1

Selama menggunakan bedak ini sebagai single use, saya rasa kemampuan bedak dalam menahan minyak tetap berkurang dari waktu ke waktu. Meski pada awal penggunaan wajah saya bebas dari kilap, nyatanya setelah satu jam penggunaan, minyak kembali menghiasi bagian T-zone. Dengan demikian, kemampuan bedak dalam mengontrol minyak kurang dependable kalau hanya digunakan single use.

  • Sebagai Setting Powder
review marcks breathable smoothing powder_Peforma 2 (1)

Tak berbeda jauh dengan single use, ketahanan produk dalam mengontrol minyak sebagai setting powder juga menurut saya so-so meski cenderung lebih tahan lama dibandingkan single use. Mungkin hal ini juga terbantu dengan kemampuan foundation yang saya gunakan, sehingga kompleksi dapat bertahan 4-5 jam tanpa terlalu tampak greasy.

review marcks breathable smoothing powder_peforma 2

Minyak yang dihasilkan memang nggak overproduced, yang artinya produk ini nggak terlalu bikin kulit jadi kering selama penggunaan. Otomatis minyak yang dihasilkan secara alami oleh kulit pun jadi nggak terlalu banyak untuk menyeimbanginya. Oh iya, kompleksi saya juga bisa di-lock dengan baik oleh bedak, soalnya foundation saya nggak banyak bergeser walau hingga 5 jam pemakaian tanpa terkena basuhan air.

Tips dan Trik

Dalam menggunakan loose powder sebagai setting powder, memang sebaiknya menggunakan bantuan brush dalam mengaplikasikannya. Mengingat brush tidak akan membuat jumlah bedak yang diambil terlalu banyak dan bisa meyebarkan bedak lebih merata pada wajah. Tapi, bila kamu belum memiliki brush, kamu tetap bisa menggunakan puff kok, terutama puff dengan bulu yang halus dan lembut.

Seperti dilansir dari Byrdie, cara menggaplikasikannya pakai puff adalah dengan mengambil bedak secukupnya menggunakan puff, kemudian sebarkan bedak hingga merata pada pemukaan puff dan lipat puff menjadi dua. Jangan lupa buang sisa kelebihan bedak dengan mengetukannya pada dinding kontainer. Baru deh bisa kamu aplikasikan secara merata pada wajah.

Harga dan Tempat Pembelian

review marcks breathable smoothing powder_1

Selain dibanderol dengan harga yang cukup ramah kantong yaitu sekitar Rp47.000, kamu juga akan mudah menemukan Marcks’ Breathable Smoothing Powder yang menggemaskan ini baik secara online maupun offline. Bahkan perusahaan yang menaungi brand Marcks’ yaitu Kimia Farma sudah punya official store online sendiri di beberapa website e-commerce.

Kesimpulan

review marcks breathable smoothing powder_kesimpulan

Secara keseluruhan, sebagai produk drugstore yang affordable, saya cukup terkesan dengan Marcks’ Breathable Smoothing Powder ini. Selain affordable, menggemaskan, dan mudah untuk ditemukan, kemampuannya dalam pore blurring juga lumayan saat digunakan sebagai setting powder.

Pro

  • Menguragi kilap pada kompleksi
  • Punya kemampuan pore blurring bila digunakan dengan alas bedak
  • Bisa menahan minyak cukup baik saat digunakan sebagai setting powder
  • Sebagai setting powder, bisa nge-lock kompleksi cukup lama
  • Tidak bikin kompleksi crack
  • Kemasan menggemaskan

Cons

  • Tidak begitu baik dalam menahan minyak sebagai single use
  • Bedak cenderung translucent tanpa pigmentasi sama sekali
  • Tidak mencerahkan kompleksi

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba produk ini setelah membaca ulasan saya? Untuk everyday makeup, produk ini oke sih menurut saya. Tapi tetap ingat ya, hasil ini merupakan personal experience, jadi saya nggak bisa menjamin produk ini memiliki hasil yang serupa pada kulitmu. Tapi, daripada penasaran, kamu sebaiknya mencoba sendiri.

Kalau kamu punya pengalaman berbeda yang nggak kalah menarik dengan saya selama menggunakan Marcks’ Breathable Smoothing Powder ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya! Kebetulan, Kamini juga punya rekomendasi loose powder yang bagus lainnya bila kamu masih butuh referensi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!