Review Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette

Ditulis oleh Sera Serinda A

Eyeshadow adalah salah satu produk dekoratif yang digunakan untuk menonjolkan kecantikan mata seseorang. Saya sendiri lebih suka menggunakan eyeshadow dibandingkan eyeliner. Selain karena lebih mudah secara pengaplikasian, warna-warni eyeshadow juga bikin saya senang untuk mengkreasikannya agar dapat look yang berbeda.

Dari sekian banyak produk eyeshadow yang beredar di pasaran, salah satu yang berhasil menarik perhatian saya adalah Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette. Produk ini dihadirkan setelah kesuksesan saudaranya, Glow Ready Face Palette yang pernah melejit di industri kecantikan Indonesia sebab disebut-sebut punya kualitas yang sangat apik.

Meski belum bisa menyamai eksistensi saudaranya dari segi popularitas, nggak ada salahnya untuk mencoba produk ini juga, bukan? Saya bahkan semakin ingin mencobanya setelah tahu bahwa Marina menyediakan dua varian dengan range warna cantik dari produk ini. Lantas, seperti apa kualitas Marina Glow Ready Eyeshadow Palette ini? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Tentang Produk

review marina glow ready eyeshadow palette__

Glow ready adalah lini makeup pertama dari Marina. Meski sebenarnya Marina sempat punya produk kompleksi berupa bedak dan BB cream, brand ini akhirnya memutuskan untuk merilis seri produk khusus yang berfokus pada riasan wajah. Terhitung sudah lebih dari 10 jenis produk yang berhasil diperkenalkan Marina dalam Glow Ready, termasuk palet eyeshadow ini.

Kebetulan, Kamini juga pernah mengulas beberapa produk dari seri ini; Two Way Cake, Loose Powder, Velvet Matte Lip Cream dan Liquid Highlighter. Kalau kamu penasaran dan ingin mengetahui performa produk-produk seri Glow Ready, sebaiknya kunjungi artikel-artikel tersebut, ya.

Secara garis besar Marina Glow Ready hadir untuk memenuhi kebutuhan riasan wanita Indonesia. Produk dalam seri ini dirancang dengan bahan-bahan yang ramah dan nyaman bagi kulit. Marina sendiri menyebutnya sebagai ‘healthy makeup’ dengan formulasi alami tanpa adanya kandungan paraben.

Compact Eyeshadow Palette dari Marina Glow Ready punya 2 varian, yaitu Natural Glam dan Tropical Pink. Keduanya hadir dengan warna-warna cantik dan bisa digunakan untuk semua skin tone. Nah, varian yang saya review di artikel ini adalah Natural Glam.

Klaim dan Benefit

review marina glow ready eyeshadow palette_klaim_

Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette adalah eyeshadow yang punya 4 pigmen rich powder, yang mana terdiri dari dua matte finish powder dan dua shimmer powder. Ia punya tekstur velvety dan buttery yang halus, mudah dibaurkan dan menempel karena diperkaya dengan Shea Butter. Ada pula kandungan vitamin E yang bisa menjaga kelopak mata tetap halus dan lembut.

Palette Eyeshadow ini juga diklaim oleh Marina punya pigmentasi intens dengan formula yang tahan lama. Warna yang dihasilkan akan pigmented walau hanya dengan satu kali sapuan. Ia juga nggak akan mudah hilang, meski kamu nggak pakai eye primer sebelumnya.

Cara Pakai

Kamu bisa menggunakan Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette sama seperti eyeshadow pada umumnya. Cukup aplikasikan eyeshadow dengan bantuan brush atau langsung menggunakan jari yang bersih.

Mulailah dengan menggunakan warna dasar yang paling netral, lalu bubuhkan warna-warna yang berkarakter lebih kuat. Terakhir, akhiri dengan sentuhan warna shimmer. Jangan lupa untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata bawah dan inner corner, ya.

Kemasan

review marina glow ready eyeshadow palette_harga_

Palet eyeshadow ini hadir dengan kemasan basic yang terdiri dari dus luar dan wadah utama. Dan karena merupakan salah satu produk dari rangkaian Marina Glow Ready, dus luar produk masih menggunakan desain khas seri ini; grafis hologram dengan warna pink keunguan bergradasi putih.

Pada dus ini juga tertera berbagai informasi seputar produk mulai dari klaim, ingredients, label halal, tanggal kadaluwarsa, nomor BPOM hingga nama varian warna yang tersedia dalam satu paletnya. Lengkap, deh!

Bagian wadah utama terbuat dari plastik yang kokoh berwarna cokelat dan tutup transparan. Dari bagian tutup ini kamu akan langsung melihat warna-warna sesungguhnya dari eyeshadow. Ada empat warna berbeda dalam satu produknya. Ukuran produk ini juga cukup mungil, jadinya mudah dibawa ke mana pun.

Sayangnya, nggak ada aplikator dan kaca bawaan pada kemasan Marina Glow ready Compact Eyeshadow Palette ini. Jadi untuk mengaplikasikan produknya, kamu harus pakai aplikator dan kaca terpisah.

Ingredient List

review marina glow ready eyeshadow palette_ingredients_

Karena diklaim sebagai rangkaian healthy makeup, tentu kita harus membuktikannya sendiri dengan mengetahui kandungan apa saja yang terkandung dalam produk-produk seri Glow Ready milik Marina. Pada palet eyeshadow ini, kandungan apa saja yang ditambahkan Marina dalam di formulasinya? Yuk, kita ungkap!

Full Ingredient

Talc, Mica, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Glass, Trimethylsiloxysilicate, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Lauroyl Lysine, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Phenyl Trimethicone, Zinc Myristate, Shea Butter (Butyrospermum parkii) Unsaponifiables, Boron Nitride, Dimethicone, Nylon-12, Phenoxyethanol, Cyclopentasiloxane, Silica Silylate, Polymethylsilsesquioxane, Silicone Dioxide Hydrate, Sodium Dehydroacetate, Chlorophenesin, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Hydrogenated Lecithin, Bisabolol, Bismuth Oxychloride, Isopropyl Titanium Triisostearate, Mineral Oil, triethoxycaprylylsilane, Dimethiconol, Methicone, BHT, Tetrasodium EDTA, Magnesium Stearate, Aluminium Hydroxide.

Key Ingredient

  • Shea Butter (Butyrospermum parkii) Unsaponifiables

Kandungan shea butter dalam produk ini ada dalam bentuk yang belum disaponifikasi. Saponifikasi sendiri merupakan proses penggabungan gliserin dan lemak dengan bahan-bahan bersifat basa untuk menghasilkan sabun.

Shea butter yang belum melalui proses ini dapat bertindak sebagai emolien dan membuat tekstur produk menjadi lembut. Ia juga punya fungsi anti oksidan yang cukup poten serta bisa diandalkan dalam menenangkan kulit.

  • Tocopheryl Acetate (Vitamin E)

Sebenarnya, dalam unsaponifiables shea butter juga ada kandungan vitamin E dalam bentuk tocopherol. Tapi, ternyata Marina menambahkan tocopheryl acetate pada palet eyeshadow ini yang memperkuat fungsi antioksidan dari produk. Kedua bentuk lain dari vitamin E ini berperan menjaga kulit tetap lembut dan terhindar dari flaky.

  • Bisabolol

Dalam produk kosmetik, bisabolol umumnya digunakan sebagai pewangi. Namun, kandungan satu ini juga punya potensi sebagai antioksidan, anti mikroba hingga menenangkan kulit.

Impresi

review marina glow ready eyeshadow palette_aplikasi (2)_

Sudah nggak sabar untuk tahu tekstur dan swatch dari Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette ini? Kalau iya, yuk, langsung saja cari tahu!

Tekstur

Karena eyeshadow ini terdiri dari 2 jenis warna berbeda, yaitu shimmer dan matte, otomatis teksturnya juga akan berbeda. Tekstur warna shimmer cenderung lebih buttery, meski saat sudah set tetap akan menjadi powder yang lembut. Shimmer-nya juga nggak terasa perih, dan fallout pun minimal.

Sementara warna matte-nya punya karakter velvety yang sangat lembut dan halus. Ia juga tetap blendable dan lebih minim fallout dibandingkan warna-warna shimmer.

Tapi secara keseluruhan, tekstur keduanya sama-sama ringan dan nyaman buat dipakai. Kebetulan saya juga nggak menggunakan primer ketika mencoba produk ini, dan hasilnya semua warna dalam Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette nggak ada yang terasa kering.

Aroma

Tenang, eyeshadow ini nggak melepas aroma apapun. Jadi nggak akan ganggu pengaplikasian sama sekali.

Shade & Swatch

review marina glow ready eyeshadow palette_tekstur_

Seperti yang sudah saya sebutkan kalau dalam satu palet ini ada 4 warna eyeshadow yang berbeda. Karena varian yang saya review adalah Natural Glam, ada 2 warna matte dengan nama Sand dan Chesnut, serta 2 warna shimmer yakni Moonbeam dan Spotlight.

Sand adalah shade yang paling muda, warnanya merupakan perpaduan antara coklat muda dengan sedikit hint oranye. Warna ini bakal cocok dijadikan base yang tampak natural. Kalau diamati lebih dekat, Sand nggak sepenuhnya matte karena ada sedikit shimmer yang bikin kesan glow.

Kalau Chesnut punya kesan glow yang lebih muted dibandingkan Sand. Shade ini punya karakter warna coklat kemerahan yang bakal cocok dipakai untuk look natural maupun kesan glam yang elegan.

Beralih ke warna shimmer, ada Moonbeam dan Spotlight. Menurut saya, Moonbeam punya base warna yang sama dengan Sand, hanya saja karakternya shimmery. Sementara Spotlight adalah warna shimmer coklat yang lebih deep dan terkesan hangat.

review marina glow ready eyeshadow palette_aplikasi_

Saya menggunakan semua warna-warna tadi pada look ini; Sand sebagai base, Chesnut untuk bagian dalam kelopak mata yang ditimpa sebagaian dengan Moonbeam, dan Spotlight untuk outer corner. Saya juga menggunakan Moonbeam pada bagian inner corner, serta campuran Sand dengan Chesnut untuk mewarnai kelopak mata bawah.

Kalau ingin kesan lebih glam, kamu bisa menambahkan layer lagi pada tiap shade-nya berhubung tekstur semua warna dalam Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette ini buildable dan nggak bikin kering. Jadinya bakal tetap nyaman terlepas dari look apa yang kamu adaptasi.

Performa dan Ketahanan

review marina glow ready eyeshadow palette_ketahanan_

Selain cantik, warna-warna dari Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette varian Natural Glam ini juga cukup pigmented, terutama dua warna shimmer-nya. Kebetulan saat pengaplikasian saya nggak pakai produk ini terlalu banyak, soalnya saya ingin tampilan yang natural, tapi warna eyeshadow yang dihasilkan tetap tampak nyata.

Ketahanan eyeshadow mungil dari Marina ini juga cukup oke. Buktinya, tampak pada foto kalau pada jam ke-6 pemakaian produk masih mewarnai kelopak mata saya. Meski warna shimmer yang paling signifikan berubah karena banyak yang fallout, warna matte-nya lebih tangguh stay di kelopak mata.

Makanya pada jam tersebut eyeshadow saya tampak lebih kemerahan dibandingkan awal pemakaian. Oh, ya, selama 6 jam pemakaian ini saya sudah dua kali berwudhu tapi nggak terlalu banyak mengucek mata, jadinya ketahanan eyeshadow pun nggak banyak terganggu.

Tips dan Trik

Kalau ingin warna eyeshadow tampak lebih menonjol lagi, kamu bisa menggunakan eye primer terlebih dahulu sebelumnya. Eye primer ini juga bisa berkontribusi bikin eyeshadow tahan lebih lama. Kalau butuh rekomendasinya, Kamini punya artikel Merk Eye Primer yang Bagus. Jangan ragu mampir, ya!

Harga dan Tempat Pembelian

review marina glow ready eyeshadow palette_kemasan_

Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette ini dibanderol dengan harga sekitar 40ribuan. Sayangnya, meski merupakan drugstore brand, ketersebaran produk ini secara offline belum maksimal.

Soalnya saya pernah mencari-cari produk ini offline, tapi banyak toko yang kehabisan atau nggak menyediakan palet eyeshadow Marina ini. Karena itu akhirnya saya memutuskan untuk membelinya secara online.

Kesimpulan

review marina glow ready eyeshadow palette_kesimpulan_

Secara keseluruhan saya cukup puas dengan performa produk ini. Selain hadir dengan varian warna-warna cantik, pigmentasi Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palett juga cukup bagus dengan ketahanan yang unggulan.

Ia juga nggak terlalu banyak fallout seiring berjalannya waktu. Dan yang pasti produk ini tetap ringan, nggak kering atau pun crack dan nggak bikin mata terasa perih. Salut untuk Marina!

Pros

  • Kemasan mungil yang travel-friendly
  • Varian Natural Glam punya warna-warna yang cantik dan cukup pigmented
  • Tekstur tiap warnanya lembut, ringan dan buildable
  • Minim fallout ketika pertama kali diaplikasikan
  • Nggak terasa kering atau pun crack di kelopak mata saya
  • Varian Natural Glam sangat menunjang untuk tampilan natural maupun glamour

Cons

  • Nggak ada kaca dan aplikator bawaan
  • Cukup sulit untuk menemukan produk ini offline

Itulah pengalaman saya menggunakan Marina Glow Ready Compact Eyeshadow Palette. Menurut saya, produk ini bakal cocok buat kamu yang belum berani untuk menggunakan warna-warna yang terang sebagai eyeshadow. Soalnya, varian Natural Glam maupun Tropical Punch cenderung netral sehingga bisa digunakan di berbagai skin tone.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram