kamini.id

Review Marina Glow Ready Velvet Matte Lip Cream yang Anti Kering

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Mencari produk lip cream matte yang cocok untuk beginner memang susah-susah gampang. Alasannya, karena karakteristik lip cream matte yang creamy dan agak tight ketika kering membuat pemula merasa lipstik ini cenderung heavy dan sticky untuk bibir. Jadinya, dibandingkan memilih lip cream matte, akhirnya para pemula kembali lagi pada lipstik dengan hasil akhir matte.

Tapi, beberapa waktu silam, trend lip cream matte sempat meruak kembali di Indonesia. Menjadikan produksi jenis liquid lipstick ini kembali digemari para wanita dan beauty junkies. Bahkan hingga saat ini, walau sudah tidak hype lagi, masih banyak masyarakat yang menggunakan lip cream dibandingkan lipstik.

Tentang Produk

Review Marina Glow Ready Lip Cream

Kabar baiknya, pada tahun 2020, brand produk kecantikan remaja, Marina, mengeluarkan seri produk makeup terbarunya yang bernama Glow Ready. Mengusung tema healthy makeup, seri ini dipersembahkan Marina untuk memenuhi kebutuhan kulit cantik yang sehat.

Konon, tema ini diangkat karena setiap produk dalam seri Glow Ready telah diformulasikan dengan kandungan bahan alami tanpa paraben, dan lip cream matte menjadi salah satu bintang dalam seri ini.

Velvet Matte Lip Cream sendiri memiliki 12 shade yang kebanyakan terdiri dari warna-warna nude-ish, meski memang ada beberapa yang juga menampakkan hasil akhir vibrant pada bibir. Nah, kalau kamu kebingungan memilih shade yang tepat untuk bibir, kamu dapat mencoba virtual makeup yang disediakan Marina. Praktis, bukan?

Klaim dan Benefit

Sesuai dengan namanya, Marina Glow Ready Velvet Matte Lip Cream merupakan produk liquid lipstick bertekstur velvety creamy dengan hasil akhir matte. Produk ini juga diklaim oleh Marina akan memberikan warna yang intens pada bibir dengan berbagai shade yang cocok untuk semua warna kulit.

Tak hanya itu, tekstur lip cream yang ringan dan mudah diaplikasikan dapat bertahan lama pada bibir untuk tampilan natural, ombre ataupun bold. Dan sama seperti produk dalam seri Glow Ready lainnya, Velvet Matte Lip Cream juga telah diformulasikan dengan skin-loving ingredients berikut.

  • Amino ceramides yang dapat melembabkan dan merawat bibir kering agar tidak mudah pecah-pecah (cracking)
  • Perpaduan argan oil dan vitamin C untuk bibir halus dan ternutrisi
  • ColorLock Technology yang menawarkan warna intens serta tahan lama dalam satu kali sapuan
  • Serta UV protection untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang dapat menjaga warna bibir tetap natural dan tidak gelap.

Cara Pemakaian

Tidak ada yang berbeda dari penggunaan produk ini dengan lip cream pada umumnya. Kamu hanya perlu menyapukan lip cream pada bibir menggunakan aplikator yang telah disediakan. Untuk hasil yang lebih baik, kamu dapat menyapukan pelembab terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lip cream. Kamu juga dapat menggunakan lip liner bila takut lip cream akan bleeding atau meleber keluar garis bibir.

Fun Fact

Dilansir dari official website Marina, konon Glow Ready Velvet Matte Lip Cream ini tak hanya dapat digunakan untuk mewarnai bibir saja, lho. Produk ini juga dapat digunakan pada pipi sebagai creamy blush bahkan pada kelopak mata sebagai eyeshadow. Sepertinya, formulasi produk ini benar-benar ringan, sampai Marina berani mengatakan bahwa produk ini juga dapat digunakan sebagai eye make up disamping manfaat utamanya untuk mewarnai bibir.

Kemasan

Review Marina Glow Ready Lip Cream Kemasan

Karena masih dalam seri Glow Ready, Velvet Matte Lip Cream juga menggunakan tema warna merah muda-ungu bergradasi dengan kesan holografik yang menjadikannya terlihat berkilau, anggun dan cantik. Tak lupa, Marina juga mewarnai beberapa sisi kemasan dengan shade dari lip cream.

Kalau bagian tube tempat lip cream ditampung, Marina berhasil mendesainnya dengan sangat elegan dengan permainan warna yang digunakan. Basically, tube lip cream ini sama seperti tube lip cream kebanyakan yang terbuat dari kaca transparan pada bagian body dan plastik pada bagian cap ulir.

Hanya saja, Marina menggunakan warna old rose pada bagian cap dan sedikit sentuhan metalik pada bagian mulut tabung yang membuatnya terlihat mewah sekaligus anggun. Saya bahkan masih tidak percaya bahwa Marina yang terkenal dengan warna-warna vibrant yang youthful pada produk-produknya ternyata bisa mendesain kemasan dengan warna kalem yang mewah.

Aplikator

Untuk mengetahui seberapa nyaman aplikator yang digunakan Marina pada Velvet Matte Lip Cream ini, saya meminta tolong teman saya yang bernama Ayu Shinta Yuliani untuk mendeskripsikannya.

Dari tampilannya memang aplikator lip cream ini berbentuk doe foot yang umum digunakan, namun menurut Ayu, aplikator ini tidak terasa keras tetapi juga tidak begitu fluffy. Ia cukup nyaman dengan kelembutan yang ditawarkan aplikator Glow Ready Velvet Matte Lip Cream. Bukan itu saja, Ayu juga merasa doe foot applicator ini cukup presisi dan tidak membuat pengaplikasian jadi messy.

Ingredients List

Review Marina Glow Ready Lip Cream ingredients list

Full Ingredients

Isododecane, Trimethylsiloxysilicate, Dimethicone, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Trioctyldodecyl Citrate, Cyclopentasiloxane, Silica Dimethyl Silylate, Ricinus Communis Seed Oil, Diisostearyl Malate, Argania Spinosa (Argan) Kernel Oil, Aluminium Starch Octenylsuccinate, C30-40 Alkyldimethylsilyl Polypropylsilsesquioxane, Hydrogenated Vegetable Oil, Ozokerite, Phenoxyethanol, Quarternium-18 Hectocrite, Beeswax, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Talc, Dipentaerythrityl Hexahydroxystearate/Hexastearate/Hexarosinate, Stearyl Stearate, Hydrogenated Palm Acid, Sorbitan Caprylate, Cyclotetrasiloxane, Aroma, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Bisabolol.

Key Ingredients

  • Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate

Bahan yang satu ini kemungkinan besar adalah salah satu skin-loving ingredients yang diklaim Marina sebagai Amino Ceramides. Pasalnya, phytosteryl/octyldodecyl lauroyl glutamate adalah senyawa turunan salah satu asam amino (bahan baku protein) yaitu asam glutamat.

Bahan ini diklaim memiliki karakteristik yang sama seperti lipid pada kulit dan membuat kulit halus serta tetap terhidrasi. Bahkan, konon bahan ini lebih efektif dari petroleum jelly dalam mendorong pemulihan kulit yang rusak sekaligus memperbaiki kulit yang kasar.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Tampaknya Marina berani memasukan klaim UV protection pada produk ini karena kandungan ethylhexyl methoxycinnamate dalam formulasinya. Memang bahan ini adalah salah satu UV filter tepatnya berjenis chemical sunscreen. Ethylhexyl methoxycinnamate akan membantu melindungi kulit dari sinar UVB yang bertanggung jawab dalam penggelapan.

  • Tocopheryl Acetate (Vitamin E)

Meski sering ditemui pada produk kosmetik, kemampuan tocopheryl acetate dalam melindungi kulit dari radikal bebas karena sifatnya sebagai antioksidan tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya itu, bentuk vitamin E ini juga berperan dalam membuat kulit tetap lembut.

  • Bisabolol

Kalau bahan yang satu ini memiliki kemampuan untuk mencerahkan sekaligus berperan sebagai soothing agent yang dapat menenangkan bibir. Bisabolol juga cenderung alami karena diekstraksi dari chamomile.

Impresi

Nah, masih ingat kan kalau saya meminta bantuan dari teman saya bernama Ayu Shinta Yuliani dalam mengulas Marina Glow Ready Velvet Matte Lip Cream ini? Sedikit informasi, Ayu memiliki skin tone light dengan yellow undertones, agak berbeda dengan saya yang memiliki skin tone medium deep. Nah, berikut adalah impresi yang Ayu rasakan saat pertama kali menggunakan lip cream pertama dari Marina ini.

Tekstur

Review Marina Glow Ready Lip Cream tekstur

Menurut Ayu, tekstur dari lip cream ini cukup creamy namun dengan kekentalan yang pas, alias tidak mudah bleber juga tidak terlalu kental. Ayu dapat dengan mudah memulaskan dan nge-blend lip cream pada bibirnya tanpa menggumpal. Lip cream juga cenderung mudah menempel pada bibir Ayu yang kering.

Aroma

Kalau dari segi aroma, Ayu yakin ia tidak mencium aroma tambahan yang aneh dari Marina Velvet Matte Lip Cream. “cuma aroma lip cream pada umumnya” katanya. Hal ini bisa menjadi keunggulan sendiri terutama bagi kamu yang tidak begitu menyukai produk dengan fragrance tambahan.

Shade dan Swatch

Review Marina Glow Ready Lip Cream swatch

Coralifornian Dream (05) adalah shade yang personally Ayu request pada saya ketika saya menawarkan padanya kesempatan untuk mengulas Marina Velvet Matte Lip Cream ini, dan sepertinya Ayu memang memilih shade yang tepat. Warna ini a good fit bagi skintone Ayu yang light dengan undertone hangat. Alhasil, wajahnya tampak lebih segar setelah selesai mengaplikasikan lip cream.

Pada bibir Ayu, shade Coralifornian Dream (05) ini tampak seperti warna coral dengan hint of chocolate. Warna coral yang terkesan lebih kalem dan hangat.

Selain mudah diaplikasikan dan tidak menggumpal, Ayu mengatakan bahwa produk ini cukup baik dalam meng-cover ketidakmerataan warna bibirnya. Meskipun diperlukan dua layer Velvet Matte Lip Cream untuk benar-benar memberikan coverage yang sempurna pada bibir Ayu.

Finishing result produk ini pada bibir Ayu yang cenderung kering ternyata sesuai dengan klaim yang diberikan Marina yaitu velvet matte. Teman saya ini merasa lip cream tidak malah membuat bibirnya menjadi semakin kering, ia bahkan tidak menyangka kalau Marina Velvet Matte Lip Cream ini terasa seperti lipstik matte ‘premium’ karena terasa ringan, tidak kering, dan membuat bibirnya jadi tampak halus.

Performa dan Ketahanan

Review Marina Glow Ready Lip Cream peforma

Kebetulan pada jam-jam awal pemakaian Ayu menghabiskan waktunya bersama saya untuk berbincang-bincang di kafe. Setelah selesai mengaplikasikan lip cream pertama kali, Ayu langsung menyantap makan siangnya di hadapan saya sekaligus mencoba untuk menguji ketahanan produk ini bila dipakai makan dan minum.

Alhasil, dari suapan pertama hingga selesai menyantap makan siangnya, kami tidak menemukan adanya perubahan drastis pada Marina Velvet Matte Lip Cream yang menempel pada bibir Ayu.

Ayu juga mencoba mengambil sehelai tissue dan menepukkan pada bibir, dan ajaibnya tidak ada sama sekali lip cream yang menempel pada tissue. Fakta tersebut mengantarkan kami pada kesimpulan bahwa lip cream dari seri Glow Ready milik Marina ini juga memiliki kemampuan yang patut diapresiasi dari segi ketahanan, karena doi tidak transfer ataupun smudge.

Ayu bahkan melanjutkan pengujian ketahanan lip cream setelah ia sampai di rumah dan mendapati produk masih cukup banyak yang nge-stain pada bibirnya dengan baik hingga jam ke-6. Ia juga tidak merasa lip cream terasa makin kering ataupun heavy dari waktu ke waktu. Keren sekali, bukan?

Oh iya, ada sedikit hal menarik yang sempat Ayu sampaikan pada saya soal Marina Glow Ready Velvet Matte Lip Cream ini yang menurut Ayu terasa seperti dupe salah satu produk yang cukup populer di Indonesia. Menurut Ayu, lip cream ini benar-benar terasa seperti merk lip cream yang bagus tersebut, hanya perbedaanya terletak pada kemampuan coverage. Tapi bagi Ayu, overall produk ini sangat baik untuk ukuran lip cream drugstore yang affordable.

Tips dan Trik

Sebelumnya sudah sempat disinggung cara teman saya, Ayu, mengaplikasikan lip cream ini pada bibirnya yang kering dengan warna yang tidak merata. Bila ingin coverage dari Marina Glow Ready Velvet Matte Lip Cream ini, kamu bisa mengikuti cara Ayu untuk mengaplikasikan layer ke-2 untuk coverage to the max. Tak perlu khawatir bibir akan menjadi kering karena formulasi produk ini tidak akan memperparah kondisi tersebut.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Marina Glow Ready Lip Cream 3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Walau terbilang baru dan berkesan lebih elegan dibandingkan produk-produk Marina lainnya, nyatanya series Glow Ready tetap dibanderol dengan harga yang masih ramah, kok. Untuk Velvet Matte Lip Cream ini saja, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp37.000-Rp42.000 bergantung shade yang dipilih. Produk ini juga mudah ditemukan dimanapun baik online maupun offline.

Kesimpulan

Review Marina Glow Ready Lip Cream kesimpulan

Selain hadir dalam kemasan yang ‘berkilau’ ternyata Marina Glow Ready Velvet Matte Lip Cream juga memiliki performa yang tidak main-main terutama dalam sisi ketahanan. Produk ini akan cocok digunakan untuk pemilik bibir kering dan pemula yang ingin menggunakan lip cream namun tidak mau mengambil resiko bibir menjadi terasa kering.

Pros

  • Tidak membuat bibir kering
  • Tahan lama hingga 6-7 jam
  • Tidak heavy
  • Less transfer dan less smudge
  • Cukup affordable dan beginner-friendly
  • Mengandung UV filter
  • Tidak mengandung fragrance

Cons

  • Tidak memberikan coverage maksimal dalam sekali ulas

Demikianlah pengalaman teman saya, Ayu Shinta Yuliani, dalam mengulas Marina Glow Ready Velvet Matte ini. Sejauh ini Ayu masih memberikan penilaian yang cukup positif untuk produk ini, lho. Nah, bagaimana denganmu? Apakah kamu pernah mencoba produk ini juga? Bila iya, share pengalamanmu di kolom komentar, ya! Intip juga ulasan Kamini tentang bedak two way cake Marina dari series yang sama.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram