Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion yang Tahan Minyak

Ditulis oleh Sera Serinda A

Menutup tahun 2021 kemarin, Marina memperkenalkan produk baru yang melengkapi seri makeup Glow Ready, yaitu Cover Fit Refresh Cushion. Sebenarnya Marina sudah punya bb cream, foundation, two way cake dan loose powder dalam rangkaian base makeup di seri Glow Ready, namun akhirnya Marina menambah kelengkapan rangkaian ini dengan memperkenalkan produk cushion.

Karena saya cukup puas dengan produk-produk Marina dalam seri Glow Ready seperti Compact Eyeshadow Palette, Liquid Highlighter dan Velvet Matte Lip Cream, tentunya saya enggak mau ketinggalan untuk mencoba sendiri cushion terbaru mereka. Apakah produk ini juga layak dapat shoutout layaknya produk Glow Ready Series lainnya? Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu jawabannya, ya!

Tentang Produk

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion__

Menurut Marina, Cover Fit Refresh Cuhsion memadukan fungsi cushion sebagai makeup dengan manfaat skincare. Ia enggak hanya bakal bikin kulit wajah cantik, tapi juga sehat.

Sebenarnya konsep Glow Ready sendiri adalah healthy makeup, jadi memang hampir semua produk dalam seri ini akan dipadukan dengan bahan-bahan yang bermanfaat untuk kulit. Nah, dalam cushion ini Marina mengandalkan chia seed oil dan vitamin E yang bisa kasih hidrasi sekaligus kontrol kelebihan minyak di wajah. Menarik, bukan?

Klaim dan Benefit

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_klaim_

Selain memadukan bahan-bahan yang berguna bagi kulit, Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion juga diklaim punya keunggulan berikut:

  • Bikin kompleksi tampak flawless
  • Punya coverage di level medium to full yang tahan lama
  • Dibekali dengan SPF 30 dan PA+++
  • Enggak lengket ataupun berminyak
  • Non crack, nyaman dan tahan lama

Cara Pakai

Karena formatnya cushion, kamu bisa langsung mengaplikasikan produk ini pada wajah menggunakan puff yang telah disediakan. Kamu hanya perlu menepuk-nepukkan produk secara perlahan dan merata agar dapat menempel sempurna pada wajah serta leher.

Untuk aplikasi pada area yang sulit dijangkau seperti area bawah mata dan hidung, kamu bisa melipat puff-nya. Barulah akhiri dengan penggunaan bedak tabur untuk mengunci produk.

Kemasan

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_kemasan_

Sama seperti produk dalam Marina Glow Ready Series lainnya, cushion ini juga masih dikemas dalam kemasan ganda yang terdiri dari dus luar dan kemasan utama produk. Bagian dus luar juga masih mengusung desain dan warna dasar yang sama yakni holografi berwarna pink keunguan yang begradasi. Pada dus ini juga sudah tercantum informasi lengkap seputar produk.

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_kemasan 2_

Sementara untuk kemasan utama cushion, Marina juga masih menggunakan warna dasar old rose di seluruh permukaannya. Layaknya produk sejenis, kemasan utama Cover Fit Refresh Cushion berkonsep flip top yang terdiri dari dua wadah; penampung cushion dan tempat puff aplikator.

Puff aplikator ini punya warna yang senada dengan kemasan cushion, yakni old rose dan cokelat. Puff ini cukup lembut, enggak terlalu tipis dan empuk ketika digunakan. Sayangnya, karena berbentuk bulat, saya perlu melipat puff ini agar bisa menjangkau sudut-sudut di wajah yang sulit diraih, seperti area hidung dan bawah mata.

Nah, kalau kamu ingin ganti isi cushion dengan refill, kamu bisa langsung menekan produk dari bagian belakang kemasan, lalu putar isi kemasan melawan arah jarum jam untuk membukanya. Selesai, deh!

Ingredient List

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_ingredients_

Agar tahu informasi lengkap mengenai Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion, saatnya menyimak kandungan apa saja yang ada dalam produk ini. Apakah benar ia dibekali dengan vitamin E dan chia seed oil? Yuk, kita ungkap!

Full Ingredient

Aqua, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxide, Butylene Glycol, Methyl Trimethicone, Cyclohexasiloxane, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Dicaprylyl Carbonate, Synthetic Fluorphlogopite, Glycerine, Trimethylsiloxysilicate, Polyethylene Glycol, Diphenyl Dimethicone/Vinyl Diphenyl Dimethicone/Silsesquioxane Crosspolymer, Polypropylsilsesquioxane, Dimethicone, Allantoin, Anthemis nobilis Flower Extract, Tocopherol, Tocopheryl Acetate, Caffeine, Citrus limon (Lemon) Fruit Extract, Morus alba Root Extract, Glycyrrhiza glabra Root Extract, Salvia hispanica Seed Extract, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, Betaine, Polyhydroxystearic Acid, Aluminium Hydroxide, Strearic Acid, Ethylhexylglycerin, Fragrance, Lechitin, Ethylhexyl Palmitate, Isostearic Acid, Isopropyl Myristate, Hydrogenated Castor Oil Isostearate, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Disodium Edta, 1 2-Hexanediol, BHT, Caprylyl Glycol.

Key Ingredients

Dari deretan ingredient list yang cukup panjang, ternyata kandungan yang bermanfaat bukan hanya vitamin E dan chia seed oil saja dalam produk ini. Nah, beberapa kandungan Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion yang berhasil saya temukan manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Titanium Dioxide: Melindungi dari sinar UVA dan UVB
  • Ethylhexyl Methoxycinnamate: Melindungi dari sinar UV, terutama UVB
  • Zinc Oxide: Melindungi dari sinar UVA dan UVB
  • Allantoin: Anti inflamasi, melembabkan dan menghidrasi
  • Tocopherol: Antioksidan
  • Tocopheryl Acetate: Antioksidan
  • Caffeine: Antioksidan
  • Morus alba Root Extract: Antioksidan dan menenangkan kulit
  • Glycyrrhiza glabra Root Extract: Menenangkan dan anti inflamasi
  • Salvia hispanica Seed Extract: Melembabkan dan antioksidan

Ternyata bahan-bahan yang terkandung dalam cushion ini cukup bermanfaat sebagai antioksidan, melembabkan, menghidrasi, menenangkan dan ada juga yang menjadi agen penangkal sinar UV. Jadi klaim Marina yang mengatakan kalau produk ini adalah healthy makeup memang benar adanya.

Impresi

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_impresi_

Setelah mengetahui kandungan bahannya, langsung saja kita cari tahu bagaimana sensasi pemakaian Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion.

Tekstur

Menurut saya produk ini punya tekstur layaknya liquid foundation yang creamy namun enggak terlalu kental. Ia sangat mudah diratakan pada kulit tanpa terasa berat ataupun lengket. Produk ini juga cepat set tanpa rasa kering atau pun berminyak. Ia cenderung mempertahankan kelembaban alami kulit.

Aroma

Dengan jelas Marina masih menambahkan kandungan parfum dalam produk ini. Walau ketika dipakai saya enggak merasakan aromanya dengan jelas, tapi Cover Fit Refresh Cushion punya aroma floral yang menenangkan kalau saya sengaja menghidunya.

Warna

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_tekstur_

Marina menyediakan tiga shade berbeda dari Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion yaitu Natural Beige (untuk dark skin tone), Pink Shell (untuk medium skin tone) dan Light Ivory (untuk fair skin tone). Shade yang saya gunakan sendiri adalah Natural Beige, yakni shade yang paling gelap.

Baca juga: Cara Memilih Warna Foundation yang Sesuai Warna Kulit

Jujur saya terkecoh dengan shade-shade ini, karena awalnya saya mengira Pink Shell akan punya pink undertone paling kuat. Sebaliknya, shade ini punya yellow undertone paling ketara dibandingkan dua shade lainnya.

Shade Natural Beige sendiri punya undertone yang netral, jadi tetap terasa ada sedikit pink undertone ketika diaplikasikan di wajah saya yang cenderung yellow undertone. Untungnya, shade ini tetap menyatu di kulit saya.

Aplikasi

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_aplikasi 2_

Selain ringan dan enggak lengket, cushion dari seri Glow Ready milik Marina ini juga nyaman untuk dipakai. Ia enggak bikin wajah saya jadi berminyak ataupun kering. Malah tampilan akhir kompleksi jadi semi-matte yang sehat.

Saya juga suka dengan formulasinya yang enggak bikin kulit tampak dehidrasi dan bikin kompleksi tetap natural. Sangat memungkinkan saya buat pakai cushion ini untuk temani aktivitas sehari-hari.

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_aplikasi 1_

Untuk coverage, cushion ini berada di level medium. Soalnya saya butuh lapisan kedua agar ia bisa menutupi bekas-bekas jerawat yang ada di wajah saya. Itu pun masih ada bekas jerawat yang tampak. Tapi untuk noda kemerahan dan warna kulit yang enggak merata, Cover Fit Refresh Cushion bisa menutupinya dengan baik.

Kalau kamu punya mata panda yang cukup parah, sepertinya cushion ini saja enggak akan cukup. Kebetulan karena mata panda saya kategorinya ringan, cushion dengan medium coverage pun bisa menyamarkannya dengan cukup baik.

Sayangnya, cushion ini cukup memperjelas tampilan garis-garis halus yang ada di bawah mata saya. Sebenarnya ini wajar terjadi, mengingat teksturya yang enggak terlalu creamy. Jadi ia enggak akan mengisi lekukan garis-garis halus tersebut. Jadi kalau kamu punya garis-garis halus, sebaiknya ditutupi dengan concealer dulu, ya.

Perfoma dan Ketahanan

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_perfoma_

Seiring berjalannya waktu, warna cushion ini semakin menyatu dengan warna asli kulit saya dan enggak jadi berubah karena oksidasi. Tapi tentu saja semakin lama daya covarge-nya menurun. Apalagi bila terbasuh air dan saat kondisi wajah berkeringat. Ia juga sedikit transfer saat saya menggunakan masker kesehatan.

Tapi hebatnya, Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion ini enggak bikin wajah saya jadi berminyak walau sudah dipakai berjam-jam. Buktinya pada pemakaian jam ke-5, wajah saya enggak menampakkan kilap yang signifikan dibandingkan dengan awal pemakaian. Padahal saya enggak pakai bedak tambahan apa pun, lho, setelah selesai mengaplikasikan produk ini.

Sepertinya produk ini bisa jaga kelembaban alami kulit, jadinya minyak yang dihasilkan kulit dari waktu ke waktu pun enggak akan terlalu banyak untuk mengimbanginya. Oh, ya, di bagian kulit saya yang kering pun cushion ini enggak bikin crack, lho. Hebat banget, bukan?

Dan enggak hanya pada awal pemakaian, Marina Glow Ready Cover Fit Refrseh Cushion juga tetap terasa ringan selama saya gunakan sampai penghujung hari. Bahkan di kulit wajah saya, ia enggak menyumbat pori-pori. Pokoknya produk ini nyaman digunakan dan sangat bisa tunjang makeup look yang tampak natural.

Harga dan Tempat Membeli

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_harga_

Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion dibanderol dengan harga 100 ribuan untuk full package berukuran 15 gram. Kalau kesulitan menemukannya di toko-toko oflline, kamu bisa lebih mudah mendapatkannya dengan pembelian online.

Kesimpulan

Review Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion_kesimpulan_

Saya cukup puas dengan kualitas Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion ini. Soalnya, ia sangat baik dalam menyeimbangkan produksi minyak di wajah saya bahkan hingga di penghujung hari.

Produk ini juga bisa menutupi noda bekas jerawat yang ringan, kemerahan dan warna kulit yang enggak merata tanpa bikin kompleksi tampak seperti dempul. Jadinya, sangat nyaman digunakan sebagai makeup harian.

Pros

  • Ringan, melembabkan dan menghidrasi
  • Bisa menutupi warna kulit yang enggak merata, bekas jerawat ringan dan kemerahan (medium coverage)
  • Bisa seimbangkan kadar minyak di wajah hingga berjam-jam dan enggak crack
  • Ketahanan cukup baik asalkan enggak terkena air dan keringat
  • Hasil akhir semi matte yang sehat dan natural
  • Banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit
  • Engga oksidasi. Semakin lama warnanya malah semakin menyatu dengan warna alami kulit

Cons

  • Agak memperjelas garis-garis halus di bawah mata
  • Engga bisa menutupi mata panda yang parah

Begitulah pengalaman saya menggunakan Marina Glow Ready Cover Fit Refresh Cushion. Jujur, saya cukup jatuh hati dengan kualitas produk ini, mengingat harganya pun enggak begitu menguras kantong.

Kalau kamu bagaimana? Apakah tertarik untuk mencoba produk ini juga? Share jawabanmu lewat kolom komentar ya, teman kamini! Jangan lupa juga untuk mampir di artikel review produk Marina Glow Ready Series lainnya. Ada Review Marina Glow Ready Two Way Cake dan Review Marina Glow Ready Loose Powder.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram